Alat Pelindung Kepala K3 – Setiap orang yang bekerja di jabatan apa pun pasti menginginkan bahwa pekerjaan tersebut aman dan nyaman. Tidak mungkin ada orang yang ingin bekerja dengan kondisi yang tidak nyaman serta aman. Mengapa? Karena hal ini hanya akan menjadi masalah dan membuat pekerjaan yang dilakukannya malah berantakan.

Berbeda ketika seseorang mengenakan perlengkapan pelindung diri secara benar. Mereka bisa menjalankan apa yang sudah menjadi tugasnya. Semua pekerjaan dapat diselesaikan secara benar dan tepat waktu. Maka dari itu, penting untuk mengenakan alat pelindung, khususnya di bagian kepala. Bagian kepala menjadi salah satu bagian yang vital dan harus kamu lindungi.

Maka tidak herna jika orang-orang yang bekerja di industri sering mengenakan alat pelindung kepala. Lalu apa saja alat pelindung kepala yang bisa kamu gunakan? Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, silakan kamu menyimak informasi dari kami berikut ini.


Inilah Jenis Alat Pelindung Kepala K3 Lengkap Beserta Penjelasannya

Berikut ini informasi tentang bebrapa alat pelindung kepala K3 lengkap dengan penjelasannya. Alat-alat tersebut sudah umum digunakan oleh orang-orang yang bekerja di berbagai industri. Dengan mengetahui informasi ini, kamu akan mengetahui kira-kira perlengkapan apa saja yang kamu butuhkan untuk keselamatanmu.

1. Helm Keselamatan, Alat Pelindung Kepala K3 yang Wajib Dipakai

Alat pertama yang harus kamu kenakan adalah helm keselamatan atau yang biasa dinamakan safety helmet. Ini merupakan alat yang wajib dan menjadi pelindung pertama dari kejatuhan atau benturan ketika kamu bekerja di sebuah industri. Selain itu, alat ini juga bermanfaat untuk mencegah agar rambut pekerja tida sampai tersangkut ke mesin yang sedang berputar.

Fungsi dari helm keselamatan lainnya dengan mengenakan alat tersebut adalah untuk menghindarkan kepala dari potensi terkena benturan benda keras maupun tumpul. Kondisi ini bisa mengakibatkan seeorang mengalami goresan, tusukan, atau bahkan terpotong. Berbagai manfaat yang ada pada helm tersebut menjadikannya wajib untuk kamu kenakan.

Helm pengaman pada dasarnya terbuat dari berbagai macam bahan. Contohnya serat gelas atau fiberglass, plastik atau bakelite, dan lain sebagainya. Untuk helm yang terbuat dari plastik mempunyai beberapa kelebihan.

Misalnya helm tersebut terasa lebih ringan serta tahan terhadap pukulan serta benturan dari benda-benda kreas. Selain itu, helm keselamatan yang terbuat dari plastik juga aman karena bukan sebagai isolator sehingga tidak menyalurkan listrik.

Sementara itu, untuk helm keselamatan yang terbuat dari bahan campuran antara plastik  serta serat gelas sangat tahan basa dan asam kuat. Kemudian alat pelindung kepala K3 tersebut masih bisa dibedakan dengan berdasarkan bentuknya dan juga kode warna pada safety helmet.

2. Hair Cap atau Tutup Kepala

Selain helm, alat lainnya yang juga berfungsi untuk melindungi kepala adalah penutup kepala atau yang juga bernama hair cup. Sesuai namanya, alaat ini bermanfaat untuk melindungi rambutmu dari bahaya. Bagi seseorang yang memiliki rambut panjang, orang tersebut berpotensi rambutnya terjerat mesin yang sedang berputar.

Maka dari itu, dia memerlukan alat penutup kepala ini agar rambutnya aman. Biasanya hair cup terbuat dari bahan katun serta bahan lainnya yang mudah untuk dicuci. Dengan mengenakan hair cup, orang tersebut bisa lebih aman dalam menjalankan pekerjaannya. Apa yang menjadi tugasnya pun bisa dia selesaikan dengan benar serta pada waktu yang tepat.

