Genre percintaan dengan penyajian lengkap termasuk kualitas aktor yang terlibat membuat rekomendasi film romantis Indonesia tidak pernah terelakkan sepanjang masa. Tak kalah dengan film romantis yang dihadirkan oleh negara-negara lain, produksi film romantis di Indonesia juga memperhatikan detail dan ketepatan.

Inilah mengapa banyak kalangan, baik itu remaja maupun dewasa mencari informasi film berkonsep percintaan mana yang paling bagus untuk dinikmati. Di bawah ini, telah dirangkumkan beberapa pilihan film romantis karya tanah air, langsung saja intip uraiannya:

1. Tanah 3 Warna

Rekomendasi pertama datang dari film yang merupakan sekuel Negeri 5 Menara, Tanah 3 Warna dengan rating 8.9 versi IMDb. Dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan tanah air, seperti Arbani Yasiz, Teuku Rasya, dan Amanda Rawles.

Tema yang dibesut tidak hanya soal cinta, namun juga mengusung perjuangan meraih impian untuk memperoleh pendidikan tinggi. Dimana Arbani sebagai Alif harus bersaing dengan Rasya sebagai Randai termasuk mendapatkan gadis pujaannya Raisa yang diperankan Amanda.

2. Merindu Cahaya de Amstel

Rekomendasi film romantis asal Indonesia yang kedua diadaptasi dari novel milik Arumi E dengan judul Merindu Cahaya de Amstel. Film menceritakan bagaimana seorang muslim harus berpegang dengan apa diajarkan, sesuai prinsip Islam termasuk pengamalannya.

Dibintangi oleh Amanda Rawles sebagai Khadija, Bryan Domani sebagai Nicholas, dan masih banyak lagi cast aktor dan aktris populer. Jalan cerita dan konflik yang menarik dengan balutan religi membuat Merindu Cahaya de Amstel, mendapatkan rating IMDb diatas 8.

3. Cinta Subuh

Rekomendasi ketiga jatuh kepada Cinta Subuh yang disutradarai oleh Indra Gunawan dengan genre romantis – religi. Aktris Dinda Hauw, aktor Dimas Seto, Roger Danuarta, Rey Mbayang adalah sejumlah pemeran dalam film.

Bercerita tentang kebingungan seorang wanita bernama Ratih (Dinda) akan desakan untuk segera mengakhiri masa lajang. Konflik muncul ketika pria yang dekat dengan Ratih, Angga (Rey) belum kunjung melamar justru pria bernama Arya (Roger) yang mempersunting.

Kemasan cerita yang penuh penasaran begitu pula dengan penyelesaian konflik, membawa film mendapatkan rating sebesar 8.3. Ini juga yang kemudian membuat Cinta Subuh menjadi salah satu rekomendasi film romantis Indonesia yang berbalut religi.

4. Pelangi Tanpa Warna

Rekomendasi keempat, merupakan film yang masih disutradarai Indra Gunawan hanya konflik lebih ke permasalahan rumah tangga. Dibintangi aktor dan aktris kenamaan senior, Rano Karno dan Maudy Koesnaedi menjadikan Pelangi Tanpa Warna mendapatkan rating 7.6/10.

Konflik dimulai saat Kirana (Maudy) didiagnosa mengidap Alzheimer yang membuat Kirana kurang bisa mengingat kembali kejadian masa lampau. Disini Fedi selaku suami (Rano), tetap harus sabar menghadapi kondisi istri tercintanya walaupun mempengaruhi perasaan.

5. My Sassy Girl

Rekomendasi film romantis Indonesia kelima datang dari adaptasi film asal Korea yang pernah booming sekitar 21 tahun silam, My Sassy Girl. Film ini sendiri diproduksi oleh Falcon Picture dengan Tiara Andini dan Jefri Nichol sebagai pemeran utama. 

Meskipun terbilang baru dirilis, sudah mengantongi rating sebesar 7.5 per 10 versi IMDb. Inilah mengapa My Sassy Girl turut masuk ke dalam jajaran rekomendasi film genre percintaan Indonesia dengan karya terbaik.

Menceritakan kisah cinta antara pria lugu bernama Gian (Jefri) dan wanita jagoan bernama Sisi (Tiara). Pertemuan keduanya terjadi di Stasiun yang lama kelamaan membuat saling bahagia satu sama lainnya.

6. Dear Nathan: Thank You Salma

Rekomendasi keenam jatuh kepada cerita lanjutan dengan tokoh yang bisa dikatakan populer, Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles). Dalam film Dear Nathan: Thank You Salma konflik antara dua sejoli semakin besar lagi dari sebelumnya.

Dimana Nathan yang sibuk dengan dunianya sendiri, begitu pula Salma menjadikan hari-hari terasa asing bagi keduanya. Agar tidak penasaran bagaimana jalan cerita dan akhir dari film, jangan ragu untuk menonton film tetapi pastikan platform yang dipilih resmi.

7. Garis Waktu

Rekomendasi ketujuh adalah film yang diadaptasi dari karangan prosa milik Fiersa Besari dengan judul Garis Waktu. Mengusung tema percintaan berbalut orang ketiga dan pemeran ternama seperti Reza Rahadian, Michelle Ziudith membuatnya mendapatkan rating 7.0.

Untuk alur dalam film dan konflik penonton akan disuguhkan karya yang tak kalah bagus lagi menarik. Oleh karena itu, Garis Waktu ikut dimasukkan ke rekomendasi film romantis Indonesia yang sayang dilewatkan.

8. Kukira Kau Rumah

Rekomendasi terakhir dalam film tanah air bergenre percintaan, Kukira Kau Rumah juga mengambil konsep bipolar disorder. Diperankan oleh beberapa aktor/aktris seperti Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata dengan tampilan kualitas akting, membuat alur berjalan cukup baik.

Meskipun rating yang dimiliki tidak setinggi karya drama yang sudah dijabarkan sebelumnya. Namun tidak ada salahnya menonton film terlebih untuk orang yang tertarik dengan genre psikologis.

Rekomendasi film romantis Indonesia telah diuraikan singkat dan detail yang jelas, agar dapat memberikan informasi kepada khalayak ramai dengan baik. Tunggu apa lagi, segera pilih film mana yang kira-kira menari hati kemudian atur jadwal kosong supaya aktivitas harian tidak terganggu.