Ada banyak model kerah atau bagian garis leher pada pakaian wanita. Adapun macam macam kerah baju wanita ini, bisa menambahkan penampilan pada wanita.

Terutama wanita yang bisa memilih garis leher pakaiannya, dan cocok untuk tipe tubuhnya. Ada tiga jenis kerah baju wanita yang mengikuti bentuk garis leher, yaitu leher bulat, U shape, V dan persegi.

Dari beberapa garis leher itu kemudian berevolusi dan muncul modifikasi garis leher saat ini. Inilah beberapa macam model kerah wanita yang semakin mempercantik baju dan penampilan, diantaranya:

1. Kerah Atau Collar

Collar merupakan bentuk kerah yang biasanya dipakai pada kemeja atau mantel wanita. Ada banyak model kerah yaitu peterpan, bertha atau cave yang diaplikasikan ke pakaian. Pada model collar dilengkapi tambahan kancing depan yang bisa dibuka dan dipasang.

Buat wanita yang memiliki bahu lebar bisa cocok menggunakan kerah collar ini. Biasanya dipadukan dengan bawahan yang semakin memerpcantik tampilan. Pada bagian kerah, juga bisa dipadukan memakai aksesoris tambahan agar semakin menawan.

2. Kerah Peterpan

Jenis kerah yang satu ini yaitu kerah peterpan merupakan kerah yang sejajar leher dan garis bahu lurus tanpa penegak. Adapun kerah rebah bentuknya blay ini basana menonjolkan sisi feminisme.

Sering digunakan dan diaplikasikan pada baju anak dan wanita yang tampak chic. Kerah model peterpan ini juga biasanya diaplikasikan ke pakaian resmi yang digunakan wanita.

Selain itu tidak hanya dibuat baju atasan saja, sering banyak modifikasi,gamis wanita juga memakai kerah peterpan ini. Sehingga tampilan wanita saat menggunakan kerah peterpan, bisa dipadukan dengan hijab leher atau aksesoris lain.

 3. Kerah Turtleneck

macam macam kerah baju wanita lainnya yaitu turtleneck, dimana ciri khas dari kerah turtle ini bisa dilipat. Bahkan kerah untuk turtleneck ini mampu menutupi seluruh leher dan cocok untuk hijaber.

Jadi yang suka memakai gamis tidak perlu lagi memakai manset leher sudah tertutup. Para hijabers pada umumnya memakai baju model kerah turtleneck ini.

Pasalnya sangat praktis dan bisa dipadukan dengan pakaian jenis lainnya. Selain itu pula, bisa dipadukan dengan hijab leher dan memakai long outer agar tampil lebih elegan.

4. Bentuk Kerah Milano

Bagian kerah milano ini merupakan bentuk kerah segiempat atau segitiga. Selain itu pula bisa berbentuk berlian atau diamond shape, ada juga model kerah lainya disebut italian collar.

Kerah Milano ini akan tampak bentuk leher V dengan aksen kerah yang dipadukan menjuntai ke bawah. Bentuk kerah setengah berdiri ini digunakan untuk tampilan klasik namun tetap formal.

Biasanya hijabers yang menggunakan kerah milano ini, juga akan memadukan dengan pashmina atau voal. Selain itu, jika tidak memakai hijab juga bisa dipadukan dengan aksesoris leher atau syal yang menjuntai.

5. Kerah Shiller

Kerah rebah yang bisa berdiri tanpa penegak ini merupakan model kerah shiller. Jika ditutup, maka akan terlihat menjadi kerah yang tegak dan bagian garis luar ada lipatan.

Selain itu pula memiliki rever dan garis patahan kerah yang bisa dilihat pada bagian luar. Biasanya kerah shiller ini diaplikasikan ke dalam bentuk pakaian jenis blazer.

Pada kerah blazer dibutuhkan kerah yang bisa berdiri dan agar tampil tegas, ketika dipakai wanita. Akan tampak elegan dan terlihat profesional, ketika menggunakan kerah shiller pada blazzer.

 6. Kerah Sanghai

Awalnya kerah jenis sanghai ini hanya diaplikasikan pada dress shanghai di China. Namun sekarang banyak diadopsi dan dimodifikasi pada pakaian pria juga wanita di seluruh dunia.

Kerah sanghai ini biasanya diaplikasikan dengan memadukan pemakaian blazer atau jas. Pada bagian kerah sanghai yang polos memiliki bentuk tegak juga sejajar bagian leher.

Biasanya untuk lebar mulai 2 sampai 4 cm diatasnya dan mengelilingi leher. Ciri khas kerah sanghai ini bentuknya bulat juga tidak bisa diturunkan, biasanya diaplikasikan ke seragam dan baju lainnya.

7. Kerah Kelasi

Pada kerah kelasi ini variasi yang tampak di belakang yaitu kerah baju berbentuk segiempat. Sementara itu di bagian depan akan mengecil dan titik dasar V dengan paduan pita.

Untuk jenis kerah kelasi ini terlihat pinggiran kerahnya memakai ban kecil. Nama kerah kelasi ini juga bisa disebut kerah sailor kanea jenis kerah ini biasa dipakai untuk seragam pelaut atau kelasi.

Namun, sekarang sudah banyak diadopsi ke pakaian wanita agar tampak lebih cantik. Biasanya diaplikasikan juga ke dress atau gamis sehingga terlihat lebih menarik. Seiring dengan perkembangan model baju saat ini, kerah baju juga mengikuti banyak modifikasi.

Ada beberapa jenis lainnya seperti tailor, reserve, pita, selendang, cave dan jenis kerah lainya. Tinggal memilih kerah mana yang cocok pada pakaian yang bisa menambah estetika penampilan.

Itulah beberapa macam macam kerah baju wanita yang biasanya diaplikasikan dan dimodifikasi. Dimana setiap kerah memiliki akses tersendiri dan menambah cantik penampilan. Selain itu pula, penggunaan kerah pada baju bisa membuat tampilan baju semakin tegas dan elegan.