3. Pelindung Wajah dan Mata

Pelindung mata serta wajah juga merupakan bagian yang harus kamu perhatikan. Kedua alat ini juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan selama kamu berada di kawasan proyek. Pelindung mata bermanfaat untuk memberikan perlidungan pada mata dari adanya radiasi, percikan dan gelombang elektromagnetik. Selain itu, alat ini juga berguna untuk memberikan perlindungan agar terhindar dari benturan maupun pukulan benda keras dan tajam.

Bagi seseorang yang bekerja di kawasan yang berpotensi memiliki debu yang cukup banyak, maka kamu juga perlu mengenakannya. Untuk alat pelindung mata berupa kacamata atau spectacles baik dengan maupun adanya pelindung samping atau sideshield. Selain itu, ada juga goggles atau cup type/boxtype.

Alaat pelindung berikutnya yang juga harus kamu kenakan adalah pelindung wajah atau face shield. Untuk lensa maupun kacamata pengaman biasanya terbuat dari bebrapa bahan. Ada yang terbuat dari plastik (acetatei, polycarbonate, cellulose, polycarbonatevinyl. Bentuknya pun cenderung transaparan maupun kaca.

Sekadar informasi jika polycarbonate adalah jenis plastik dengan daya tahan paling kuat dari benturan atau pukulan. Jika ingin memberikan perlindungan mata dari pancaran radiasi seperti ultraviolet atau infra mreah, maka nanti lensa dari kacamata tersebut akan dilapisi oksida yang berasal dari korbal. Kemudian akan diberikan warna hijau maupun biru.

Alat pelindung kepala K3 ini juga bermanfaat untuk mengurai silau. Namun kemampuannya dalam menyerap panjang gelombang juga tergantung pada opticaldensity atau kepadatan serta jenis bahan kimia yang dipakai dalam membuat lensa tersebut. Jika berkaitan dengan proteksi terhadap sinar radiasi mengion seperti sinar X, maka di bagian lensanya nannti akan dilapisi timah hitam atau Pb.

4. Ear Plug

Untuk melindungi bagian kepala yang lainnya yaitu telinga, maka kamu memerlukan ear plug. Alat ini juga masuk ke dalam kategori alat pelindung kepala K3 yang harus kau kenakan. Fungsinya lebih dari sekadar untuk menyumbat teliga melainkan berfungsi untuk menahan adanya frekuensi tertentu.

Ear plug adalah alat yang terbuat dari plastik, malam atau wax, kapas, karet alami maupun sintetik. Kemudian untuk cara penggunaannya bisa kamu bedakan menjadi beberapa seperti:

  • Semi insert-typeearplug yang fungsinya hanya sebagai penutup lubang telinga luar
  • Insert type ear plug yang berfungsi untuk menutup semua bagian telinga

Sementara itu, bebrapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan ear plug adalah sebagai berikut:

  • Alat ini mudah untuk kamu bawa ke mana-mana karena pada dasarnya memiliki ukuran yang kecil
  • Tidak membuat pergerakanmu terbatas
  • Harga relatif murah
  • Menggunakan ear plug memberikan kenyamanan karena kamu tidak terganggu oleh suara luar
  • Relatif nyaman ketika kamu pakai di tempat kerja yang cukup panas
  • Bisa kamu pakai secara mudah serta tidak harus terpengaruh oleh penggunaan tutup kepala, kaca, maupun anting

5. Alat Pelindung Kepala, Khususnya Bagian Pernapasan

Masih berkenaan dengan jenis alat pelindung kepala K3. Untuk alat yang kelima ini lebih dikhususkan untuk melindungi wajah bagian depan, tepatnya di bagian pernapasan. Tentunya melindungi kepala bukan hanya di bagian atas. Kita juga perlu melindungi kepala bagian depan dan ini erat kaitannya dengan pernapasan.

Ada sebuah alat yang bernama respirator. Alat ini bekerja dengan cara membersihkan udara melalui metode adsorbsi dan absorpsi. Adsorpsi merupakan sebuah proses pada saat ada kontaminan yang melekat di perkumaat zat padat atau adsorben. Sementara pada absorbsi merupakan proses di mana gas maupun uap melakukan penetrasi menuju struktur bagian yang ada dalam sebuah zat atau absorber.

