Bisa dibilang saat ini dunia perfilman sudah sangat maju dan menyuguhkan jalan cerita yang amat menarik yang didukung dengan grafik yang memukau. Hal itulah yang membuat banyak orang semakin hobi untuk menonton film dan mencari situs download subtitle.

Tidak jarang orang ingin menonton ulang film, video atau series yang mereka suka dan mencari link download supaya film itu bisa disimpan di laptop atau smartphone. Subtitle pastinya akan sangat dibutuhkan untuk membantu penonton memahami dialog dan konteks dari film, video atau series yang mereka tonton. Terutama jika bahasa yang digunakan adalah bahasa asing.

Bahkan saat ini juga banyak film dengan bahasa Indonesia yang dilengkapi dengan subtitle yang juga berbahasa Indonesia. Tujuannya adalah untuk memudahkan memahami jalan cerita dan dialog secara lebih jelas.

Lagipula, walaupun menggunakan bahasa Indonesia, terkadang ada dialog yang pengucapannya tidak jelas, atau ada unsur penggunaan istilah dari bahasa daerah tertentu yang membutuhkan subtitle untuk menjelaskan konteksnya. Maka tak heran jika keberadaan situs penyedia subtitle sangatlah dibutuhkan banyak orang. Subtitle juga bisa membantu Anda untuk bisa mempelajari bahasa asing sedikit demi sedikit.

Beberapa situs penyedia subtitle juga membuka kesempatan bagi Anda untuk bisa menyumbangkan subtitle Anda, berkarir dan menambahkan pemasukan dari sana.

Beberapa Situs Download Subtitle Terbaik dan Terlengkap untuk Anda

1. Subscene

situs download subtitle subscene

Situs yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang gemar mencari film atau variety show kesayangan di internet. Subscene menjadi salah satu situs yang banyak dikunjungi bukan tanpa alasan. Situs untuk download subtitle ini menjadi popular karena dinilai simpel dan sangat mudah. Sudah tak terhitung berapa banyak pembuat subtitle film dan sejenisnya yang mengupload hasil kerja mereka pada situs ini.

Di situs ini terdapat berbagai macam subtitle, mulai dari serial di televisi atau variety show dan talkshow, hingga film bioskop dari berbagai genre dan juga berbagai negara seperti Asia sampai negara Barat. Anda hanya perlu mengetik judul film yang Anda mau, kemudian Anda bisa lihat beberapa pilihan subtitle yang tersedia dari banyak penerjemah berkualitas.

Berdasarkan pengalaman, Anda perlu sedikit lebih teliti pada saat memilih subtitle yang diinginkan. Misalkan ketika Anda mencari subtitle, dan mengetikkan judul sebuah episode suatu acara variety show tertentu, biasanya daftar yang ditampilkan tidak hanya dari suatu episode secara spesifik, tapi juga ditampilkan subtitle dari episode sebelumnya. Judul subtitle juga banyak yang ditulis dengan cukup panjang, sehingga rawan salah pilih.

Anda juga bisa mengupload subtitle yang Anda buat sendiri secara gratis jika Anda tertarik untuk bisa berkarir dalam bidang ini dan memanfaatkan kemampuan berbahasa asing Anda. Anda perlu melakukan pendaftaran di situs download subtitle ini supaya Anda bisa memulai karir pembuat subtitle Anda.

2. TV-subs

situs download subtitle TV-subs

Hanya dengan melihat nama dari situs ini saja Anda pastinya sudah tahu bahwa situs ini khusus menyediakan subtitle untuk TV series. Bisa dibilang ketersediaan bahasa yang ada di situs ini cukup lengkap, hanya saja, sangat disayangkan bahwa bahasa Indonesia tidak tersedia dalam pilihan subtitle di sana.

