Cara memutihkan leher bagian belakang dengan menggunakan bahan alami merupakan salah satu cara yang mudah dalam melakukan perawatan pada leher. Terlebih leher bagian belakang juga menjadi salah satu bagian yang sering terlihat, terlebih pada cowok. 

Leher yang menghitam mempunyai beberapa faktor yang mempengaruhinya,  yaitu mulai dari gangguan hormonal, terkena paparan sinar matahari, dan faktor lainnya. Bagi yang penasaran bisa simak beberapa cara yang dilakukan untuk memutihkan leher dengan cara alami. 

1. Cara Memutihkan Leher Bagian Belakang Dengan Menggunakan Aloe Vera Atau Lidah Buaya

Cara yang pertama yaitu dapat dengan menggunakan bahan alami dari lidah buaya yang dapat digunakan untuk memutihkan leher bagian belakang. Hal ini disebabkan karena tanaman lidah buaya mempunyai kandungan aloesin yang berfungsi menghambat produksi pewarna pada kulit. 

Langkah untuk dapat mengaplikasikannya yaitu hanya dengan membelah lidah buaya untuk dapat diambil gel yang ada didalamnya. Gel dari lidah buaya tersebut yang akan digunakan untuk dijadikan masker pada leher di bagian belakang. 

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka dapat juga untuk menambahkan sedikit madu atau juga dapat menambahkan minyak zaitun. Setelah itu oleskan gel pada leher dan tunggu sampai beberapa menit lalu setelahnya bersihkan masker, dan disarankan untuk menggunakan air hangat. 

2. Dengan Lemon

Lemon memiliki suatu khasiat yang hampir sama dengan khasiat dari lidah buaya, sehingga lemon juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan area leher. Bukan hanya memutihkan, lemon juga dapat berguna untuk mengatasi masalah kulit lainnya. 

Lemon dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pada kulit, seperti dapat membantu mengatasi kulit yang kusam. Hal ini disebabkan lemon mengandung suatu vitamin C yang kaya akan manfaat dalam mencegah produksi melanin, yakni pigmen pada kulit, sehingga terlihat lebih cerah.

Cara untuk mengaplikasikannya juga sangat mudah bahkan hampir sama dengan pengaplikasian dari lidah buaya. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan cara: 

  • Peras lemon sampai mengeluarkan air. 
  • Setelah itu oleskan air perasan dari jeruk lemon pada bagian belakang leher dengan menggunakan kapas.
  • Jika sudah dioleskan, maka tunggu sampai kering. 
  • Setelah oleskan tersebut kering, maka cuci bersih bagian belakang leher dengan menggunakan air hangat. 

3. Cara Memutihkan Leher Bagian Belakang Dengan Kentang

Selain lidah buaya dan lemon, kentang juga mengandung vitamin C yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Bahkan dapat digunakan juga untuk memutihkan area leher, untuk Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah yaitu dengan cara berikut ini:

  • Pertama untuk parut kentang atau dapat juga dengan blender hingga tekstur menjadi halus. 
  • Setelah kentang dihaluskan oleskan kentang tersebut ke area leher bagian belakang. 
  • Selanjutnya tunggu sampai mengering. 
  • Jika sudah mengering, maka dapat mencuci area leher dengan menggunakan air bersih.

4. Kunyit

Bahan alami berikutnya yaitu kunyit yang juga memiliki kandungan curcumin yang dapat menghambat adanya pembentukan melanin sel kulit. Bahkan kunyit yang mempunyai sifat antioksidan pun juga  dapat melindungi kulit leher dari radikal bebas. 

Cara pengaplikasiannya yaitu dengan bubuk kunyit yang telah dicampur dengan air hingga rata. Selanjutnya, yaitu dapat mengoleskan bubuk tersebut ke area leher bagian belakang lalu tunggu sampai kering dan setelahnya bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Dengan Eksfoliasi kulit

Cara memutihkan leher bagian belakang yaitu dengan eksfoliasi kulit yang dapat digunakan untuk memutihkan area leher yang menghitam. Dengan melakukan perawatan kulit ini yang juga dapat berfungsi mengangkat sel-sel yang ada pada kulit mati leher belakang sehingga tampak cerah.

Eksfoliasi juga berfungsi sebagai rangsangan dalam pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Selain itu, terdapat beberapa rekomendasi kandungan skincare yang dapat dipakai untuk eksfoliasi, contohnya lactic acid, dan juga salicylic acid. 

6. Dengan Menjaga Kebersihan Kulit Area Leher Saat Mandi

Pada bagian leher terlebih pada bagian leher belakang menjadi bagian yang sering dilalaikan saat membersihkan tubuh atau pada saat mandi. Hal ini juga yang menyebabkan kulit leher pada bagian belakang menjadi hitam. 

Disebabkan juga karena jarang dibersihkan, sehingga lama-kelamaan kotoran serta daki pada leher akan semakin menebal. Untuk itu disarankan agar lebih teliti saat membersihkan tubuh atau saat mandi dan mulai membiasakan untuk membersihkan area leher. 

7. Susu

Terakhir yaitu dengan menggunakan susu, sebab susu dapat digunakan untuk mencerahkan kulit termasuk area leher. Hal ini ternyata disebabkan karena adanya kandungan asam laktat pada susu, cara pengaplikasiannya juga mudah yaitu:

  • pertama yaitu gunakan kapas atau bola kapas.
  • Kemudian rendam kapas tersebut dalam susu.
  • Setelahnya oleskan susu ke seluruh area leher bagian belakang. 
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit sampai 30 menit setelah itu bersihkan. 

Itulah penjelasan mengenai cara memutihkan leher bagian belakang dengan cara alami atau dengan melakukan perawatan tertentu. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal cara ini disarankan untuk dilakukan secara rutin pada leher agar dapat kembali terlihat cerah.