Pada dasarnya beberapa kegiatan memang bisa dijalankan dengan berbekal smartphone. Mulai dari merekam video sampai dengan menonton aneka ragam film. Namun terkadang pengguna abai terhadap baterai smartphone hingga berdampak cepat habis. Untuk itulah cara membuat baterai hp awet kembali perlu dipahami.

Secara umum, memang terdapat beberapa pengembang smartphone yang telah menyediakan fitur tambahan supaya waktu charging lebih cepat. Namun perlu diperhatikan bahwa hanya sedikit jenis smartphone yang memang mempunyai daya tahan baterai yang panjang. Berikut cara yang bisa dilakukan supaya baterai awet:

1. Menghindari Suhu Terlalu Panas Maupun Terlalu Dingin

Daftar pertama sebagai cara membuat baterai hp awet kembali yakni dengan menghindari suhu ekstrem. Adapun yang dimaksud dengan suhu ekstrem tersebut yakni terlalu panas serta juga terlalu dingin. Pasalnya pada kondisi suhu tersebut mempunyai pengaruh yang cukup besar akan kesehatan baterai.

Terlebih jika pengguna memang meninggalkan smartphone tersebut di dalam mobil yang bisa memicu terjadinya pengurangan daya tahan. Untuk itulah, pengguna perlu menjaga smartphone yang dimiliki supaya tetap ada pada suhu ruangan.

2. Menghindari Pemakaian Habis Hingga 0 Persen

Cara lain yang bisa dilakukan supaya baterai hp bisa awet kembali yakni dengan menghindari pemakaian siapa baterai habis tak bersisa. Walaupun bisa dikatakan jarang, ada baterai yang mengalami kerusakan disebabkan oleh kerusakan pada bagian charger.

Terlebih lagi jika hp yang dimiliki oleh pengguna termasuk dalam kategori hp lawas. Pasalnya hp yang masuk kategori keluarkan lama atau lawas mempunyai teknologi yang dinamakan dengan istilah Battery Memory. Istilah tersebut bisa dipahami bahwa baterai bakal memiliki ingatan tertentu.

Misalnya pengguna yang melakukan pengisian saat hp habis baterai hingga 0 persen. Bisa juga ingatan mengenai pengisian ulang hingga 100 persen secara langsung. Hal ini ternyata bisa mengurangi daya tahan yang dimiliki. Kejadian semacam ini, sering juga disebut dengan nama baterai bocor.

3. Mengubah Siklus Isi Ulang

Umumnya setiap pengguna dari hp tentunya sudah mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan supaya baterai hp bisa habis. Untuk itulah tidak jarang waktu penggunaan bakal berpengaruh terhadap kebiasaan yang pengguna miliki.

Untuk itu jika biasanya pengguna menggunakan hp 3 jam tanpa jeda, maka pengguna bisa memulai untuk menggunakan selama setengah jam kemudian berikan jeda. Lalu lakukan lagi dan berikan jeda lagi serta seterusnya. Fungsi dari cara ini yaitu untuk memberikan waktu istirahat kepada hp.

4. Mengisi Daya Hingga 50 Persen Saja

Cara satu ini tidak kalah mudah dilakukan untuk membuat baterai hp awet lagi ketimbang beberapa cara lainnya. Dimana pengguna disarankan untuk melakukan pengurusan daya tahan atau baterai hp hanya sampai di angka 50 persen saja.

Bisa dibilang bahwa cara satu ini cocok dicoba untuk jenis baterai Lithium Ion. Bahkan tidak sedikit pengguna yang sudah melakukan pembuktian akan cara membuat baterai menjadi awet satu ini. Pengguna bisa mencobanya dengan cara mudah.

5. Menghapus Aplikasi yang Memakan Banyak Pemakaian Daya

Pilihan cara lain untuk membuat baterai hp bisa awet yakni dengan menghapus aplikasi yang membutuhkan daya banyak untuk membukanya. Dari hal inilah, jika pengguna mempunyai aplikasi yang jarang dipakai, serta perlu konsumsi daya yang banyak.

Maka pengguna bisa melakukan penonaktifan atau bisa juga menghapus pemasangan aplikasi tersebut. Hingga semakin banyak konsumsi baterai hp yang terjadi, maka bukan tidak mungkin semakin banyak pula kemungkinan kerusakan pada hp.

6. Melakukan Pengaturan Jaringan

Ternyata mengatur jaringan juga turut ikut menjadi cara membuat baterai hp awet kembali seperti sebelumnya. Hal ini, dikarenakan jaringan yang dalam keadaan stabil cenderung lebih hemat akan penggunaan daya. Perkara ini, tentu akan berbeda dengan sinyal yang susah.

Untuk menerapkan cara satu ini ternyata cukup mudah dilakukan. Pasalnya pengguna hanya perlu melakukan penentuan lock mode saja pada jaringan terstabil. Contohnya seperti pengguna hanya memakai mode EDGE atau 3G saja.

7. Mematikan Fitur Wifi dan GPS

Jika diperhatikan dengan cara default maka keadaan dari GPS maupun Wifi pada smartphone selalu aktif atau menyala. Kondisi semacam ini ternyata juga menjadi beban pemakaian baterai di smartphone berjenis android milik pengguna. Jika memang sedang tidak dipakai atau tidak perlu.

Maka dianjurkan bagi pengguna smartphone berjenis android untuk melakukan penonaktifan terhadap kedua aplikasi tersebut. Nantinya jika pengguna memang membutuhkan aplikasi ini baru nyalakan dan gunakan sebagaimana mestinya. Tujuannya tidak lain untuk memaksimalkan cara satu ini untuk menghemat baterai.

8. Melakukan Kalibrasi Baterai

Terjadinya eror bisa disebabkan lantaran kesalahan ketika melakukan pengisian daya. Maka dari itulah dibutuhkan tindakan kalibrasi baterai siapa bisa kembali dalam keadaan normal. Cara yang perlu pengguna lakukan cukup mudah.

Dimana pengguna cuma perlu melakukan pengisian daya hingga penuh 100 persen. Lalu pergunakan android tersebut hingga daya habis 0 persen lalu lakukan pengisian daya kembali. Lakukan cara ini secara berulang dalam beberapa kali.

Demikian beberapa pembahasan mengenai cara membuat baterai hp awet kembali seperti sedia kala. Cara yang disebutkan sebelumnya cukup bagus dan bisa menjadi pilihan ketika baterai pada smartphone cepat habis atau memiliki kendala lainnya.