Download game CSO PPSSPP menjadi informasi yang banyak dibutuhkan oleh penggemar game lawas dari PSP. Platform yang sempat ramai pada eranya ini menghadirkan banyak game menarik yang tak tergerus oleh waktu. Namun bagaimana jika ingin memainkannya lagi di zaman sekarang?

Sekarang sudah ada emulator untuk menjawab keinginan ini. Bagi penggemar PSP mungkin pernah mendengar tentang CSO, yaitu format terkompresi yang berasal dari file ISO. Tujuannya adalah mengecilkan ukurannya sehingga tidak memakan banyak ruang memori. Umumnya game CSO mudah dimuat dengan memory stick.

Apa Itu PPSP?

PPSSPP merupakan emulator dimana pemain bisa memainkan berbagai game lama yang sebelumnya bisa dimainkan di PSP, PS1, PS2, hingga PS3 sekalipun di PC dan android. Kehadiran emulator ini menghadirkan angin segar bagi para penggemar game jadul.

Pasalnya, banyak game jadul yang ikonik dan seru sehingga memainkannya kembali di era masa kini akan sangat menyenangkan. Dengan bantuan emulator PPSSPP, game yang ditawarkan menggunakan format CSO. Oleh sebab itu banyak yang ukurannya cukup kecil bahkan kurang dari 100 MB.

Untuk mendapatkan CSO PPSSPP, pengguna perlu mengakses berbagai link yang tersedia di internet. Kendati demikian, cukup banyak yang masih bingung bagaimana cara mendownload karena berbeda dari game pada umumnya.

Kinerja utama dari CSO agak berbeda dengan format pendahulunya yakni ISO. Saat ini format CSO semakin populer, karena pemain dimudahkan untuk mengunduh dengan cepat. Dari segi kompatibilitas sebenarnya ISO masih lebih baik, namun hal ini tidak signifikan mengganggu jalannya game.

Cara Download Game CSO PPSSPP

Saat ini ada berbagai website PPSSPP yang terlalu banyak dipenuhi iklan, link palsu, hingga proses menuju link download sebenarnya yang rumit. Namun, ada beberapa cara untuk mengunduh game versi CSO yang tidak rumit dan tentunya gratis. Berikut caranya:

1. Menggunakan Situs CoolROM

Pemain bisa mengunduh game PPSSPP dari situs bernama CoolROM. Situs ini memiliki berbagai game lawas yang ukurannya sudah dikompresi, baik format ISO ataupun CSO. Keunggulan situs ini yaitu pemain bebas untuk memilih ukuran yang tersedia dari yang terkecil hingga terbesar.

Cara download game CSO PPSSPP di situs ini bisa dimulai dengan membuka situsnya di coolrom.com, lalu pilih opsi “PPSSPP” di sidebar. Lanjutkan dengan ketuk “Berkas ROM”, lalu “Sony PSP”. Berikutnya tinggal mencari game PPSSPP dengan judul yang diinginkan.

Geser ke bawah sampai ada link bertuliskan “Tautan pengunduh alternatif” kemudian klik. Nantinya pengguna akan melihat jendela baru pada layar, lalu tekan “Unduh berkas anda”. Proses unduh akan mulai berlangsung, tinggal menanti hingga tersimpan di penyimpanan.

2. Mengunjungi Situs ROMHUSTLER

Gunakan website terpercaya berupa ROMHUSTLER untuk mengunduh game kesukaan dari PSP. ROMHUSTLER merupakan website yang menyediakan emulator untuk game konsol, termasuk di antaranya PSP. Pecinta game dari PSP yang bisa dimainkan di PC dapat mengikuti langkah-langkah mudah untuk mengunduh permainan.

Pertama, masuk ke halaman utama ROMHUSTLER. Carilah berbagai game dari kolom pencarian bernama Find roms. Jika ingin mencari koleksi selengkapnya, bisa masuk menuju “Rom game PSP”. Di sini akan tersedia daftar game PSp baik versi ISO hingga CSO yang semuanya bisa didownload.

Gamer bisa mengurutkan sesuai dengan jumlah unduhan atau rating. Berikutnya tentukan pilihan game apa yang hendak didownload. Cara download game CSO PPSSPP bisa dilanjutkan dengan melewati dua iklan yang muncul, lalu tekan “Click here to download”.

