Ketika memiliki tekstur kulit berminyak, permasalahan yang sering dihadapi ialah makeup yang tidak tahan lama. Makeup yang cocok untuk kulit berminyak sebenarnya sangat mudah jika mengetahui tipsnya dengan benar.

Memilih jenis makeup yang cocok untuk jenis kulit belum cukup membebaskan dari masalah yang dihadapi. Berbagai tips makeup agar lebih awet dan tahan lama pada kulit berminyak bisa diterapkan dengan mudah, yaitu sebagai berikut:

1. Bersihkan Wajah Sebelum Memulai Makeup

Tips makeup yang cocok untuk kulit berminyak yang pertama ialah membersihkan wajah dengan bersih dari kotoran dan sisa makeup yang masih menempel. Mencuci wajah harus dilakukan dengan tepat agar bersihnya bisa lebih maksimal tentunya.

Gunakan cleanser dan usapkan perlahan dengan gerakan memutar serta pijat lembut selama beberapa saat. Bersihkan dengan kapas secara hati-hati, agar tidak merusak  jaringan kulit. Kemudian bersihkan wajah dengan sabun wajah, agar bersih secara maksimal.

2. Lembabkan Kulit Wajah

Pada kulit berminyak, pelembab wajah bisa membantu untuk menjaga hidrasi kulit sehingga produksi minyak alami pun bisa lebih terkontrol. Sangat disarankan untuk menggunakan pelembab berbentuk moisturizer gel, karena teksturnya lebih ringan dan mudah terserap ke dalam kulit.

Sebaiknya hindari menggunakan pelembab dengan kandungan mineral oil. Hal tersebut karena bisa membuat kulit menjadi lebih mudah berminyak, dan menyumbat pori-pori.

3. Gunakan Primer Wajah

Tips makeup yang cocok untuk kulit berminyak berikutnya yaitu tidak lupa untuk menggunakan primer. Sebaiknya pilihlah mattifying primer agar makeup bisa bertahan lebih lama. Primer jenis ini berfungsi untuk mengontrol minyak di wajah hingga memberikan hasil akhir matte tanpa kilap.

Pusatkan pemakaian primer di T-zone karena lebih mudah berminyak. Primer ini akan membuat makeup di area ini akan menjadi lebih tahan lama. Sebaiknya, hindari penggunaan primer wajah yang mengandung silikon di kulit berminyak dan berpori-pori besar.

4. Pilihlah Foundation Sesuai Jenis dan Warna Kulit

Foundation dengan tekstur cair merupakan pilihan tepat untuk jenis kulit berminyak. Hal ini karena foundation tersebut memiliki formula berbasis air, sehingga lebih ringan di kulit. Agar lebih tahan lama, pilih foundation yang memberikan hasil akhir matte.

Selain jenis kulit, pemilihan foundation juga harus disesuaikan dengan skin tone. Pemilihan shade yang tepat akan membuat makeup tampak lebih natural. Sebaiknya, ketahui terlebih dahulu skin tone dan undertone untuk bisa menentukan shade yang sesuai.  

Untuk kulit dengan warna sawo matang dan berminyak, maka bisa memilih shade yang lebih terang 1 tingkat dari warna kulit. Ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya oksidasi pada foundation yang dikenakan.

5. Gunakan Aplikator Untuk Meratakan Foundation

Tips makeup yang cocok untuk kulit berminyak juga bisa dengan menggunakan aplikator ketika meratakan foundation. Aplikator ini akan membuat foundation lebih mudah diratakan dan kulit terlihat lebih flawless.

Silahkan gunakan make up sponge yang kering. Make up sponge yang basah akan menyerap banyak produk daripada yang diaplikasikan ke wajah, sehingga menjadi lebih boros. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan jari saat meratakan foundation karena membuat makeup lebih cepat luntur.

6. Gunakan Loose Powder

Tips makeup yang cocok untuk kulit berminyak berikutnya yaitu mengunci complexion dengan loose powder. Ini bertujuan, agar foundation tidak mudah bergeser dan lebih tahan lama. Sebaiknya gunakan translucent powder, karena mampu menyerap minyak sekaligus mengunci foundation dengan optimal.

Pemilihan mineral powder untuk kulit berminyak sebaiknya dihindari. Hal ini karena bisa memberikan kilap di wajah, sehingga membuat make up menjadi cepat luntur.

7. Gunakan Blush On Matte

Agar wajah tidak terlihat pucat, maka bisa menambahkan blush on yang mampu memberikan rona di wajah. Dibandingkan menggunakan creamy blush, silahkan pilih jenis powder yang memberikan hasil matte agar lebih tahan lama.

Agar kulit wajah tidak terlihat mengkilap secara berlebihan, sebaiknya hindari penggunaan blush on dengan shimmer. Cukup gunakan blush on matte, untuk hasil make up yang menawan.

8. Akhiri Dengan Setting Spray

Tips makeup yang cocok untuk kulit berminyak agar lebih tahan lama yaitu mengunci riasan menggunakan setting spray. Pilihlah matte setting spray, karena merupakan pilihan yang paling tepat untuk make up kulit berminyak.

Jenis ini dilengkapi dengan kandungan oil control sehingga hasil akhir matte akan bertahan lama. Sebaiknya hindari penggunaan face mist, sebagai pengganti setting spray karena umumnya mengandung mineral oil yang menyebabkan kulit tampak berminyak.

9. Selalu Sediakan Face Paper

Ketika wajah terasa berminyak, silahkan ambil face paper dan tempelkan pada area yang berminyak tersebut. Pastikan untuk tidak menggosokkan face paper ke kulit, karena akan membuat riasan justru menjadi luntur.

Cukup tempelkan dan tekan selama beberapa saat lalu segera angkat. Lakukan tahap ini sebanyak 2 kali agar minyak berlebih bisa dihilangkan dengan optimal, jika memang diperlukan.

Itulah ulasan mengenai tips makeup yang cocok untuk kulit berminyak, agar lebih tahan lama. Selain menerapkan tips di atas, perlu melakukan treatment khusus agar kondisi kulit berminyak tidak semakin parah.