Kain toyobo memang menjadi salah satu jenis kain yang banyak disukai, karena tekstur kain toyobo ini yang memang bagus. Namun perlu diketahui juga, bahwa setia ada kain terbaru, maka akan ada juga versi tiruan. Sehingga harus jeli dalam memilih.

Tekstur dari kain toyobo ini sendiri, juga bisa menjadi salah satu ciri fisik yang bisa digunakan untuk membedakan antara jenis kain lainnya maupun versi tiruan. Sebab memang terdapat beberapa jenis katun lain yang hampir mirip. dimana kadang bisa membuat terkecoh. 

Sekilas Tentang Kain Toyobo 

Perlu diketahui, bahwa kain Toyobo ini adalah kain sejenis katun yang juga berasal dari negara Jepang. Dimana ada banyak sekali jenis kain katun yang juga berasal dari sana. Namun untuk kain Toyobo harganya biasanya lebih mahal. 

Tentu, mahal harganya karena memang memiliki kualitas bagus, sehingga tak heran jika banyak Toyobo versi kw yang sering mengecoh. Sebab itu, sebelum membeli perlu mengetahui karakteristik kain. Sehingga akan lebih mudah dalam memilih dan membedakan antara yang asli dan kw. 

Karakteristik Kain Toyobo 

Setelah mengetahui, bahkan kain Toyobo adalah sejenis kain katun yang berasal dari Jepang, maka kali ini akan dibahas mengenai karakteristik dari kain Toyobo. Tentunya dengan memahami hal ini, pembeli tidak akan bisa tertipu lagi dengan Toyobo kw. Berikut diantaranya:

1. Dari Segi Tekstur 

Dalam memilih bahan, tentu yang akan diperhatikan pertama adalah dari segi tekstur yang dapat dirasa melalui sentuhan. Jadi tekstur kain toyobo sendiri adalah akan terasa halus dan juga lembut. Tekstur yang dimiliki kain Toyobo juga sangat rapat. 

Hal ini tentu tidak akan menguat pakaian yang dibuat dari kain Toyobo menerawang. Selain itu, tekstur yang halus dan lembut juga akan membuat nyaman saat digunakan untuk membuat baju atau keperluan lain. Cocok juga jika dijadikan bahan kerudung. 

2. Terbuat Dari Serat Alami 

Hal lain yang menjadi karakteristik dari kain Toyobo ini adalah bahwa serat yang digunakan pada kain Toyobo adalah serat alami. Dengan penggunaan serat alami ini pun, nantinya akan memberikan sensasi dingin saat bersentuhan dengan kulit. Juga tidak akan membuat gerah. 

Namun penggunaan serat alami ini juga menjadi satu kelebihan namun juga menjadi kekurangan. Sebab dengan penggunaan serat alami ini membuat kain Toyobo tidak begitu kuat. Meski kekurangan ini bukanlah satu hal yang akan membuat orang tidak menyukainya. 

3. Bahan tidak kaku Namun Tebal 

Karakteristik berikutnya dari kain Toyobo adalah kain ini memiliki ketebalan yang bagus, bahkan bisa dikatakan sangat tebal untuk jenis katun. Namun tentu jangan membandingkan dengan baby Terry, karena tentu tidak akan setebal itu. 

Meski tergolong tebal, namun fisik atau tekstur dari kain ini tidak kaku dan lebih mudah dibentuk. Namun jika dibandingkan dengan satin, tentu bahan yang dimiliki lebih tebal dan tidak sehalus satin. Jadi tidak perlu khawatir, akan membentuk tubuh saat digunakan. 

Tak hanya itu, tekstur yang lembut juga membuat kain ini terasa jatuh. Tentu sangat berbeda dengan jenis katun lain meski sama-sama dari Jepang. Motifnya yang polosan menjadikan kain ini juga banyak dicari untuk dijadikan gamis atau kerudung. 

4. Warna Cerah Dan Bermotif 

Dulu karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh kain toyobo ini yang khas adalah warnanya yang polosan. Namun seiring berjalannya waktu kini kain Toyobo juga sudah memiliki motif. Motif yang ditawarkan pun cukup beragam, sehingga akan memudahkan pembeli untuk memilih. 

Bisanya warna yang ditawarkan oleh kain ini sangatlah cerah dan juga mengkilap, sehingga akan memanjakan mata bagi yang suka dengan warna seperti ini. Namun perlu diingat, bahwa tekstur kain toyobo ini tidaklah licin seperti satin. Sehingga akan tetap nyaman, jika dikenakan. 

Kekurangan yang Dimiliki Kain Toyobo 

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dari kain ini adalah segi kekurangan yang kekurangan yang dimiliki. Namun untuk kekurangan ini tidak begitu banyak dan tidak juga fatal, sebab kekurangan ini hanya dari kepuasan pembeli saja. 

Seperti misalnya adalah, salah satu kekurangan yang dimiliki warnanya yang kebanyakan polos. Meski kain Toyobo ini juga memiliki motif yang beragam, namun akan sulit ditemukan. Hal ini karena yang banyak beredar di pasaran adalah warnanya yang polos dan tidak bermotif. 

Lalu kekurangan berikutnya adalah dari segi harga. Tentunya dengan segala kelebihan yang dimiliki tadi, membuat kain ini lebih mahal ketimbang jenis katun lain yang sama-sama berasal dari Jepang. Untuk harganya sendiri berkisar di angka 30 ribu untuk satu meternya. 

Kekurangan lain yang dimiliki kain Toyobo adalah seperti yang sudah pernah disinggung sebelumnya. Yakni karena kain Toyobo ini terbuat dari serat alami, maka kain Toyobo ini tidak begitu kuat. Tentunya, jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya. 

Itu tadi adalah pembahasan sekilas mengenai kain Toyobo yang perlu pembeli ketahui. Sudah disebutkan juga mengenai tekstur kain toyobo dan juga beberapa karakteristik lain yang menjadi ciri khas. Meski tentunya masih memiliki sedikit kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.