Akan tampil halaman baru, lalu tekan “Click here to start”. Sesudah proses download selesai, pemain perlu mengekstrak game sebelum dimainkan, karena formatnya masih berupa zip. Format ini digunakan sehingga gamer bisa mengunduh dengan ukuran lebih kecil dan hemat internet.

3. Mengakses RomsMania

Gunakan situs bernama RomsMania untuk mengunduh banyak game PPSSPP beragam genre. Game yang tersedia kompatibel baik untuk pengguna android, komputer, maupun laptop. Caranya cukup mudah, yaitu mengakses situs RomsMania kemudian lihatlah berbagai judul game yang tertera, rating serta jumlah unduhannya.

Lanjutkan dengan memilih judul game, lalu ketuk “Download”. Tunggu sesaat hingga masuk ke halaman download. Otomatis file akan tersimpan, pengguna tinggal menanti hingga game-nay selesai didownload.

Memproses Game PPSSPP yang Sudah Diunduh

Sebelumnya telah dipaparkan beberapa cara download game CSO PPSSPP. Selanjutnya gamer bisa segera menggunakannya. Setelah file game tersimpan di PC, pemain bisa membuka emulator PPSSPP yang sudah diinstal ke PC. Kemudian masuk menuju direktori penyimpanan dimana file game berhasil didownload.

Tekan file tersebut, lalu pilih yang sudah diekstrak. Selesai, sekarang game sudah dapat dimainkan seperti baisa. Jangan lupa untuk tidak memakai website yang abal-abal untuk mengunduh game PPSSPP. Hal ini berisiko menimbulkan virus serta malware, sehingga tiga website di atas lebih disarankan.

Baca juga: 5 Game Petualang PPSSPP Paling Direkomendasikan

Kumpulan Game PPSSPP Terbaik [Daftar Lengkap]

Setelah memberikan penjelasan tentang game CSO PPSSPP di atas, kami juga akan berikan beberapa rekomendasi permainannya yang bisa Anda download hari ini. Tenang saja, semua game CSO ini bisa Anda download langsung melalui pencarian internet secara gratis. Baiklah, berikut rekomendasinya. 

1. Final Fantasy Tactics: The War of The Lions

Download game cso ppsspp: Final Fantasy Tactics

Anda bisa download game PPSSPP yang berjudul Final Fantasy Tactics ini langsung di mesin pencarian internet. Permainan ini mengusung tema fantasi yang akan membuat para pemainnya betah berlama-lama memainkannya. 

Ditambah dengan desain visualnya yang menarik, ini juga merupakan game yang diremake dari game originalnya di tahun 1997. Hingga akhirnya dirilis secara eksklusif untuk game PSP. 

Nama GameFinal Fantasy Tactics: The War of The Lions
Developer Square Enix, Tose
RilisMay 10, 2007
Jenis GameJRPG
Peringkat88 Poin (Metacritic)

2. Wipeout Pure

Download game cso ppsspp: Wipeout Pure

Wipeout Pure masuk ke dalam kumpulan game PPSSPP yang banyak didownload saat ini oleh para pemain. Game ini bertemakan balapan yang tidak biasa karena juga mengusung tema Vehicular Combat, di mana pemain bisa menggunakan senjata untuk mengalahkan lawan. 

Permainan ini pun memiliki unsur futuristik di mana setiap ronde balapan seakan mengabaikan konsep gravitasi. Anda bisa mengontrol kendaraan yang memiliki bentuk seperti pesawat jet dan kombinasi motor. Yang membuat permainan ini banyak disukai oleh para pemain karena didukung oleh musik yang sangat keren.

Nama GameWipeout Pure
Developer Psygnosis
RilisMarch 24, 2005
Jenis GameRPG
Peringkat88 Poin (Metacritic)

3. Metal Gear Solid: Peace Walker

Download game cso ppsspp: Metal Gear Solid

Jika Anda adalah seorang penggemar permainan buatan Hideo Kojima dan Konami, Metal Gear Solid bisa menjadi rekomendasi terbaik. Anda bisa download game PPSSPP Android ini untuk merasakan game action terbaik ini. Setiap pemain akan berperan sebagai Big Boss a.k.a Snake yang akan mengambil kontrol bom nuklir berjudul “Peace Walker“. 

Nama GameWipeout Pure
Developer Kojima Productions
RilisApril 28, 2010
Jenis GameAction
Peringkat89 Poin (Metacritic)

4. Lumines

Download game cso ppsspp: Lumines

Jika merasa kumpulan game PPSSPP di atas terlalu serius untuk Anda yang ingin bersantai, tenang saja karena kami punya rekomendasi game yang menyenangkan. Lumines adalah permainan puzzle yang dilengkapi dengan gameplay sederhana, mirip dengan permainan tetris. 

