Kain drill masuk golongan yang sering dipakai untuk membuat seragam. Pada dasarnya, jenis dari kain drill sendiri banyak. Jadi jika ingin membuat seragam, maka pastikan untuk paham dengan jenis kain drill yang bisa dijadikan pilihan.

Untuk memudahkan proses pemilihan, maka pada artikel ini akan dipaparkan lima jenis kainnya. Setiap jenis akan dijabarkan satu per satu secara menyeluruh. Jika penasaran dengan perbedaan karakteristik kain drillnya, maka lihat paparan berikut:

1. American Drill

Opsi pertama yang bisa dijadikan pilihan adalah american drill. Jika dilihat dari tingkat ketebalannya, maka american drill ini termasuk tebal yang sedang. Hal ini dikarenakan ukuran seratnya sedang atau tidak terlalu rapat.

Meski termasuk agak berat, namun kain ini masih lembut dan bisa memberikan kenyamanan saat dipakai. Jadi tidak jarang jenis ini dipakai dan difungsikan sebagai seragam. Bahkan tingkat kepopuleran dari kain ini juga sangat tinggi.

Apabila jenisnya dijabarkan lagi, maka american drill dibagi ke dalam dua jenis. Pertama ada american drill yang dibuat dari katun. Biasanya, jenis ini akan terasa lebih dingin dan tidak cepat membuat penggunanya panas.

Kemudian untuk jenis kedua adalah american drill yang terbuat dari polyster. Untuk jenis ini, maka akan berbeda dari bahan katun. Namun tidak sedikit yang memakai bahan polyester untuk berbagai jenis pakaian karena kualitasnya yang baik.

2. Twist Drill

Jenis kain drill kedua yang bisa dijadikan pilihan adalah twist drill. Biasanya, kain ini disebut juga dengan twill drill. Jika dibandingkan dengan opsi pertama, maka jenis ini jauh lebih populer dan sering dipakai.

Karena tingkat kepopulerannya sangat tinggi, sampai tidak jarang orang menganggap kain drill hanya memiliki jenis twist saja. Padahal, jenis drill ini sangat banyak dan semuanya memiliki karakteristik berbeda-beda.

Untuk seratnya sendiri, kain ini memiliki serat dengan kerapatan yang tinggi dan ukurannya kecil. Dengan serat ini, maka sifatnya menjadi tahan air atau water repellent sehingga banyak yang memilihnya untuk dipakai.

Selain itu, serat yang rapat itu membuat kain ini menjadi lebih tebal dan agak berat. Jadi biasanya, kain twist drill dipakai untuk membuat almamater sekolah atau kampus yang membutuhkan ketahanan kain ekstra.

3. Hisofy Drill

Pilihan ketiga yang tidak boleh dilewatkan adalah hisofy drill. Kain ini bisa disa dianggap kain premium karena kualitasnya sangat baik. Jadi untuk harganya sendiri jauh lebih mahal dari kain drill lain yang ada di pasaran.

Jika dilihat teksturnya secara sekilas, maka akan terlihat seperti japan drill. Namun jika diperhatikan dengan baik, maka akan terlihat berbeda secara strukturalnya. Jadi tidak heran jika banyak orang yang kesulitan membedakannya dengan japan drill.

Kemudian, hisofy drill ini juga terbilang lembut dan lemas. Sifat ini sebenarnya sulit ditemukan pada jenis kain drill lainnya karena kebanyakan kaku. Namun karena termasuk kain premium, hisofy drill ini menghadirkan struktur yang berbeda.

Meski lemas dan lembut, namun kekuatan kainnya sangat baik. Saat dipakai pun kain ini akan memberikan kenyamanan ekstra yang tidak bisa disepelekan. Oleh karenanya, hisofy drill wajib untuk dijadikan pilihan.

4. Japan Drill

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada jenis kain drill yang bernama japan drill. Jika semua kain drill dibandingkan, maka japan drill jauh lebih tebal dan kuat. Jadi tidak heran jika sering digunakan untuk pakaian formal.

Bahan utama pembuatan japan drill adalah katun yang berkualitas. Karena berkualitas, maka tingkat kenyamanannya sangat tinggi meski tebal. Bahkan kainnya termasuk dingin dan tidak membuat badan cepat gerah.

Kulit yang sensitif akan cocok dengan japan drill karena karakteristiknya yang lembut. Bahkan saat dipakai, kelembutannya akan pas di kulit dan tidak akan menggosok kulit terlalu kuat. Hal ini menjadikan japan drill banyak dipilih.

Sedangkan untuk harga, tentu japan drill sedikit mahal. Namun jika disandingkan dengan hisofy drill, maka japan drill ini akan jauh lebih murah. Oleh karenanya, pastikan untuk memperhatikan harga sebelum melakukan pembelian.

5. Castillo Drill

Jenis terakhir yang masuk jajaran adalah castilo drill. Untuk perbandingan harga sendiri, kain ini adalah yang paling murah atau terjangkau dibandingkan jenis lainnya. Oleh karenanya, jumlah castillo drill yang beredar di pasaran sangat banyak.

Meski terbilang murah, namun bukan berarti kualitas kain ini sangat jauh di bawah rata-rata. Sifat umum dari kain drill masih ada namun ada perbedaan sedikit. Perbedaan tersebut berada pada bagian sifat dan level kelembutannya.

Jadi jika ingin memakai kain drill namun ingin yang murah, maka jenis castillo ini akan cocok dijadikan pilihan. Meski kualitasnya tidak terlalu tinggi, namun jika dipakai akan tetap memberikan kenyamanan pada kulit.

Itulah beberapa jenis kain drill yang bisa dijadikan pilihan. Setiap kain memiliki perbedaan yang jelas sehingga saat proses pemilihan bisa dijalankan dengan baik. Oleh karenanya, pastikan untuk paham satu per satu jenisnya dengan baik.