Banyak orang Indonesia memiliki rambut yang mengembang serta tebal. Tidak heran potongan untuk rambut mengembang semakin beragam dan menjadi tren. Pasalnya, rambut mengembang jika tidak dirawat dengan baik akan mudah kusut dan sulit diatur.

Banyak orang yang rambutnya mengembang mengeluh karena membuat penampilan kurang rapi, bahkan disebut mekar seperti singa. Sebenarnya dengan model yang tepat, rambut mengembang bisa nampak tetap keren. Misalnya menyesuaikan bentuk wajah.

Perlu ketelitian dalam memilih seperti apa potongan rambut yang pas sehingga rambut terlihat rapi dan stylish. Jika sedang bingung memilih seperti apa model rambut yang tepat untuk tipe mengembang, mari simak rekomendasinya di sini:

1. Bob With Layer

Model potongan yang direkomendasikan adalah bob pendek yang disertai layer. Dave Stanwell, penata rambut artis Hollywood menjelaskan, jika model bob bertekstur tebal dapat menekankan fokus di penampilan wajah. Selain itu, tulang pipi juga nampak lebih tinggi.

2. Side Swept Medium Cut

Potongan untuk rambut mengembang ini sangat tepat untuk yang tidak ingin rambutnya terlalu pendek atau panjang. Potongan ini melewati bahu, ditambah nuansa messy pada teksturnya.

Rambut tidak akan terlihat tebal dan mengembang secara berlebih, justru menghadirkan kesan seksi. Sedikit gelombang yang tidak berlebih membuatnya terkesan natural sekaligus elegan. Banyak selebriti mencoba tren gaya ini, misalnya saja Kylie Jenner.

3. Long Layered

Long layered merupakan potongan yang banyak diandalkan oleh orang-orang dengan rambut bertekstur tebal dan mengembang. Gaya layer efektif untuk membuat rambut terlihat lebih ringan.

Meski panjang, namun tidak akan terlihat berlebihan karena dipadukan sedikit gelombang dari potongannya. Secara sepintas mungkin terlihat serupa dengan medium cut.

Namun, gaya ini lebih diperuntukkan bagi yang menyukai rambut panjang. Agar model rambut tetap bertahan bagus, jangan lupa merawatnya secara rutin menggunakan produk yang tepat sesuai jenis dan kebutuhan.

4. Edgy Medium Length Shag

Berikutnya ada potongan untuk rambut mengembang yang tebal, ikal, serta teksturnya kasar. Bila dilihat sepintas, model ini nampak seperti wavy (bergelombang). Namun potongannya lebih pendek dan menunjukkan ketegasan di layernya.

Agar tampak rapi dan indah, biasanya ujung rambut akan dipotong sehingga semakin sehat. Dengan potongan ini, hasilnya akan menunjukkan volume yang lebih seimbang pada rambut sehingga tampilannya semakin memukau.

5. Long Shaggy

Potongan untuk rambut mengembang yang direkomendasikan berikutnya adalah long shaggy. Banyak yang merasa rambut megar, bisa diatasi dengan memotong rambut yang panjang menjadi pendek. Namun, hal ini bukanlah solusi.

Pasalnya, rambut panjang pun jika menggunakan potongan yang tepat akan nampak memukau dan tidak berantakan. Misalnya mengandalkan long shaggy, yang banyak digunakan Barbara Palvin, model dari Victoria Secret.

Gaya ini menampilkan kesan yang rapi sekaligus elegan. Kesan tebal dan mekar berlebih bisa diminimalisir. Cukup ditambahkan poni samping yang bisa meningkatkan kesan feminin, atau belah tengah yang manis.

6. Choppy Bob With Bangs

Alternatif gaya selanjutnya akan membuat penampilan terlihat lebih muda, yakni bob bergelombang disertai poni. Potongan ini bukan sekadar membuat rambut yang mengembang nampak tipis.

Melainkan juga menghadirkan nuansa santai sekaligus fun yang menarik untuk dilihat. Bentuk poni pun bisa disesuaikan dengan selera dan tipe wajah. Bisa yang penuh, tipis berongga, atau potongan berantakan yang membuatnya tampak semakin alami.

7. Boyish Bob

Penasaran ingin mencoba nuansa baru? Cobalah potongan untuk rambut mengembang yang satu ini, boyish bob. Sesuai namanya, nuansa boyish/tomboy akan sangat ditonjolkan melalui gaya ini. Teksturnya yang bergelombang membuat rambut mudah untuk ditata.

Selain itu, tampilannya juga elegan dan natural. Banyak yang menggunakan potongan ini ingin menghadirkan kesan berantakan (messy) secara alami. Jika demikian, bisa melakukan styling menggunakan hair dryer. Jangan lupa memakai pelindung, agar aman dari suhu panas.

8. Shaggy

Jika rambut mengembang, salah satu trik yang dapat membuatnya semakin menawan adalah menghadirkan kesan berlapis-lapis. Seperti yang digunakan pada potongan model shaggy. Bagian luarnya dipotong pendek serta tipis.

Ini akan menampilkan volume yang tidak berlebih namun terlihat keren. Jadi meskipun mengembang, kesan yang dihadirkan sangat berbeda. Apalagi tekstur potongan ini semakin ke bawah akan bertambah menipis.

9. Face Framing Layers

Memiliki rambut mengembang serta pipi yang tembem (chubby)? Banyak orang merasa minder karena hal ini. Namun tidak perlu risau, sebab ada model rambut yang tepat untuk membuat penampilan tetap keren.

Face framing artinya membingkai wajah. Efek layer yang digunakan pada potongan ini efektif untuk membuat rambut tampak tipis sekaligus rapi. Pada bagian sampingnya, rambut akan menutupi bagian tulang rahang sehingga wajah tampak lebih proporsional.

Itu tadi beberapa model potongan untuk rambut mengembang yang direkomendasikan. Sehingga rambut tetap tampak rapi sekaligus bergaya. Tanpa perlu mengubah karakteristik, cukup memilih model yang pas sehingga menonjolkan kelebihan dari jenis rambut masing-masing.