Urutan pemakaian makeup hingga saat ini masih banyak yang salah sehingga banyak yang cepat luntur. Bahkan pemakaian makeup yang salah pun terkadang membuat wajah yang menggunakannya terlihat tidak flawless dan malah kusam.

Hal ini memang karena urutan pemakaiannya yang tidak benar, sehingga hasilnya pun kurang menarik. Jangan khawatir, karena berikut ini ada cara untuk memakai makeup dengan ukuran yang benar:

1. Gunakan Moisturizer dan Sunscreen Lalu Gunakan Primer

Urutan yang pertama dengan menggunakan moisturizer dan sunscreen, kemudian jangan lupa untuk aplikasikan primer. Primer bisa menyamarkan pori yang besar, sehingga dengan menggunakan primer ini bisa menutup pori yang ada di wajah.

Namun, jika kulitnya cenderung kering, penggunaan primer yang hydrating sangat direkomendasikan di sini. Jangan lupa sebelum menggunakan primer gunakan dulu face mist, sehingga kulit wajah bisa terasa lembab.

2. Aplikasikan Foundation yang Merasa ke Seluruh Area Wajah

Biasanya di wajah ini akan sangat jelas tampak luka, jerawat bahkan bekas jerawat yang sudah menghitam. Dan untuk mengurangi kekurangan ini disarankan gunakan foundation yang merata dan gunakan sponge sehingga tampilannya natural.

Bukan hanya menggunakan sponge saja karena bisa gunakan brush juga jika ingin tampilannya full coverage. Dengan demikian, tentu hasil akhirnya yang akan membuat wajah lebih flawless.

3. Aplikasikan Concealer untuk Menutupi Jerawat dan Mata Panda

Concealer juga sangat diperlukan saat ingin memiliki tampilan makeup yang sempurna, untuk menutupi area hitam di kantung mata. Bahkan concealer ini bisa menutupi noda wajah hingga bekas jerawat.

Namun, jika memang ingin bisa menyamarkan bekas jerawat sangat disarankan gunakan foundation yang sama dengan tone wajah. Bahkan dengan concealer ini bisa memberikan efek terang di wajah dengan menaikkan satu shade, sehingga bisa meng-highlight.

3. Kunci Foundation dan Concealer dengan Pengaplikasian Bedak

Sekarang silahkan aplikasikan bedak ke wajah dengan rapi bisa gunakan sponge atau brush bedak.  Namun, disini pun sangat disarankan untuk menggunakan bedak tabur saja jika memang kulit wajah memiliki minyak berlebih.

Bahkan di sini pun bisa gunakan sponge kemudian menepuk secara lembut sehingga nantinya akan membuat wajah tampak flawless. Ingat, ditepuk-tepuk jangan pernah sekali-kali mengaplikasikan bedak dengan cara menggosok karena bisa merusak foundation.

5. Gunakan Blush On untuk Tampil Merona

Jika menggunakan cream blush, silakan aplikasikan setelah menggunakan concealer atau sebelum menggunakan bedak. Namun, kalau menggunakan powder, tentu aplikasikan setelah menggunakan bedak.

Namun, powder blush ini pun bisa digunakan setelah menggunakan foundation dan concealer, baru setelah itu tutup dengan bedak. Dengan catatan jika ingin blush on bisa selalu tahan lama dan jika memang menggunakan bedak yang tipis.

6. Membingkai Kemudian Isi Alis Supaya On Fleek

Urutan pemakaian makeup yang selanjutnya merapikan bagian alis dengan cara membingkainya atau bisa mengarsir, sehingga tampak indah. Namun, bukan hanya itu karena bisa juga gunakan pensil alis untuk menggambarnya dan membentuk alis, sehingga terkesan natural.

Di sini pun bisa juga aplikasikan brow mascara jika sudah selesai menggambar alis sehingga hasilnya akan tampak lebih lama. Setelah ini, tentu hasilnya akan lebih jauh tahan lama.

7. Riasan pada Mata

Mulai untuk memoles eye shadow dan jangan lupa mengaplikasikan dulu eyeshadow primer di kelopak mata. Kemudian lengkapi eye shadow dengan mengaplikasikan eyeliner.

Namun, bisa juga gunakan eyeliner liquid. Kemudian, gunakan mascara sehingga bulu mata semakin on point.

8. Gunakan Highlighter

Aplikasikan highlighter di bagian yang telah di-highlight dengan concealer, sehingga hasilnya akan tampak menonjol. Kemudian aplikasikan pada area bagian yang menonjol di bagian wajah sehingga tampak hidup.

Jangan gunakan ini terlalu banyak karena nantinya akan terlihat tidak natural. Jadi, oles sedikit saja menggunakan ujung jari secara perlahan.

9. Gunakan Lipstik

Sekarang saatnya aplikasikan lipstik yang sangat disukai untuk area bibir. Jangan lupa pastikan sebelumnya bibir sudah bersih dan lembab, sehingga pengaplikasinnya mudah.

Sederhana saja memang supaya hal ini akan membuat lipstik di bibir tampak tahan lama. Bahkan di sini pun dianjurkan menggunakan lip balm, sehingga membuat kulit bibir bersih.

10. Gunakan Setting Spray

Untuk makeup tahan lama bisa langsung aplikasikan setting spray. Namun, sebelum itu bisa gunakan setting spray yang di dalamnya mengandung bahan-bahan yang melindungi makeup.

Untuk mengaplikasikan setting spray ini bisa dari jarak kurang lebih 20 cm. Semprotkan merata ke area wajah kemudian kipas-kipas, sehingga cepat kering di wajah.

Demikian tadi terkait apa saja urutan pemakaian makeup yang benar supaya hasilnya tampak flawless juga lebih tahan lama. Jadi, mulai sekarang jika memang ingin memiliki wajah yang flawless setelah makeup tentu bisa gunakan cara yang telah dijelaskan di atas.