Permasalahan yang muncul pada HP memang sangat banyak dan tidak diketahui kapan datangnya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah suara HP yang hilang. Jika mengalami masalah seperti ini, maka harus tahu cara mengatasi suara HP hilang dengan beberapa metode.

Setidaknya ada lima metode berbeda yang akan disarankan untuk diterapkan. Setiap metode juga sudah diurutkan mulai dari golongan paling dasar sampai pada bagian yang kompleks. Berikut urutan proses dan uraian lengkapnya untuk dipahami:

1. Periksa Pengaturan Volume

Untuk mengatasi permasalahan ini, maka lakukan proses pengecekan mulai dari yang paling dasar. Langkah pertama adalah dengan melakukan proses pengecekan pada pengaturan volume HP. Proses pengecekan ini bisa dilakukan dengan memperbesar atau mengecilkan volume dengan tombol.

Apabila tetap tidak memunculkan suara, maka bisa dengan masuk ke menu setelan pada ponsel. Untuk proses pengecekannya sendiri bisa dilakukan dengan beberapa langkah pasti yang berurutan. Jika penasaran dengan prosesnya, ikuti uraian berikut ini:

  • Langkah paling awal adalah dengan masuk ke menu “Pengaturan” yang terdapat di perangkat.
  • Jika sudah masuk, maka pilih sub menu “Suara & Getaran”.
  • Kemudian pilih opsi “Hening”.
  • Pada bagian menu selanjutnya, pastikan untuk memilih opsi “Dering”. Atau jika tidak ada, maka bisa memilih opsi “Reguler”.
  • Jika selesai, lakukan pengecekan dengan memainkan sebuah lagu.

Untuk tindakan lebih lanjut, maka bisa juga mengecek bagian lain seperti suara alarm, media, dan dering yang ada di perangkat. Posisi volume tidak boleh di bawah agar suaranya tetap muncul dan permasalahan bisa diselesaikan.

2. Reset HP

Cara mengatasi suara HP hilang kedua adalah dengan merestart HP. Hanya dengan proses ini biasanya permasalahan suara yang tidak muncul bisa diselesaikan dengan mudah. Jika hal ini terjadi, artinya HP ingin istirahat sebentar dari segala aktivitas yang dilakukan.

Jadi jangan langsung mencoba urutan proses lain sebelum mencoba urutan proses yang satu ini. Restart saja HP sekali dan coba suara yang hilang. Jika suara muncul, maka prosesnya selesai. Namun jika belum muncul, maka lanjutkan pada proses yang ketiga.

3. Bersihkan Cache HP

Pilihan cara ketiga yang bisa dimanfaatkan adalah dengan membersihkan cache. Biasanya permasalahan terlalu banyak cache yang menumpuk akan menyebabkan aplikasi lain tidak mengeluarkan suara. Misalnya YouTube, Spotify, dan aplikasi lainnya.

Untuk itu, proses pembersihan cache akan sangat disarankan. Apabila masalah suara tidak muncul terjadi saat membuka YouTube, maka bersihkan cache yang ada di Youtube. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk dulu ke golongan menu “Pengaturan” yang ada di perangkat.
  • Setelah itu, buka menu “Kelola Aplikasi” dan buka aplikasi yang ingin dihapus bagian cache-nya.
  • Pilih opsi “Hapus Data”, kemudian pencet tombol “Bersihkan Cache”.
  • Terakhir, pencet tombol “Ok” untuk konfirmasinya.

Proses ini juga bisa diterapkan pada aplikasi lain yang mungkin mengalami permasalahan yang sama. Terapkan saja urutan langkah tersebut dengan baik, maka permasalahan suara HP yang tidak muncul bisa diselesaikan dengan baik.

Jika bingung aplikasi apa saja aplikasi yang suaranya hilang, maka bisa memanfaatkan aplikasi untuk mendeteksinya. Proses ini tentunya akan memudahkan karena sudah ada deteksi otomatis beserta rangkaian proses penyelesaiannya.

4. Pakai Aplikasi Bantuan

Cara mengatasi suara HP hilang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bantuan. Pilihan aplikasi pertama yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi SoundAbout. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka permasalahan suara bisa diselesaikan.

Bahkan saat penyebab suara yang bermasalah tidak diketahui, aplikasi ini masih bisa menyelesaikannya. Penasaran bagaimana langkah yang bisa diterapkan? Untuk mengetahuinya, simak uraian penjelasan yang ada di bawah ini:

  • Unduh aplikasi SoundAbout dan biarkan sistem memasannya secara otomatis.
  • Jika sudah, buka aplikasinya dan aktifkan fiturnya dengan masuk ke menu “Sound About Services”.
  • Setelah itu pilih opsi “On – With Status”.
  • Kemudian aktifkan beberapa bagian yang diinginkan, seperti media audio, phone call audio, dan yang lainnya.
  • Lalu lakukan tes dengan memainkan sebuah musik. Jika suara muncul, maka permasalahan selesai.

Selain SoundAbout, aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan adalah Speaker Tester. Aplikasi ini khusus untuk melakukan pengecekan speaker dan melakukan perbaikan secara otomatis. Proses penggunaannya juga sangat mudah dan tidak terlalu ribet.

Kendala apapun akan diinformasikan oleh Speaker Tester ini secara terperinci. Baik itu permasalahan hardwarenya, permasalahan cache, dan masalah lain yang mungkin menyebabkan speaker tidak memunculkan suara.

5. Servis Speaker HP

Apabila semua proses di atas tidak membuahkan hasil, maka proses terakhir yang bisa dijadikan pilihan adalah membawa HP ke tempat servis. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar masalahnya ada pada hardware HP-nya. Oleh sebab itu, membawanya ke tempat servis adalah pilihan yang paling tepat.

Demikianlah urutan cara mengatasi suara HP hilang dengan urutan yang tepat. Untuk mulai mengatasinya, maka mulai dulu dari proses yang paling dasar sampai pada poin kelima yang paling kompleks. Dengan demikian, suara HP akan kembali seperti semula.