Siapa pun pelaku bisnis perhotelan, seharusnya tahu betapa pentingnya strategi pemasaran hotel. Nah, segmentasi pasar hotel adalah salah satu elemen terpenting dalam membangun peluang pendapatan yang lebih baik.

Ini dapat membantu memperluas basis konsumen, menargetkan audiens baru, dan memperluas bisnis hotel untuk menjangkau pasar baru. 

Lebih penting lagi, ini memungkinkan untuk melakukan penetrasi kelompok konsumen yang berbeda; dengan kebiasaan yang berbeda dan memberi mereka penawaran baru yang sesuai dengan tingkat anggaran dan kebutuhan calon pelanggan potensial itu sendiri.

Apa itu Segmentasi Pasar Hotel?

Segmentasi pasar hotel adalah strategi yang memungkinkan pemilik hotel untuk lebih memahami tujuan yang mendorong konsumen dan mengidentifikasi tujuan setiap perjalanan: baik liburan atau bisnis. 

Selama ini, banyak pemilik hotel yang salah! Dimana berpikir bahwa, harga menentukan segmentasi pasar hotel, padahal tidak.

Segmentasi pasar juga digunakan sebagai sarana untuk menentukan perbedaan yang jelas antara bisnis kelompok dan individu. 

Jika dilakukan dengan cara yang benar, segmentasi pasar hotel dapat sangat berguna dalam mengenali tren baru industri perhotelan, tetap mengikuti perkembangan bisnis terkini, menjadi yang terdepan dalam kurva persaingan, dan mampu memberikan pengalaman terbaik pada setiap pelanggan.

Jika Anda menjalankan bisnis hotel mewah, segmentasi pasar dapat membantu Anda menjadi yang terdepan potensi pasar pariwisata dengan mengetahui segala sesuatu tentang cara berpikir calong pelanggan Anda. 

Lebih penting lagi, ini dapat membantu Anda mengidentifikasi faktor krusial bisnis, seperti:

  • Lama menginap
  • Menginap hari minggu
  • Total pendapatan per kamar
  • Total pendapatan per klien
  • Waktu tunggu pemesanan
  • % Pembatalan
  • Rasio pesanan

Mengapa Pengusaha Hotel Harus Melakukan Segmentasi Pasar

Hotel room comfort with good sleep easy relaxation lifestyle of Asian girl on bed have a nice day morning waking up, taking some rest, lazily relaxing in guest bedroom in city hotel

Karena segmentasi pasar melibatkan analisis target pasar itu sendiri. Strategi ini memungkinkan pelaku bisnis hotel untuk mengelompokkan pasar yang berbeda berdasarkan perilaku pemesanan dan sensitivitas harga. 

Ketika berbicara tentang industri hotel, segmentasi pasar membantu pemilik hotel lebih memahami cara berpikir pelanggan mereka. Itu juga mencakup faktor demografi keseluruhan. Ini dapat membantu cara meningkatkan layanan, pendapatan total dan mungkin cara menentukan strategi harga yang wajar.

Melakukan pemetaan segmentasi pasar hotel, juga berguna untuk membantu mengidentifikasi mengapa sesuatu terjadi. 

Jika ada penurunan pemesanan, segmentasi pasar dapat membantu menyelesaikannya. 

Jika benar-benar ada penurunan, pemilik hotel bisa mendapatkan semua data yang mereka butuhkan untuk mengambil langkah-langkah strategis.

Seperti menciptakan upaya pemasaran dan penjualan yang unik. Sehingga mampu meningkatkan pemesanan dan pendapatan dengan strategi penetapan harga yang dinamis. Sesuai dengan kebutuhan tamu.

