Jenis bahan jersey saat ini menjadi yang terbaik di daerah yang cukup panas, seperti di Indonesia. Kebanyakan bahan jersey dibuat untuk baju olahraga ataupun busana muslim karena mudah menyerap keringat.

Hal itu berguna untuk membuat orang nyaman saat beraktivitas. Terutama saat berolahraga pasti mengeluarkan banyak keringat, kalau baju yang dipakai daya serapnya kurang pasti orang akan merasa semakin panas. Akibatnya, menjadi tidak nyaman saat beraktivitas.

Bahan jersey juga memiliki beragam jenis yang bisa dijadikan patokan untuk memilih pakaian. Tentu kualitas bahan dan kelebihannya berbeda-beda. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Bahan Jersey High Twist

Seperti yang diketahui bahwa jersey merupakan bahan yang tepat di daerah yang memiliki cuaca panas. Sebab bahan ini sangat mudah menyerap keringat. Ada beberapa jenis bahan jersey yang tersedia di pasaran, seperti High Twist.

Jenis jersey ini menyediakan beragam warna yang sangat menarik, mulai dari yang cerah hingga gelap sekalipun. Total warna yang ada di pasaran bisa mencapai 30 macam saking banyaknya.

Jadi, masyarakat bisa memilih warna yang disuka apalagi tidak banyak bahan yang memiliki banyak warna. High Twist diproduksi dengan campuran bahan sintetis polyester sehingga hasil kainnya tampak mengkilat.

Harga bahan ini pun cukup terjangkau dan memiliki jahitan yang rapih sehingga banyak dijual di pasaran. Namun, dibalik harganya yang murah bahan jersey ini agak panas karena terdapat bahan polyester di dalamnya.

Ada dua macam jersey bahan High Twist, diantaranya adalah kaos dan tenun. Keduanya memiliki perbedaan dalam produk jadinya.

Biasanya jersey kaos dipakai untuk membuat gamis ataupun kerudung karena bahannya cukup melar sehingga nyaman dipakai. Sedangkan bahan jersey tenun tidak melar sehingga banyak dipakai untuk membuat jas dan juga blazer.

2. Bahan Jersey Drifit

Sama dengan jenis sebelumnya, jersey Drifit ini juga merupakan perpaduan dari berbagai bahan yaitu katun, polyester, dan nilon. Perpaduan bahan ini menghasilkan baju dengan kualitas bagus sebab bersifat adem dan ringan.

Bahan ini sangat cocok digunakan untuk memproduksi baju olahraga sebab bahan ini mampu membuat sirkulasi udara menjadi lebih mudah. Hal itu disebabkan adanya lubang pori-pori kecil yang bisa membuat keringat menguap lebih cepat.

Akibatnya orang yang memakai baju tersebut akan merasa sangat nyaman. Jenis bahan jersey Drifit ini juga terbagi atas dua jenis, yaitu yang grade lokal dan original.

Memang perbedaannya tidak terlalu signifikan karena kualitas grade lokal hampir sebanding dari ori. Namun, tetap saja masyarakat lebih menyukai grade ori sebab kualitas kainnya jauh lebih halus, adem, dan elastis saat dikenakan.

Sedangkan untuk lokal kualitasnya sedikit di bawah grade ori dan ada lubang pori-pori yang berfungsi untuk mempercepat penguapan keringat. Harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan ori, tapi tenang saja walaupun grade lokal tetap worth it.  

3. Bahan Jersey Spandek

Jenis jersey yang selanjutnya adalah bahan Spandek. Pasti masyarakat sudah tidak asing lagi dengan bahan ini. Hal itu dikarenakan bahan ini sering digunakan untuk membuat baju sehari-hari sehingga nyaman untuk dipakai beraktivitas.

Bahan ini menyediakan beragam warna-warna cerah dan kalem. Jadi, akan sangat cocok bagi orang yang menyukai warna-warna pastel. Tekstur bahannya sedikit khas yaitu agak keset, tapi juga lembut dan adem.

Karena tekstur bahannya yang halus membuat jersey Spandek banyak dicari dan dijual di pasaran. Jadi, tidak akan membuat masyarakat kesulitan dalam mencari bahannya. Bisa dibilang bahan ini termasuk kualitas terbaik.

4. Bahan Jersey Crepe

Ada juga bahan jersey dengan tekstur yang unik dan tidak terbayangkan sebelumnya, yaitu jenis Crepe. Mengapa unik? Sebab tekstur yang dimiliki oleh bahan Crepe adalah seperti kulit jeruk.

Karena permukaan yang seperti kulit jeruk inilah banyak orang menganggap bahwa bahan ini punya tekstur yang khas dibanding jenis lainnya. Biasanya jersey Crepe digunakan untuk membuat pakaian muslim, seperti gamis, jilbab, dan lainnya.

5. Bahan Jersey Serena

Jersey ini tergolong bahan yang premium, dimana kualitasnya sangat bagus. Mengapa demikian? sebab kain ini kualitasnya hampir sama dengan brand terkenal di dunia, yaitu Nike dan Adidas. Bahan ini tergolong sangat lembut.

Selain itu, bobot dari kain ini sekitar 210 gsm dengan serat kain yang cukup padat. Jika dilihat dari karakteristiknya yang lembut, elastis, dan daya serap tinggi akan sangat cocok digunakan untuk membuat seragam atau kaos olahraga.

Sebab, bahan yang elastis dan tebal tidak akan mudah sobek saat dipakai berolahraga. Meskipun agak tebal, tapi bahan ini gampang kering saat dijemur di bawah sinar matahari. Jadi, ibu-ibu tidak perlu khawatir akan lama keringnya.

Sekian penjelasan mengenai 5 jenis bahan jersey yang bisa dipakai di berbagai macam pakaian. Tentu saja untuk menggunakannya harus disesuaikan dengan jenis baju apa yang akan dibuat agar orang yang memakainya tetap nyaman.