Ditambah musik yang bisa Anda dengar di dalam permainan sangat matching dengan tema permainan. 

Nama GameLumines
Developer Q Entertainment
RilisDecember 12, 2004
Jenis GamePuzzle
Peringkat89 Poin (Metacritic)

5. Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable

Download game cso ppsspp: Shin Megami Tensei

Masih dengan permainan bergenre JRPG, Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable bisa menjadi pilihan terbaik. Anda akan berpartisipasi sebagai salah satu anggota klub di sebuah sekolah dan diam-diam memerangi makhluk mengerikan menggunakan kekuatan Persona. 

Cerita yang digunakan banyak menuai penilaian positif karena terkesan “dark”. Download game PPSSPP ISO ini dan rasakan keseruan di dalamnya. 

Nama GameShin Megami Tensei: Persona 3 Portable
Developer Atlus
RilisJuly 13, 2006
Jenis GameJRPG
Peringkat89 Poin (Metacritic)

6. Grand Theft Auto: Chinatown Wars

Download game cso ppsspp: Grand Theft Auto Chinatown Wars

Kami rasa hampir mustahil apabila para gamers tidak pernah memainkan game GTA. Pasalnya, permainan tersebut sangat legendaris dan masih keluar franchise terbarunya, seperti Grand Theft Auto: Chinatown Wars.

Seperti namanya, permainan ini memiliki setting lokasi permainan di kota China. Namun, pemain akan diajak mengeksplor dunia kriminalitas untuk mengungkap kejahatan dalam sindikat Triad daan korupsi. Download game PPSSPP dan mulai eksplor dunia yang mengerikan tersebut.

Nama GameGrand Theft Auto: Chinatown Wars
Developer Rockstar North, Rockstar Leeds, War Drum Studios
RilisMarch 17, 2009
Jenis GameAction
Peringkat90 Poin (Metacritic)

7. God of War: Chains of Olympus

Download game cso ppsspp: God of War Chains of Olympus

Apabila Anda mencari kumpulan game PPSSPP terbaik sepanjang masa, maka jawaban kami adalah God of War: Chains of Olympus. Di dalam permainan ini, semua pemain dapat mengontrol karakter yang bernama Kratos. 

Karakter tersebut memiliki niat untuk membalas dendam kepada semua dewa di Olympus. Akan tetapi, misinya tidak semudah itu karena pemain harus menghadapi dewa-dewa dan monster mengerikan seperti Cyclops, Medusa, dan lainnya. Terdapat juga puzzle yang harus pemain pecahkan agar bisa menuju ke area berikutnya. 

Nama GameGod of War: Chains of Olympus
Developer Ready at Dawn, Santa Monica Studio
RilisMarch 4, 2008
Jenis GameAction
Peringkat91 Poin (Metacritic)

8. Gran Turismo

Download game cso ppsspp: Gran Turismo

Kami bisa mengatakan game yang satu ini merupakan game legendaris yang masih eksis sampai saat ini. Gran Turismo pertama kali dirilis pada tahun 2099 dengan tema balapan yang menyenangkan. 

Pemain bisa merasakan game balapan yang seru, dilengkapi dengan 35 sirkuit balap dan 800 mobil yang siap dimainkan. Bahkan terdapat beberapa mode permainan seperti Drift, Time Trials, dan Race. 

Nama GameGran Turismo
Developer Polyphony Digital
Rilis1 Oktober 2009
Jenis GameRacing
Peringkat

9. Daxter

Download game cso ppsspp: Daxter

Daxter menjadi game berikutnya yang bisa Anda coba hari ini. Pemain akan menjadi sebuah karakter di dalam game yang bernama Daxter, seekor ottsel. Karakter ini akan mengerjakan sebuah misi untuk mencari temannya bernama Jak, bernama Krimzon Guard. 

Untuk bisa menyerang musuh, pemain bisa memanfaatkan berbagai macam senjata ataupun item. Terdapat juga beberapa kendaraan yang bisa pemain jalankan seperti Service Zoomer, Betsy, dan lainnya. 