Serial TV yang banyak tersedia di situs download subtitle tersebut juga mayoritas berasal dari Negara barat dan tidak banyak serial TV Asia di dalamnya. Akan tetapi dengan semakin berkembangnya media sosial yang mengharuskan penguasaan bahasa Internasional, yaitu bahasa Inggris, rasanya Anda bisa memanfaatkan situs ini secara maksimal.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, subtitle juga bisa berguna untuk mengasah kemampuan bahasa asing, terutama dalam hal terjemahan, kemudian juga checking, spelling dan pronounciation. Anda bisa tahu makna bahasa asing dengan mudah, serta bagaimana pengucapan yang benar dalam sebuah kata atau kalimat secara langsung melalui film atau serial TV asing.

Ada banyak fitur yang akan memudahkan pencarian Anda, misalnya menu Home Page, List TV Shows yang mengurutkan film berdasar urutan abjad, Most Popular yang mengurutkan sesuai tingkat popularitas, New Subtitle untuk mencari subtitle yang paling update, Upload Subtitle jika Anda ingin mengupload subtitle yang Anda buat, serta adanya kolom pencarian yang bisa membantu pencarian subtitle Anda secara lebih spesifik dengan menuliskan judul dan sebagainya.

3. Moviesubtitles

situs download subtitle Moviesubtitles

Situs untuk download subtitle ini menyediakan beberapa subtitle untuk film yang bisa dibilang cukup lengkap. Tersedia subtitle film dari tahun 90-an sampai yang paling baru. Tata cara dalam pencariannya terbilang cukup unik, yaitu Anda bisa memilih dari A sampai Z yang nantinya akan muncul pencarian kedua, misal seperti susunan huruf AA, AB, dan AC atau seterusnya. Tersedia beberapa bahasa yang ditampilkan sesuai dengan film yang ada pada databasenya.

Sayang sekali, di situs download subtitle ini Anda tidak dapat upload subtitle yang Anda buat sendiri. Anda hanya bisa mencari dan mendownload subtitle yang Anda inginkan dan tersedia di sana.

Situs ini juga menyediakan kolom pencarian seperti quick search atau bisa juga menyambungkannya ke pencarian Google untuk hasil yang lebih beragam. Tersedia juga fitur pencarian berdasarkan nama pemerannya.Jadi bagi Anda yang justru lupa dengan judul film dan hafal dengan nama pemerannya, maka cara ini bisa digunakan dengan baik.

4. Subtitleseeker

situs download subtitle Subtitleseeker

Situs ini mempunyai banyak sekali subtitle film dan juga serial TV dengan bahasa Inggris yang dapat Anda pilih. Semua subtitle yang tersedia di situs ini memiliki format “.srt” dan dapat dengan mudah Anda download secara gratis.

Setiap subtitle dari serial TV dan film yang terdapat di situs download subtitle ini menampilkan deskripsi dari masing-masing film bagi Anda yang sama sekali belum tahu sinopsis dan alur cerita singkat dari film maupun serial TV yang Anda cari.

Di halaman home page, Anda bisa melihat beberapa rekomendasi film terpopuler akan menarik perhatian Anda, mulai dari film yang paling banyak dicari sampai yang paling banyak dilihat. Rekomendasi yang muncul akan membantu Anda menemukan inspirasi film apakah yang akan Anda tonton selanjutnya.

Pada bagian menu bar, Anda bisa menemukan menu Series Subtitles yang akan menunjukkan daftar film sesuai urutan yang bisa diatur sesuai keinginan untuk memudahkan pencarian. Ada juga kolom pencarian yang akan semakin memudahkan pencarian Anda. Hanya perlu menuliskan judul film atau nama pemerannya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Aplikasi Nonton Drama Thailand Sub Indonesia

5. Divx Movies English Subtitles

situs download subtitle Divx Movies English Subtitles

Format video atau movie ada banyak, terutama bagi Anda yang biasa mencari film di internet, antara lain adalah mp4, mkv, 3gp, dan juga format DivX. Bagi Anda yang mencari subtitle untuk video atau movie dengan format DivX, maka Anda bisa menjadikan Divx Movies English Subtitles sebagai pilihan yang terbaik.

