Orang indonesia dikenal memiliki mayoritas kulit berwarna sawo matang. Warna kulit ini juga umum ditemukan pada negara tropis seperti Indonesia dan beberapa negara lain. Pemilihan warna lipstik untuk kulit sawo matang agar terlihat fresh harus diperhatikan lagi agar sesuai:

1. Nude

Warna lipstik pertama yang bisa cocok dengan kulit sawo matang adalah warna nude. Nude adalah salah satu warna yang cenderung netral jika disandingkan dengan beberapa warna lain. Bisa dikatakan jika nude sangat jadi andalan sejuta umat dengan tampilan naturanya.

Shade yang dihasilkan oleh warna nude ini bisa cocok untuk segala situasi dan kondisi. Cocok untuk digunakan di dalam ruangan maupun saat beraktivitas di luar ruangan.

Meski hasilnya tampak netral namun warna ini masih terlihat menarik dan bisa membuat wajah lebih cemerlang. Ada banyak varian warna dari nude ini, namun warna yang biasa digunakan adalah nide brown. Warna ini tidak membuat bibir pucat, namun akan tampak segar.

2. Burgundy

Shade terbaik selanjutnya untuk warna kulit agak gelap seperti sawo matang adalah burgundy. Warna ini bisa menghasilkan sesuatu yang bisa menutupi segala kekurangan yang tampak pada bibir dengan baik hasilnya.

Sekilas warna ini mirip dengan maroon, namun jika diperhatikan lebih dekat lagi keduanya tidak sama. Warna ini lebih ada sisi tegas dan keunggulannya, jika secara detail diperhatikan sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai red wine.

3. Rose Pink

Orang dengan warna kulit sawo matang, tidak selalu diharuskan menggunakan shade dengan warna gelap. Bisa juga dengan warna sedikit terang macam rose pink yang tidak ada salahnya untuk digunakan.

Meski sedikit terang namun warna ini cenderung kalem dan tidak terlalu mencolok, sehingga cocok digunakan pada bibir yang sedikit gelap. Jika dipakai, warnanya termasuk bertipikal lembut dengan ada sedikit hint pink yang natural tidak menor.

Ini sangat disukai kaum wanita karena membuat tampilan make up nya lebih natural tanpa banyak menarik mata. Pilihan warna ini sangat bagus untuk membuat bibir tidak kering dan pucat. Untuk riasan sehari-hari warna ini sangat cocok dan bisa dipakai segala acara.

4. Reddish

Warna lipstik untuk kulit sawo matang agar terlihat fresh selanjutnya adalah warna reddish yang bisa jadi pilihan terbaik untuk menutup bibir yang gelap. Shade reddish ini bisa membuat penggunanya tampak lebih segar.

Buat kaum wanita yang tidak ingin terlihat menor namun nampak tetap segar, warna ini akan sangat cocok. Penggunanya juga sangat fleksibel menggunakannya di segala kondisi seperti kondisi formal maupun digunakan sehari-hari.

5. Magenta

Alternatif lain yang menjadi sebuah alternatif warna yang baik untuk menunjukan tampilan yang lebih fresh pada warna kulit yang sedikit gelap. Warna kulit sawo matang akan cocok dengan warna ini karena bisa menghilangkan sedikit kekurangan pada bibir. 

Mungkin lebih tepatnya sedikit menutupi kekurangan yang ada pada bibir di wajah. Penampilan yang sedikit kusam dan pucat bisa ditutupi apabila memerlukan make up, yang cepat tanpa perlu banyak tambahan lagi.

Dijamin penampilan bisa semakin cantik dengan riasan yang tepat. Mix juga dengan pola make up simple lain untuk kulit sawo matang, agar terlihat lebih fresh.

6. Mauve

Warna shade mauve ini agak sulit untuk dideskripsikan karena sedikit mirip dengan warna lainnya. Melalui warna shade ini, pengguna bisa mendapatkan warna yang menarik namun tidak tampak menor.

Saat dideskripsikan warna mauve ini punya hint coklat dan ungu tetapi warnanya lebih gelap daripada rose pink. Bukan cuma kulit sawo matang saja yang cocok tapi warna kulit cerah juga akan padu dengan riasan yang simple karena warna ini cenderung netral.

Contoh warna mauve dalam beberapa lipstick ada yang dimiliki oleh merek maybelline. Warna tersebut punya sedikit hint coklat dan nude namun lebih gelap sehingga shade ini sangat laku di pasaran membuatkan diminati banyak pengguna.

7. Fuschia

Warna ini agak mirip dengan magenta dan cocok untuk digunakan pada kulit yang gelap sawo matang. Warna ini sering juga disebut sebagai pink fuschia karena memang punya sedikit hint pink.

Penggunanya akan terlihat lebih cerah dan elegan saat tampak digunakan pada bibir. Jika yang belum tahun fuschia adalah paduan warna pink serta ungu namun warna ini lebih cerah dari magenta dan pink rose.

Tenang saja meski cerah warna ini tidak akan terlalu mencolok karena bisa membuat riasan tampak lebih menarik. Justru warna ini cukup natural dan elegan akan cocok untuk pengguna yang mau warna make up lebih bold dan kuat.

Itulah sedikit rekomendasi untuk warna lipstik untuk kulit sawo matang agar terlihat fresh. Buat yang punya kulit sawo matang tidak usah khawatir dengan paduan warna lipstick karena yang natural akan cocok dengan warna kulit tersebut.