Wanita yang memiliki bahu lebar umumnya dikarenakan oleh beberapa faktor seperti faktor genetik hingga kebiasaan dalam berenang. Meski terlihat seperti wanita tangguh, terkadang sulit untuk memilih baju yang cocok untuk wanita bahu lebar

Bagi wanita yang terkadang merasa minder dengan bahunya yang terlalu lebar, jangan khawatir pasti ada cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan memadupadankan pakaian tertentu agar terlihat lebih fashionable, berikut adalah beberapa fashion item untuk wanita bahu lebar. 

1. Kenakan Baju Berwarna Gelap

Pakaian yang cocok untuk wanita yang memiliki bahu lebar salah satunya dengan mengenakan pakaian berwarna gelap. Seperti yang sudah diketahui, warna gelap memang sangat efektif untuk menciptakan ilusi bentuk tubuh agar terlihat menjadi lebih ramping.

Seringkali orang-orang melihat bahwa baju berwarna gelap mungkin hanyalah pakaian berwarna biasa dan tidak ada yang unik darinya. Tapi jangan salah, baju berwarna gelap yang terlihat simpel ternyata bisa menjadikan tampilan lebih keren dan stylish. 

2. Gunakan Long Outer Atau Cardigan Panjang

Bagi wanita yang senang memilih baju rajutan yang lebih tebal pasti akan terlihat seperti menonjolkan bahu. Rekomendasi cardigan panjang atau terbuka adalah baju yang cocok untuk wanita bahu lebar agar postur tubuh lebih terlihat proporsional.

Long outer atau cardigan panjang cocok agar fokus perhatian orang agar  tidak langsung tertuju pada bahu yang lebar. Maka usahakan untuk memilih pakaian wanita yang dapat menutupi bahu, wanita tampil lebih tinggi dengan model ini. 

3. Memakai Kaos V-Neck

Atasan dengan leher V yang tidak lebar dapat menyeimbangkan bahu wanita yang lebar, Ini karena efek pemanjangan baju ke bawah yang diberikan oleh leher V. Maka, bentuk leher ini memberikan kesan bahu tampak lebih ramping. 

V-neck dapat mengalihkan perhatian orang di sekitar dari bahu lebar, sebabnya orang lebih memperhatikan penampilan daripada bahu yang lebar. Jadi jangan mengenakan pakaian dengan kerah lebar di bagian samping, karena akan membuat bahu terlihat lebar. 

4. Kenakan Peplum Dress Atau Peplum Blouse

Wanita yang mempunyai bahu lebar biasanya cenderung memiliki postur tubuh segitiga terbalik. Maksud dari postur segitiga terbalik adalah wanita ini memiliki bahu lebih lebar sedangkan pinggang dan pinggul wanita biasanya lebih sempit atau lebih kecil.

Untuk gaya agar terlihat sempurna, atasan peplum adalah pilihan terbaik yang bisa dikenakan oleh wanita berbahu lebar. Model blouse ini memberikan volume pada pinggul dan melingkari pinggang dengan sempurna sehingga bentuk tubuh langsung tampak seimbang. 

5. Gunakan Jaket Yang Tidak Memiliki Kerah

Dengan menggunakan jaket tanpa kerah atau collarless ini dapat membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan yang terlihat di pundak wanita. Collarless merupakan salah satu fashion item yang akan memperlihatkan bahu wanita menjadi terlihat lebih bidang.

Bagi wanita yang akan menggunakan jaket tanpa kerah bisa memadukan jaket tanpa kerah berwarna biru tua dengan warna dalam yang senada. Jika ingin terlihat lebih stylish lagi, ladies bisa banget dengan menambahkan jeans dan tas. 

6. Pakai Empire Line Dress

Bagi yang belum tahu, Empire dress adalah model baju dengan potongan di bawah dada dengan rok yang lebar dan bergelombang. Model dress ini cocok untuk wanita berbahu lebar, apalagi dengan model deep neckline atau halter.

Dress yang pas dan lapang menarik perhatian ke bagian tubuh tersempit, yaitu potongan di bawah dada. Tips untuk para ladies pilihlah gaun empire line yang bervolume dan tebal untuk menyeimbangkan postur tubuh jadi lebih pas. 

7. Kenakan Kaos Atau Kaos Raglan 

Agar bahu lebar para ladies tidak terlihat sangat menonjol, solusi yang terbaik adalah mengenakan kemeja atau kaos raglan khas dengan pola diagonal di bagian lengan. Umumnya kemeja raglan berlengan panjang memiliki lengan yang agak tanggung. 

Jenis kemeja atau kaos raglan ini cocok untuk wanita yang memiliki bahu lebar, karena dapat memberikan siluet bahu yang lebih proporsional. Sehingga motif miring pada kaos raglan dengan bahu lebar bisa menonjol melebihi pusat perhatian.

8. Gunakan Baju Yang Memiliki Motif Diagonal

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau pola horizontal bisa membuat bentuk tubuh menjadi terlihat lebih lebar. Namun alih-alih menggunakan motif garis vertikal, motif diagonal adalah justru paling cocok untuk wanita yang memiliki bahu lebar.

Kemeja berselang-seling dapat melembutkan dan mempersempit garis bahu yang terlalu tegas. Rekomendasi atasan dengan desain miring dengan desain kimono yang trendy bisa jadi pilihan para ladies supaya terlihat fashionable.

Dengan tips untuk memilih baju yang cocok untuk wanita bahu lebar ini, bahu lebar yang awalnya dianggap sebagai kendala saat berdandan ternyata bisa menjadi aset. Kuncinya, menjaga proporsi sekaligus menambah volume pada tubuh bagian bawah.