Semenjak game Android berkembang, banyak orang yang lebih memilih bermain game lewat smartphone dibandingkan PC. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak game berat yang butuh HP dengan spesifikasi canggih untuk memainkan game tersebut. Bagi kamu para pencinta game maka wajib tahu HP yang cocok untuk game berat apa saja.

Karakteristik Smartphone yang Pas untuk Bermain Game Berat

Sebelum membahas apa saja game yang cocok untuk memainkan game berat, alangkah baiknya kamu mengetahui karakteristik smartphone yang ideal untuk bermain game. Di bawah ini merupakan beberapa ciri HP yang cocok untuk game berat.

Resolusi 720p

Sebagai HP gaming, tentunya harus mempunyai resolusi layar yang tinggi. Semakin tinggi resolusi layar, maka semakin berat pula kerja chip grafis dan prosesor untuk mengolah gambar.
Jika kamu mengincar smartphone dengan harga terjangkau, kamu dapat memilih smartphone dengan resolusi layar 720p dibandingkan Full HD.

Meskipun demikian, resolusi 720p juga sudah sangat bagus karena lebih ringan untuk memainkan game dan nyaman di mata. Dengan demikian main game pastinya akan lebih seru dan menyenangkan dibandingkan hp dengan layar Full HD atau 2K.

RAM Minimal 2 GB

Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh HP gaming yaitu mempunyai kapasitas RAM minimal 2 GB. Kenapa kapasitas RAM harus besar?

Sebenarnya untuk game berat tidak begitu membutuhkan banyak RAM. Namun kapasitas RAM smartphone Android sering habis karena sistem operasi serta berbagai aplikasi yang berjalan.
Hal ini menyebabkan kapasitas RAM akhirnya tidak bisa dialirkan ke game yang kamu mainkan. Apabila kamu memilih smartphone Android dengan RAM 1 GB, maka kamu akan sering mengalami force closed atau hang saat bermain game.

Menggunakan UI Standar

Jika kamu merupakan pecinta game mobile, alangkah baiknya tidak menggunakan UI yang aneh-aneh dan fitur yang tidak terpakai. Justru UI yang banyak fitur dapat mau makan banyak RAM sehingga kinerja smartphone menjadi lambat.

Terutama bagi kamu yang menganggap game sebagai hal yang sangat penting alangkah baiknya membeli smartphone dengan UI ringan dan konsumsi RAM sedikit. Dengan UI sederhana tetapi irit dan optimal RAM, maka smartphone dapat menjalankan game dengan lancar dibandingkan dengan smartphone yang mempunyai komposisi hardware sama.

Memperhatikan Storage

Seperti yang telah diketahui bahwa ukuran game HD saat ini di smartphone sangat besar, bahkan bisa lebih dari 1 GB. Untuk dapat menampung berbagai game, maka smartphone Android harus memiliki kapasitas penyimpanan atau storage yang cukup.

Lebih baik kamu membeli smartphone yang memiliki kapasitas storage 16 GB. Meskipun storage 8 GB masih mumpuni, tetapi tidak seutuhnya dapat digunakan, karena 4 GB lainnya terpakai oleh sistem. Jika demikian, game yang terinstal di HP mungkin hanya maksimal 3 game HD saja.

Baterai dengan Kapasitas Tinggi

Jika kamu gamers sejati, lupakan baterai di bawah 2500 mAh karena jika baterai tidak mumpuni maka hardware kencang pun akan sia-sia.

Untuk itu pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai lebih dari 2000 mAh. Misalnya jika kamu menggunakan kapasitas baterai 3000 mAh, maka dapat digunakan untuk bermain game HD selama sekitar 4 hingga 6 jam nonstop.

Baca juga: 8 Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Seperti Semula

Inilah Daftar HP Gaming Terbaik Untuk Main Game Nonstop

HP yang Cocok Untuk Game Berat

Untuk kamu yang sedang mencari HP yang cocok untuk game berat, berikut ini akan direkomendasikan beberapa pilihan.

1. ROG Phone 6

ROG Phone 6 dari ASUS merupakan HP gaming terbaik yang memang sengaja di desain untuk kebutuhan game, mulai dari desain tampilan hingga jeroan yang mumpuni.

HP ini dibekali dengan layar AMOLED 6,78 inci yang sudah Full HD Plus. Kamu akan semakin nyaman bermain game karena HP ini telah didukung adanya refresh rate 165Hz dengan touch sampling rate mencapai 720 Hz.

Selain itu, layar HP ini juga dibekali adanya pelindung Corning Gorilla Glass Victus yang membuat layar tahan banting dan tidak mudah pecah.

