Jam tangan pintar atau smartwatch mulai banyak bermunculan dari berbagai merk ternama. Hal ini karena smartwatch banyak dibutuhkan oleh kalangan yang memiliki banyak kegiatan. Kegunaannya agar mudah dalam mengatur banyak hal mewakili handphone. Oleh karena itu, pengguna smartwatch perlu mengetahui cara menghubungkan smartwatch ke android agar semua data tersinkronisasi antara keduanya.

Penggunaan smartwatch memang dirancang untuk memberikan kesan praktis untuk mengorganisir banyak hal. Namun, untuk mengakses data dari smartwatch tentu perlu dihubungkan ke perangkat android. Berikut cara menghubungkan smartwatch ke android agar tersinkronisasi dengan baik:

Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android

1. Download Aplikasi MediaTek Smart Devices

Dalam menghubungkan smartwatch dan android diperlukan sebuah aplikasi. Salah satu yang banyak digunakan yakni aplikasi MediaTek Smart Devices yang bisa didownload gratis di play store. Aplikasi ini kompatibilitasnya cocok untuk banyak merk smartwatch kerana kebanyakan smartwatch yang ada saat ini hadir dengan chipset MediaTek.

Oleh karena itu, mulailah langkah awal dengan download aplikasi ini untuk melakukan sinkronisasi antara smartwatch dan android. Carilah aplikasi MediaTek smart devices di play store, kemudian download dan instal. Tidak perlu khawatir karena aplikasi ini juga compatible dengan semua versi android.

2. Restart HP dan Nyalakan Bluetooth

Setelah proses instal aplikasi MediaTek smart devices, kemudian lakukan restart pada perangkat android. Saat perangkat android telah menyala kembali maka selanjutnya nyalakan bluetooth. Nyalakan bluetooth pada kedua perangkat baik di android maupun di smartwatch yang akan dihubungkan. Meskipun menggunakan bantuan aplikasi, proses sinkronisasi smartwatch juga tidak lepas dari peran bluetooth.

3. Setting Bluetooth di Smartwatch

Cara menghubungkan smartwatch ke android pada tahap ini adalah salah satu yang patut diperhatikan. Jangan lupa untuk melakukan setting bluetooth di smartwatch pada menu setting yang tersedia. Setelah itu pilih “search new devices” untuk mencari perangkat baru. Pastikan pada tahap ini bluetooth pada perangkat android juga sudah diaktifkan.

Jika berhasil terkoneksi kedua bluetooth tadi, biasanya pada smartwatch akan muncul notifikasi nama bluetooth android yang akan tersambung. Kemudian lanjutkan dengan melakukan setting di aplikasi MediaTek smart devices yang ada di perangkat android tadi.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Mind Mapping

4. Buka Aplikasi MediaTek Smart Devices

Setelah mengaktifkan bluetooth di smartwatch maupun di perangkat android, buka aplikasi MediaTek smart devices yang sudah diinstal tadi. Kemudian jika muncul notifikasi “enable accessibility” atau izin untuk membaca perangkat maka silahkan lanjutkan prosesnya. Pada saat pemberiaan izin pembacaan perangkat akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang bisa diberi tanda centang.

Pilih aplikasi mana saja yang ingin pemberitahuannya diaktifkan dan mana yang tidak ingin diaktifkan. Pada tahap ini, cara menghubungkan smartwatch ke android belum selesai. Masih ada satu langkah lagi agar memperlancar koneksi atau sinkronisasi antara smartwatch dan android.

5. Lakukan Persetujuan Akses Perangkat Android

Seperti layaknya instal aplikasi dari play store, masih dibutuhkan proses izin akses ke perangkat android dari aplikasi MediaTek smart devices. Berikan izin untuk akses perangkat dengan memilih allow atau enable pada notifikasi yang muncul saat smartwatch dan android terhubung. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan masuknya setiap pemberitahuan dari aplikasi di smartwatch.

Selain itu, izin akses tadi sangat berguna pada setiap pesan masuk antara kedua perangkat. Misalkan adanya SMS atau pesan masuk dari aplikasi lain yang ada di dalamnya, maka tidak terjadi keterlambatan pemberitahuan.

Lima cara menghubungkan smartwatch ke android menggunakan aplikasi MediaTek smart devices tadi cukup mudah untuk diikuti. Para pengguna smartwatch ataupun calon pengguna lainnya tidak perlu khawatir karena data dalam smartwatch bisa diakses dari android.