Kuning langsat adalah warna mayoritas masyarakat Indonesia. Karena itu, berikut cara memilih warna foundation untuk warna kulit kuning langsat. Lalu bagaimana cara memilih warna Foundation untuk Kulit Kuning Langsat? Panduan ini akan diperlukan oleh banyak orang.  Dikarenakan saat ini hampir semua orang menggunakan makeup.

Ada beberapa cara untuk memilih warna foundation. Karena shade setiap foundation berbeda nama untuk warna yang sama, maka berikut adalah cara memilih warna foundation yang universal. Untuk keakuratan pemilihan, jika bisa hindari membeli secara online.

Cara Memilih Warna Foundation untuk Kulit Kuning Langsat

Terdapat empat tips yang perlu diperhatikan dalam memilih warna foundation yang benar untuk kulit kuning langsat. Berikut adalah 4 langkah memilih warna foundation :

1. Pastikan Undertone dan Warna Kulit

Pertama, sebelum memilih warna foundation untuk kulit kuning langsat, perlu lebih dahulu memeriksa kembali warna kulit. Mengetahui warna kulit terlebih dahulu perlu mengetahui warna undertone.

Terdapat tiga undertone kulit yang diketahui, yaitu warm undertone, neutral undertone, dan cool undertone. Untuk mengetahui undertone dapat dilihat melalui warna nadi di pergelangan tangan.

Apabila nadi cenderung berwarna biru tua, maka kulit memiliki cool undertone. Bila nadi berwarna hijau, maka kulit memiliki warm undertone. Apabila nadi berwarna campuran, atau biru dan hijau, kemungkinan besar kulit memiliki undertone netral.

Kulit kuning langsat biasanya memiliki undertone warm. Namun tidak sedikit juga kuning langsat masuk ke dalam undertone netral. Karena itu perlu dilakukan pemastian ulang.

2. Pastikan Shade yang Ingin Dibeli

Apabila sudah benar warna kulit adalah kuning langsat dan sudah mengetahui undertone kulit, selanjutnya pastikan shade foundation yang ingin dibeli. Dalam membeli foundation, seseorang dapat mencocokkan warna dengan warna wajah, warna leher, atau warna tangan.

Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan. Bila badan sedang dalam keadaan tan atau lebih gelap dari warna kulit wajah, dan ingin menyesuaikan dengan warna tubuh agar tidak belang, warna foundation dapat disesuaikan dengan warna tubuh.

Dapat juga seseorang membeli shade foundation yang lebih terang dari warna kulit aslinya. Hal ini berkaitan dengan fungsi highlight wajah menggunakan makeup. Atau foundation yang dibeli dipergunakan untuk menerangkan foundation yang terlalu gelap shade warnanya.

Adapun perlu diketahui, warna foundation untuk kulit langsat yang sering diproduksi oleh brand makeup lokal adalah shade ivory dan beige. Kedua shade ini cenderung sesuai dengan warna kulit masyarakat Indonesia, yang kebanyakan memiliki warna kulit kuning langsat.

Namun belum tentu shade beige dan ivory yang disediakan oleh brand tersebut kemudian memiliki warm undertone. Bisa jadi undertone yang digunakan adalah cool atau neutral. Maka sekali lagi perlu dilakukan percobaan dengan tester yang tersedia.

Bila warna foundation terlihat abu-abu pada kulit yang memiliki warm undertone, kemungkinan besar undertone foundation tersebut adalah cool. Hal tersebut dapat terjadi apabila salah memilih undertone. Foundation bisa terlihat kusam dan abu-abu.

3. Pastikan Membaca Panduan Warna Shade Foundation

Langkah ketiga dalam memilih warna foundation untuk kulit kuning langsat ini juga cukup penting. Pastikan membaca panduan brand terlebih dahulu terkait shade foundation yang disediakan.

Brand dengan color range yang luas seperti Maybelline dan Loreal biasanya memiliki kode tertentu untuk undertone yang berbeda. Namun tidak semua brand memiliki kode-kode tersebut.

Maka perlu terlebih dahulu mempelajari dan menentukan, shade apa yang merupakan warm undertone, cool tone, atau neutral tone. Kemudian jika sudah menemukan undertone pada shade brand tertentu, pilih shade yang paling mendekati kulit kuning langsat.

4. Pastikan Mencoba Tester Foundation di Kulit

Langkah terakhir ini pun penting dilakukan. Apabila membeli secara langsung ke toko, kelebihannya adalah dapat mencoba tester langsung di kulit.

Tester yang disediakan di toko dapat dicoba disejajarkan dengan kulit pipi, tangan, atau leher. Dengan begitu keakuratan warna dapat sangat sesuai dibanding dengan pembelian secara daring.

Rekomendasi Warna Foundation untuk Kulit Kuning Langsat dari Beberapa Merek Foundation

Setiap merek memiliki nama yang berbeda untuk menyebut warna ivory dan beige. Ada juga warna foundation untuk kulit kuning langsat selain warna beige dan ivory. Berikut adalah rekomendasi merk dan warna shade yang cocok untuk kulit kuning langsat: 

  • Maybelline Cosmetic series Fit Me! Foundation dengan shade Classic Ivory (warm undertone), Natural Beige (warm undertone), dan Nude Beige (neutral undertone).
  • Look  Cosmetic Holy Flawless BB Cushion dengan shade Clio (cocok untuk semua undertone).
  • BLP Face Base dengan shade medium ivory (neutral undertone) dan warm ivory (warm undertone).
  • Jacquelle Blur Effect Foundation dengan shade Sun dan Vanilla (warm and neutral undertone).
  • Make Over Foundation seri Ultra Cover Liquid Matte Foundation dengan shade Beige Blast (warm undertone).
  • Loreal Paris seri Infallible Pro-Matte Foundation dengan shade fresh beige (warm undertone)

Demikian cara memilih warna foundation untuk kulit kuning langsat dan beberapa rekomendasi shade foundation dari merek yang cukup terkenal. Pada dasarnya, memilih foundation harus cukup berhati-hati dan melalui beberapa uji coba serta pertimbangan.

Jenis foundation juga harus disesuaikan dengan jenis kulit apakah oily, kering, atau combination. Kesesuaian warna dan jenis foundation akan menciptakan kolaborasi yang sesuai yang akan mempercantik kulit penggunanya.