Ingin tahu berapa harga helm proyek terbaru dan dari merek terbaik? Helm proyek atau yang juga benama safety helmet merupakan salah satu alat pengaman diri alias APD. Helm ini menjadi salah satu alat pengaman yang sangat penting untuk dikenakan oleh orang yang bekerja di dunia industri. Terutama mereka yang bekerja di sektor konstruksi.

Para pekerja yang terjun langsung ke lapangan harus mengenakan helm tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa semua orang selalu ingin selamat ketika bekerja. Tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami masalah ketika mengerjakan atau menjalankan tugas tertentu Maka dari itu, keselamatan menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Dengan menerapkan sistem keselamatan yang baik, akan timbul rasa aman. Bekerja pun menjadi lebih tenang. Kita bisa menjalankan berbagai tugas yang sudah menjadi tanggung jawab secara nyaman, aman, serta selesai tepat waktu. Salah satu cara untuk menunjang keselamatan adalah dengan mengenakan helm proyek.

Helm proyek merupakan komponen utama. Penggunaan helm proyek adalah sebuah hal yang wajib dan bahkan ada sanksi bagi seseorang yang melanggarnya. Fungsi helm tersebut tentu saja untuk memberikan perlindungan di bagian kepala. Helm keselamatan berfungsi untuk memberikan proteksi terhadap benturan maupun kejatuhan benda selama bekerja.

Dengan mengenakan helm tersebut, risiko mengalami cedera kepala bisa bisa diminimalisir. Hal ini juga memberikan rasa aman selama bekerja meskipun kamu juga tetap waspada agar tidak terjadi masalah yang tidak diiinginkan.


Merk Safety Helmet Sesuai Standar SNI

Bagi yang sedang mencari helm proyek sesuai dengan syarat helm untuk APD, berikut ini kami sudah memiliki rekomendasi harga helm proyek lengkap. Helm yang kami rekomendasikan ini berasal dari berbagai merek. Setelah mengetahui daftar harga tersebut, kamu tinggal menyesuaikan mana safety helmet yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Helm Protector HH50

Helm proyek yang akan kita bahas pertama kali adalah helm buatan Australia ini. Helm Protector HH50 termasuk salah satu safety helmet terbaik saat ini. Helm proyek yang satu ini juga cukup populer dan sudah banyak yang memilihnya sebagai salah satu alat pelindung ketika bekerja.

Bahan pembuatan helm tersebut yaitu plastik ABS ringan. Meskipun ringan namun helm ini memiliki struktur yang kokoh. Sementara untuk tipe helm tersebut, kamu bisa melihat ada pita penahan yang bisa kamu ganti. Selain itu, ada juga braket yang bisa kamu gunakan agar bisa menempelkan peralatan yang lain sesuai yang kamu perlukan.

Biasanya peralatan yang akan ditempelkan pada helm tersebut adalah lampu penambang. Apakah helm ini sesuai SNI? Tentu saja. Jadi tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ada pada Helm Protector HH50. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 160.000.000.

2. MSA V Gard

Helm berikutnya juga memiliki kualitas yang tidak perlu kamu ragukan. Alasannya karena MSA V Gard sudah sesuai dengan standar ANSI Z89.1-1997, Tipe 1, Kelas E serta G. Dengan kata lain, kemampuannya dalam memberikan rasa aman kepada pemakaiannya sudah terbukti. Saat ini ada banyak pekerja yang mengenakan MSA V Gard.

Helm ini dilengkapi dengan 4 titik suspensi sehingga membuat posisi hem tersebut sesuai dengan posisinya ketika kamu pakai. Sama dengan helm sebelumnya, kamu juga bisa menempelkan beberapa peralatan lain pada MSA V Gerd. Sementara harga untuk bisa mendapatkan safety helm adalah Rp 280.000. Harga tersebut kamu sudah mendapatkan facetrack.

Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapatkan helm yang berkualitas dan tahan lama. Memakainya akan memberikan rasa aman selama bekerja. MSA V Gerd kerap menjadi pilihan terbaik untuk para pekerja yang bekerja di industri konstruksi.

