Sebentar lagi semua orang akan memperingati puncak tahun baru. Karena gamis adalah pakaian yang dikenal nyaman, untuk memutuskannya maka dibuat rekomendasi kain yang bagus buat gamis yang dapat dijadikan pilihan. Kain gamis ini memiliki kelembutan serta kelebihan lainnya.

Karena dikenal sebagai kain yang serbaguna, bagi yang ingin membuat pakaian gamis dari kain tersebut dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Berikut adalah rekomendasi kain yang cocok dibuat gamis antara lain:

1. Kain Maxmara

Membuat gamis sendiri bisa menjadi pilihan bagi orang yang menginginkan desain gamis yang sesuai selera. Sedangkan untuk membuat gamis yang berkualitas, maka membutuhkan jenis kain yang tepat. 

Kain yang tepat untuk membuat gamis adalah kain Maxmara. Jenis kain ini diminati oleh banyak orang karena mempunyai motif dengan bentuk beragam. 

Kain Maxmara sendiri sering disebut sebagai kain sutra satin oleh masyarakat. Kain ini, terkenal akan teksturnya yang halus sehingga nyaman untuk dipakai. 

2. Kain Linen

Salah satu kain yang sering dipakai untuk memproduksi gamis adalah kain Linen. Kain ini memberikan tekstur yang lembut di kulit. 

Penyebab kain Linen memiliki tekstur lembut karena kain ini berasal dari  serat alam tanaman rami. Karena dibuat menggunakan tanaman rami, menjadikan bahan pakaian satu ini terlihat sedikit berkilau. 

Uniknya lagi kain ini yang pertama kali dikenal pada sejarah peradaban manusia. Pada saat itu, kain Linen digunakan sebagai dasar dalam pembuatan pakaian. 

3. Kain Katun

Tentunya sudah tidak asing dengan jenis kain Katun. Hal tersebut, dikarenakan bahan baku katun sering dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan pakaian. Termasuk pada pakaian gamis.

Perlu diketahui bahwa kain katun dibuat menggunakan kapas. Oleh karena itu, kain ini sangat unggul dalam menyerap keringat tubuh. Kain ini juga hadir dengan jenis–jenisnya yang berbeda. 

Misalnya katun combed yang mempunyai 3 tingkatan yaitu 20s, 24s dan 30s. Kain jenis Katun juga dikenal berkualitas dan paling banyak digunakan sebagai bahan baku pakaian.

4. Kain Tile 

Kain yang bagus buat gamis adalah kain Tile. Kain ini, dinilai memiliki bentuk yang sangat menarik. 

Bentuk yang ada di kain ini menyerupai jala dengan lubang–lubang kecil yang sangat ringan saat dikenakan. Meskipun dibekali oleh bobot yang ringan, namun kain ini mempunyai daya tahan yang kuat. 

Sehingga, kain ini akan bertahan dalam waktu cukup yang lama. Supaya baju gamis yang dibuat terlihat semakin menawan, maka gunakanlah kain Tile yang dihiasi oleh gliter dan manik–manik.  

Dengan adanya taburan gliter membuat kain Tile terkesan berkilau. Selain itu, kain jenis ini juga memiliki ketahanan terhadap suhu udara dan awet.

5. Kain Satin 

Saat menghadiri acara besar tentunya setiap orang akan menggunakan pakaian yang indah. Gamis menjadi pakaian yang sering digunakan di acara–acara besar, seperti pernikahan hingga kumpul keluarga besar. 

Pembuatan gamis sendiri tidak semudah yang dipikirkan. Hal tersebut, dikarenakan dalam pembuatannya membutuhkan kreativitas tinggi dan jenis kain yang sesuai. 

Untuk membuat gamis bisa menggunakan kain satin. Tentunya kain ini sudah tidak asing, karena sudah dikenal di pasaran. 

Kain yang memiliki tampilan licin ini akan memberikan kesan elegan saat diubah sebagai pakaian. Terlebih lagi, ada sedikit taburan gliter yang membuat kain ini terlihat mengkilap. 

Ada berbagai variasi kain satin yang bisa dipilih. Namun, kebanyakan orang cenderung menggunakan kain Satin duchesse ketika membuat gamis. 

6. Kain Crepe

Apabila mencari jenis kain yang berserat dan tidak jatuh ketika dipakai, maka kain crepe lah jawabannya. Walaupun kain ini memberikan bentuk yang berserat, akan tetapi kain ini cukup tebal sehingga tidak menerawang ketika dipakai. 

Bahan yang ada di kain ini terbilang sangat sejuk dan memberikan kesan nyaman untuk dipakai. Karakteristik khusus yang dimiliki oleh kain ini adalah adanya nuansa pasir dan kerutan kecil di permukaan kain. 

7. Kain Denim 

Kain Denim sangat cocok dipakai untuk gamis dengan model modern atau kekinian. Kain ini dipilih oleh banyak orang, karena termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki bahan kuat dan tidak mudah sobek. 

Kain jenis ini juga dikenal kuat dan tahan lama. Selain itu, Kain Denim juga sangat nyaman dipakai di segala musim.

8. Kain Sutra

Supaya gamis enak digunakan selama seharian penuh maka buatlah gamis menggunakan kain Sutra. Kain ini didapatkan dari ulat sutra sehingga mempunyai keistimewaan sendiri. 

Kain Sutra juga tergolong kain yang bagus buat gamis karena dikenal awet dan tidak mudah kusut. Bahan pakaian jenis ini sangatlah lembut dan mudah ditata dengan baik.

Gamis adalah pakaian yang banyak digunakan untuk acara-acara meriah. Tidak mudah untuk membuat pakaian gamis. 

Karena membuat gamis harus mengenal bahan-bahannya. Oleh karena itu cobalah menggunakan rekomendasi kain yang bagus buat gamis yang terdiri dari berbagai bahan berkelas. Bahan-bahan tersebut sudah teruji kualitasnya.