Warna dinding pada rumah gaya mediterania umumnya adalah memiliki tema yang alami. Pasalnya, desain rumah bergaya mediterania memiliki bentuk dan juga tekstur yang khas. Tidak hanya itu, bahkan rumah dengan gaya mediterania penuh dengan warna-warna pucat dan lembut. 

Contohnya seperti warna coklat pasir, biru muda, dan hijau langit. Hal ini tentu saja berhubungan dengan kondisi di alam kawasan mediterania, seperti Italian dan Spanyol. Rumah yang memiliki gaya mediterania umumnya mempunyai warna dan juga desain yang sedikit berbeda, namun tetap sama dengan aslinya.

Bahkan rumah-rumah di Indonesia sudah memiliki gaya arsitektur yang terpengaruh dengan gaya mediterania tersebut. Nah untuk Anda yang juga ingin menerapkan konsep rumah mediterania namun bingung dengan pemilihan cat eksterior yang tepat, simak informasinya di dalam artikel ini. 

Ciri-Ciri Rumah Mediterania

Sebelum kami menjelaskan warna dinding pada rumah gaya mediterania umumnya adalah warna-warna yang cerah, akan lebih baik jika Anda pahami dulu apa saja ciri-cirinya. Meskipun terbilang populer di Indonesia yang memiliki iklim tropis, namun sejatinya, ini merupakan konsep bangunan yang digunakan pada tahun 80 sampai 90an. 

Maka dari itu, pahami terlebih dahulu apa saja yang mencari ciri khas dari rumah bergaya klasik ini. 

Genteng Terbuat dari Tanah Liat, dengan Bentuk Sedikit Melingkar

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari rumah mediterania terletak pada bagian puncaknya. Pasalnya, genteng yang digunakan untuk gaya rumah ini terbuat dari tanah liat, berwarna coklat dan sedikit kemerahan. Warna ini memang menjadi salah satu warna yang paling banyak diterapkan untuk rumah dengan gaya tersebut. 

Tidak hanya genteng, namun bagian bentuk atap rumah gaya mediterania juga memiliki ciri khas, yakni berbentuk sedikit melingkar bahkan cenderung buta di salah satu bagian. 

Bentuk bulat ini umumnya diaplikasikan sebagai lantai dua yang berfungsi untuk menutup balkon. Sedangkan pada bagian lantai pertama menggunakan atap pelana atau segitiga yang tidak terlalu tinggi. 

Memiliki Pilar Yang Mencolok

Bagunan ruma bergaya mediterania juga sangat identik dengan kehadiran pilar di bagian depan rumah. Tujuan dari penggunaan pilar yang kuat dan besar ini adalah untuk memberikan kesan mewah dan elegan bagi pasang mata yang melihatnya. Tidak hanya itu, pilar juga memiliki fungsi sebagai penahan bangunan yang lebih kuat. 

Pemilihan Warna Bertema Alami

Pemilihan warna dinding pada rumah gaya mediterania umumnya adalah warna-warna alami. Tentu saja berbeda dengan rumah-rumah dengan konsep minimalis seperti pada umumnya. 

Warna yang banyak digunakan untuk rumah-rumah mediterania seperti abu-abu, coklat muda, krem, putih gading, dan coklat. Warna-warna alami tersebut juga akan memberikan kesan rumah yang mewah dan elegan. 

Pilihan Warna Dinding Pada Rumah Gaya Mediterania Umumnya Adalah?

Warna cat tembok menjadi salah satu komponen yang dapat memperindah hunian menjadi lebih indah. Akan tetapi, untuk konsep rumah mediterania sedikit berbeda dari rumah-rumah pada biasanya. Untuk mempercantik rumah mediterania Anda, paham pemilihan warna cat dinding sesuai dengan jenisnya. 

1. Warna Rumah Mediterania Bergaya Spanyol

Bangunan rumah yang menggunakan konsep desain mediterania gaya Spanyol biasanya akan mempunyai beberapa ciri khas. Misalnya untuk warna bangunannya sendiri yang menggunakan warna-warna cerah dan cenderung ramai. 

Selain itu, desain yang paling menonjol dari rumah mediterania Spanyol ini adalah terdapat ikon mozaik dari bangunan tersebut. Sedangkan untuk menghasilkan warna genteng bergaya mediterania Spanyol adalah warna terakota. 

2. Warna Rumah Mediterania Bergaya Yunani

Warna dinding pada rumah gaya mediterania umumnya adalah netral. Terbukti pada rumah gaya mediterania Yunani ini yang lebih cenderung didominasi oleh warna-warna putih, yang diterapkan pada dinding rumah. 

Namun ada juga orang-orang yang menerapkan konsep rumah mediterania Yunani, dengan pemilihan warna dinding biru cobalt atau turquoise. Hal inilah yang menjadikan  warna rumah mediterania Yunani yang diterapkan di Indonesia. Selain itu, konsepnya juga mendekati budaya Indonesia.

3. Warna Rumah Mediterania Bergaya Italia

Seperti yang kami sudah sebutkan bahwa warna dinding pada rumah gaya mediterania umumnya adalah warna netral. Nah, untuk bagunana dengan gaya mediterania Italia, umumnya banyak menggunakan model aplikasi warna-warna earthy tone. 

Di mana hunia akan lebih banyak didominasi menggunakan warna jingga, coklat, dan merah marun. 

Namun yang perlu menjadi perhatian, saat menggunakan model mediterania Italia ini, Anda harus memperhatikan beberapa warna yang konsepnya segar, cerah, dan hangat. Bisa juga menggunakan warna seperti terakota, krem, peach, jingga, dan warna merah bata. 

Akhir Kata

Sebagai kesimpulan, pemilihan warna dinding pada rumah gaya mediterania umumnya adalah warna-warna alami seperti coklat, coklat muda, putih gading, krem, dan abu-abu. 

Kelima warna tersebut dinilai menjadi warna yang netral dan alami sehingga akan memberikan kesan yang mewah dan elegan untuk sebuah rumah bergaya mediterania. 

Baca Juga: Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Smoothing