Hal ini juga memungkinkan pemilik hotel untuk memahami cara menghadapi segmen pasar hotel yang berbeda, seperti:

  • Sementara – transien adalah tamu yang bepergian secara individu, sendiri, dan bukan bagian dari perusahaan atau grup mana pun. Mereka membuat pemesanan individu atas kemauan mereka sendiri. Seringkali awalnya terjadi secara acak.
  • Perusahaan – ini adalah tamu yang menggunakan diskon dan keuntungan perusahaan untuk menginap di hotel. Mereka mendapatkan penawaran hotel yang lebih baik. Mungkin karena promosi potongan harga perusahaan yang berlaku untuk klien korporat.
  • Grup – hotel biasanya mengizinkan sekelompok tamu untuk mendapat layanan di bawah harga kontrak yang fleksibel. Tentunya dengan persyaratan tertentu.
  • Grosir – segmen pasar yang berhubungan dengan agen pemesanan dan operator tur yang membeli tiket massal dengan harga diskon.
  •  Lainnya – termasuk tarif yang tersedia untuk staf hotel, tarif industri, tarif gratis, dll.

Manfaat Segmentasi Pasar Hotel

Dititik ini, Anda sudah tahu mengapa Anda harus berinvestasi dalam pemetaan segmentasi pasar hotel. Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana strategi ini dapat memberi Anda keuntungan bisnis hotel secara signifikan.

Mengidentifikasi peluang pasar hotel

Salah satu keuntungan paling signifikan yang dapat diperoleh hotel dari segmentasi pasar yang tepat adalah menemukan peluang bisnis dan pasar baru. Anda dapat mengumpulkan wawasan berharga ke setiap segmen pasar untuk menemukan kebutuhan prospek potensial dan cara menjangkau mereka sebelum pesaing Anda. 

Ini adalah salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan kepuasan pengunjung Anda saat ini. Manfaatkan segmen pasar di mana Anda dapat berbuat lebih banyak untuk meningkatkan layanan Anda, meluncurkan rangkaian baru layanan yang berfokus pada pelanggan, dan banyak lagi.

Daya tarik pemasaran

Jika Anda akan meluncurkan layanan baru, segmentasi pasar hotel memungkinkan Anda melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk layanan dan daya tarik pemasaran Anda. 

Daripada hanya memiliki satu kampanye pemasaran untuk menarik semua calon pelanggan potensial, Anda dapat membuat strategi pemasaran terpisah dan meluncurkan beberapa kampanye yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan demografi target Anda. 

Daya tarik promosi penjualan dan periklanan yang tepat dapat disesuaikan dan dipersonalisasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan audiens target yang berbeda.

Pemilihan media

Pemilihan media iklan secara signifikan mempengaruhi hasil dari upaya pemasaran Anda. Lebih penting lagi, ini juga memengaruhi jumlah yang akan Anda belanjakan untuk kampanye Anda. Bergantung pada audiens target Anda, Anda dapat mengalokasikan dana ke berbagai media untuk memperluas jangkauan Anda ke pasar baru.

Layanan yang berpusat pada pelanggan dan harga yang fleksibel

Ketika Anda mengetahui pasar dan demografis Anda, akan lebih mudah untuk memberi mereka tingkat personalisasi yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka tetapi juga melebihi harapan mereka. Ciptakan pengalaman pelanggan yang fantastis untuk setiap tamu dan raih kesepakatan dengan harga paling kompetitif dan fleksibel yang akan semakin memperluas bisnis Anda.

Bagaimana Melakukan Segmentasi Pasar Hotel Langkah demi Langkah

Setelah segmen pasar Anda diidentifikasi, Anda dapat mulai mengerjakan strategi segmentasi pasar Anda dengan menentukan secara jelas segmen pasar yang paling penting 

Segmen pasar yang relevan ini adalah dasar dari strategi penetapan harga Anda. Mereka sangat penting untuk proses segmentasi pasar karena biasanya ditentukan oleh sensitivitas harga tamu Anda dan berbagai perilaku pemesanan mereka 

Wawasan ini memungkinkan Anda untuk mengelompokkan secara unik setiap bagian dari teka-teki segmentasi pasar Anda menurut jenis pelanggan yang Anda minati . Gunakan setiap segmen untuk menggabungkan lebih lanjut upaya pemasaran dan penjualan sesuai dengan informasi yang Anda kumpulkan dari tren terbaru di industri Anda. 