Orang-orang yang mengenakan respirator adalah mereka yang bekerja di industri yang berkaitan dengan gas-gas berbahaya. Misalnya seseorang yang bekerja di gua yang terdapat kandungan gas di dalamnya, laboratorium, sampai nuklir. Alat ini sangat bermanfaat unuk memfilter udara yang berasal dari luar. Dengan begitu, kamu bisa lebih aman ketika menghirup udara tersebut menuju ke paru-paru.

Baca juga: Daftar Harga Helm Proyek


Pentingnya Mengenakan Alat Pelindung Kepala K3

Seperti yang kami jelaskan bahwa mengenakan alat pelindung kepala K3 adalah hal yang sangat penting. Mengapa? Alasan pertama adalah karena ini berkaitan dengan keselamatan kerja. Setiap orang pasti menginginkan setiap pekerjaan yang dia lakukan berlangsung serta berakhir dengan selamat.

Faktor untuk mendukung keselamatan kerja tersebut adalah dengan mengenakan alat pelindung diri, khususnya di bagian kepala. Beberapa manfaat yang kamu dapatkan ketiak mengenakan alat pelindung tersebut antara lain:

  • Untuk melindungi para tenaga kerja ketika usaha rekayasa serta administrative tidak dapat dijalankan dengan baik
  • Memberikan rasa aman kepada setiap pekerja
  • Meningkatkan produktivitas serta efektivitas para pekerja
  • Menghadirkan lingkungan kerja yang aman

Mengenakan alat pelindung untuk keselamatan kerja tersebut juga memberikan manfaat lainnya yaitu:

  • Memberikan perlindungan secara menyeluruh atau beberapa bagian tubuh terhadap adanya potensi terkait bahaya atau kecelakaan kerja
  • Mengurangi adanya risiko penyakit yang disebabkan karena kecelakaan

Terlebih lagi bagian kepala yang merupakan bagian sangat penting. Alat pelindung untuk bagian kepala harus sangat diperhatikan. Kamu harus selalu mengenakannya meskipun kamu merasa lingkungan kerjamu aman. Namun kita tidak bisa memprediksi bahaya bisa datang kapan saja.


Tips Ketika Memakai Alat Pelindung Kepala K3

Ketika seseorang memakai alat pelindung kepala K3, maka akan hadir rasa aman. Salah satu contohnya yaitu ketika seseorang bekerja di daerah pabrik pupuk, tambang minyak, pabrik kimia, dan berbagai proyek pembangunan biasanya akan menetapkan helm proyek sebagai pelindung diri yang wajib dikenakan.

Dalam menggunakan atau mengenakan helm safety proyek ini, ada tiga hal penting yang harus kamu perhatikan:

  • Sebelum mengenakan helm tersebut, jangan lupa meneliti apakah kondisi helm tersebut bagus atau tidak. Kamu juga perlu mengecek kenyamanannya ketika sudah terpasang di kepala (tidak terlalu sempit dan tidak longgar). Helm tersebut juga harus kamu pastikan tidak mengalami kerusakan
  • Jika kamu berada di tempat tinggi dengan kondisi berangin, jangan lupa chain strip harus kamu gunakan agar bisa helm yang kamu kenakan tersebut tidak sampai terbang karena tertiup angin atau terjatuh
  •  Setelah memasang helm safety proyek di kepala, pastikan posisinya sudah benar. Kamu perlu mengecek bahwa helm tersebut posisinya tidak miring, terlalu menunduk, terlalu dongak, atau bahkan terbalik. Kamu juga harus mengecek bahwa helm tersebut tidak sampai mengganggu pandanganmu

Itulah beberapa alat yang sangat bermanfaat untuk melindungi kepala. Kesimpulannya, sebelum kamu memulai pekerjaanmu maka ada beberapa hal yang harus kamu siapkan. Sebenarnya bukan hanya pelindung kepala saja yang kamu butuhkan. Masih ada alat pelindung bagian tubuh lainnya seperti tangan, kaki, dan bagian tubuh yang lain.

Berbagai peralatan tersebut wajib kamu kenakan. Hal ini demi membuat pekerjaanmu menjadi lebih aman. Kamu bisa mengerjakan apa yang menjadi tugasmu serta mampu menyelesaikan semuanya sesuai ketentuan. Jangan meremahkan dengan tidak memakai peralatan pelindungan diri ketika bekerja. Semoga bermanfaat.