Saat ini salah satu kegiatan yang dilakukan kebanyakan orang adalah dengan bermain game populer selama tahun 2022 khususnya sejak masa pandemi di tahun 2020 lalu. Masa pandemi di tahun lalu memang menjadi masa yang cukup sulit di mana semua orang di seluruh dunia sempat merasakan yang namanya isolasi di rumah untuk menjaga kesehatan masing-masing.

Ada orang yang bisa melewatinya bersama keluarga ada juga yang harus kehilangan orang-orang tercinta karena pandemi. Ada pula orang yang lebih banyak melakukan hobinya termasuk bermain game.

Hingga kini para pengembang game selalu menciptakan berbagai game-game terbaru. Tahukah Anda game populer selama tahun 2022? Bagi para pecinta game tentunya sangat mengerti akan hal ini namun bagi Anda para pemula dan ingin mencoba permainan game yang populer simak artikel ini apa saja game yang populer di sepanjang tahun 2022.

Daftar Game Populer Selama Tahun 2022

1. Dead Space Remake

Nama gameDead Space Remake
DeveloperMotive Studios
PenerbitElectronict Arts
PlatformPlayStation 5, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows
GenreHoror, Permainan menembak, Permainan petualangan

Game populer yang pertama adalah Dead Space Remake, meski tergolong baru karena baru dirilis di tahun 2022 namun game ini sangat populer sejak perilisannya. Game yang tergolong remake dan berkonsep survival horror ini ternyata termasuk game yang sangat ditunggu-tunggu para pecinta game apalagi bagi penggemar seri Dead Space.

Sebelum perilisan, pihak developer menunjukkan early pre-production dari game tersebut yang membuat para pecinta game semakin penasaran dengan trailer yang diberikan. Game remake ini diketahui merupakan game survival yang berlatar di luar angkasa dan memiliki kekhasan unsur horornya yang mencekam dan terdapat monster populer yang bernama Necromorph.

Pada tahun-tahun sebelumnya perwakilan dari developer tersebut yaitu EA Motive menyebutkan bahwa mereka tidak akan aktif sementara di depan publik karena akan fokus dalam mengerjakan game Dead Space Remake. Ya, benar saja di tahun 2022 ini EA Motive berhasil merilis game remake yang sangat ditunggu-tunggu.

Sudahkah Anda siap kembali berada pada pesawat luar angkasa Ishimura?

2. Dying Light 2 Stay Human

Nama gameDying Light 2 Stay Human
DeveloperTechland Publishing
PenerbitTechland Publishing
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Nintendo Switch, Microsoft Windows
GenreHoror, Permainan aksi, Permainan petualangan, Adventure

Bagi Anda pecinta game horror mungkin tahun ini menjadi tahun populer Anda karena sebagian besar game populer selama tahun 2022 kebanyakan bertema horror. Game populer selanjutnya di tahun 2022 adalah Dying Light 2 Stay Human, series yang kedua ini dikemas lebih menarik dan mencekam lagi oleh para developer.

Game survival bertema horror ini memiliki elemen action RPG merupakan sekuel dari Dying Light pertama yang rilis di tahun 2015. Beberapa informasi juga menyebutkan bahwa Dying Light 2 ini menyajikan sebuah fitur yang bisa Anda gunakan untuk memilih pemain yang akan berperan dalam cerita tersebut dan akan mempengaruhi kondisi dunia.

Menariknya di awal permainan yaitu pemilihan pemain ini juga bisa menentukan nasib dari kelompok manusia yang mencoba bertahan untuk hidup di tempat yang penuh dengan makhluk zombie. Jadi di awal permainan ini dibutuhkan pengalaman dan juga ketelitian agar Anda tidak salah dalam menentukan pemain dan game Anda bisa berjalan lancar di akhir permainan.

Jadi tentunya dalam permainan video game ini Anda akan diminta untuk memiliki strategi yang benar jika ingin menang. Pada series yang kedua ini developer juga tetap mempertahankan fitur parkour. Hal inilah yang membuat seri game ini menjadi ciri khas ditambah dengan peningkatan kualitas fitur yang lainnya.

Series dari video game ini sudah rilis di bulan Februari 2022 dan menjadi game terpopuler sepanjang tahun 2022.