Ini akan membantu Anda menemukan strategi segmentasi pasar terbaik untuk bisnis Anda. Setelah Anda menyelesaikannya, mulailah mengerjakan langkah-langkah berikut yang berlaku untuk setiap rencana segmentasi:

  1. Identifikasi tamu Anda – tamu mendapatkan sebagian besar keuntungan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan metode pemesanan, segmentasi saluran untuk mengidentifikasi audiens target Anda dan cara mereka memilih untuk melakukan pemesanan. Anda juga dapat menggunakan segmentasi bisnis untuk menentukan alasan perjalanan setiap tamu. Gunakan data yang dihasilkan untuk mengidentifikasi tamu Anda.
  2. Identifikasi tamu yang paling menguntungkan – data pendapatan adalah cara terbaik untuk menentukan tamu mana yang paling menguntungkan. Itu termasuk jumlah pendapatan yang dibawa oleh setiap tamu, pengeluaran tambahan mereka, dan biaya akuisisi per tamu. 
  3. Verifikasi data Anda – satu-satunya cara untuk melakukan segmentasi pasar yang akurat adalah dengan menggunakan data yang benar. Cara terbaik untuk memastikan hal ini adalah dengan menggunakan revenue management software system (RMS) dengan kinerja terbaik .

Anda juga dapat melakukan segmentasi pasar dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Segmentasi geografis – mencakup negara dan wilayah dan membantu Anda menentukan dari mana tamu Anda berasal, termasuk persyaratan menginap dan perjalanan mereka.
  • Segmentasi demografis – mencakup usia, jenis kelamin, dan lainnya dan memungkinkan Anda untuk menarik kelompok usia yang cenderung memilih hotel Anda daripada pesaing Anda.
  • Segmentasi psikografis – mencakup karakteristik kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial dan membantu Anda menentukan keterjangkauan layanan Anda untuk berbagai kelompok tamu, termasuk milenium.
  • Segmentasi perilaku – mencakup tanggapan pengguna, sikap, dan pengetahuan tentang layanan Anda dan dimaksudkan untuk membantu pemilik hotel menentukan kelompok orang yang paling ingin mereka tarik. Segmentasi perilaku adalah cara terbaik untuk mengukur keberlanjutan Anda.

Sangat penting untuk memilih segmen pasar yang tepat. Sehingga Anda dapat melakukan segmentasi pasar Anda dengan benar. 

Sertakan hal berikut dalam evaluasi segmen pasar Anda:

  • Measurability – memungkinkan Anda mengukur daya beli dan ukuran segmen pasar. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan batas tertentu tamu bersedia membayar untuk layanan hotel.
  • Aksesibilitas – memungkinkan Anda melihat seberapa mudah diakses dan dilayaninya segmen pasar tertentu. Jika Anda mencoba mempromosikan layanan Anda ke pasar yang jaraknya ribuan mil, itu bisa menguras anggaran Anda.
  • Substansialitas – memungkinkan Anda untuk memastikan seberapa menguntungkan segmen pasar, serta ukurannya. Jika Anda mencoba memasarkan layanan Anda ke segmen tertentu, Anda harus mencocokkan ukuran dan profitabilitasnya dalam kaitannya dengan kapasitas layanan hotel Anda.
  • Actionability – memungkinkan Anda mengembangkan strategi yang berbeda untuk menarik segmen yang tepat dan memberikan kualitas layanan yang sesuai. 

Dasarkan strategi segmentasi Anda pada kelayakan segmen pasar yang berbeda dengan memasukkan profitabilitas yang diharapkan, tingkat pertumbuhan, penjualan segmen saat ini, persaingan, dan daya beli audiens target Anda. 

Lebih penting lagi, segmen yang Anda pilih harus sesuai dengan tujuan bisnis Anda agar berbuah.

