Kenali ciri ciri celana levis 505 asli untuk menghindari kemungkinan mendapatkan barang palsu di pasar. Karena sekarang mudah sekali membuat imitasi dari barang original sehingga pembeli harus berhati-hati demi kenyamanan saat bertransaksi.

Ketidaktahuan menjadi faktor utama yang membuat pembeli keliru mendapatkan barang dengan harga lumayan. Untuk itu, akan ada berbagai karakteristik yang harus diperhatikan dan akan dibahas secara lengkap di bawah ini!

1. Perhatikan Tag di Dalam Celana

Perhatikan bagian dalam celana, yang asli pasti memiliki nomor produksi di atas secarik kain. Jika setelah memeriksa ternyata nomor produksinya tersedia maka dapat dipastikan produk yang ingin dibeli adalah asli.

Nomor produksi ini kerap terlewat dari perhatian karena lokasinya di dalam dan berukuran kecil. Solusi untuk pembeli di toko online, tanyakan kepada penjual nomor produksinya bahkan jika memungkinkan minta foto riil terkait nomor produksi.

Selain memperhatikan nomor pada tag, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah ketahanan tag terhadap proses mencuci. Biasanya produk asli tidak akan terpengaruh maupun rusak saat celananya sudah dicuci berkali-kali.

2. Perhatikan Logo di Sisi Saku

Berikutnya ciri ciri celana levis 505 asli dapat dilihat dari pemilihan dan penjahitan bahan untuk logo pada bagian luar. Biasanya produk asli menggunakan sedikit kain tertentu berwarna merah dibubuhi tulisan jelas Levi’s.

Yang harus diperhatikan adalah bentuk logonya pasti simetris, dipotong secara profesional dan dijahit secara rapi pada sisi saku. Jika disentuh, antara bahan kain logo produk asli dengan produk tiruan akan terasa berbeda sekali teksturnya.

Bahan logonya lebih bagus, jahitannya lebih rapi, dan visualisasi penempatannya lebih simetris ketika dilihat. Jika berbelanja online, pembeli bisa memperhatikan detail peletakan logo melalui tampilan gambar produk.

3. Jahitan Zipper dan Ketahanannya

Bagian resleting atau zipper pada celana juga memberikan kesan lebih kokoh dan mudah ditarik tanpa menyebabkan kerusakan. Akan ada tulisan Levis pada bagian zippernya, namun tidak ada sama sekali tulisan YKK.

Apabila ditemukan tulisan YKK pada zipper maka dapat dipastikan itu adalah produk palsu. Selain itu, biasanya produk tiruan juga tidak memiliki daya tahan zipper lebih kokoh dari produk aslinya, mudah rusak dan sulit ditarik.

Problematika para pengguna barang tiruan biasanya zipper sulit ditarik sehingga penariknya terlepas dari kepala. Parahnya lagi, bagian yang ditutup sulit tertutup sehingga dengan sendirinya celana akan rusak tanpa ada aktivitas khusus.

4. Spesifikasi Kancing Besar dan Kecil

Lainnya yang menjadi ciri-ciri celana levis 505 asli adalah kancing dengan dua ukuran, yakni besar dan kecil. Untuk kancing dengan tipe besar memang terdapat tulisan, tetapi teksturnya tidak terlalu menonjol, meskipun keterbacaannya masih jelas.

Sayangnya, jika menemukan produk dengan kancing besar berikut tulisan dengan tekstur sangat menonjol maka dapat dipastikan itu tiruan. Selain kancing berukuran besar, ada juga kancing berukuran kecil yang biasanya ada di bagian lainnya.

Ciri-ciri yang asli memiliki jahitan dan bentuk cetakan lebih jelas serta teksturnya lebih halus ketika disentuh. Namun, produk tiruan bahkan secara visual saja cetakannya buram serta bentuk dan jahitannya tidak rapi sama sekali.

5. Bahan Celana Lebih Kuat

Hati-hati terhadap bahan sekaligus warna produk karena yang asli cenderung tidak bercahaya, tetapi tebal dan kokoh. Bahkan ketika dicuci sekalipun tidak akan luntur apalagi melar, berbeda halnya dengan produk tiruan di pasaran.

Produk tiruan biasanya lebih tipis kainnya, memberikan kesan kilap, namun akan mudah luntur ketika dicuci. Selain mudah luntur juga bisa melar ketika terlalu sering dicuci atau dikucek menggunakan mesin maupun tangan.

Jangan terkecoh dengan warna cerah ceria jika kualitas bahannya hanya bisa dipakai selama satu atau dua tahun saja. Karena dengan membeli produk asli, daya tahan bahannya bisa lebih lama dari sekadar satu atau dua tahun saja.

6. Daya Tahan Label

Label bertuliskan Levi’s Straus akan tahan terhadap segala bentuk perawatan pada pakaian. Yang asli tidak akan mudah sobek ataupun luntur ketika sudah lama digunakan maupun sudah sering dicuci oleh pemiliknya.

Jika diperhatikan kembali juga pada produk tiruan akan terdapat banyak sekali kesalahan penulisan, secara ejaan dan grammar. Selain memperhatikan bahan, bisa juga memperhatikan tulisannya secara lebih teliti agar tidak terjebak barang tiruan.

Karena untuk melihat kualitas bahan tentu dapat dilakukan seiring waktu ketika celana sudah dicuci dan dipakai. Sebagai patokan bisa terlebih dahulu melihat spelling atau ejaan tulisannya pada bahan label.

7. Perbedaan dari Segi Harga

Terakhir, yang pasti mudah sekali ditebak sejak awal adalah dari kisaran harga antara kedua produk di pasar. Harga barang asli tentunya lebih mahal dibandingkan barang tiruan, namun tentu diimbangi dengan kualitas terbaik.

Harga tiruannya bisa berkali lipat lebih murah, namun daya pakainya juga tidak akan selama produk asli. Akan sangat disayangkan jika mengeluarkan uang sedikit di awal, namun frekuensinya sering karena produk cepat rusak.

Berbagai ciri ciri celana levis 505 asli di atas menjadi gambaran ketika ingin berbelanja di pasar. Setelah mengetahui detailnya secara tepat, kini bisa berbelanja secara lebih nyaman tanpa takut kena tipu oleh oknum nakal.