Nama GameDaxter
Developer Ready at Dawn
Rilis14 Maret 2006
Jenis GameAction
Peringkat

10. Downhill Domination

Download game cso ppsspp: Downhill Domination

Kami yakin Anda pasti sudah cukup familiar dengan salah satu daftar dari kumpulan game ppsspp ini. Downhill Domination memiliki gameplay yang sangat kompetitif untuk para penggemarnya. Setiap rute yang ada di dalam permainan pun memiliki desain yang sangat menarik dan menantang. 

Permainan simulasi bertema olahraga ekstrim ini bisa Anda mainkan di perangkat Android. Tenang saja, ukuran dari permainan ini kecil sehingga HP kentang pun masih bisa menjalankannya. 

Meskipun ukuran filenya kecil, namun para pemain akan berhadapan oleh para lawan yang sulit dikalahkan. Belum lagi pemain harus menghafal rute jalur agar bisa memenangkan permainan.

Nama GameDownhill Domination
Developer Incognito Entertainment
Rilis23 Juli 2003
Jenis GameRacing
Peringkat

Baca juga: Proses Download Game Sepakbola PPSSPP dan Rekomendasi Game-nya

11. The Warriors

Download game cso ppsspp: The Warriors

The Warriors adalah game yang cukup populer di tahun 2000-an. Akan tetapi, permainan ini dikhususkan untuk pemain setidaknya berusia 17 tahun ke atas karena terdapat unsur kekerasan di dalam permainan. 

Anda bisa download game PPSSPP ini tanpa harus memiliki spesifikasi HP dengan OS terbaru karena ukuran aplikasinya kecil. Namun grafik yang ditampilkan jauh lebih baik daripada versi PlayStation yang sudah ada sebelumnya. 

Nama GameThe Warriors
Developer Rockstar Toronto
Rilis2005
Jenis GameAction
Peringkat

12. Zuma

Download game cso ppsspp: Zuma

Hayo, siapa yang masih ingat dengan game masa kecil ini? Zuma adalah salah satu dari kumpulan game ppsspp terbaik yang hanya memiliki ukuran file hanya 18 MB saja. Meskipun ukurannya kecil, namun grafiknya memiliki kualitas yang bagus. 

Di dalam permainan ini, pemain memiliki misi untuk menembak 3 warna bola yang sama. Kemudian, bola meletus dan akan memberikan poin kepada pemain. Bola juga akan bergerak semakin cepat.

Nama GameZuma
Developer PopCap Games
Rilis2003
Jenis GamePuzzle
Peringkat

13. GTA Vice City Stories

Download game cso ppsspp: GTA Vice City Stories

Bisa dibilang, GTA Vice City Stories ini adalah game terbaik hari ini yang memiliki ukuran file kecil. Permainan ini mengusung tema “open world” dan merupakan series lain dari GTA San Andreas. 

Secara umum, permainan tersebut adalah sekuel dari game GTA Vice City yang berlatar 2 tahun sebelum rilis. Namun yang membuat unik, jutsu karakter dan gameplay yang ada di dalam permainan lebih mirip dengan GTA III. 

Pada Vice City Stories, pemain akan bermain peran menjadi Victor Vic Vance, seorang mantan tentara yang sekarang harus terlibat ke dalam dunia narkoba karena atasannya. Vic juga sebenarnya pernah tampil di GTA Vice City dan juga menjadi salah satu karakter kunci. 

Nama GameGTA Vice City Stories
Developer Rockstar
Rilis2006
Jenis GameAction
Peringkat

14. e-Football 2021

Download game cso ppsspp: e-Football 2021

Anda bisa menerapkan cara download game PPSSPP untuk memainkan game e-Football 2021. Sebenarnya, nama asli dari game ini adalah Pro Evolution Soccer atau PES yang merupakan game simulasi sepakbola paling populer di kalangan pecinta olahraga. Pada game ini, kami bisa melihat sejumlah pengembangan yang semakin baik dari sisi grafis maupun gameplay. 

Anda bisa memainkan game sepak bola ini dalam 5 liga terbesar di dunia, seperti Premier League, Serie A, Bundesliga, dan lainnya. Tim internal kami sudah mencoba game ini terlebih dahulu. 

Kami bisa melihat bahwa fitur kostumisasinya mendapatkan pembaruan dari developer yang lebih baik. Di mana pemain bisa memilih seragam yang akan digunakan saat bertanding, gaya rambut, tinggi badan, umur, dan lainnya. 

