Film Harry Potter memang memiliki beberapa judul yang semua urutan film harry potter ini saling berkaitan. Sebab itu, sebelum mulai menonton, alangkah baiknya jika pahami terlebih dahulu mengenai urutannya. Karena dari satu hingga 8 judul, semuanya masih dalam alur berurutan.

Di film Harry Potter memang memiliki 8 judul, dimana setiap judul film yang diadaptasi dari sebuah karya novel JK Rowling memiliki jeda yang cukup lama. Sehingga jika dikatakan series maka bukan, namun setiap judul film masih saling berkaitan. Berikut beberapa urutannya:

1. Harry Potter And The Sorcerer’s Stone

Tahun 2001 menjadi tahun pertama film Harry Potter mulai ditayangkan di seluruh dunia. Pada film yang merupakan seri pertama ini masih berkisah tentang Harry Potter kecil yang saat itu berusia 11 tahun. Dimana kedua orang tuanya tiada dan yatim piatu.

Karena Harry tinggi bersama bibinya maka banyak kejadian menarik yang mungkin membuat para penonton merasa sedih.

Namun pada seri ini juga Harry Potter juga baru menyadari kekuatan sihir yang dimiliki. Hingga Harry pun diundang untuk belajar di hogwarts, sekolah sihir.

2. Harry Potter And The Chamber Of Secrets 

Lalu pada tahun 2002 JK Rowling kembali dengan seri Harry Potter kedua yang mengambil tema Scamber. Pada seri ini, maka penonton akan diajak untuk ikut petualangan dengan dunia sihir. Dimana saat itu, Herry sudah berada di tahun ajaran kedua.

Masih dengan dunia sihir, pada seri ini menceritakan tentang beberapa pesan yang ada di dinding. Mengingatkan tentang Chamber of secret yang kembali dibuka. Penyihir yang memiliki darah kotor alias bukan murni dari darah keluarga penyihir maka kehidupannya terbaca dibunuh oleh keturunan Slytherin.

3. Harry Potter And The Prisoner Of Azkaban 

Dua tahun kemudian atau lebih tepatnya pada tahun 2024, Harry Potter kembali dengan alur cerita yang menjadi kelanjutan seri sebelumnya. Pada urutan film harry potter kali ini mengisahkan Harry Potter di tahun ketiga. Berkisah tentang seorang tahanan bernama Sirius black yang kabur. 

Dalam film ini dirumorkan bahwa kaburnya Sirius black adalah untuk membunuh Harry Potter yang notabene adalah sahabat dari kedua orang tuanya. Hingga satu kejadian mengingat segalanya. Tak heran, jika film ini dikatakan adalah seri terbaik dalam urutannya. 

4. Harry Potter And The Goblet Of Fire

Memang hampir semua seri Harry Potter dikatakan memiliki nilai terbaik dalam setiap serinya termasuk The Goblet Of fire ini. Karena pada seri ini Voldemort yang kerap disebut-sebut akhirnya muncul. Peran ini pun diperankan oleh Ralph Fiennes. 

Hingga dalam seri ini Herry berhasil bertemu langsung dengan musuh yang kerap datang ke dalam mimpinya dan kerap merasuki orang. Pada seri ini saat itu Herry sudah beranjak dewasa. Hingga pada seri ini sudah disisipi dengan konflik, antara Harry dan juga kedua sahabatnya.

5. Harry Potter And The Order Of The Phoenix 

Pada tahun 2007 film ini kembali mengeluarkan seri terbaru dan menjadi urutan film harry potter yang kelima. Di mana dalam seri ini bercerita tentang lord Voldemort yang terkenal dengan kejahatannya kembali ke hogwart. Seorang yang banyak dibenci oleh para siswa. 

Dalam seri ini penonton juga akan diberikan gambaran tentang burung legenda bernama Phoenix. Dimana air mata burung ini mampu menyembuhkan luka-luka yang diderita oleh Harry potter akibat pertarungan yang ia lakukan. Untuk detailnya, maka bisa tonton sendiri agar tak penasaran. 

6. Harry Potter And the Half- Blood Prince 

Dilanjutkan saat tahun 2009 muncul lagi dengan judul Half Blood Prince. Dimana dalam kisahnya Harry Potter dan kawan-kawan menemukan hukum tua yang cukup penting. Bahkan dalam film ini pun menceritakan tentang Harry Potter yang mulai mempelajari masa lalu Voldemort. 

Tentara Voldemort dalam seri ini juga terlihat semakin mendominasi. Kedatangan Death eaters juga membuat hogwart kacau dan menjadikan tepat itu tak aman. Dengan penemuan buku kuno yang telah disebutkan sebelumnya, membuat Herry menguasai ilmu obat dan berhasil menguasai mantra sihir berbahaya.

7. Harry Potter And The Deathly Hallows Part I

Film Harry potter lalu kembali hadir pada tahun 2010 dengan cerita yang bisa dikatakan sebagai seri penutup. Karena pada seri ini diambil atau diadaptasi dari buku terlahir JK Rowling untuk kisah Harry Potter. Dimana Herry ditugaskan untuk memusnahkan sumber keabadian yang digunakan Voldemort. 

8. Harry Potter And The Deathly Hallows Part II

Sedang pada tahun 2011 menjadi puncak dimana seri ini adalah penutup dari film yang hingga saat ini masih sangat populer. Harry Potter dalam seri ini pun juga sudah beranjak dewasa, dengan tetap bersama dua temannya. Pusatnya adalah berhasil menghancurkan Voldemort dan  Horcruxes. 

Demikian adalah ulasan mengenai urutan film harry potter yang bisa dijadikan panduan saat akan menonton tiap seri Harry Potter. Penonton akan ikut merasakan petualangan yang dilakukan Harry dan teman-temannya. Bisa juga ikut mempelajari mantra yang dipelajari oleh Herry dan kawan-kawannya.