Sebagai salah satu HP gaming terbaik, ROG Phone 6 diperkuat dengan Chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Sedangkan untuk penyimpanannya ada dua varian, yaitu RAM 8 GB dengan ROM 256 GB, serta RAM 12 GB dengan ROM 256 GB.

Ada juga fitur pendukung untuk membuat saat bermain game lebih nyaman, yaitu Air Trigger, teknologi Aeroactive Cooler 6 dan Thermoelectric AI Cooling System. Dengan begitu maka HP tidak cepat overheat.

Sedangkan untuk baterainya menggunakan kapasitas 6000 mAh yang didukung adanya fitur fast charging 65 watt. Kamera HP ini juga sangat bagus dengan sensor utama 50 MP, kamera makro 5 MP dan ultra wide 13MP.

2. TECNO Pova 4 Pro

Untuk kamu yang sedang mencari HP yang cocok untuk game berat maka bisa memilih TECNO Pova 4 Pro. Dari segi harga, HP ini termasuk HP gaming murah yang memiliki spek tinggi dengan performa prosesor terbaik di kelasnya.

Sedangkan dari sisi penyimpanan juga sudah dibekali dengan RAM 8 GB yang dapat ditambah extended RAM 5 GB. Jadi untuk total RAM pada HP ini yaitu 13 GB. Untuk memori internal, ada dua opsi, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Dari sisi tampilan layar, TECNO Pova 4 Pro dibekali layar AMOLED 6,66 inci. Pastinya HP ini sudah mendukung refresh rate 90Hz sehingga dapat memberikan pengalaman main game yang lebih memuaskan.

Untuk baterainya menggunakan baterai kapasitas jumbo yaitu 6000 mAh dengan fitur fast charging 45 W. HP ini juga dibekali dual kamera, dengan kamera utamanya 50 MP. Kamu dapat menggunakan HP ini seharian hanya dengan satu kali pengisian daya penuh.

3. Realme Narzo 50 A

HP Realme ini merupakan HP yang cocok untuk game berat dengan spesifikasi yang mumpuni untuk HP gaming kelas entry. Prosesor yang digunakan yaitu MediaTek Helio G85 sehingga sangat mendukung performa dalam bermain game.

Untuk tampilan grafik game di layar akan terlihat tajam karena HP ini hadir dengan layar mini drop 6,5 inci. Hal inilah yang membuat layar dapat menghasilkan kualitas HD Plus yang sangat jernih.

Untuk pengalaman main game yang lebih seru, HP yang cocok untuk game berat ini dibekali dengan kamera 50 MP + 2 MP + 2 MP. Sedangkan untuk kapasitas baterai yang digunakan yaitu baterai jumbo 6000 mAh yang mendukung teknologi fast charging 18 W.

4. Poco M3 Pro 5G

Poco menjadi salah satu HP yang cocok untuk game berat sehingga banyak diminati oleh para gamers. HP ini rilis di Indonesia secara resmi pada Juni 2021 yang dibekali dengan RAM 4 GB dan 6 GB.

Kamu bisa mendapatkan HP gaming ini dengan harga terjangkau hanya sekitar 2 jutaan saja, tetapi spesifikasi yang ditawarkan sekelas HP flagship. Untuk opsi RAM 6 GB dilengkapi dengan memori internal 128 GB.

Sementara untuk prosesornya menggunakan MediaTek Dimensity 700 sehingga dapat menikmati layanan jaringan 5G yang lebih cepat.

Untuk layarnya mengusung DotDisplay ukuran 6,5 inci yang dapat menyajikan gambar tampilan Full HD Plus. Jadi jangan heran jika layar HP dapat menampilkan gambar atau video game yang sangat jernih dan tajam.

POCO M3 Pro 5G menjadi HP andalan gaming karena memiliki tingkat respons tinggi yang telah mendukung refresh rate 90Hz. Sementara untuk kapasitas baterainya yaitu 5000 mAh yang sudah dibekali dengan fitur fast charging 18 W.

5. Realme 8

HP Realme 8 sudah dibekali dengan prosesor yang canggih untuk gaming yaitu prosesor MediaTek Helio G95. Hal inilah yang membuat tampilan grafis pada layar HP ini tampak sangat halus sehingga saat bermain game pun menjadi lebih nyaman.

Untuk tampilan layar Realme 8 dibekali dengan layar jenis Super AMOLED 6,4 inci untuk menampilkan gambar yang berkualitas Full HD Plus. Di bagian panel belakang HP terdapat quad kamera serta konfigurasi kamera 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP. Untuk kamera depannya menggunakan resolusi 16 MP.

Bagi kamu yang suka main game dan sedang mencari HP yang cocok untuk game berat maka bisa menggunakan Realme 8. Untuk kapasitas baterainya pun sangat bagus yaitu 5000 mAh yang sudah dilengkapi fitur fast charging 30W.