Nama Gamee-Football 2021
Developer Konami Digital Entertainment
Rilis15 September 2020
Jenis GameSports
Peringkat

15. Football Manager 2013

Download game cso ppsspp: Football Manager 2013

Football Manager 2013 juga menjadi salah satu dari kumpulan game PPSSPP terbaik. Bahkan sampai sekarang para pemain masih setia memainkan game olahraga sepak bola ini. 

Di dalam permainan, Anda akan berperan sebagai salah satu manajer klub yang bisa merekrut pemain, mengaturs keuangan klub, membuat strategi untuk menyerang lawan dan mempertahankan gawang, dan lainnya. 

Anda bisa berperan sebagai seorang manajer dengan memilih salah satu dari 50 klub sepak bola yang tersedia. Terdapat juga mode klasik dan mode karir yang bisa Anda pilih. Banyak pemain yang memberikan review game ini dengan penilaian terbaik karena mereka bisa memegang kendali penuh dan sangat realistis. 

Nama GameFootball Manager 2013
Developer SEGA
Rilis2 November 2012
Jenis GameSports
Peringkat

16. Dave Mirra BMX Challenge

Download game cso ppsspp: Dave Mirra BMX Challenge

Dave Mirra BMX Challenge menjadi salah satu game bertema balapan sepeda yang sangat ekstrim. Ini juga merupakan permainan terakhir dalam seri Dave Mirra yang sudah dirilis sebelum pembalap sepeda BMX tersebut meninggal dunia di tahun 2016. 

Pada versi PSP, pemain bisa memainkan 3 mode game, yakni quickplay, exhibition, dan career mode. Apabila Anda tertarik untuk membangun sebuah karir sebagai salah satu pembalap sepeda BMX, pilih karakter yang paling sesuai dengan preferensi Anda di dalam career mode. 

Terdapat beberapa level yang akan Anda hadapi untuk menjadi seorang pembalap yang hebat. 

Nama GameDave Mirra BMX Challenge
Developer Left Field Productions
Rilis2 November 2006
Jenis GameRacing
Peringkat

17. Aces of War

Download game cso ppsspp: Aces of War

Aces of War adalah permainan simulator pesawat yang dirilis oleh 505 Games. Para pemain tidak hanya akan merasakan keseruan menerbangkan pesawat biasa, namun juga bisa merasakan hal yang menantang sebagai seorang pesawat pilot militer!

Di dalamnya terdapat 40 jenis pesawat militer. Anda harus menghindari tembakan dari musuh dan melepaskan bom ke arah kapal mereka. Selain itu, kejar juga pesawat lawan untuk memenangkan permainan. Kami bisa melihat game ini sangat mirip dengan film perang berjudul Blockbuster. 

Terdapat juga beberapa mode permainan yang berbeda. Seperti aksi satu lawan satu yang kooperatif untuk melatih kerjasama dengan lawan. Anda bisa download game PPSSPP ISO langsung di Android ataupun iOs. 

Nama GameAces of War
Developer 505 Games
Rilis4 Maret 2004
Jenis GamePerang
Peringkat

18. UFC: Sudden Impact

Download game cso ppsspp: UFC: Sudden Impact

Rekomendasi selanjutnya adalah Ultimate Fighting Championship (UFC): Sudden Impact yang merupakan permainan olahraga bertarung. Di dalam game ini, pemain akan bertarung untuk memenangkan kejuaraan UFC. 

Namun gaya bertarungnya tidak hanya Boxing saja, namun juga ada Kempo, Kung-Fu, Karate, Ninjitsu, Muay Thai, sampai Brazilian Jiu-Jitsu. Anda butuh kemampuan membaca gerak-gerik lawan yang tepat dan tidak asal bertarung saja untuk memenangkan permainan. 

Nama GameUFC: Sudden Impact
Developer Upos
Rilis21 April 2004
Jenis GameSports
Peringkat

19. Silent Hill: Shattered Memories

Download game cso ppsspp: Silent Hill

Untuk para pecinta game horror tidak boleh sampai ketinggalan mencoba Silent Hill: Shattered Memories. Pasalnya, ini merupakan sekuel dari Silent Hill yang sudah lebih dulu terkenal karena tema cerita yang mencekam dan visual yang suram saat pertama rilis. 

Harry Mason sebagai karakter utama pada game ini harus menemukan anak perempuannya di kota yang penuh ancaman setelah kecelakaan mobil yang menerpanya. Akan tetapi, upaya yang ia lakukan belum juga kunjung berhasil. 

Permainan ini dimulai saat Harry menjalankan sesi psikoterapi bersama Dr. Kaufmann. Harry harus mengalami hilang ingatan dan bingung harus memulai dari mana untuk mencari anak perempuannya yang hilang. 