3. MSA Full Brim

Rekomendasi yang ketiga terkait harga helm proyek adalah MSA Full Brim. Helm keselamatan ini terbuat dari polyethylene shell yang mempunyai kemampuan agar bisa memberikan perlindungan secara maksimal. Itulah yang membuat MSA Full Brim termasuk helm yang banyak dicari sekarang. 

Pada safety helmet tersebut juga terdapat tali dan kamu bisa menyesuaikan pemakaian tali tersebut dengan kebutuhanmu. Jadi, kamu bisa mengatur talinya agar posisinya bisa pas ketika kamu pakai. Biasanya orang-orang yang memakai MSA Full Brim adalah mereka yang bekerja di sektor pertambangan.

MSA Full Brim juga cocok bagi mereka yang bekerja di sektor konstruksi, industri umum, dan juga migas. Kesimpulannya, helm proyek yang satu ini fleksibel karena bisa kamu sesuaikan dengan pekerjaanmu. Mungkin hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa harganya cenderung lebih mahal.

MSA Full Brim bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 350.000 atau dapat melihat perbandingan harga di e-commerce seperti Tokopedia. Meskipun lebih mahal, kualitasnya lebih baik dari helm merek lain. Ketahanannya tidak perlu kamu ragukan sehingga kamu bisa bekerja dengan perasaan yang tenang.

4. Safety Helmet Ameriza

Safety helmet memakai bahan dari Jerman. Bahan tersebut merupakan bahan yang tidak mudah pecah. Jadi, mengenai ketahanan Safety Helmet Amerzia tidak perlu diragukan. Helm tersebut juga sesuai untuk pekerjaan di berbagai sektor seperti migas, konstruksi, pertambangan, dan lain-lain. Ketika kamu membelinya, kamu juga sudah mendapatkan fast track

Suspensinya pun juga sangat nyaman ketika kamu pakai. Helm proyek yang satu ini juga sudah sesuai dengan standar ANSI/ISEA Z.89.1-2009 dan juga EN397.2000. Bukan itu saja, Safety Helmet Ameriza juga telah sesuai dengan standar internasional. Dengan begitu, kualitasnya terjamin dan bisa kamu kenakan untuk jangka waktu yang panjang.

Berapa harga Safety Helmet Ameriza? Untuk mendapatkan helm ini, kamu bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp 220.000. Harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas yang ada akan kamu rasakan.

Itulah beberapa rekomendasi harga safety helmet beserta kelebihannya. Kamu tinggal memilih salah satu dari helm tersebut sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Sementara itu, jika ingin mengetahui lebih banyak seputar harga helm proyek secara lebih lengkap, kami akan menjelaskannya di bawah ini.


Tabel Estimasi Harga Helm Proyek Lengkap

Informasi selengkapnya tentang kumpulan harga helm proyek, kamu bisa menyimak informasi melalui tabel di bawah ini. 

Merek Helm ProyekHarga
Safety Helmet Ameriza150.000
Helm Proyek TS19.500
V-Gard Safety Helmet (Inner Fastrack)40.000
Krisbow Safety Helmet non Vented99.000
Kenmaster Helm Proyek29.700
Helm Proyek 3M Type H-700190.000
UVEX Safety Helmet Pheos IES Red Rotation System220.000
UVEX Safety Helmet Pheos B-WR Rotation System258.500
Helm Safety Leopard ABS LPHL 0295145.000
Helm Proyek Ultra15.000
NNG Helm Proyek Fast Track37.000
UVEX Safety Helmet Pheos E-S-WR Without Air Vents269.500
CIG Safety Helmet 6 point Magnum31.000
MSA VGARD Fastrac Cap242.000
3M Full Brim Hard Hat Ratchet Suspension352.000
Helm Proyek VGS21.500
Protector Tuffmaster Safety Helmet138.000
Yau Yasunliplast Safety Helmet189.000
Toyo Safety Safty Helmet1.100.000
UVEX Safety Helmet Pheos B-S-WR269.000
Tanizawa Helmet MP Type258.000
Trusco Helmets MP Type159.000
Leopard Safety Helmet HDPE LPHL 030064.000
Wipro Safety Helmet41.000
Toyo Safety Helmet715.000
Midori Anzen Helmet660.000
Trusco American Type Helmet640.000

Tips Penting dalam Memakai Safety Helmet

Setelah mengetahui penjelasan tentang harga helm proyek secara lengkap, informasi selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mengenakan helm tersebut. Memiliki helm keselamatan berkualitas memang keinginan semua orang. Namun kamu juga perlu tahu bagaimana cara memasang helm tersebut secara benar.