3. Elden Ring

Nama gameElden Ring
DeveloperFromSoftware
PenerbitBANDAI NAMCO Entertainment
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Seri X dan Seri S, Xbox One, Microsoft Windows
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan, Adventure
PenghargaanThe Game Award untuk Most Anticipated Game

Game populer selama tahun 2022 selanjutnya bernama Elden Ring, sama dengan video game sebelumnya Elden Ring juga game bertema horror. Game buatan developer FromSoftware Inc digadang-gadang juga menjadi game paling ditunggu karena game series yang satu ini diketahui developer menggaet penulis novel populer yaitu George R.R Martin yang menuliskan Game of Thrones.

Developer Elden Ring juga termasuk developer terkenal akan game-game yang sangat diminati para gamers. Elden Ring yang merupakan series dari Soul ini disebut akan menghadirkan efek permainan yang luar biasa dengan setting yang menyeramkan. Jadi gabungan antara Game of Thrones dan Dark Souls ini akan memberikan keseruan bagi Anda dibanding bermain game dari FromSoftware Inc sebelumnya.

4. Ghostwire: Tokyo

Nama gameGhostwire: Tokyo
DeveloperTango Gameworks
PenerbitBethesda Softworks
PlatformPlayStation 5, Microsoft Windows
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan

Ghostwire : Tokyo merupakan game buatan dari Tango Gameworks yang rilis di tahun 2022. Pada game horror yang satu ini Anda akan berhadapan dengan makhluk-makhluk misterius yang masing-masing memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Diketahui makhluk misterius ini terinspirasi dari Kuji-Kiri yang ada di Jepang.

Game ini merupakan buatan dari kreator Resident Evil yang terkenal, Ghostwire : Tokyo akan membuat Anda merasakan sensasi horror dengan penuh misteri yang akan terus membuat Anda penasaran.

5. God of War Ragnarök

Nama gameGod of War Ragnarök
DeveloperSIE Santa Monica Studio
PenerbitSony Interactive Entertainment
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan, Permainan peran

Kini video game banyak sekali series dan sekuelnya karena diketahui game ini saling berhubungan dan setiap sekuelnya mengalami bersambung. Sama halnya dengan sebuah film atau drama, video game banyak diminati para gamers selain unsur dari game itu sendiri terkadang alur cerita yang menarik juga semakin membuat para gamers menjadi tertarik.

Sekual God of War Ragnarök contohnya, Anda yang bukan seorang gamers pasti juga tidak asing dengan game populer selama tahun 2022 ini karena sering diperdengarkan. Tahukah Anda siapa karakter utama pada game God of War ini? Karakter tersebut bernama Kratos.

Kratos merupakan simbol seorang prajurit yang sangat dihormati dan dinilai sebagai seorang Jenderal. Kratos ini sendiri digambarkan dengan peran yang memiliki badan besar, berotot, kepala plontos, janggut hitam serta memiliki tato merah di tubuhnya. Hal inilah yang menjadi keunikan dan kekhasan yang mudah dikenali oleh seorang Kratos.

Nah untuk sifatnya itu sendiri meskipun dibuat sebagai karakter utama namun Kratos sedikit memiliki sifat kejam dan pendendam. Nah namun di era Nordik ini kepribadian Kratos berubah dengan digambarkannya memiliki seorang anak. Pada era ini Kratos memiliki sifat yang lebih tenang dan selalu menasihati apa yang dilakukan oleh Atreus.

Seperti yang disebutkan tadi, jadi setiap game yang baru pasti akan ditunggu-tunggu para gamers mengenai cerita alur game selanjutnya, fitur terbaru hingga senjata terbaru yang mendukung jalannya permainan.

Pada sekuel God of War Ragnarök yang baru ini Anda akan ditunjukkan kelanjutan dari petualangan Kratos dengan Atreus yang sedang menghadapi sosok Dewa yang berasal dari Nordik contohnya Thor. Banyak sekali komponen dari gameplay terbaru yang dihadirkan pada God of War Ragnarök.

Alasan lainnya mengapa game ini sangat ditunggu-tunggu karena ternyata game ini merupakan akhir dari cerita mitologi Nordik. Bagi Anda yang sudah bermain game dari awal sekuelnya pasti Anda tidak akan ketinggalan untuk bermain game yang satu ini.

Baca juga: Kumpulan Cheat GTA Terlengkap [PC, PS2, PS3, & PS4]

6. Horizon Forbidden West

Nama gameHorizon Forbidden West
DeveloperGuerrilla Games
PenerbitSony Interactive Entertainment
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan, Permainan peran
PenghargaanThe Game Award untuk Game Terbaik Tahun Ini

Game populer selama tahun 2022 selanjutnya merupakan buatan dari Guerilla Games yang menceritakan kisah petualangan Aloy ketika mengungkapkan misteri dari Forbidden West yang berhubungan dengan kondisi dunia saat ini. Oleh karena itu game ini bernama Horizon Forbidden West.