Tentu saja, para pemain akan merasakan keseraman yang menantang karena Silent Hill bukan lah kota biasa. Download game PPSSPP Android ini langsung sekarang juga!

Nama GameSillent Hill: Shattered Memories
Developer Climax Studios
Rilis8 Desember 2009
Jenis GameSurvival
Peringkat

20. Crimson Gem Saga

Download game cso ppsspp: Crimson Gem Saga

Kumpulan game PPSSPP selanjutnya adalah Crimson Gem Saga. Ini adalah game RPG yang mengusung tema petualangan fantasi klasik menggunakan grafis 2 dimensi. 

Di dalam permainan, Anda akan berpetualang bersama Killian von Rohcoff yang merupakan seorang pahlawan. Petualangan itu dilakukan untuk mencari Crimson Gem yang telah hilang di World of Latein. Meskipun ini adalah permainan klasik, namun kami bisa merasakan keseruan saat memainkannya. 

Nama GameCrimson Gem Saga
Developer IRONNOS
Rilis23 Oktober 2008
Jenis GameRPG
Peringkat

Baca juga: Pilih dan Download Game PPSSPP ISO Gratis Full Paling Seru! Ini Rekomendasinya

21. Forza Horizon 4

Download game cso ppsspp: Forza Horizon 4

Forza Horizon 4 merupakan salah satu game racing sekuel terbaru dari Forza Horizon. Game ini bisa dimainkan pada banyak perangkat seperti Android, PSP, Xbox One, dan Microsoft Windows. 

Anda akan melihat desain grafis yang memukau di dalamnya. Selain itu, terdapat 150 koleksi mobil yang bisa digunakan saat balapan nanti di jalanan Britania raya. Nikmati keseruan yang tidak terlupakan dan bertarung dengan teman Anda di mode Multiplayer!

Nama GameForza Horizon 4
Developer Playground Games
Rilis2 Oktober 2018
Jenis GameRacing
Peringkat

22. Crisis Core: Final Fantasy VII

Download game cso ppsspp: Crisis Core

Jika Anda adalah seorang penggemar Final Fantasy, jangan sampai melewatkan keseruan dari game Crisis Core: Final Fantasy VII. Ini adalah game RPG terbaik yang memiliki setting sebelum event di Final Fantasy VII terjadi. 

Para pemain akan mengambil peran dari sudut pandang Zack. Anda juga akan diajak untuk menjelajahi dunia didalam permainan. Tenang saja, terdapat banyak kejutan di dalamnya karena gameplay dan cerita permainan mampu menghipnotis banyak pemain. Terapkan cara download game PPSSPP untuk memainkan Final Fantasy VII sekarang juga!

Nama GameCrisis Core: Final Fantasy VII
Developer Square Enix
Rilis13 September 2007
Jenis GameAction RPG
Peringkat

23. Monster Hunter Freedom 2

Download game cso ppsspp: Monster Hunter Freedom 2

Monster Hunter Freedom 2 adalah seri lanjutan dari game sebelumnya, yakni Monster Hunter. Di dalam permainan ini, Anda akan melawan sebuah monster menggunakan kombinasi skill dan senjata. 

Ada banyak senjata yang bisa Anda gunakan mengalahkan si monster dan memburu, seperti pisau ganda, pedang, palu, senjata busur, tombak, dan lainnya. 

Anda juga bisa memainkan permainan ini dalam mode single ataupun multiplayer. Bisa juga bertukar kartu guild yang akan melacak statistik setiap karakter dan mencari harta karun. Download game ppsspp ini dan rasakan keseruan di dalamnya!

Nama GameMonster Hunter Freedom 2
Developer Capcom
Rilis7 Juli 2007
Jenis GameAction, Adventure, RPG
Peringkat

24. Tekken: Dark Resurrection

Download game cso ppsspp: Tekken

Tekken: Dark Resurrection menjadi rekomendasi terbaik. Tidak heran apabila ada banyak pemain yang memainkannya karena terdapat sebuah karakter ikonik, grafis 3D, dan musik yang seru akan membuat pemain betah berlama-lama memainkannya. 

Permainan Tekken sebenarnya sudah populer sejak tahun 90-an. Namun Tekken: Dark Resurrection adalah versi terbarunya dari Tekken 5 yang bisa dimainkan di PSP. 

