Helm safety adalah salah satu dari APD atau Alat Pelindung Diri yang sangat penting dan paling sering dipakai. Helm pengaman ini sudah menjadi sebuah syarat yang wajib dipatuhi.

Karena fungsi helm safety ini demi menjaga keselamatan dan memberikan rasa aman bagi para karyawan selama mereka di tempat kerja. Helm juga menjadi bagian terpenting yang tidak dapat dilepaskan dalam dunia industri konstruksi.

Beberapa industri yang mana fungsi helm safety sangat penting adalah industri yang bergerak di sektor pertambangan, konstruksi, listrik, serta kehutanan. Maka dari itu, jika kamu bekerja di salah satu sektor tersebut maka kamu harus mengenakan helm proyek. Bahkan akan menjadi masalah ketika kamu tidak mengenakan helm tersebut meskipun sebenarnya potensi keamanannya cukup tinggi.

Namun tetap saja ini menjadi aturan wajib yang harus kamu patuhi. Tentunya helm tersebut bukan sembarang helm. Helm keamanan dibuat dari bahan yang berbeda dibandingkan helm pada umumnya. Kondisinya pun juga lebih tahan lama karena memang ada standarnya helm proyek yang harus dipatuhi.


Inilah Fungsi Helm Safety yang Harus Kamu Ketahui

Ada beberapa fungsi helm safety yang wajib kamu ketahui jika kamu bekerja di dunia industri konstruksi.

1. Melindungi Kepala dari Cedera

Source: YouTube Warped Perception

Fungsi yang pertama tentu saja adalah untuk melindungi kepala dari cedera. Untuk fungsi yang pertama ini sebenarnya merupakan fungsi umum dari sebuah helm. Bukan hanya pada helm proyek melainkan helm yang kamu pakai ketika berkendara pun juga memiliki fungsi yang sama. Maka dari itu, penggunaan helm merupakan hal yang sangat krusial.

Semua orang yang bekerja pada ranah industri konstruksi harus memakai helm. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko mengalami benturan kepala cukup kuat, kejatuhan benda, cedera listrik, dan lain sebagainya. Bayangkan jika kamu tidak mengenakan helm dan bekerja di tempat yang berpotensi membuatmu kejatuhan benda atau mengalami benturan.

Mungkin kamu akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu helm ini bukan hanya sebagai aksesoris melainkan juga sebagai pengamanan yang akan memberikan perlindungan terhadap konduktor listrik serta benda keras. Perusahaan biasanya akan menyediakan helm untuk para pekerjanya. Namun kamu juga bisa mendapatkannya melalui pembelian secara online.

2. Fungsi Helm Safety adalah Sebagai Identitas

Mungkin kamu pernah melihat bahwa ketika seseorang bekerja dalam dunia industri konstruksi, mereka akan mengenakan helm dengan warna yang berbeda-beda. Pemberian warna tersebut bukan tanpa alasan karena setiap arti warna pada helm safety mewakili fungsi yang berbeda-beda. Misalnya helm proyek berwarna biru akan berbeda dengan helm yang berwarna kuning terang.

Untuk helm proyek berwarna biru biasanya digunakan oleh supervisor, pengawas sementara, atau operator teknis. Sementara pada helm proyek yang berwarna kuning terang biasanya digunakan oleh pekerja umum. Dengan mengetahui warna helm tersebut kamu bisa membedakan setiap jabatan dari orang yang terlibat dalam pembangunan proyek tersebut.

3. Memberikan Rasa Aman

Fungsi helm safety yang ketiga adalah untuk memberikan rasa aman kepada setiap karyawan. Terutama mereka yang bekerja sebagai pekerja yang berkaitan langsung dengan pembangunan. Ketika seseorang mengenakan helm, dia merasa lebih aman ketika terjadi benturan atau mungkin kejatuhan benda.

