Permasalahan pada perangkat elektronik sejenis HP memang tidak ada habisnya. Salah satu golongan permasalahan yang sering terjadi adalah HP yang panas. Jika mengalami kondisi serupa, maka penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya harus diketahui dengan jelas.

Apabila penyebab dan proses mengatasinya diketahui, maka nantinya sebagai pengguna bisa lebih berhati-hati dan bisa mulai menjaga HP dengan baik. Penasaran apa saja penyebab dan apa saja solusi yang bisa dimanfaatkan? Untuk mengetahuinya, simak uraian penjabaran berikut ini:

1. Penggunaan Berlebihan

Penyebab pertama yang mungkin menjadi alasan kenapa HP cepat panas adalah karena penggunaannya yang berlebihan. Semakin banyak aplikasi yang dibuka atau dimainkan, maka HP akan membutuhkan tenaga lebih banyak untuk bekerja dan akhirnya panas yang banyak akan dikeluarkan.

Hal ini juga akan terjadi jika kamera dibuka dan dimanfaatkan terlalu lama. Semakin lama penggunaannya, maka prosesor akan bekerja dengan sistem kerja yang lebih berat. Akhirnya, panas akan dikeluarkan dan tidak bisa dihindari lagi.

Apabila hal ini terlanjur terjadi, maka segera berhenti bermain dan istirahatkan HP. Keluarkan semua aplikasi tidak penting dari latar belakang HP. Atau jika perlu, matikan dulu HP untuk beberapa waktu sampai proses pendinginan selesai dilakukan pada prosesor.

2. Hardware yang Rusak

Kemudian untuk penyebab yang kedua bisa jadi karena hardware yang rusak. Mulai dari kabel, baterai HP, hingga bagian pengisi dayanya. Apabila terjadi kerusakan pada bagian-bagian tersebut, maka pengaruhnya juga pada tingkat panas HP. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Jika hardware rusak, maka kinerjanya tidak lagi baik. Demikian, daya tampung baterai juga tidak akan maksimal. Sedangkan, penggunaannya masih terus dilakukan meski kerusakan masih terjadi. Oleh sebab itu, tingkat kepanasan HP akan meningkat jauh lebih tinggi dari biasanya.

Apabila mengalami kendala seperti ini, maka pastikan untuk segera mengganti beberapa komponen yang sudah terlihat rusak. Namun jika kerusakannya tidak terlihat, maka langsung saja bawa HP ke tempat servis untuk melihat apakah baterainya yang rusak.

3. Mengisi Baterai Saat Tidur

Saat ini memang sudah banyak Hp dengan sistem canggih yang mampu menghentikan proses pengisian saat sudah 100 persen secara otomatis. Namun tidak semua HP memiliki sistem serupa yang bisa membantu proses pengisiannya.

Oleh sebab itu, mengisi baterai saat tidur bukanlah hal yang dianjurkan. Walaupun HP sudah memiliki sistem canggih, kebiasaan ini akan tetap mengganggu dan berdampak. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak mengisi daya sambil tidur.

Sebelum terlambat dan HP rusak, maka pastikan untuk menghindari kebiasaan yang buruk ini. Informasi penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya terperinci ini memang sangat penting untuk dipahami. Hal ini dikarenakan banyak yang masih melakukannya sampai sekarang.

4. Pengaturan HP Belum Optimal

Aspek penyebab lain yang harus dipahami adalah pengaturan HP yang belum optimal. Jika dilihat pengaturan HP, maka akan terlihat beberapa hal yang bisa menyebabkan HP panas secara berkala. Salah satu golongan yang paling berpengaruh adalah tingkat kecerahan layar.

Semakin cerah layar HP, maka tingkat kepanasannya akan mudah muncul. Oleh sebab itu, atur HP pada tingkat kecerahan yang rendah atau yang paling normal. Dengan demikian, HP tidak akan cepat panas dan daya bateria bisa lebih lama.

Untuk meminimalisir tingkat kecerahan yang berlebihan, maka pastikan untuk mulai memanfaatkan kecerahan lampu dalam ruangan. Dengan lampu ruangan yang cerah, maka kecerahan layar bisa dikurangi dan tingkat panas pada HP bisa terus berkurang.

5. Ada Bugs dalam HP

Bugs yang ada dalam HP atau aplikasi tertentu juga bisa menjadi penyebab utama sebuah HP menjadi cepat panas. Semakin banyak bugs dalam HP, maka tingkat panasnya akan mudah muncul karena prosesor tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan rutin melakukan pembaruan pada aplikasi yang ada di ponsel. Penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya golongan ini juga sangat penting untuk dipahami karena banyak pihak yang menyepelekan proses update aplikasi.

6. Pengaruh Lingkungan

Faktor lingkungan juga menjadi penyebab utama yang bisa membuat HP cepat panas. Apabila berada di luar ruangan dan HP langsung terpapar panas matahari, maka nantinya HP juga akan panas secara berkala. Hal ini tentunya akan membuat HP cepat rusak dan tidak bisa bekerja maksimal.

Oleh sebab itu, usahakan untuk menghindari penggunaan HP di bawah terik matahari secara langsung. Apabila kebiasaan ini mulai dikurangi, maka HP tidak akan mudah panas dan akhirnya HP bisa bertahan untuk waktu yang lebih lama lagi.

Semua penjelasan tentang penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya tersebut tentu sangat penting untuk diketahui. Apabila semua aspeknya sudah ditelaah dengan baik, maka nantinya HP bisa dijaga dengan lebih baik agar tidak cepat panas atau cepat rusak.