Di dalam game ini terdapat 3 karakter yang tidak ada di Tekken 5, yakni Lily, Armor King, dan Dragunov. Anda bisa menggunakan karakter tersebut untuk bertarung nanti dan memenangkan setiap pertandingan. Tidak perlu tunggu lama lagi, download game PPSSPP ISO ini sekarang juga!

Nama GameMonster Hunter Freedom 2
Developer Capcom
Rilis7 Juli 2007
Jenis GameAction, Adventure, RPG
Peringkat

25. Transformer: Revenge The Fallen

Download game cso ppsspp: Transformer

Transformer: Revenge The Fallen bisa menjadi pilihan terbaik, khususnya untuk Anda yang menyukai film Transformer. Ini adalah versi PSP yang bisa dimainkan langsung. 

Kami melihat sekilas mirip seperti GTA Chinatown Wars, di mana pemain akan disuguhkan dengan perspektif top-down pada tampilannya. Langsung saja download game yang masuk ke dalam kumpulan game PPSSPP ini. 

Nama GameTransformer: Revenge The Fallen
Developer Activision
Rilis26 Juni 2009
Jenis GameAction
Peringkat

26. Monster Hunter Freedom Unite

Download game cso ppsspp: Monster Hunter Freedom Unite

Monster Hunter Freedom Unite adalah seri selanjutnya dari versi original yang berjudul Monster Hunter. Banyak pemain yang sudah menerapkan cara download game ppsspp untuk memainkan game yang tidak pernah sepi pemain ini. 

Anda bisa merasakan tema permainan “open world” untuk mengeksplor dunia yang sangat luas, berburu, dan membuat equipment dari item drop yang nantinya didapatkan.

Nama GameMonster Hunter Freedom Unite
Developer Capcom
Rilis27 Maret 2008
Jenis GameRole-Playing, Action RPG, Action RPG
Peringkat81 Poin (Metacritic)

27. Pro Evolution Soccer 2012

Download game cso ppsspp: Pro Evolution Soccer

Pro Evolution Soccer 2012 menjadi game olahraga selanjutnya yang banyak dimainkan di perangkat PSP. Akan tetapi, grafis yang ditawarkan tidak sebagus versi PlayStation 4 dan PC. Karena kami hanya melihatnya mirip seperti grafis di versi PlayStation 2 saja. 

Namun kami masih merasakan keseruan saat memainkan game ini karena pihak developer memungkinkan pemain untuk memilih tim sepak bola dari klub besar, pemain, bahkan bisa juga melakukan transfer pemain dari klub lain. 

Nama GamePro Evolution Soccer 2012
Developer Konami
Rilis27 September 2011
Jenis GameSport
Peringkat74 Poin (Metacritic)

28. Grand Theft Auto: Liberty City Stories

Download game cso ppsspp: Grand Theft Auto Liberty City Stories

Kumpulan game ppsspp berikutnya datang dari seri GTA, yakni Grand Theft Auto: Liberty City Stories. Permainan ini menggunakan latar New York atau Liberty City di dalam universe GTA. 

Anda akan diajak bertualang menggunakan perspektif karakter yang bernama Antonio “Toni” Cipriani, sebagai salah satu anggota gangster terkuat di kota tersebut. Tidak hanya ceritanya yang menarik, namun juga Anda bisa berpetualang secara “open world” di dalam permainan ini. 

Nama GameGrand Theft Auto: Liberty City Stories
Developer Rockstar Leeds, Rockstar North
Rilis24 Oktober 2005
Jenis GameAction-Adventure
Peringkat88 Poin (Metacritic)

Baca juga: Download Game PSP Ben 10 Terbaik untuk Android

Kumpulan Game PPSSPP Bertema Naruto

Setelah mengetahui apa saja game PSP yang bisa didownload di atas, Anda juga bisa memainkan game emulator lainnya bertemakan Naruto. 

Karena kami yakin, di luar sana ada banyak sekali pemain yang menyukai serial animasi tersebut sehingga juga ingin turut merasakan bagaimana rasanya tinggal di desa Konoha. Baiklah, simak apa saja daftar permainan yang bisa Anda download di bawah ini. 

1. Naruto – Ultimate Ninja Heroes

Bagi Anda yang rindu dengan karakter Naruto pada saat masih kecil, permainan ini bisa menjadi media untuk melepas rindu tersebut. Naruto – Ultimate Ninja Heroes menggunakan setting permainan sebelum era Shippuden. 