Seperti yang kami jelaskan bahwa ketika helm keselamatan memiliki fungsi yang sangat penting. Akan tetapi, memasang helm secara sembarangan membuat fungsi helm tersebut malah tidak secara optimal. Untuk itu, berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengenakan safety helmet secara benar.

  • Sebelum mengenakan helm, pastikan bahwa kamu mengecek seperti apa kondisi helm yang akan kamu kenakan tersebut. Kamu perlu mengecek apakah memang kondisinya bagus atu tidak. Selain itu, kamu juga harus mengecek kenyamanan dari helm tersebut ketika sudah terpasang di kepala. Helm yang nyaman adalah helm yang tidak terlalu sempit serta tidak terlalu longgar. 
  • Kamu juga perlu mengecek apakah memang helm proyek yang kamu kenakan tidak sampai mengalami kerusakan. Ketelitian perlu kamu miliki agar helm tersebut memang benar-benar sesuai dan tidak malah menyulitkanmu ketika memakainya
  • Ketika kamu ada di tempat yang tinggi dengan kondisi yang berangin, pastikan kamu sudah mengencangkan chain strip. Ini adalah bagian yang memang sangat bermanfaat ketika kamu bekerja di tempat-tempat tersebut. Dengan begitu, helm yang kamu kenakan tidakterbang karena jatuh tertiup angin
  • Setelah safety helmet sudah terpasang di kepala, maka kamu harus memastikan bahwa posisinya memang sudah benar. Kamu harus mengecek apakah nanti helm yang kamu kenakan tidak miring, terlalu dongak, terlalu menunduk, maupun terbalik
  • Tips lainnya adalah mengecek apakah helm proyek yang kamu kenakan tidak mengganggu pendengaranmu

Seberapa Penting Helm Proyek Sebagai APD K3?

Mengenakan helm sebagai pelindung dalam menerapakn K3 adalah hal yang sangat penting. Ada beberapa alasan yang perlu kamu ketahui. Alasan pertama yaitu karena hal tersebut berhubungan dengan keselamatan kerja. Setiap orang tentu ingin agar setiap apa yang dikerjakan atau yang menjadi tugasnya dapat berakhir dengan selamat.

Setiap orang yang bekerja juga ingin agar selama mengerjakan tugas tersebut, dia merasa aman dan tidak berpikir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk menunjang hal ini maka perlu adanya peralatan keselamatan kerja. Salah satunya adalah safety helmet atau helm kesemalatan tersebut.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengenakan peralatan keselamatan kerja, khususnya helm proyek:

  • Memberi rasa aman bagi setiap pekerja
  • Sebagai pelindung diri para pekerja selama mereka menjalankan tugasnya
  • Bahaya memang bisa datang kapan saja, namun dengan mengenakan alat pelindung diri maka akibat atau potensi bahaya tersebut bisa dikurangi
  • Manfaat lain dari mengenakan helm proyek adalah untuk meningkatkan efektivitas serta produkvititas para pekerja. Tidak heran jika mereka mampu bekerja dengan lebih baik dengan hasil yang baik juga
  • Jika setiap pekerja mengenakan peralatan kesemalatan, maka tercipta sebuah lingkungan kerja yang aman. Semua orang tidak khawatir akan membahayakan orang lain karena mereka bekerja sesuai dengan ketentuan

Sekian pembahasan dari kami mengenai harga helm proyek terlengkap. Kamu juga sudah mengetahui seberapa penting mengenakan helm tersebut untuk keselamatanmu. Semoga bermanfaat.