Subtitle yang tersedia di situs ini mayoritas adalah subtitle dengan bahasa Inggris, jadi Anda perlu mengunjungi situs lain jika ingin mencari subtitle dengan bahasa yang lain. Subtitle yang ada di sana memiliki desain khusus untuk format DivX, maka subtitlenya akan memiliki format “.sub” bukan dengan format “.srt” maupun “.ass”.

Pada tampilan utama atau home page, akan ditampilkan pencarian yang dikelompokkan sesuai abjad. Anda hanya perlu klik salah satu abjad untuk mencari subtitle yang Anda cari. Jika Anda cari subtitle untuk film dengan judul menggunakan huruf awal “A”, maka klik huruf “A” dan Anda akan melihat tampilan daftar film dengan judul yang diawali huruf “A”, dan Anda hanya perlu scroll ke bawah sampai menemukan judul film yang sesuai.

6. iSubtitles

situs download subtitle iSubtitles

Situs download subtitle yang satu ini memiliki ribuan subtitle yang tersedia dalam banyak bahasa dari berbagai Negara. Subtitle yang tersedia mulai dari film lawas yang dibuat pada tahun 1980-an sampai film yang paling baru sekalipun. Anda tak akan kesulitan untuk menemukan subtitle yang Anda mau sesuai dengan bahasa yang dikehendaki. Bahasa yang tersedia antara lain bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Akan tetapi cukup disayangkan bahwa tampaknya Anda tak bisa upload subtitle yang Anda buat di situs subtitle tersebut. Lalu, pada bagian beranda, Anda akan melihat beberapa film yang ditampilkan berdasarkan beberapa kategori.

Misalnya, ada kategori subtitle film yang rilis di bulan Februari 2022, atau tahun lainnya. Tidak hanya itu, ada juga keterangan rating di sampingnya, sehingga bagi Anda yang juga mencari rekomendasi film untuk ditonton, rating itu akan sangat membantu Anda. Bisa dibilang situs ini memang cukup lengkap dan mudah.

7. Addic7ed

situs download subtitle Addic7ed

Sama halnya dengan situs penyedia subtitle lain yang bisa Anda temukan di internet, Addic7ed juga menyediakan banyak sekali subtitle yang bisa Anda download. Jika Anda memiliki keahlian bahasa asing yang mumpuni, maka Anda juga bisa ikut serta menjadi tim dalam Addic7ed untuk mengatur dan mengembangkan subtitle yang ada di situs download subtitle tersebut.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa upload dan membagikan subtitle yang Anda buat sendiri dalam situs tersebut. Setiap subtitle yang baru saja diupload di situs in juga akan terus diupdate secara rutin pada laman utamanya.

Untuk bisa mengupload karya Anda, perlu untuk sign up supaya Anda bisa memiliki akun dan authorization untuk menyumbangkan hasil kerja Anda. Buatlah judul subtitle dengan baik dan benar supaya akan lebih mudah dicari dan akan ditampilkan paling atas saat seseorang mencari subtitle dengan judul film yang Anda buat.

8. Open Subtitles

situs download subtitle Open Subtitles

Situs download subtitle yang akan kita bahas kali ini memiliki segudang subtitle untuk film atau serial TV yang tersedia dalam banyak bahasa dari berbagai Negara di seluruh dunia. Mulai dari Negara Amerika latin seperti Brasil dan Argentina, lalu Negara Eropa seperti Yunani sampai negara Inggris dan masih banyak lagi.

Semua subtitle film bisa Anda temukan di sini, bahkan Anda juga bisa menemukan film atau serial yang tak banyak dikenal orang sekalipun, tapi Anda bisa temukan di sini. Melihat hal itu, maka tak diragukan lagi bahwa situs ini merupakan salah satu penyedia subtitle yang paling lengkap dan kualitas subtitle yang baik.

Hal lain yang sangat menguntungkan adalah Anda juga bisa upload karya atau subtitle buatan Anda sendiri bahkan tanpa harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Fitur untuk pencariannya memiliki keunggulan advanced search yang akan mencari dan menyaring dengan sangat detail, Anda bisa mencari berdasarkan tahun rilis, asal negara, sampai mencari episode secara spesifik.

