TikTok merupakan salah satu sosial media yang populer di dunia termasuk di Indonesia bahkan kalian bisa memanfaatkan fitur download video TikTok untuk mengunduh video yang ada di sana. Namun bagi yang belum mengetahui mengenai platform ini akan bertanya-tanya mengenai apa itu TikTok.

TikTok yaitu sebuah aplikasi untuk jejaring sosial serta platform video music yang mana pengguna dapat membuat, mengedit, serta berbagi klip video pendek dengan menggunakan filter serta dilengkapi musik untuk pendukungnya.

Melalui aplikasi ini maka pengguna bisa membuat video pendek unik secara cepat serta bisa dibagikan secara mudah untuk teman. Aplikasi ini terus mengalami perkembangan salah satunya dalam hal durasi videonya yang lebih panjang mencapai 1 menit atau 60 detik.

Mengenal Apa Itu Aplikasi TikTok

Nama aplikasiTikTok
DeveloperTikTok Pte. Ltd.
Ukuran75Mb
Versi terbaru26.9.4
Versi AndroidAndroid 5.0 dan yang lebih tinggi
Jumlah unduhan1.000.000.000+ download
Link unduhanPlay Store

TikTok asalnya dari Tiongkok dan diluncurkan di awal September 2016 dan dibuat oleh pengusaha yaitu Zhang Yiming yang juga merupakan pendiri perusahaan teknologi bernama ByteDance. Sebelum terkenal di dunia, aplikasi ini terlebih dulu dikenal di Tiongkok dengan nama Doujin.

Dulunya aplikasi tersebut hanya dapat membagikan video pendek berdurasi 15 detik untuk seluruh pengguna yang lain. Setelah diluncurkan aplikasi tadi ternyata memperoleh respons positif penggunanya jadi aplikasi ini menjadi cukup populer di Tiongkok.

ByteDance merasa berhasil mengenalkan aplikasi tadi di negara asalnya, akhirnya mencoba memperkenalkannya kepada masyarakat Dunia. Terjadilah perubahan nama dari Doujin menjadi TikTok seperti yang kalian kenal sekarang.

Di tahun 2018 nyatanya TikTok berhasil menjadi aplikasi yang tergolong viral di Indonesia. Bahkan sempat tanggal 3 Juli 2018, Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) memblokir TikTok karena dinilai memberikan konten yang tidak mendidik.

Akan tetapi tidak berselang lama yaitu di bulan Agustus 2018, TikTok sudah dapat diunduh kembali. Walaupun memiliki sejarah yang tidak mengenakan namun pengguna TikTok mencapai 30 jutaan di Indonesia menurut data terakhir di Juli 2020.

TikTok menjadi salah satu platform populer dan banyak digunakan. Akan tetapi kesuksesan tadi tidak diperoleh secara instan karena mengalami beberapa hambatan. Bahkan aplikasi ini juga memiliki pesaing seperti Musical.ly yang mana di bulan November 2017, TikTok mengakuisisinya sebesar 13,6 miliar.

Baca juga: 8 Cara Agar Video TikTok Muncul di Beranda, Apa Saja?

Fitur – Fitur TikTok

download video TikTok

Setelah mengetahui perihal awal mula TikTok maka kalian juga merasa penasaran sebenarnya apa fitur di dalamnya. Fitur yang tersedia tidak hanya download video TikTok saja namun banyak lainnya seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Penambahan Musik

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa TikTok adalah platform video musik. Itu berarti salah satu fitur yang utama yaitu fitur untuk penambahan musik. Kalian bisa menambahkan banyak jenis musik yang tentunya sesuai konten video yang kalian ingin buat.

Bahkan kalian jangan merasa khawatir di dalam memakai musik tadi secara bebas dikarenakan seluruh musik di dalam aplikasi telah memperoleh izin pemiliknya jadi kalian tidak akan terkena copyright saat menggunakannya.

2. Filter Video

Fitur lain yang dapat dimanfaatkan adalah fitur filter di dalam videonya. Kalian bisa menambahkan filter di dalam video guna mengubah tone warna di dalamnya. Bahkan kalian dapat menyesuaikan tone serta rona disesuaikan dengan objek videonya.

