Umumnya pemilihan paduan warna baju dan hijab yang serasi akan membuat penampilan diri semakin elegan, trendy, dan stylish. Sayang, belum semua kalangan wanita berhijab memahami bagaimana memadukan warna hijab dan baju ini.

Kebanyakan wanita cenderung memilih warna-warna netral sebagai warna aman, padahal ada sejumlah warna yang bisa saling dipadukan dalam membentuk kesesuaian. Bagi yang penasaran dengan perpaduan warna baju dan hijab kiranya bisa mengintip opsi rekomendasi berikut.

Tips Memilih Paduan Warna Baju dan Hijab

Meskipun nanti diberikan rekomendasi perpaduan warna baju dan hijab yang serasi namun mengetahui tips rasanya tak kalah penting. Ada beberapa tips yang dapat dijadikan referensi sebelum kemudian memilih warna, diantaranya:

  • Tips pertama bisa dengan mengambil jalan seberang pada lingkaran warna contohnya kuning dan hijau.
  • Tips selanjutnya dapat melalui sudut 90 derajat pada lingkaran warna untuk membentuk keserasian antara baju dan hijab.
  • Selanjutnya tips ketiga bisa berseberangan dari outfit yang dikenakan baik itu hijab maupun baju.
  • Tips keempat melalui pola T dalam lingkar warna sehingga membentuk tiga warna misal hijau, biru, dan merah.
  • dan Tips terakhir dengan berdasarkan tone kulit (sawo matang, putih, gelap dan kuning langsat) agar rona cerah dapat terbentuk.

Namun bagi yang nyaman dengan warna netral penentuan baju dan hijab bukanlah suatu masalah karena look outfit tetap memancarkan pesona. Begitu pula untuk yang tidak ingin terlalu memusingkan diri perihal lingkaran warna.

Rekomendasi Paduan Warna Baju dan Hijab 

Setidaknya terdapat 6 rekomendasi warna baju dan hijab yang bisa dipadukan dalam memberikan kesan elegan, trendy, dan stylish. Langsung saja temukan opsi rekomendasi dalam uraian berikut.

1. Baju Warna Navy dan Hijab Ivory atau Mustard

Bagi yang suka dengan baju berwarna gelap salah satunya navy (biru dongker) pemilihan hijab menjadi tidak sulit untuk dipadukan. Seperti warna ivory atau warna gading agak krem dan kuning mustard.

Alasan warna ivory atau mustard cocok dikombinasikan adalah karena kesan gelap dari navy tidak terlalu tampak saat dikenakan. Hijab berwarna cerah bisa memancarkan kesan cerah dan ceria.

Hanya apabila ivory atau mustard dianggap mencolok maka bisa disiasati dengan warna-warna netral. Namun pastikan bukan warna netral yang memiliki kesan gelap.

2. Baju Warna Maroon dan Hijab Abu-abu atau Coklat

Beralih ke baju berwarna merah kecoklatan atau yang dikenal dengan sebutan maroon. Pemilihan hijab dengan warna abu-abu atau coklat yang dirasa cukup serasi untuk memberikan perpaduan outfit.

Baju warna maroon ini memiliki kesan yang cenderung “teduh” kalau dibandingkan dengan nuansa merah lainnya. Artinya pancaran anggun nan elegan bisa didapatkan lewat warna maroon sebagai outfit.

Pancaran rona akan semakin terlihat tapi tidak berlebihan dengan hijab warna abu-abu atau coklat. Tanpa adanya motif pada perpaduan antara hijab coklat atau abu-abu tetap memberikan kesan anggun. 

3. Baju Warna Biru Muda dan Hijab Senada

Apabila sebelumnya warna biru bernuansa gelap yang dibahas berbeda dengan bahasan berikut. Warna biru muda dapat pula dipadukan bersama warna senada atau kategori netral.

Jangan khawatir akan hasil yang kurang bagus, justru perpaduan warna biru dan hijab senada bisa memberikan kesan stylish dan trendy. Hanya untuk yang kurang percaya diri bisa memadukan warna biru muda dengan biru dongker.

4. Baju Warna Hijau Tua dan Hijab Senada atau Cokelat Keemasan

Rekomendasi selanjutnya datang dari baju warna hijau tua dan hijab senada atau cokelat keemasan. Warna hijau senada pada hijab dapat mengambil nuansa yang cenderung muda dari nuansa baju.

Sementara untuk mode baju hijau tua bisa memilih tampilan brokat, yang mana sesuai dengan mode populer di kalangan masyarakat. Lalu warna hijab coklat keemasan yang dipadukan dengan hijau tua mampu memberikan kesan cerah.

6. Baju Warna Pink dan Hijab Krem 

Paduan warna baju dan hijab melalui merah muda atau pink dan krem dapat memancarkan citra modis. Apalagi ditambah dengan aksesoris yang sesuai seperti bros pada baju yang dikenakan.

Di samping modis, warna krem juga bisa menampilkan kesan cerah sehingga tidak mengganggu aktivitas harian. Namun jika ingin mencoba warna lainnya, warna-warna netral bisa dijadikan pilihan.

6. Baju Warna Ungu dan Hijab Senada

Warna ungu termasuk ke dalam warna baju yang tak kalah populer seperti warna-warna lainnya. Kendati demikian masih banyak yang meragukan kesan dari warna ungu sebagai outfit karena alasan kurang percaya diri.

Padahal baju ungu dan hijab senada yang disesuaikan apakah tua atau muda bisa memberikan pancaran yang memukau. Pemilihan warna pun terbilang cukup tepat pada aktivitas harian baik dalam urusan formal maupun informal.

Jadi itulah 6 paduan warna baju dan hijab yang dipilih untuk keperluan outfit selain warna-warna netral. Beberapa tips juga diberikan alih-alih menentukan warna baju dan hijab seandainya tertarik mencoba pola berbeda.