Berbeda halnya ketika ada orang yang tidak mengenakan helm kemudian mengerjakan proyek secara langsung. meskipun sebenarnya sistem pengamanan dalam proyek tersebut terkenal baik, namun tetap saja orang tersebut terkadang merasa khawatir ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, sangat penting mengenakan helm. Apalagi jika kamu merupakan seseorang yang berada di bagian pekerja umum. Penggunaan helm adalah suatu hal yang wajib dan biasanya sudah tertuang di dalam peraturan atau sebelum memulai membangun proyek tertentu.

4. Meningkatkan Visibilitas

Apakah kamu tahu bahwa fungsi helm safety juga berkaitan dengan visibilitas? Mengenakan helm ini akan menghadirkan visibilitas secara lebih besar. Mereka akan terbantu pada saat bekerja di siang maupun malam hari. Selain itu, helm tersebut juga bisa membedakan mana orang yang benar-benar bekerja atau orang luar yang hanya sekadar menonton proyek pembangunan.

5. Perlindungan Terhadap Sinar Matahari

Fungsi lainnya dari pemakaian helm proyek adalah untuk melindungi seseorang dari teriknya sinar matahari. Mungkin kamu menyadari bahwa helm tersebut mempunyai tepi yang lebar yang mana ini dianggap ideal untuk memberikan proteksi agar tidak silau ketika terkena sinar matahari.

Misalnya ada petugas yang harus naik ke atas untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu. Sementara pada waktu itu kondisi matahari sedang terik. Maka dari itu, helm inilah yang nantinya akan membantu pekerja tersebut agar tidak silau. Pekerja tersebut juga tidak merasa panas sehingga mudah mengalami haus.

6. Memberikan Ventilasi

Saat ini harga helm safety bermacam-macam. Salah satu yang membedakan harganya adalah jumlah ventilasi yang dihadirkan untuk memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang mengenakannya. Selain itu, tidak ada perusahaan yang menginginkan agar para pekerjanya terbebani ketika mengenakan helm.

maka dari itu, biasanya helm yang dikenakan adalah hem yang memiliki gaya seperti baseball. Alasannya karena jenis helm tersebut memberikan kenyamanan serta ventilasi yang cukup bagi para pekerja. Mereka juga bisa bekerja secara tenang sehingga mampu mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya secara baik sesuai dengan instruksi yang diberikan.

7. Perlindungan untuk Industri

Perlu kamu tahu bahwa ada tempat kerja di mana risiko mengalami cedera kepala cenderung lebih besar dibandingkan dengan perusahaan lain. Maka dari itu, sangat penting untuk memahami setiap aturan yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. termasuk juga aturan tentang penggunaan safety helm. Beberapa industri yang memiliki risiko yang lebih besar adalah pada sektor pertambangan serta konstruksi. Pada kasus ini, memahami fungsi safety helm sangatlah penting karena akan menunjang kinerjamu.

Helm tersebut juga wajib diberikan kepada para karyawan yang mana di dalamnya terdiri dari ikat kepala serta cangkang. Helm tersebut juga mempunyai daya serap terhadap goncangan secara baik. Maka dari itu, struktur helm proyek memang berbeda karena untuk memberikan proteksi agar para pekerja tersebut tidak sampai mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Baca juga: Syarat Syarat Helm untuk Alat Pelindung Diri


Fungsi Safety Helm Berdasarkan Jenis Warna

Selain fungsi safety helm yang sudah kami sebutkan, ternyata fungsinya juga bisa dibedakan dengan berdasarkan warnanya. Penjelasan selengkapnya silakan menyimak informasi yang kami bagikan di bawah ini.

1. Warna Kuning Menyala atau Terang

Fungsi helm proyek yang memiliki warna kuning terang atau menyala untuk dikenakan oleh para pekerja umum. Mereka yang bekerja langsung di lapangan maupun sub kontraktor akan mengenakan helm ini. selain itu, biasanya para pekerja tersebut juga diminta untuk mengenakan rompi yang juga berwarna kuning menyala atau terang sebagaimana warna pada helmnya.

2. Warna Biru

Untuk helm yang berwarna biru adalah helm proyek yang berfungsi untuk dikenakan oleh para supervisor. Selain itu, mereka yang menjabat sebagai pengawas sementara atau operator teknis juga harus mengenakan helm warna biru.