3. Efek Video dan Filter Sticker

TikTok menyediakan banyak kategori efek yang bisa dicoba seperti efek split, efek transition, efek stiker, efek visual, dan lainnya. Untuk efek stikernya kalian bisa menemukan banyak pilihan seperti animal, vlog, heart, classic, hot, dan lainnya yang dapat dipergunakan agar video terlihat semakin kreatif.

4. Filter Voice Changer

Pengguna bisa mengubah suara yang ada di dalam video memakai fitur ini. Tersedianya banyak efek suara berbeda, pengguna bisa menambahkan keseruan serta kreativitas di dalamnya dengan lebih mudah.

Bahkan ketika kalian memanfaatkan download video TikTok maka suara yang telah diubah tadi akan ikut tersimpan. Caranya tergolong mudah dilakukan karena kalian hanya perlu merekam maupun memilih di dalam galeri kalian lalu pilih voice effect.

5. Filter Beautify

Untuk kalian yang ingin terlihat lebih percaya diri dalam video yang dibuat maka bisa memanfaatkan fitur ini supaya wajah kalian terlihat jauh lebih cantik maupun tampan. Melalui fitur ini juga kalian dapat terlihat unik serta keren.

Filter ini dapat mengatur warna mata, bentuk wajah, dan memperhalus wajah. Sehingga kalian bisa menyesuaikan dengan keinginan.

6. Filter auto captions

Fitur ini merupakan yang terbaru disediakan TikTok. Fitur tersebut memungkinkan kreator menyertakan subtitle yang dapat dibuat dengan otomatis memakai aplikasi. Tujuan dibuat fitur tadi untuk mempermudah orang-orang menjadi lebih mudah di dalam menikmati ataupun mengakses video yang dibuat.

Ini tentunya akan sangat berguna terutama untuk yang mengalami kesulitan dalam mendengar. Cara menggunakannya tergolong mudah karena kalian hanya perlu klik “Caption” di laman editing sebelum unggah video.

Nantinya kata-kata yang diucapkan kreator di video tadi akan secara otomatis ditranskripsi dengan otomatis. Setelahnya kalian bisa melihat serta menyunting subtitle yang sudah dibuat agar teksnya menjadi tidak keliru.

Bahkan tidak hanya menampilkan kata-kata yang ucapkan saja namun juga bisa menerjemahkannya. Ini akan sangat membantu orang yang ingin melihat konten kalian namun terkendala masalah bahasa. Maka dengan auto captions tadi audiens bisa lebih mudah memahami apa yang dibicarakan tanpa terkendala masalah bahasa.

7. Fitur Hapus Komentar Serta Blokir Secara Massal Para Pengguna

Fitur baru yang diterapkan TikTok memungkinkan para kreator dalam menghalau bullying dengan lebih mudah. Fitur ini juga menuai banyak penolakan karena banyak yang beranggapan jika memakai fitur tersebut maka kreator dapat mengubah personanya.

Sehingga seakan-akan terlihat jika konten yang dibuat tadi diterima secara baik. Padahal sebenarnya banyak audiens yang menolak konten tersebut. Untuk memanfaatkan fitur tersebut kalian bisa menekan sebuah komentar dengan agak lama maupun mengetuk ikon pensil pada sudut kiri atas guna membuka pilihan.

Nantinya kalian dapat memilih 100 komentar ataupun akun untuk dihapus maupun di blok dibandingkan harus menyisir satu-satu. Sehingga untuk pemblokiran ataupun penghapusan bisa jadi lebih mudah dan cepat tentunya.

8. Fitur Live

Fitur ini sudah banyak dimanfaatkan oleh penggunanya akan tetapi bagi pengguna yang ingin melakukan live di TikTok tidak dapat dilakukan sembarang orang. Pengguna dengan minimal followers 1000 yang dapat melakukan live.

Baca juga: Penyebab Tiktok Lite Tidak Muncul Koin Dan Cara Mengatasinya

TikTok Versi Lite

download video TikTok

TikTok ini adalah aplikasi yang dipergunakan tidak hanya untuk menonton video saja. Terdapat fitur lain yang bisa dimanfaatkan seperti live, download video TikTok bahkan berjualan melalui TikTok Shop. Melalui fitur shop tadi bahkan kalian bisa memperoleh penghasilan di dalam aplikasinya.

