Materi kuliah yang terlalu banyak, seringkali membuat kebanyakan orang malas untuk mencatatnya. Terlebih lagi jika catatannya monoton hanya berupa tulisan saja. Tidak perlu khawatir, aplikasi untuk membuat mind mapping ini sangat tepat untuk para mahasiswa yang ingin membuat catatannya lebih menarik, lho.

Biasanya, mind mapping merupakan solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan saat mencatat materi yang diberikan guru atau dosen. Meskipun mind mapping dapat dibuat secara manual, namun dengan bantuan aplikasi ini pengguna bisa membuatnya dengan mudah. Berikut merupakan aplikasi mind mapping yang harus dicoba:

5 Aplikasi untuk Membuat Mind Mapping

1. GitMind

GitMind merupakan salah satu aplikasi untuk membuat mind mapping gratis yang dapat diunduh di Play Store. Untuk menggunakannya, pengguna bisa memasukkan nama topik lalu pilih menu insert. Selanjutnya ketiklah teks yang ingin kamu tulis pada kotak yang disediakan.

Kemudian pilih insert subnode untuk menambahkan cabang-cabang teks, dan klik relation agar adanya garis – garis yang menghubungkan setiap cabang teks. Setelah membuatnya, pengguna bisa menyimpan hasil mind mapping ini ke dalam berbagai macam format teks, seperti PNG, JPEG, SVG hingga PDF, lho.

2. SimpleMind

Aplikasi yang dikembangkan oleh ModelMaker Tools ini juga tersedia di Play Store dan telah dipakai oleh 1 juta lebih pengguna. Kelebihan aplikasi ini yaitu bebas dari iklan, dan untuk memulainya pengguna tidak perlu mendaftarnya terlebih dahulu.

SimpleMind ini juga mempunyai fitur gambar, voice note, hingga video sehingga memudahkan para pengguna untuk bebas berkreasi dalam peta pikirannya. Secara gratis, pengguna bisa bebas membuat peta pikiran dengan banyak halaman.

3. Canva

Aplikasi yang dikenal sebagai desain grafis ini ternyata juga menyediakan berbagai macam template untuk membuat mind mapping, lho. Hanya dengan mengetikkan “mind map” di fitur pencarian, pengguna sudah dapat langsung membuat peta pikiran sesuai yang dibutuhkan. 

Pengguna juga bisa mengubah latar belakang, hingga menambahkan gambar pada peta pikiran yang akan dibuat. Pilihan format penyimpanan yang tersedia, antara lain PNG, PDF dan JPEG.

Baca juga: Aplikasi untuk Memperkecil Ukuran Foto

4. MiMind

MiMind merupakan alat online yang dapat digunakan untuk mengatur pikiran, meletakkan peta pikiran serta membagikannya kepada teman – teman lain. Selain membuat mind mapping, aplikasi ini juga bisa dipakai pengguna untuk membuat tugas presentasi, scrapbooks hingga kartu flash. Aplikasi ini sangat cocok digunakan pemula, karena desainnya yang user interface dan sederhana.

Hasil peta pikiran yang dibuat pun bisa diekspor melalui berbagai macam format, mulai dari JPG, TGA, PNG, PDF hingga file text. Fitur yang tersedia pun sangat banyak, seperti diagram grafik, desain abstrak, diagram venn, sampai to – do list yang memudahkan pengguna dalam membuat rencana.

5. Concept Map Maker – Mindomo

Rating yang telah dicapai oleh aplikasi ini yaitu 4,8 dengan unduhan lebih dari 1 juta. Seluruh peta pikiran pengguna dapat langsung diubah menjadi presentasi dengan Mindomo ini. Pengguna juga tidak perlu memakai data saat menggunakannya.

Sangat menarik, bukan? Selain di Play Store, Mindomo ini juga tersedia di Windows dan Mac, sehingga pengguna bisa membuatnya tanpa ruang yang terbatas.

Jika pengguna ingin bekerjasama dengan teman lainnya dalam mengerjakan tugas, aplikasi ini sangatlah tepat digunakan. Dengan adanya Mindomo Cloud tentunya membuat kerjasama antara satu dengan yang lain menjadi real-time.

Demikian 5 rekomendasi aplikasi untuk membuat mind mapping untuk memudahkan semua pekerjaan-mu. Dengan aplikasi di atas, pengguna bisa membuat peta pikiran menjadi lebih berwarna dan bervariasi. Jadi, aplikasi mana yang sudah menjadi favorit?