Game ini berlatar di dunia post apocalyptic dengan objek yang ada di sana adalah makhluk mesin yang berbahaya. Horizon Forbidden West ini merupakan sekuel kedua dari Horizon Zero Dawn yang di sekuel pertamanya masih terdapat banyak misteri yang harus dipecahkan. Oleh karena itu banyak sekali yang menunggu-nunggu perilisan series yang kedua ini.

Game ini ternyata sempat tertunda perilisannya karena adanya pandemi hingga akhirnya resmi dirilis di tahun 2022.

7. The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Nama gameThe Legend of Zelda: Breath of the Wild
DeveloperNintendo Entertainment Planning & Development
PenerbitNintendo Entertainment
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan, Permainan peran
PenghargaanThe Game Award untuk Game Terbaik Tahun Ini

Game selanjutnya adalah besutan dari Nintendo Games. Game yang satu ini sangat diantisipasi oleh para gamers karena sudah diakui dengan perolehan penghargaan Most Anticipated Nintendo Game pada ajang E3 2021. Jadi sekuel The Legend of Zelda ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya.

Berbagai informasi menyebutkan bahwa The Legend of Zelda yang kedua ini akan menyajikan konten yang sangat banyak beserta dunia yang lebih luas jika dibandingkan dengan game sebelumnya. Hal ini tentunya semakin membuat para gamers tertarik untuk memainkannya.

8. S.T.A.L.K.E.R. 2: Heart of Chornobyl

Nama gameS.T.A.L.K.E.R. 2: Heart of Chornobyl
DeveloperGSC Game World
PenerbitGSC Game World
PlatformXbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan, Arcade

Game populer selama tahun 2022 selanjutnya adalah S.T.A.L.K.E.R. 2: Heart of Chornobyl pada game ini para gamers akan selalu merindukan hal-hal yang dilakukan Chernobyl yaitu penikmat api unggun yang memainkan gitar pada kota yang telah dipenuhi oleh radiasi nuklir. Jika dibayangkan sebagai kehidupan nyata, hal ini tentunya sangat menakutkan sekali.

Hidup berada di tengah kota yang dipenuhi oleh radiasi nuklir pasti tidak akan terbayangkan oleh para manusia. Nah namun melalui game ini yang memiliki latar tempat dan kondisi tersebut akan menghasilkan keseruan dan kondisi yang mencengangkan.

Nah meskipun game ini sekuel kedua namun S.T.A.L.K.E.R. yang terbaru ini menghadirkan cerita yang baru di mana Anda harus menghadapi kondisi-kondisi sulit seperti adanya monster yang terus bermutasi hingga para stalker yang muncul di Chernobyl. Sangat menarik bukan?

9. Starfield

Nama gameStarfield
DeveloperBethesda Game Studios
PenerbitGSC Game World
PlatformXbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan, Arcade
PenghargaanThe Game Award untuk Most Anticipated Game

Bagi Anda yang senang dengan film petualangan ataupun film yang berlatar luar angkasa maka video game yang satu ini sangat cocok untuk Anda coba mainkan. Video game yang satu ini bernama Starfield. Starfield merupakan sebuah game buatan dari Skryim yang dimiliki Bethesda serta kreator dari Fallout 4.

Menariknya fakta dari game ini disebut-sebut sudah dikerjakan selama 25 tahun lamanya loh. Jadi di game ini Anda akan berperan sebagai astronot yang akan mencoba mencari masa depan seluruh umat manusia.

10. Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin

Nama gameStranger of Paradise: Final Fantasy Origin
DeveloperTeam Ninja, Square Enix
PenerbitSquare Enix
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan

Game populer selama tahun 2022 selanjutnya yang mendapat respon positif juga dari para gamers adalah Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin. Game ini merupakan game action yang dikembangkan oleh Team Ninja yang juga mengembangkan seri Nioh dan Dead or Alive yang populer.

Game terdahulunya mendapatkan respons yang sangat baik dari gamers oleh karena itu Stranger of Paradise juga populer di sepanjang tahun 2022 ini. Game ini memiliki kemiripan dengan seri Nioh selain itu karakter yang ada di game ini juga sering dijadikan sebagai meme dengan menyebut CHAOS.

