Link untuk download game PSP Harvest Moon banyak dicari, mengingat permainan yang eksis lebih dari satu dekade ini hadir di berbagai platform. Harvest Moon yang hadir dalam versi PSP juga cukup seru, sehingga banyak pemain ingin memainkannya di android bahkan PC.

Pemain perlu memakai emulator bernama PPSSPP untuk bisa memainkannya. Emulator ini dapat diunduh melalui website terpercaya. Emulator ini terdiri dari dua bentuk, yakni ISO serta CSO. Keduanya membantu melakukan kompresi pada file sehingga ketika diunduh ukurannya tidak terlalu besar.

Seputar Harvest Moon

Debut sejak 1996, Harvest Moon diproduksi Victor Interactive bersama Natsume untuk terjemahan menuju Bahasa Inggris serta distribusi ke Amerika. Game ini berasal dari kata “Kisah Kebun”. Sesuai namanya pemain akan dihadapkan dengan simulasi dunia pertanian.

Tugas utama pemain adalah merawat perkebunan dalam waktu tertentu sambil melakukan aktivitas lainnya. Mulai dari menggembalakan ternak, berteman, hingga menikah (pada beberapa versi). Hingga kini, Harvest Moon sudah mengeluarkan hingga 13 versi dari game-nya.

Sejumlah gameplay diperbarui, menghadirkan pengalaman baru di setiap versinya. Untuk mengenang masa lampau dimana game ini masih ramai dimainkan melalui PS dan PSP, Harvest Moon kini juga bisa dimainkan di perangkat android serta PC dengan bantuan emulator.

Namun sebelum download game PSP Harvest Moon melalui emulator, terlebih dahulu pemain perlu mengetahui format yang ingin digunakan. Ada format ISO dan juga CSO. Keduanya memiliki perbedaan, ISO cenderung berukuran besar karena dapat melakukan kompresi file lebih baik sehingga tidak banyak bugs.

Sementara itu jika memilih CSO, size dari file yang diunduh akan lebih kecil. Kendati demikian, terdapat penurunan dari segi video maupun suara meski tidak signifikan. Tergantung dengan pemain ingin memainkan Harvest Moon PSP dengan versi yang mana.

Game Harvest Moon dalam Versi PSP

Ada banyak game ikonik yang memiliki banyak penggemar, salah satunya yang paling bertahan adalah Harvest Moon. Terbukti dengan banyaknya versi dari game ini yang hadir setiap tahunnya. Berikut versi yang dapat dimainkan di PSP:

1. Boy & Girl

Rilis pada 2015, versi game ini adalah gabungan dari back to nature yang karakter utamanya adalah pria serta wanita. Game ini dapat dimainkan di PSP, dengan menghadirkan fitur baru yang berbeda dari versi sebelumnya.

Role play dalam Boy & Girl berfokus pada kemampuan mengelola kebun sekaligus membangun keluarga. Hal ini tentu memerlukan keterampilan sehingga pemain terlatih dalam mengelola dan membagi waktu untuk mengurus berbagai hal.

2. Hero of Leaf Valley

Versi berikutnya yang ada sejak 2009 ini gameplay-nya menyerupai Save the homeland. Namun terdapat fitur tambahan yang sempat menghilang, dimana pemain bisa menikah. Ending yang terdapat di versi ini juga lebih banyak, yaitu 16.

Pemain bukan hanya merawat kebunnya, melainkan juga ada masalah yang cukup menantang. Pemain ditugaskan untuk menyelamatkan lembah bernama Leaf valley yang diincar perusahaan Funland. Game ini bisa dimainkan di PSP.

Cara Download Game PSP Harvest Moon

Game konsol jadul yang dulunya hanya dapat dimainkan di PSP kini bisa diakses melalui android serta PC. Namun, penting untuk mengunduh permainan ini dari website yang terpercaya sehingga tidak terkena risiko malware atau virus. Berikut ini cara untuk mengunduhnya:

1. Menggunakan Website RomsMania

Gunakan situs bernama RomsMania untuk mendapatkan Harvest Moon PSP. Situs ini unggul karena tersedia berbagai ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada yang paling rendah hingga tinggi. Cara download game PSP Harvest Moon cukup mudah, yakni mengakses situs RomsMania melalui browser.

Dilanjutkan dengan mengetikkan nama game yang diperlukan misalnya Harvest Moon. Di halaman game, pilihlah “More options” yang berada di bawah “Download”. Cari opsi “Browser download”. Otomatis, file dengan format zip akan diunduh dari browser dan segera tersimpan di perangkat.

Tunggu sesaat sampai proses downloadnya benar-benar selesai. Jika ingin lebih cepat, dapat menggunakan software terbaru IDM. Sesudah gamenya selesai diunduh, lakukan ekstrak memakai WinRAR atau File Explorer sehingga bisa mendapatkan file ISO dari game-nya.

2. Mengakses Situs CoolROM

Silahkan akses website bernama CoolROM. Cara download game PSP Harvest Moon ini banyak digunakan karena situs ini menyediakan game dalam versi ISO serta CSO, dan telah dipercaya banyak pengguna dalam waktu lama. Langkah awalnya cukup dengan mengakses coolROM.com.

Cari game yang diinginkan, misalnya Harvest Moon PSP. Kata kunci ini akan mengarahkan pengguna ke berbagai permainan sejenis. Jika sudah menentukan game yang ingin diunduh, ketuk “Alternative download link”.

Tunggu iklan sejenak kurang lebih 15 detik, lalu tekan “Download file”. Simpan file tersebut di folder yang mudah untuk ditemukan. Sebelum memainkannya, jangan lupa untuk mengekstrak file karena formatnya masih zip.

Itulah ulasan mengenai beberapa versi serta cara untuk download game PSP Harvest Moon. Saat ini pemain bisa bernostalgia memainkan game lawas dari PSP dengan mengakses situs penyedia emulator PPSSPP. Kecanggihan zaman memudahkan pemain untuk bernostalgia kembali dengan game seru di masanya.