Fitur-fitur unggulan itulah yang membuat situs ini banyak direkomendasikan dan banyak dikunjungi pecinta film dan serial dari luar negeri. Update subtitle terbaru juga cukup cepat sehingga Anda tak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati acara kesayangan Anda.

9. Yify Subtitles

situs download subtitle Yify Subtitles

Mungkin banyak orang akan setuju bahwa Yify Subtitles adalah situs download subtitle terbaik yang tersedia di internet. Akan tetapi, cukup disayangkan karena situs ini terhubung dengan situs Yify lainnya yang bergerak sebagai penyedia film yang ilegal, dan karena itu pemerintah Indonesia memutuskan untuk memblokir situs ini meski hanya menyediakan berbagai macam subtitle saja. Jadi, supaya kamu bisa mengakses situs ini, maka Anda membutuhkan bantuan VPN sehingga Anda memiliki akses memasuki situsnya.

Keuntungan dari terhubungnya situs ini dengan penyedia film yang illegal adalah tersedianya subtitle paling update di dalamnya. Situs untuk download subtitle bernama Yify juga memiliki laman situs yang sangat mudah diakses. Anda bisa memfilter pilihan bahasa subtitle. Tidak sampai di situ saja, Anda juga bisa upload subtitle yang sudah Anda buat sendiri dengan cara mendaftarkan diri di situs atau websitenya.

Saat ini semakin banyak orang yang memanfaatkan pengetahuan bahasa asing mereka untuk membuat subtitle dan mendapatkan uang dari sana. Memang ada sangat banyak situs yang bisa Anda manfaatkan, tetapi situs ini adalah salah satu yang terbaik dan wajib bagi Anda untuk upload subtitle Anda di sini.

Dengan memilih situs download subtitle yang tepat dan popular, Anda akan sangat mudah mengembangkan diri dan mendapatkan keuntungan. Bagaimanapun, Anda tetap perlu menyebar hasil kerja Anda di berbagai situs yang Anda, dan mengupayakan untuk bisa selalu update secara berkala dan juga cepat. Semakin cepat Anda update, semakin banyak orang yang memilih subtitle Anda.

10. JPSubbers

Banyak orang yang membagikan pengalaman saat mengunjungi situs download subtitle yang satu ini. Ada orang yang membagikan pengalaman pribadi pada saat dalam proses pengerjaan skripsi yang mana membutuhkan subtitle sebagai objek penelitiannya dan mencari subtitle dengan bahasa Jepang saat itu.

Jadi, bagi para pembaca yang juga sedang dalam proses pembuatan skripsi dan mengangkat topik dan objek penelitian yang sama dan membutuhkan subtitle berbahasa Jepang, atau bagi Anda ingin belajar bahasa Jepang dan mengembangkan kemampuan bahasa Jepang, maka situs ini sangatlah tepat untuk Anda.

Situs ini menyediakan berbagai pilihan drama TV Jepang yang paling update dengan subtitle yang menggunakan bahasa Jepang juga. Perlu diperhatikan bahwa ada saat Anda menggunakan versi yang ilegal, maka Anda perlu untuk mengatur timing tampilan subtitlenya. Ini disebabkan karena versi ilegal tidak akan menampilkan semua iklannya yang telah dipotong.

Sementara itu, JPSubbers tetap akan mengikuti timing subtitle sesuai dengan versi TV yang ada iklannya. Hal semacam itu akan sangat mengganggu kenikmatan saat menonton. Anda akan kesulitan memahami makna atau konteks dari film atau konten berbahasa Jepang tersebut. Kecuali jika Anda sudah memiliki dasar pengetahuan mengenai bahasa Jepang, mungkin Anda bisa sedikit memahami walaupun subtitle terlambat.

Supaya Anda bisa menikmati secara maksimal, Anda perlu mencari aplikasi pemutar video yang memiliki fitur pendukung untuk menyesuaikan timing subtitle, sehingga pada saat terjadi keterlambatan pada tampilan subtitle, Anda bisa menyesuaikannya sendiri. Perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi pemutar video memiliki fitur tersebut, maka Anda perlu mencari dengan benar.

