Tak menampik penggunaan kacamata tidak hanya mementingkan model bingkai dan ukuran saja namun juga bentuk wajah. Disinilah diperlukan tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah secara benar lagi tepat.

Alasan mengapa bentuk wajah menjadi penting adalah karena sebagian orang percaya pemilihan kacamata turut menunjang penampilan diri. Terlebih kacamata yang dibutuhkan untuk menjalani rutinitas harian.

Penasaran bagaimana tips memilih kacamata yang cocok dengan bentuk wajah? Kiranya bisa menyimak ulasan berikut secara saksama.

1. Bentuk Wajah Bulat

Bagi seseorang dengan rupa wajah bulat pemilihan kacamata cenderung mudah dilakukan. Alasannya karena rata-rata model bingkai kacamata dan ukuran yang tersedia di pasaran cocok dikenakan.

Hanya saja pemilik wajah bulat disarankan agar menghindari memilih model kacamata dengan bingkai bulat. Dimana bingkai bulat dapat memberikan kesan pada look wajah yang semakin bulat.

Pilihlah bingkai kacamata dengan sudut tajam untuk mempertegas wajah dan menampilkan kesan berbeda. Seperti bingkai kacamata persegi panjang atau persegi, wayfarer, dan mata kucing.

2. Bentuk Wajah Segitiga

Berbeda dengan pemilik wajah segitiga yang sedikit tricky dalam memilih model bingkai kacamata. Tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah segitiga ini cenderung dengan rupa lebar atau bulat.

Alasannya karena bentuk wajah segitiga mempunyai dahi yang sempit dengan garis pada area rahang yang lebar. Model bingkai lebar akan menutupi area rahang sementara bingkai bulat membuat wajah tampak halus.

Bingkai kacamata yang dapat dihindari oleh pemilik wajah segitiga yaitu model persegi dan mata kucing. Bingkai hanya memberikan kesan wajah yang lebih lebar.

3. Bentuk Wajah Oval

Tidak jauh dari pemilik wajah bulat yang sebelumnya dibahas dalam urusan pemilihan kacamata. Umumnya wajah oval mempunyai tulang pipi yang lebar dan lebih panjang sedang pada dahi tampak sempit.

Artinya dalam memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah oval sebaiknya tidak berbingkai sempit dan tebal. Cari menggunakan kacamata dengan bingkai kotak, mata kucing, atau persegi panjang.

Pemilihan kacamata dengan desain kotak, persegi maupun mata kucing bisa memberikan kesan tegas pada wajah. Di samping memberikan kesan tegas model kacamata juga dapat membuat look lebih elegan.

4. Bentuk Wajah Persegi Panjang

Beralih ke tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah persegi panjang yang lebih mengarah pada bingkai tipis. Kemudian pemilik wajah persegi panjang juga disarankan untuk menyesuaikan bingkai kacamata dengan tone kulit.

Dimana bingkai yang sempit dengan elemen warna cerah akan membuat kesan kurang bagus saat dikenakan. Pilihlah bingkai kacamata yang bulat dan lebar serta memiliki lensa transparan.

Tone kulit juga dapat diselaraskan dengan warna dari kacamata. Namun bagi yang ingin tampil berbeda bisa memilih warna-warna berani pada bingkai kacamata.

5. Bentuk Wajah Persegi atau Kotak

Tidak terbatas pada pemilik wajah bulat atau oval, rupa wajah persegi pun mendukung penggunaan kacamata berbagai model. Ini karena garis dahi dan rahang yang dimiliki cenderung proporsional sehingga cocok di beberapa bingkai kacamata.

Meskipun cocok mengenakan beberapa model kacamata, namun direkomendasikan untuk memilih bingkai bulat tanpa sudut. Kesan yang ditampilkan akan membuat kesan persegi pada tipe wajah tidak terlalu terlihat

Berbeda dengan pemilik wajah persegi yang cukup percaya diri, kacamata berbingkai tajam pada sudutnya bisa dipilih. Kesan yang diberikan oleh kacamata semakin mempertegas bentuk wajah.

6. Bentuk Wajah Diagonal

Untuk pemilik wajah diagonal cenderung berciri rahang sempit dan area pipi yang penuh. Inilah mengapa tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah diagonal diperlukan dengan alasan lebih tricky dalam menentukan.

Saran terbaik yang dapat dipilih berupa bingkai mata kucing yang semakin mempertegas area dahi. Di samping itu, kacamata juga bisa membuat area wajah lebih halus.

Hanya saja, apabila dirasa saat dikenakan model kacamata bingkai mata kucing tidak sesuai maka bisa mencoba yang lainnya. Pastikan tidak memilih kacamata yang membuat kepercayaan diri luntur.

7. Bentuk Wajah Hati

Pemilik wajah hati turut perlu memperhatikan beberapa bingkai kacamata sebelum mengenakannya. Wajah berbentuk hati ini lebih memiliki area dagu sempit, tulang pipi tinggi, dan dahi yang lebar.

Bingkai kacamata yang sebaiknya dihindari adalah dengan bentuk lebar dan tebal serta posisi gagang yang tinggi. Pemilihan bingkai kacamata yang lebar dan tebal akan membuat wajah semakin lebar.

Untuk tips, pilih kacamata tanpa bingkai yang mampu memberikan proporsional bentuk wajah atau menyeimbangkan komponen pada wajah. Model kacamata dengan bingkai tipis masih aman dikenakan termasuk yang mempunyai rupa alis. 

Itulah 7 tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah yang dimulai dari pemilik wajah bulat, oval, persegi, diagonal hingga hati. Pemilihan kacamata sebaiknya dilakukan secara tepat dengan memperhatikan elemen bingkai agar citra para pemakainya semakin bagus. 

Apalagi seseorang yang merasa kurang percaya diri saat mengenakan kacamata karena ketidakcocokan bentuk wajah. Jangan sampai aktivitas sehari-hari menjadi terganggu akibat “sibuk” fokus pada penampilan yang diinginkan.