3. Warna Merah

Bagaimana dengan fungsi helm safety proyek yang berwarna merah? Fungsi helm ini adalah untuk dikarenakan oleh mereka yang menjabat sebagai pengawas terkait sistem keamanan yang ada di lingkungan proyek. Jadi, jika kamu menduduki jabatan keamanan dalam proyek, maka helm yang harus kamu kenakan adalah helm proyek yang berwarna merah.

4. Warna Hijau

Hijau menunjukkan keterkaitan dengan lingkungan. Jadi, orang yang mengenakan helm proyek berwarna biru adalah orang-orang atau pekerja yang memiliki tugas terkait kondisi lingkungan yang ada di sekitar proyek.

5. Warna Jingga

Untuk warna yang satu ini mungkin kamu jarang melihatnya. Padahal ada juga yang mengenakan helm proyek berwarna jingga. Mereka adalah orang-orang yang biasanya termasuk golongan luar pekerja. Biasanya mereka ingin meninjau lokasi berlangsungnya proyek pembangunan atau proyek strategis.

Orang yang mengenakan helm in sedang melakukan pengawasan untuk mengetahui sejauh mana proyek tersebut berlangsung. Maka dari itu, jarang ada yang mengenakan helm berwarna jingga kecuali memang ada orang-orang tertentu yang diizinkan untuk melakukan pengecekan.

6. Warna Putih

Selain beberapa warna yang sudah kami sebutkan, ternyata masih fungsi helm safety lainnya berdasarkan warna. Ada helm proyek yang berwarna putih. Siapa saja orang yang mengenakannya? Orang yang mengenakan helm proyek tersebut adalah mereka yang menduduki jabatan sebagai manajer pengawas, insinyur, maupun mandor.

Selain itu, orang-orang yang mengenakan helm ini biasanya mempunyai tanggung jawab terkait proyek yang sedang dikerjakan. Mereka juga adalah orang-orang yang paham tentang seperti apa detail pembangunan. Maka dari itu, jika kamu ingin mendapatkan informasi mengenai proyek yang sedang dikerjakan, kamu bisa bertanya kepada orang yang mengenakan helm proyek berwarna putih tersebut.

Cara Menggunakan Helm Safety Proyek

Sebagai tambahan, informasi berikutnya yang akan kami berikan adalah bagaimana cara mengenakan helm tersebut dengan benar. Ketika seseorang mengenakan helm proyek secara benar, maka helm tersebut akan memberikan proteksi pada pekerja tersebut. misalnya seseorang bekerja di daerah pabrik pupuk, tambang minyak, pabrik kimia, dan berbagai proyek pembangunan biasanya akan menetapkan helm proyek sebagai pelindung diri yang wajib dikenakan.

Dalam menggunakan atau mengenakan helm safety proyek ini, ada tiga hal penting yang harus kamu perhatikan:

  • Sebelum mengenakan helm tersebut, jangan lupa meneliti apakah kondisi helm tersebut bagus atau tidak. Kamu juga perlu mengecek kenyamanannya ketika sudah terpasang di kepala (tidak terlalu sempit dan tidak longgar). Helm tersebut juga harus kamu pastikan tidak mengalami kerusakan
  • Jika kamu berada di tempat tinggi dengan kondisi berangin, jangan lupa chain strip harus kamu gunakan agar bisa helm yang kamu kenakan tersebut tidak sampai terbang karena tertiup angin atau terjatuh
  •  Setelah memasang helm safety proyek di kepala, pastikan posisinya sudah benar. Kamu perlu mengecek bahwa helm tersebut posisinya tidak miring, terlalu menunduk, terlalu dongak, atau bahkan terbalik. Kamu juga harus mengecek bahwa helm tersebut tidak sampai mengganggu pandanganmu

Demikian pembahasan seputar fungsi helm safety yang ada di industri konstruksi. Setelah memahami penjelasan dari kami, kesimpulannya adalah helm tersebut memiliki fungsi yang sangat penting. Semua orang yang bekerja dalam sebuah proyek harus mengenakan helm. Terutama mereka para pekerja yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan mereka yang menduduki jabatan lainnya.