Untuk kalian yang ingin menggunakan TikTok namun menginginkan versi yang lebih ringan maka bisa mencoba TikTok Lite. Tentu saja versi lite ini memiliki kelebihannya sendiri dibandingkan aplikasi yang originalnya. Untuk informasi lebih jelas mengenai TikTok Lite ini maka simak informasinya berikut ini.

Mengenal Apa Itu TikTok Lite Mod Apk

TikTok Lite adalah aplikasi versi ringan TikTok dan aplikasi tersebut mempunyai keunggulan yakni dapat digunakan berbagai perangkat karena di saat menggunakannya aplikasi tersebut tidak memakan RAM terlalu banyak serta memori di dalam perangkat.

Walaupun namanya yaitu TikTok Lite atau aplikasi ringan akan tetapi kalian tetap dapat menikmati banyak fitur seperti menonton banyak video lucu dan download video TikTok lite. Bahkan kalian dapat membuat serta mengedit video untuk nantinya diunggah di TikTok.

Walaupun aplikasi tersebut disematkan embel-embel Lite, tentunya tidak terdapat fitur yang dikurangi ataupun dipangkas supaya aplikasinya bisa berjalan dengan ringan. Aplikasi tadi mempunyai segudang fitur seperti memberi efek filter, memangkas, menambahkan sound, dan lainnya.

Bila dibandingkan dengan TikTok original maka versi Lite ini mempunyai ukuran yang tergolong lebih ringan sehingga dapat menjangkau banyak pengguna. Sehingga masyarakat Indonesia yang mempunyai hp jadul atau kentang bisa menggunakannya. Menggunakan aplikasi tadi bahkan kalian dapat menonton video tanpa lag sedikit pun.

Bila melihat dari segi ukurannya tentu saja file aplikasi tersebut mempunyai ukuran kecil jadi sangat mungkin di install pada perangkat ponsel apa pun. Entah itu ponsel flagship hingga ponsel entry level yang memiliki harga murah serta spesifikasi terbatas.

Bagi yang tertarik menggunakan aplikasi versi Lite ini maka perlu mengetahui soal kelebihan dan kekurangannya. Untuk ulasan lebih lengkapnya maka bisa simak informasi di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Dari TikTok Lite

download video TikTok

Sebelum mengunduh suatu aplikasi tentunya kalian perlu mengetahui soal kelebihan serta kekurangannya. Informasi tersebut diketahui supaya kalian lebih mudah dalam menimbang apakah aplikasi versi Lite ini sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak. Berikut merupakan informasi lengkapnya.

Kelebihan

Seperti yang telah disebutkan di atas walaupun mempunyai embel-embel Lite akan tetapi aplikasi tadi mempunyai fitur sedikit. Bahkan kalian akan memperoleh kelebihan yang banyak jika menggunakannya dan berikut adalah daftarnya.

  • Ukuran kecil, ukurannya tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan versi asli ataupun dengan aplikasi berbagi video lainnya. Untuk ukurannya sekitar 8,6 MB dan tergolong ringan untuk di install pada ponsel kalian.
  • Ringan digunakan, jika membahas mengenai kelebihan pertama dari ukuran aplikasinya yang kecil untuk diunduh. Maka kelebihan lainnya adalah aplikasi tersebut sangatlah ringan ketika dijalankan. Tentunya ponsel tidak akan panas ataupun lag ketika membuka aplikasi tersebut.
  • Tampilan serupa dengan versi original, kelebihan lainnya yaitu aplikasi ini mempunyai tampilan yang serupa dengan versi originalnya. Jadi ketika menggunakannya maka kalian akan lebih cepat terbiasa serta mudah untuk mengenali seluruh fitur yang telah diberikan.
  • Tidak ada iklan, untuk kelebihan yang satu ini tidak kalian temukan pada versi originalnya. Saat menggunakan aplikasi ini kalian akan terbebas dari iklan yang sangat mengganggu ketika melakukan pencarian video. Tentunya ketiadaan iklan tadi membuat aplikasi menjadi lebih ringan.
  • Fungsi editing masih sama, seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu kalian dapat secara bebas mengedit video menggunakan banyak opsi fitur yaitu musik, filter, dan lainnya.
  • Download video TikTok tanpa watermark, seperti yang kalian ketahui jika memanfaatkan fitur download dari versi originalnya maka watermark akan ikut terunduh. Namun jika menggunakan versi Lite ini maka video akan langsung terunduh tanpa watermark. Maka carilah MOD apk TikTok Lite No Watermark.

