Bagi pecinta fashion ternyata bahan jeans dan levis adalah dua bahan yang berbeda, walau terlihat sama namun berbeda bahannya. Berikut perbedaan celana jeans dan levis yang perlu diketahui agar tidak salah membeli untuk fashion. 

Sebagian pecinta fashion tentu tidak asing dengan merk jeans yang diperkenalkan oleh salah satu bran yaitu levis. Ternyata jika diamati ternyata kedua celana tersebut adalah dua hal yang berbeda dari segi penyebutan. 

Jika dilihat dari sejarahnya celana jeans terbuat dari bahan denim,  bahan denim selain untuk celana juga bisa untuk baju. Penyebutan untuk jeans sendiri karena kain denim dibuat dalam bentuk celana. Berikut perbedaannya: 

1. Dari Segi Pengertian

Perbedaan celana jeans dan levis dilihat dari segi pengertian, untuk celana jeans ini terbuat dari bahan denim. Ketika bahan denim dibuat celana maka penyebutannya celana jeans.

Bahan denim sendiri bisa digunakan untuk model fashion apapun, misalnya kemeja, jaket, dan lainnya bisa juga dompet. Namun penyebutannya buka dompet jeans namun dompet denim. 

Celana levis sendiri merupakan merk dari celana jeans yang terkenal, levis merupakan merek pertama dari celana jeans. Karena hal ini lah orang-orang menyebutnya jeans dan levis tidak ada bedanya.

2. Dilihat Sejarah

Kalau dilihat dari sejarah ternyata celana jeans dan levis itu berbeda, berawal dari terbentuknya celana jeans dari bahan denim. Dimana Jacob Davis meminta bantuan Levi Strauss yang punya modal membuat celana jeans. 

Berkat kerjasama keduanya terciptalah hak paten dari celana jeans Levi Strauss & Co. Berkembang pesat dan menjadi trend dalam mode. Setelah Strauss meninggal maka keponakannya Jacob Stern mengambil alih usaha tersebut. 

Setelah diambil alih terciptalah produk celana jeans Levis, dan celana ini menjadi semakin populer hingga saat ini. Menjadi simbol pemuda di berbagai penjuru dunia untuk menunjukan ketangguhan dan kebebasan. 

3. Bahan Dasar

Perbedaan yang pertama terletak dalam bahan dasar, untuk levis terbuat dari kain yang berbahan dasar denim yang terbuat dari kapas. Kapas sendiri merupakan salah satu bahan terbaik untuk membuat fashion ada kapas alami dan buatan. 

Serat dari kapas cukup unggul dan tinggi dari serat lainnya, terlebih lagi jika dibandingkan dengan serat sintetis. Dan tentunya akan terasa berat jika dijadikan kemeja atau jaket dalam fashion namun tetap keren jika dikenakan. 

Jeans terkadang terbuat dari bahan dasar spandek, dan terkadang lebih melar dan elastis tidak kaku. Terkadang bercampur dengan bahan sintetis yaitu polyurethane dalam membuat bahan baku dari jeans sendiri. 

4. Proses Pembuatan

Jeans merupakan produk hasil jadi dari kain denim yang dibuat untuk celana, jadi penyebutannya bukan celana denim. Penyebutan yang benar adalah celana jeans, terbuat dari pintalan kapas. 

Kapan yang dipintal akan menjadi benang, selanjutnya akan diproses menjadi lembaran kain yang siap dibuat pola. Dalam membuat levis tentunya juga terbuat dari serat kapas yang dipintal dan saat ini dibuat dengan tenaga laser. 

Saat dulu levis dibuat dengan tenaga manusia dan butuh waktu tiga jam untuk menyelesaikan tiga produk celana levis. Karena berkembangnya teknologi proses pembuatan jadi cepat, dan siap dipasarkan lebih jauh. 

5. Model 

Kedua model dari celana ini memiliki beragam model sesuai perkembangan zaman, dan permintaan pasar. Warna dari celana levis terkesan klasik dan lama, namun tetap menarik untuk digunakan. 

Celana levis biasanya memiliki warna cenderung memudar dan tetap keren jika dikenakan. Celana jeans sendiri memiliki warna denim dan akan semakin keren jika warna semakin memudar dan tak lekang oleh waktu. 

Kedua model celana jeans dan levis biasanya ada yang  longgar dan ketat, tergantung model yang diinginkan. Jika bagian belakang, jean dan levis dipegang itu lembut maka menandakan produk asli. 

6. Awal Terciptanya Jeans dan Levis

Celana jeans tercipta dari bahan denim yang bermula dari tahun 1560 di Genoa Italia dan dibuat untuk angkatan laut.  Tahun 1980 jeans mulai masuk Amerika pada tahun 1873 mulai Jacob Davis dan Levi membuat jeans bersama. 

Mereka  mulai mematenkan merk jeans yang berhasil mereka ciptakan secara bersama dan Mendapatkan hak paten dagang Amerika. Jeans lebih dulu tercipta dari pada merk levis. Merk levis mulai tercipta setelah Levi Straus meninggal dunia, dan merk Levis mulai dikembangkan oleh sang keponakannya.

 Dulu digunakan untuk angkatan laut atau pekerja tambang dalam penggunaan celana jeans dan saat ini digunakan untuk para pemuda. Warna Jeans dan levis dulu kala memang di dominasi oleh warna biru. 

Itulah tadi beberapa perbedaan celana jeans dan levis sebagai bahan pertimbangan, ternyata keduanya berasal dari bahan denim. Jeans penyebutan bahan denim yang dijadikan untuk model celana.

Levis merupakan salah satu merk jeans yang terkenal hingga saat ini, dan sudah dipasarkan dan dikenakan oleh beberapa orang di penjuru dunia. Merk levis pun menjadi merk yang selalu dicari untuk membeli celana jeans.