Setelah Anda menentukan tindakan terbaik terkait kebutuhan segmentasi pasar Anda, Anda dapat mulai mengembangkan strategi pemasaran berdasarkan metrik dan analitik segmentasi pasar itu sendiri. 

Cara Melakukan Segmentasi Pemasaran Hotel

Sejak wabah virus corona menghancurkan ekonomi dunia, setiap hotel berusaha untuk tetap bertahan selama masa-masa sulit ini. 

Sepanjang tahun 2021, para pelaku bisnis perhotelan diharapkan mulai menerapkan strategi pemasaran dan penjualan yang lebih hemat biaya. Itu dengan fokus utama pada pembuatan saluran langsung untuk pemesanan. 

Ini akan mengarah pada peningkatan interaksi langsung dengan tamu. Hampir 70% pemilik hotel percaya pariwisata lokal akan terus menjadi segmen pasar yang vital untuk pemulihan hotel pada tahun 2021.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa tip cepat untuk melakukan segmentasi hotel. Sangat berguna untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi bisnis Anda:

  • Survei tamu Anda.
  • Berdayakan tamu Anda untuk membuat ulasan pengguna dan bukti sosial Anda.
  • Kumpulkan data tentang apa yang tamu Anda sukai, inginkan, dan butuhkan untuk memahami mereka dengan lebih baik.
  • Tinjau ulasan online secara berkala, terutama peringkat TripAdvisor dan Yelp.
  • Gunakan Google Analytics untuk menganalisis demografi ideal Anda.
  • Lacak interaksi tamu Anda menggunakan CRM dan perangkat lunak penjualan.
  • Membangun kehadiran otoritatif di media sosial.

Baca juga: [18 HACK] Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis Untuk Pemula

Data Sumber Segmentasi Pasar Hotel

Sumber data yang Anda gunakan untuk segmentasi pasar hotel Anda adalah yang paling penting untuk upaya Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa data yang Anda miliki dan rencanakan yang digunakan untuk mengembangkan strategi segmentasi Anda akurat.

Kami telah menyebutkan bahwa cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan menggunakan sistem RMS yang memungkinkan Anda membuat laporan yang tepat waktu dan akurat. 

Alat seperti ini, bertujuan untuk dapat mengidentifikasi dan menguraikan faktor-faktor yang memengaruhi strategi Anda, tetapi yang lebih penting, keuntungan Anda. 

Setelah yakin data Anda diverifikasi, Anda harus melakukan evaluasi ulang berkala untuk memastikan semua segmen akurat.

Jenis Segmentasi Pasar Hotel

Jenis segmentasi pasar hotel tergantung pada segmen pasar yang tersedia di lokasi hotel Anda:

  • Backpacker
  • Pensiunan
  • Keluarga
  • Turis tunggal
  • Pasangan
  • Wisatawan
  • Petualang
  • Wisatawan medis
  • Turis bisnis

Rasio Segmentasi Pasar Hotel

Rasio segmentasi pasar hotel bergantung pada segmen pasar yang berbeda dan seberapa baik mereka merespons strategi baru Anda untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan secara keseluruhan. 

Rasio 100% berarti bahwa strategi Anda sepenuhnya efektif, dan Anda telah menghilangkan rasio pembatalan dan ketidakhadiran sepenuhnya.

Contoh Segmentasi Pasar Hotel

Hotel menggunakan strategi segmentasi pasar untuk menempatkan tamu mereka ke dalam segmen pasar dan kemudian mengalokasikan harga yang sesuai. 

Jika kita mempertimbangkan kriteria tersebut, berikut adalah beberapa contoh segmentasi pasar hotel:

  • Backpacker, berusia 18–30 tahun, dari luar negeri dan lokal;
  • Pensiunan, berusia 65–80, dari luar negeri, pensiun dari karier yang kaya;
  • Keluarga, dari Inggris, dengan anak-anak 5-15.