Bisnis skincare homemade? Ha? Memangnya bisa? 

Bisa dong, apalagi sekarang sudah banyak bahan dan kandungan dari skincare yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun bahan-bahan tersebut tentunya sangat aman untuk digunakan pada kulit sehingga akan memberikan efek yang baik dan tidak berbahaya. 

Skincare sendiri merupakan perawatan wajah yang mampu mengatasi masalah kulit dengan permasalah tertentu. Nah untuk memulai bisnis tersebut, kamu harus paham belum apa saja masalah kulit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia?

Selain itu, kamu juga harus mengetahui produk bisnis skincare homemade yang potensial untuk laris manis di pasaran?

Jika kamu belum mengetahui kedua hal tersebut, yuk simak beberapa ulasan nya di artikel ini. 

Jenis Masalah Kulit Yang Umum Dialami

Berikut ada beberapa jenis masalah kulit yang biasanya sering dialami. Namun perlu diperhatikan, masalah ini muncul terkadang juga karena iklim di Indonesia yang cukup ekstrim. Mulai dari panas dan juga hujan. Untuk itu, masyarakat Indonesia membutuhkan sebuah rangkaian skincare yang bisa dipakai dalam dua cuaca tersebut. 

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak sangat sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di iklim tropis. Terlebih, masalah ini sebenarnya sulit untuk diatasi. Namun kamu bisa membuat sebuah produk ajaib yang bisa mengurangi minyak di wajah. 

2. Kulit Kering

Kebalikannya dari berminyak, kulit kering juga umum dialami. Biasanya masalah ini muncul di beberapa area wajah yang terasa kering dan sedikit kaku. Nah, untuk masalah ini dibutuhkan sebuah produk skincare yang dapat melembabkan. 

3. Kulit Berjerawat

Timbulnya jerawat memang selalu mengganggu penampilan seseorang. Maka dari itu banyak orang yang tidak suka melihat ada jerawat satupun di wajahnya. Mereka membutuhkan produk skincare yang bisa membantu atasi masalah jerawat tersebut secara menyeluruh sampai ke akarnya. 

4. Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya sering ditandai adanya area kemerahan di wajah akibat dari suatu produk perawatan yang tidak cocok. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya harus menggunakan produk skincare yang tidak memiliki bahan kandungan alkohol karena dapat membuat kondisi wajah semakin parah. 

Apa Saja Produk Bisnis Skincare Homemade Menjanjikan?

Setelah memahami beberapa masalah kulit di wajah, sekarang saatnya memahami beberapa jenis bisnis skincare yang bisa kamu coba. Namun pastikan, pembuatan skincare rumahan ini harus dibuat dengan ruangan yang steril, tangan yang bersih (bahkan harus memakai alat pelindung rambut, masker, dan sarung tangan), alat atau wadah pembuatan yang sangat bersih. 

Tidak boleh meremehkan kebersihan untuk melakukan bisnis ini karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dari produk yang akan dihasilkan. 

1. Masker Jerawat

Untuk membuat masker jerawat ini kamu memerlukan peralatan berikut: 

  • 2 sendok makan Madu 
  • 1 sendok teh Kayu Manis 
  • Handuk yang sudah direndam air hangat 

Campurkan madu dan bubuk kayu manis hingga halus dan membentuk pasta. Penggunaan masker ini setelah membersihkan wajah dengan sabun. Tunggu 10-15 menit atau sampai masker kering. Bersihkan dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk karena campuran masker ini lumayan bertekstur lengket. 

2. Scrub Penghilang Komedo

Ini dia skincare yang cocok untuk mengatasi masalah berminyak. Biasanya komedo muncul akibat minyak berlebih di wajah, namun tidak jarang orang yang belum paham bagaimana cara mengatasi komedo membandel tersebut. 

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini seperti: 

  • 1/2 sendok teh Madu
  • 2 sendok teh Air perasan jeruk lemon
  • 2 sendok teh Baking soda

Campurkan 3 bahan dasar tersebut sampai merata. Namun kamu bisa memberi instruksi untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan scrub tersebut. 

Oleskan scrub di area yang memiliki komedo, tunggu sampai 5 menit kemudian bilas, dan tara…!! Komedo hilang seketika.

3. Pelembab Wajah

Terakhir, kamu bisa membuat bisnis skincare pelembab yang diproduksi sendiri menggunakan bahan alami yang aman. Peralatan yang diperlukan adalah: 

  • 1/2 cup Santan yang kental
  • 1/2 sendok teh Minyak Vitamin E
  • 10 sampai 15 tetes Minyak Esensial

Untuk menghasilkan suatu produk pelembab, campurkan semua bahan tersebut dan kocok menggunakan mixer sampai bertekstur halus. Pindahkan ke wadah yang sangat bersih dan juga tutup segera. Penggunaan produk ini bisa dipakai 2 kali pada siang dan juga malam. 

Nah, jadi itulah 3 contoh jenis produk untuk bisnis skincare homemade yang kamu bisa coba. Namun perlu diperhatikan bahwa kamu tidak boleh menjual produk homemade ini secara bebas jika tidak ada izin dari BPOM. 

Jadi, meskipun tidak mengandung bahan berbahaya, kamu tetap perlu mengantongi izin edar dari pihak berwenang. Jika dirasa langkah tersebut sulit, kamu bisa berkonsultasi dengan jasa maklon kosmetik.

Itulah sedikit ulasan bisnis mengenai bisnis skincare homemade dari kami. Semoga ulasan ini cukup informatif dan dapat memperluas wawasan kamu, terutama untuk kamu yang ingin mencoba membangun bisnis di bidang kecantikan, seperti bisnis skincare.