Baca juga: Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya Terlengkap

6. Infinix Hot 11

Untuk kamu yang hobi main game, HP yang cocok untuk game berat dengan harga terjangkau yaitu Infinix Hot 11 yang dibanderol dengan Harga kisaran Rp 1,7 jutaan. Selain untuk kebutuhan gaming, HP ini juga dibekali dengan teknologi terkini untuk belajar online dan kebutuhan lainnya.

Prosesor yang digunakan pada HP ini yaitu Chipset gaming entry level MediaTek Helio G70 sehingga performanya cukup bagus. HP ini cocok untuk bermain game moba seperti Mobile Legends. Untuk memorinya, Infinix dibekali dengan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Bagi kamu para pelajar sangat pas menggunakan HP ini karena dibekali dengan layar IPS LCD resolusi Full HD plus 6,6 inci. Untuk layarnya telah mendukung teknologi Eye Protection Screen Proof sehingga dapat menyaring cahaya biru. Dengan begitu kamu dapat main game dan belajar dengan nyaman tanpa takut terkena paparan radiasi.

Untuk baterai yang digunakan yaitu kapasitas 5200 mAh dengan teknologi Power Marathon. Kamu dapat bermain game selama 14 jam nonstop melalui HP ini.

7. Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 memiliki spesifikasi yang andal di berbagai segmen. Tidak heran jika HP ini menjadi incaran banyak orang, khususnya para pencinta game yang mencari HP yang cocok untuk game berat dengan harga terjangkau.

HP Samsung ini dibekali dengan prosesor Chipset Exynos 850 fabrikasi 8 nm dengan prosesor Octa-core. Dengan begitu maka HP Samsung ini dapat berjalan di kecepatan hingga 2.0 GHz.
Apabila kamu memiliki budget 2 jutaan, kamu dapat memilih opsi RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Namun jika budget kamu di bawah 2 jutaan, kamu dapat memilih varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB.

Untuk menunjang aktivitas pengambilan foto, HP ini dibekali dengan kamera yang canggih. Adapun resolusi kamera utamanya yaitu 42 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP dengan kamera depan resolusi 8 MP.

Sementara untuk daya baterai yang digunakan merupakan kapasitas jumbo yakni 5000 mAh. Dengan begitu maka kamu dapat bermain game lebih lama tanpa khawatir baterai cepat habis.

8. Realme C3

Realme C3 merupakan HP yang cocok untuk game berat dengan harga yang bersahabat di kantong. Pasalnya, kamu dapat membeli HP ini dengan harga kisaran Rp 1,8 jutaan saja.

Performa HP ini cukup canggih karena dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G70 dan teknologi HyperEngine sehingga kualitas gambar dan jaringan yang dihasilkan lebih stabil. Dengan begitu maka bermain game pun menjadi lebih mulus.

Untuk kapasitas baterai yang digunakan sebesar 5000 mAh dan dapat digunakan untuk bermain PUBG nonstop selama 10,6 jam. Jadi kamu tidak perlu khawatir melakukan pengisian baterai berulang karena masa pemakaiannya cukup lama.

Dari sisi layar HP Realme C3 dibekali dengan layar IPS LCD ukuran 6,5 inci teknologi capacitive touchscreen dengan resolusi HD Plus. Jadi saat digunakan untuk bermain game pun bisa lebih puas karena ukuran layarnya yang cukup lebar.

Sedangkan dari segi memori penyimpanan, HP Realme ini dibekali dengan RAM 3 GB dengan memori internal 32GB. Untuk kamera utama yang dipakai di HP ini yaitu resolusi 12 MP + 2 MP + 2 MP, dengan kamera depan beresolusi 5 MP.

9. Redmi 7

Selain itu ada juga HP seri Redmi 7 yang termasuk dalam jajaran HP yang cocok untuk game. Merk HP ini cukup menjadi incaran banyak kalangan karena memiliki spek mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Performanya cukup bagus karena Redmi 7 dibekali menggunakan dapur pacu Snapdragon 600 series atau Qualcomm Snapdragon 632. Hal inilah yang membuat HP Redmi ini cukup andal untuk menjadi HP gaming.

Baterai yang ditanamkan pada HP ini juga tergolong kapasitas jumbo yaitu 4000 mAh. Sedangkan untuk memori penyimpanannya masih terbatas karena hanya ada dua varian yang ukurannya tergolong kecil, yaitu RAM 2 GB dengan memori internal 32 GB dan ram 3 GB dengan memori internal 32 GB.

Untuk layarnya mengusung teknologi IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi 6,26 inci yang sudah HD Plus. Kamu bisa mendapatkan HP ini dengan harga kisaran 1,6 jutaan saja.

