Jika ingin melakukan pewarnaan rambut, umumnya metode bleaching akan dijalankan di awal untuk menghilangkan warna asli rambut. Namun ternyata, metode bleaching ini bisa merusak rambut secara perlahan. Oleh karenanya, proses mewarnai rambut tanpa bleach mulai marak dipilih.

Meski proses pewarnaan tanpa bleach lebih aman, namun untuk melakukan diperlukan proses dan tips yang akurat. Agar lebih mudah dipahami, maka pada bagian ini akan diberikan penjelasan lengkap mengenai tips-tips yang dibutuhkan. Simak uraian berikut untuk mengetahuinya:

1. Pakai Produk Berkualitas

Tips pertama yang sangat disarankan adalah memilih produk cat rambut yang berkualitas. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, tentu biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Umumnya, produk yang bagus akan memiliki harga yang cukup tinggi.

Dengan produk yang berkualitas, maka cat akan lebih mudah meresap ke rambut dan mudah menyebar secara maksimal. Produk cat yang berkualitas juga bisa menutupi warna rambut asli lebih baik, merata, dan maksimal tanpa harus proses yang rumit.

Oleh karenanya, jangan mudah tergiur dengan harga cat rambut yang murah. Saat ini, produk cat rambut memang sudah banyak dan harganya juga banyak yang murah. Pastikan untuk menghindari produk yang terlalu murah, karena bisa jadi susunan kualitasnya kurang baik.

Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, maka bisa dengan bertanya kepada ahlinya. Pihak-pihak yang sudah terbiasa dengan proses pewarnaan rambut, pastinya akan tahu produk mana yang berkualitas dan yang bisa memberikan hasil maksimal.

2. Jangan Kemasan Sebelum Mewarnai Rambut

Kemudian, pastikan untuk tidak keramas sebelum melakukan pewarnaan rambut tanpa bleaching. Mungkin sebagian besar orang akan keramas terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran di rambut. Namun nyatanya, keramas akan membuat cat sulit meresap.

Justru jika tidak keramas, maka kandungan minyak di rambut akan menjaga rambut dari paparan cat secara langsung. Hal ini penting untuk dipahami demi kesehatan rambut. Jadi bisa dipastikan bahwa, proses keramas tidak baik untuk dijalankan.

Jika memang ingin membersihkan rambut, maka lakukan 2 sampai hari sebelum pengecatan dilakukan. Jangka waktu ini sudah sesuai standar untuk menghasilkan minyak rambut yang baru. Dengan demikian, hasilnya jauh lebih baik.

Tips mewarnai rambut tanpa bleach yang satu ini, nyatanya masih kurang diperhatikan. Meski terlihat sepele, namun tips ini akan memberikan pengaruh yang besar terhadap rangkaian proses yang berjalan serta hasil yang akan didapatkan.

3. Lakukan Pewarnaan Berlayer

Teknik pewarnaan juga bisa dijadikan patokan jika ingin mengecat rambut tanpa bleaching. Dengan teknik ini, maka dibutuhkan dua warna yang sama namun dengan tone yang berbeda. Warna pertama lebih terang, dan yang kedua jauh lebih gelap.

Nantinya, pewarnaan dengan teknik layer bisa dimulai dengan cat yang lebih terang. Apabila semua bagiannya selesai, maka bisa dilanjutkan dengan warna yang lebih gelap. Proses ini memang membutuhkan waktu lama, namun bisa memberikan hasil yang baik.

Karena prosesnya yang rumit, biasanya hanya para ahli yang bisa melakukannya. Namun jika tetap ingin melakukannya sendiri, maka pastikan untuk melakukan pewarnaan secara merata dan jangan sampai ada bagian yang tidak diperhatikan.

4. Pakai Cat dengan Warna Pekat

Pilihan tips mewarnai rambut tanpa bleach selanjutnya adalah memilih warna pekat. Jika ingin mewarnai rambut dengan warna yang lemah atau tidak terlalu terang, tentu proses bleaching tetap disarankan. Hal ini dikarenakan warna yang lemah akan sulit menutupi warna asli rambut.

Namun jika tidak ingin bleaching, maka pilih warna yang pekat seperti coklat, merah, burgundy, ungu, atau bahkan biru. Warna-warna yang pekat seperti ini dipastikan bisa menutupi warna hitam atau warna asli rambut yang memang pekat dan bukan terang.

Teknik pemilihan warna lainnya adalah dengan melihat tone warna dari cat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilih warna dengan 2 sampai 3 tingkat lebih terang dari warna yang diinginkan. Nantinya, hasill yang didapat akan sesuai dengan warna yang ingin dimiliki.

5. Lakukan Perawatan Rutin

Tips terakhir yang disarankan adalah dengan melakukan perawatan. Meski tidak melakukan bleaching, bukan berarti hasilnya akan selalu baik dan rambut tidak rusak. Potensi kerusakan pasti tetap ada, dan harus dilakukan pencegahan kerusakan sejak awal.

Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan perawatan maksimal setelah pewarnaan dilakukan. Caranya mudah, pakai saja kondisioner secara rutin. Namun pemilihan kondisioner juga harus disesuaikan untuk rambut yang sudah diwarnai.

Selain itu, jalankan juga perawatan mingguan atau bulanan dengan pihak yang profesional. Proses creambath menjadi proses yang sangat disarankan. Dengan proses ini, maka rambut yang sudah diwarnai akan tetap terjaga dan tidak mudah rusak.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tips mewarnai rambut tanpa bleach yang bisa diikuti. Jadi jika semua tips dijalankan, maka proses pewarnaan tanpa bleach ini bisa memberikan hasil yang baik. Oleh karenanya, setiap bagian harus dipahami dengan baik.