Jadi itulah beberapa kelebihan dari aplikasi versi lite salah satunya kemudahan dalam download video TikTok tanpa watermark. Tentu saja dengan adanya kelebihan tersebut sangatlah wajar jika aplikasi sudah diunduh hingga 500 juta kali dari seluruh dunia.

Kekurangan

Setelah mengetahui soal kelebihan maka tidak adil rasanya jika tidak membahas soal kekurangan dari aplikasi versi Lite ini. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum nantinya mengunduh aplikasi tersebut. Adapun daftar kekurangannya sebagai berikut.

  • Tidak tersedianya fitur report, untuk kekurangannya yang pertama yaitu kalian tidak akan menemukan fitur repot. Fitur tersebut berguna untuk melaporkan adanya pelanggaran yang kalian temukan saat menonton video. Bagi beberapa orang tentu saja keberadaan fitur tersebut sangatlah penting terutama bagi yang sangat memperhatikan apa yang dilihatnya.
  • Tidak dapat upload video melebihi 1 menit, mengenai kekurangan ini sebetulnya ada yang menyukai dan ada yang tidak dikarenakan banyak konten kreator membuat video berdurasi 60 detik. Namun ada juga yang merasa kecewa karena video yang dibuatnya memiliki durasi yang panjang hingga beberapa menit.
  • Tidak bisa live, kekurangan yang cukup mengganggu yaitu kalian tidak akan dapat menonton siaran langsung. Terlebih lagi sekarang sudah banyak yang melakukan siaran langsung hanya untuk berdagang maupun melakukan sesuatu yang seru. Bukan tidak dapat menonton siaran langsung akan tetapi kalian juga tidak bisa melakukan siaran tadi.
  • Tidak bisa mengirim DM, kekurangan yang terakhir yaitu kalian tidak akan dapat mengirim pesan langsung ataupun DM. Hal ini cukup disayangkan mengingat fitur DM sangatlah berguna terutama untuk kalian yang ingin mengajak seleb TikTok untuk bekerja sama.

Jadi itulah beberapa kekurangan yang harus kalian relakan saat mengunduh aplikasi versi lite tadi. Walaupun begitu dari segi kelebihan juga banyak di mana bisa download video TikTok tanpa menggunakan watermark, ukuran ringan, dan lainnya. Sehingga sangat wajar jika kalian harus merelakan beberapa fitur di dalamnya.

Akan tetapi bagi kalian yang sering melakukan live untuk berbagai tujuan terutama berdagang maka ketiadaan fitur live tadi akan sangat mengganggu. Mengingat fitur live saat ini telah menjadi suatu hal yang penting untuk ada.

Baca juga: Cara Download Video Youtube Gratis di Laptop dan Mobile [Kualitas HD & 4K]

Download TikTok Lite

Nama aplikasiTikTok Lite
DeveloperTikTok Pte. Ltd.
Ukuran30Mb
Versi AndroidBervariasi berdasarkan perangkat
Jumlah unduhan500.000.000+ download
Link unduhanPlay Store

Setelah kalian mengetahui seputar TikTok Lite dan juga paham mengenai kelebihan serta kekurangannya maka hal lain yang perlu dilakukan untuk menikmati berbagai fitur di dalamnya termasuk download video TikTok tanpa menggunakan watermark.

Untuk mengunduh TikTok Lite ini bisa diperoleh secara resmi di Play Store bagi para pengguna smartphone Android. Untuk ukurannya cukup ringan sekitar 9,5 MB saja namun yang menjadi kekurangannya yaitu tidak bisa download video TikTok tanpa menggunakan watermark.

Akan tetapi jika ingin bebas download tanpa watermark maka bisa mengunduh TikTok Lite versi mod apk. Biasanya kalian dapat mengunduh di situs-situs penyedia layanan download dengan klik link unduhannya yang biasa digunakan.

Walaupun versi mod apk ini bisa dengan mudah ditemukan pada situs penyedia download namun pastikan untuk memilih situs yang benar-benar aman. Mengingat bahwa aplikasi mod dikembangkan dengan tidak resmi oleh pengembang ketiga.

Memang dari segi fitur akan banyak keunggulan namun dari segi keamanan masih kurang. Bahkan tidak dipungkiri selama proses pengunduhan tadi akan ada malware berbahaya yang ikut terunduh ke dalamnya.