Baca juga: Cara Download Video Youtube Gratis di Laptop dan Mobile [Kualitas HD & 4K]

11. Subtitles.Space

Bagi Anda yang tak mau repot pada saat mencari subtitle film favorit Anda, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi situs download subtitle yang satu ini. Situs Subtitles.Space ini memiliki cara kerja yang beda dengan situs pencari subtitle secara umum. Pada situs ini Anda hanya perlu drag lalu drop file video yang Anda dapat dari film favorit ke dalam situs tersebut.

Hal yang unik dari situs ini adalah Anda bisa menemukan subtitle yang muncul secara otomatis, dan Anda sudah bisa download subtitle dari sana secara langsung. Ini adalah cara yang sangat mudah, akan tetapi Anda perlu tahu jika subtitle yang didapat secara otomatis biasanya memiliki kekurangan, yaitu kurang tepatnya hasil terjemahan yang dihasilkan.

Mungkin hal itu juga biasa Anda temukan ketika Anda menonton video di YouTube dengan subtitle otomatis. Di sana juga hasil subtitle otomatis biasanya kurang akurat, apa lagi jika bahasa dalam video itu bukan bahasa Inggris dan pengucapannya kurang jelas.

12. Island FanSub

situs download subtitle Island FanSub

Situs download subtitle satu ini mayoritas menyediakan daftar subtitle yang berasal dari film dan drama seri dari Korea Selatan. Walaupun begitu, di sana Anda juga bisa menemukan sejumlah subtitle dengan bahasa Indonesia yang berasal dari film dan drama seri dari negara barat. Walaupun begitu, rasanya tetap harus diakui bahwa database yang dimiliki situs ini masih belum terlalu lengkap jika dibandingkan dengan situs penyedia subtitle yang lainnya.

Akan tetapi, situs ini tetap bisa dijadikan alternatif, apalagi saat ini drama dan seri dari Korea Selatan sedang naik daun dan banyak dicari oleh kawula muda yang demam drakor. Rasanya situs ini hanya perlu memastikan bahwa subtitle yang tersedia bisa diupdate secara rutin dan tersedia secepat mungkin supaya semakin banyak orang yang mengunjungi situs ini.

Terlebih lagi industri perfilman dan drama Korea tampaknya akan terus berkembang dan semakin digemari, sehingga tren ini bisa bertahan lebih lama. Ini akan memberikan pengaruh baik bagi situs penyedia subtitle yang banyak menyediakan film dan serial dari Korea Selatan.

13. Podnapisi.NET

Mencari dan menemukan subtitle dari film maupun drama seri dari berbagai negara dan genre serta tahun berapapun bisa Anda lakukan di situs penyedia subtitle satu ini. Database yang dimiliki situs ini bisa dibilang super lengkap dan terbaik. Jika mencari subtitle di sini, dijamin Anda akan langsung menemukan subtitle yang Anda mau dan setelah itu Anda bisa mulai menonton film dengan nyaman dan mudah dipahami.

Itulah beberapa situs download subtitle terbaik yang bisa Anda jadikan referensi agar bisa menonton film dan serial dari berbagai negara favorit Anda. Anda juga akan terbantu dalam memahami arti dari dialog yang terdapat dalam film dan serial tersebut, sehingga Anda bisa mengikuti alur dan konteks cerita dengan baik.

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca, baik itu yang ingin mencari subtitle, atau pun yang ingin menjadi pembuat subtitle yang bisa memberikan manfaat dan membantu banyak orang.

FAQs

Bagaimana cara agar subtitle tidak telat?

Saat film telah diputar, klik tabs tools > pilih menu effect & filters > adjusments and effects. Di menu ini kalian bisa mengatur kecepatan subtitle agar pas dengan film yang diputar.

Kenapa saya tidak bisa membuka situs subtitle diatas?

Beberapa situs download subtitle mungkin terkena pemblokiran dari pihak provider ataupun internet positif. Karena itu sangat disarankan menggunakan VPN ketika membuka situs download subtitle diatas.