10. Redmi Note 9

Suksesor seri Redmi 8 ini dapat membawa berbagai perubahan yang mendukung performa untuk main game lebih kencang dan nyaman. HP Redmi Note 9 mengusung layar dengan resolusi 6,53 inci menggunakan desain punch hole yang membuat tampilan jauh lebih bersih.

Teknologi yang digunakan pada layar yaitu IPS LCD capacitive touchscreen yang sudah Full HD Plus. Untuk harga HP ini hanya kisaran Rp 2,6 jutaan saja.

HP Xiaomi gaming ini pun memiliki performa yang cukup bagus karena dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G85 yang merupakan Chipset gaming yang telah didukung kartu grafis Mali G52 MC2.

Untuk memori penyimpanannya, ada dua varian yang bisa kamu pilih yaitu RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB, serta RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB.

Dari sisi kameranya juga sangat canggih karena dibekali dengan kamera belakang beresolusi 48 MP PDAF, 8 MP ultrawide, 2 MP micro, dan 2 MP sensor. Sementara untuk kamera depan memiliki resolusi 13 MP standar.

HP ini termasuk HP gaming murah yang awet digunakan karena menggunakan kapasitas baterai 5020 mAh. Jadi kamu bisa main game tanpa khawatir di tengah jalan baterai habis.

11. Samsung Galaxy A13

Salah satu HP yang cocok untuk game berat yaitu Samsung Galaxy A13 karena memiliki spek yang mumpuni untuk HP gaming. Sebagai kelas menengah, HP Samsung seri ini menghadirkan berbagai fitur dan kemampuan yang menarik. Bahkan HP Samsung Galaxy A13 ini juga menawarkan dukungan fotografi yang optimal.

Untuk lensa utama yang digunakan yaitu resolusi 50 MP dengan dukungan lensa ultra wide 5 MP, makro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 8 MP.
Jika dilihat dari segi layar, kamu semakin diuntungkan karena HP ini mengusung ukuran layar lebar dengan resolusi 6,6 inci yang dibekali teknologi PLS LCD resolusi HD 1080 x 2408 pixel.

Jadi kamu pun bisa bermain game lebih puas dan nyaman karena ukuran layarnya yang lebar. Selain itu, Samsung juga menggunakan interface terbaru yaitu One UI 4.1 pada model ini.
Untuk memori penyimpanan, ada tiga opsi varian yang dapat dipilih, yaitu RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB, dan RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB.

Untuk kamu yang merupakan gamer sejati, HP ini merupakan HP yang cocok untuk game berat dan kamu dapat memilih memori dengan kapasitas paling besar. Untuk kapasitas baterainya menggunakan kapasitas jumbo yaitu 5000 mAh. Jangan begitu kamu bisa bermain game lebih lama tanpa khawatir kehabisan daya baterai.

12. Vivo Z1 Pro

Apakah kamu sedang mencari HP yang cocok untuk game berat dengan spesifikasi yang mumpuni? Vivo Z1 Pro merupakan jawabannya. Sekarang Vivo tidak hanya canggih untuk urusan fotografi dan selfie saja, karena juga termasuk HP gaming dengan performa dapur pacu yang canggih.

HP ini dibekali dengan prosesor Chipset Qualcomm Snapdragon 712 dengan octa core 2,3 GHz Kryo 360. Tidak heran jika untuk bermain game jauh lebih nyaman dan kencang karena prosesornya yang handal.

Sedangkan untuk penyimpanannya ada dua opsi yang dapat kamu pilih, yaitu RAM 4 GB dengan ROM 64 GB, atau RAM 6 GB dengan ROM 128 GB. HP ini bisa didapatkan dengan harga kisaran 3,1 jutaan saja.

Untuk kapasitas baterainya menggunakan kapasitas 5000 mAh yang telah dilengkapi adanya dual engine fast charging 18W. Kamu pun dapat bermain game online lebih lama karena baterainya yang awet.

Sebagai salah satu HP yang canggih untuk selfie dan fotografi, lensa utama yang digunakan pada HP ini yaitu resolusi 16 MP + 8 MP + 2 MP. Untuk kamera depan atau kamera selfie-nya sangat canggih karena memiliki resolusi 32 MP sehingga hasilnya jernih.

Sedangkan dari segi layar, HP ini mengusung layar teknologi IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi 6,53 inci Full HD+ 1080 x 2340 p. Karena ukuran layarnya yang lebar dengan hasil gambar yang jernih, membuat aktivitas bermain game jauh lebih seru.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Suara HP Hilang yang Bisa Diterapkan

Itulah beberapa rekomendasi HP yang cocok untuk game berat berbagai spesifikasi. Kamu dapat menyesuaikan pemilihan merek dan seri HP dengan kebutuhan gaming serta budget yang tersedia