Di mana semua karakter di dalam game ini masih sangat muda dan jurusnya pun menyesuaikan dengan kemampuan mereka pada saat itu. 

Namun meskipun begitu, Anda bisa menerapkan cara download game ppsspp karena game ini cocok dimainkan sebagai media Nostalgia mengingat era kejayaan animasi bertema ninja yang satu ini. 

2. Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4

Salah satu dari kumpulan game PPSSPP bertema Naruto ini adalah hasil MOD atau modifikasi dari game Naruto PSP. Di dalam permainan terdapat karakter baru yang ditambahkan dan tentunya juga memiliki jurus atau cara bertarung yang berbeda-beda saat dimainkan. 

MOD game Naruto ini bisa dibilang sebagai game terbaik karena nuansanya cukup membuat pemain terlena dan merasakan seperti berada di Konoha. 

3. Naruto Shippuden Legends: Akatsuki Rising

Siapa yang tidak mengenal kelompok penjahat di serial Naruto, yaitu Akatsuki. Di dalam permainan ini, Anda akan berpetualang untuk mencegah masuknya kelompok penjahat tersebut masuk ke desa dan mengacaukan seluruhnya. Tim kami saat mencobanya bisa merasakan keseruan yang berbeda dari game lainnya. 

4. Naruto Ninja Impact

Video game yang dibuat oleh CyberConnet 2 ini banyak sekali dinantikan oleh para penggemar Naruto. Pasalnya, seri Naruto Ninja Impact mengusung mekanisme bertarung ala Naruto. Kami melihatnya mirip seperti permainan yang bergenre JPRG (Japanese Role-Playing Game). Tema ceritanya pun berpusat pada kepulangan Naruto sesudah menghabiskan waktu latihan bersama gurunya, Jiraiya, di luar desa Konoha. 

Daftar Game PPSSPP di Bawah 100 MB

Tenang saja, kami masih memiliki beberapa daftar permainan PSP yang bisa Anda download. Permainan yang akan kami berikan di bawah ini hanya berukuran di bawah 100 MB saja! Jadi Anda bisa merasakan keseruan yang belum pernah ada sebelumnya tanpa perlu khawatir memori perangkat penuh. Baiklah, ini daftar lengkapnya. 

Nama GameUkuran File
N.O.V.A (Near Orbital Vanguard Alliance)77 MB
Ultraman Fighting Evolution66 MB
Zombie Tycoon43 MB
Hot Wheels94 MB
Adventure To Go52 MB
Bomberman39 MB
Hero of Sparta41 MB
Angry Birds14 MB
Car Jack Streets82 MB
Young Thor35 MB

Demikian ulasan seputar bagaimana langkah untuk download game CSO PPSSPP. Bagi yang sudah rindu memainkan kembali CSO melalui android maupun PC, sekarang tidak lagi bingung. Ada banyak situs terpercaya yang dapat digunakan untuk mengompres game dan memainkannya dengan ukuran lebih bersahabat.

Baca juga: Cara Download Game PSP Harvest Moon, Bernostalgia dengan Permainan Lawas

FAQs – Pertanyaan Seputar Game PPSSPP

Setelah mengetahui apa saja kumpulan game PPSSPP yang bisa didownload, simak juga penjelasan kami di bawah ini untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap. 

Apa saja game PPSSPP ukuran kecil?

Kami telah memberikan beberapa rekomendasi game PPSSPP berukuran kecil yang bisa Anda download. Pilih lah game yang berukuran di bawah 100 MB seperti Angry Birds, Hot Wheels, Hero of Sparta, dan lainnya

Apakah game PPSSPP legal?

Semua game PPSSPP legal karena dirilis oleh developer ternama langsung seperti Konami, 505 Games, dan lainnya.

Kenapa PPSSPP patah patah?

Cek kembali apakah perangkat PSP Anda memiliki ruang yang cukup untuk memainkan permainan. Cek juga apakah game yang Anda mainkan terdapat pembaruan dari pihak developer. Jika iya, silahkan melakukan update.

Apa itu PPSSPP gold?

Ini adalah fitur tambahan yang dapat membantu perangkatkan Anda menjalankan permainan dengan grafik tinggi tanpa patah-patah lagi,

Kenapa PPSSPP Android force close?

Sebelum memutuskan install game PPSSPP, cek terlebih dahulu deskripsi permainan apakah perangkat Anda support dengan game tersebut. Karena jika tidak, maka game akan mengalami force close dan tidak bisa dimainkan.