Salah satu metode terbaik dalam proses belajar bahasa Inggris adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Jika ingin mengaplikasikan metode ini, maka harus tahu dulu rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang terbaik dengan berbagai genrenya.

Melalui film berbahasa Inggris ini, maka otak akan terbiasa memahami bahasa Inggris dengan segala percakapan yang ada. Penasaran film apa saja yang masuk jajaran rekomendasi? Untuk mengetahuinya, simak daftar dan penjelasan berikut ini:

1. Narnia

Film pertama yang masuk jajaran rekomendasi adalah film Narnia. Pada film ini, akan ada empat tokoh utama yang dalam jalan cerita berperan sebagai saudara kandung. Sedangkan setting ceritanya sendiri adalah sekitar perang dunia kedua.

Sebenarnya, film ini diadaptasi dari sebuah novel The Chronicles of Narnia yang ditulis sekitar tahun 1950-an. Jalan cerita film ini sangat menarik dimana empat bersaudara, masuk ke dunia lain yang memiliki banyak karakter unik.

Karena ada banyak pemeran dan konflik, maka tidak heran jika ada banyak percakapan yang masuk dalam jalan ceritanya. Setiap percakapan ini bisa dijadikan bahan pembelajaran, agar lebih paham mengenai penggunaan bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Seri dari film ini ada banyak, yaitu ada tiga film yang saling terhubung. Perilisan filmnya dilakukan di tahun 2005, 2008, dan tahun 2010. Semua seri ini, tentunya bisa dijadikan bahan belajar agar penguasaan bahasa Inggris menjadi lebih maksimal.

2. The King’s Speech

Rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang kedua adalah The King’s Speech. Film ini memiliki jalan cerita yang unik, dimana ada presiden yang gagap. Jadi presiden sebagai tokoh utama akan belajar, bagaimana berbicara yang lancar khusus untuk pidatonya.

Hal ini tentunya bisa dijadikan acuan untuk belajar. Karena tokoh utama akan belajar pelafalan dan berbicara, maka secara tidak langsung penontonnya juga akan belajar hal yang sama. Dengan demikian, proses belajar bahasa Inggris akan jauh lebih mudah.

Selain sang presiden, film ini juga memiliki tokoh lain yang juga sangat berpengaruh. Tokoh tersebut adalah seorang terapis yang mengajar bagaimana pelafalan dan bicara yang benar. Selama film diputar, maka penonton akan merasa belajar langsung dari terapis.

Meski setting cerita ini terjadi pada tahun 1939, namun bahasa yang dipakai masih akan berguna untuk komunikasi zaman sekarang. Jadi tidak heran jika film ini juga masuk jajaran rekomendasi dan bisa dijadikan pilihan untuk belajar bahasa Inggris.

3. Inside Out

Bahasa Inggris juga harus dipelajari dengan penyampaian emosinya langsung. Tidak mungkin kalimat marah dalam bahasa Inggris diucapkan dengan datar tanpa sebuah ekspresi emosi. Oleh karena itu, Inside Out bisa ditonton untuk belajar bahasa Inggris beserta emosinya.

Diceritakan ada lima emosi yang ada di pikiran seorang anak. Emosi tersebut diantaranya adalah riang, sedih, takut, marah, dan jijik. Semua emosi ini memiliki permasalahan masing-masing, sehingga membentuk jalan cerita yang unik dan kompleks.

Sejak perilisannya di tahun 2015, film ini sudah menarik perhatian banyak pihak. Percakapan yang ada di dalam film juga dianggap sangat sesuai dengan hal-hal yang terjadi sehari-hari sehingga membuatnya mudah dipahami dan dipelajari.

4. To All Boys I Have Loved Before

Rekomendasi susunan film untuk belajar bahasa Inggris yang keempat adalah To All Boys I’ve Loved Before. Film ini memiliki gambaran cerita percintaan remaja yang menarik dan fresh. Karena tokoh utamanya adalah remaja, maka jenis percakapannya sangat ringan dan tidak berat.

Bagi yang ingin belajar bahasa Inggris santai untuk percakapan sehari-hari, maka film ini akan sangat pas untuk dijadikan pilihan. Bahasa dan ungkapan yang dipakai juga termasuk ungkapan kekinian yang sangat pas untuk diikuti dan diterapkan secara langsung.

Perilisan film ini dilakukan pada tahun 2018. Jadi jika dipakai untuk belajar dan ditonton saat ini, maka tidak akan kuno dan permasalahannya masih bisa dipahami dengan baik. Oleh karenanya, film ini sangat direkomendasikan.

5. Toy Story

Pilihan film terakhir yang bisa ditonton adalah Toy Story. Jika sudah dengan film animasi, maka film ini bisa dijadikan pilihan utama. Bukan hanya animasinya saja yang berkualitas, jalan ceritanya juga sangat seru dan menegangkan di saat yang bersamaan.

Percakapan yang terjadi dalam film juga termasuk kompleks. Jadi untuk penonton yang ingin belajar bahasa Inggris, bisa langsung mengikuti percakapan di dalamnya. Bukan hanya itu saja, film ini juga cocok untuk belajar anak-anak karena tidak ada muatan dewasa di dalamnya.

Film ini juga memiliki beberapa seri berbeda yang jalan ceritanya terus berlanjut. Hal ini memungkinkan penonton memakai semua filmnya sebagai bahan ajar. Semakin banyak ditonton, maka percakapannya akan semakin mudah didalami dan dipahami.

Demikianlah rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang bisa dijadikan referensi utama. Karena sudah ada lima pilihan film, maka semua bisa langsung ditonton. Atau jika ingin yang sesuai dengan genre, maka pilih saja salah satu dari film di atas.