Jika sudah demikian maka keamanan perangkat kalian bisa terancam bahkan bisa juga membuat perangkat menjadi lemot. Jadi masalah ini perlu dipertimbangkan juga ketika ingin mengunduh aplikasi versi mod.

Download Video TikTok Melalui Situs Tanpa Watermark

Ketika mengunduh video di TikTok secara langsung maka akan ada watermark yang ikut terbawa di dalamnya. Watermark tadi akan muncul sebagai tulisan kecil di dalam video dan juga akhir video, tentunya hal ini akan mengganggu karena membuat tampilan video tidak maksimal.

Terlebih lagi ketika isi dari video tadi merupakan hal yang penting, sudah pasti pesan di dalam video akan terganggu dengan adanya watermark tadi. Namun jangan khawatir karena sudah ada aplikasi untuk download video TikTok tanpa menggunakan watermark.

Download aplikasi untuk unduhan tanpa watermark prosesnya singkat. Tidak hanya melalui aplikasi saja namun hal tersebut bisa diperoleh melalui situs download gratis. Memang saat ini sudah banyak tersedia fitur yang berguna menghapus watermark pada TikTok akan tetapi beberapa di antaranya mengharuskan pengguna membayar terlebih dahulu.

Tentunya kalian akan bertanya-tanya sebenarnya adakah link gratis yang dapat dimanfaatkan download video TikTok tanpa menggunakan watermark. Berikut ini adalah beberapa situs gratis yang bisa kalian manfaatkan jika tidak menggunakan aplikasi versi mod apk.

1. SnapTik

download video TikTok via SnapTik

SnapTik merupakan situs gratis yang dipergunakan untuk download video TikTok tanpa menggunakan watermark. Untuk cara downloadnya menggunakan situs sangatlah mudah sebagai berikut.

Pilihlah salah satu video di TikTok yang kalian ingin download.
⦁ Klik copy link.
Masuk ke situs SnapTik bisa melalui PC ataupun browser.
Tempelkan link video yang ingin kalian hapus watermarknya.
⦁ Klik download
⦁ Klik download server 1
⦁ Tunggulah beberapa saat hingga proses download video di TikTok selesai dilakukan.
⦁ Lakukan pengecekan di file download di perangkat untuk nantinya melihat video tadi tanpa watermark.

2. Savefrom.net

download video TikTok via Savefrom

Download video selanjutnya bisa melalui Savefrom yang mana situs tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur kualitas videonya sendiri sesuai dengan keinginan.

Pilihlah salah satu video di TikTok yang kalian ingin download.
⦁ Klik copy link.
Masuk ke situs Savefrom bisa melalui PC ataupun browser.
Tempelkan link video yang ingin kalian hapus watermarknya.
⦁ Klik download
⦁ Tunggulah beberapa saat hingga proses download video TikTok selesai dilakukan.
⦁ Lakukan pengecekan di file download di perangkat untuk nantinya melihat video tadi tanpa watermark

3. SSSTik

download video TikTok via SSSTik

Situs selanjutnya yang dapat dimanfaatkan adalah SSSTik. Tidak hanya berbentuk situs saja akan tetapi juga bisa kalian peroleh di Play Store dalam bentuk aplikasi yang memiliki manfaat serupa yaitu download video tanpa menggunakan watermark.

Pilihlah salah satu video di TikTok yang kalian ingin download.
⦁ Klik copy link.
Masuk ke situs SSSTik bisa melalui PC ataupun browser.
Tempelkan link video yang ingin kalian hapus watermarknya.
⦁ Klik download
⦁ Klik menu without watermark
⦁ Tunggulah beberapa saat hingga proses download video di TikTok selesai.
⦁ Lakukan pengecekan di file download untuk melihat video.

Itulah tiga contoh situs yang bisa digunakan untuk mengunduh video tanpa watermark. Cara kerja dari ketiga situs tadi sama yaitu salin link dan unduh saja. Ketiga situs tersebut bisa melayani pengunduhan dengan cepat.

Jadi itulah berbagai hal yang bisa kalian ketahui mulai dari TikTok Original hingga situs untuk download video tanpa watermark di TikTok. Sehingga kalian paham jika download video TikTok bukan satu-satunya filter yang tersedia melainkan masih banyak fitur yang lainnya.