Baca juga: Daftar Cheat GTA 5 Lengkap untuk PC, PS dan Ponsel

11. Bomb Rush Cyberfunk

Nama gameBomb Rush Cyberfunk
DeveloperTeam Reptile
PenerbitTeam Reptile
PlatformNintendo Switch, Microsoft Windows, Linux, macOS
GenrePermainan video, Permainan petualangan

Video game selanjutnya merupakan game petualangan yang bertemakan skating. Jadi jika Anda memainkan video game yang dikembangkan oleh Team Reptile ini Anda akan berpetualang dengan menggunakan skating dan diiringi dengan musik yang apik. Produser musik video game ini yaitu Hideki Naganuma.

Nah sayangnya video game ini belum terealisasi di tahun 2022 ini meskipun sudah direncanakan sebelumnya. Jadi dari pihak developer itu sendiri memberikan informasi akan ada perubahan jadwal rilis game Bomb Rush Cyberfunk, diketahui game ini baru akan rilis di tahun depan yaitu 2023.

12. Gotham Knights

Nama gameGotham Knights
DeveloperWB Games Montréal, QLOC
PenerbitWarner Bros. International Enterprises
PlatformPlayStation 5, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows
GenrePermainan video, Permainan petualangan, Permainan aksi, Adventure

Masih bertema action, video game kali ini buatan dari WB Games Montreal dan dipublikasikan oleh Warner Bros. Sesuai dengan judulnya Gotham Knights, game ini memang terinspirasi berdasarkan tokoh Batman beserta karakter pendukung yang lain yang ada pada komik series Batman: Gotham Knight.

Nah namun pada game populer selama tahun 2022 ini, karakter yang dimainkan fokus pada Nightwing, Batgirl, Robin serta Red Hood. Alasan digunakan karakter ini karena setting waktunya berlangsung setelah kematian dari Batman dan dianggap karakter pendukunglah yang akan meneruskan aksi heroiknya.

Keempat karakter ini masing-masing memiliki keunikan dan kebiasaannya tersendiri. Contohnya Robin yang mampu melakukan teleportasi melalui satelit yang dimiliki Justice League’s.

Pada game ini hal yang bisa Anda lakukan diantaranya melakukan pertempuran dengan melawan musuh, mengelilingi kota Gotham, berinteraksi dengan sesama karakter, menjalankan sebuah misi dan memperoleh poin. Anda juga bisa meningkatkan level karakter Anda baik itu dari segi senjata maupun kekuatan.

Jadi game ini berpusat pada sebuah permainan yang menjalankan misi untuk menyelesaikan sebuah masalah yang ada. Misi yang sudah berhasil diselesaikan nantinya Anda akan mendapatkan sebuah item yang biasanya juga harus dikumpulkan dan disimpan. Video game ini kompatibel untuk Microsoft, PS 5 dan Xbox Series X/S.

Sebelumnya video game ini direncanakan untuk dirancang pada PS 4 dan Xbox One tetapi rencana tersebut tidak terealisasi karena dimungkinkan terdapat kritikan terhadap tampilan desain gameplay, alur cerita dan lainnya. Nah namun untuk karakternya sangat mendapatkan respons yang positif.

13. Gran Turismo 7

Nama gameGran Turismo 7
DeveloperPolyphony Digital
PenerbitSony Interactive Entertainment
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4
GenreSimulasi balap mobil, Permainan olahraga

Game populer selama tahun 2022 selanjutnya merupakan game racing yang sangat diminati para gamers. Gran Turismo 7 ini merupakan game buatan Polyphony Digital dan dipublikasikan oleh Sony Interactive Entertainment. Gran Turismo ini memiliki beberapa series dan yang terbaru di 2022 ini merupakan keluaran yang ketujuh.

Tahukah Anda ternyata video game yang satu ini sudah dikenalkan oleh Sony sejak 2020 dan akan dikeluarkan pada PS 5 namun video game ini baru terealisasi di tahun 2022 dan kompatibel untuk PS4 ataupun PS5.

14. Pokémon Legends: Arceus

Nama gamePokémon Legends: Arceus
DeveloperGame Freak
PenerbitGame Freak
PlatformNintendo Switch
GenrePermainan petualangan, Permainan peran
PenghargaanThe Game Award untuk Game RPG Terbaik

Siapa yang tidak kenal Pokémon? Tokoh animasi mungkin pertama kali Anda lihat di sebuah film namun tahukah Anda ternyata video game Pokémon lebih dulu muncul dibandingkan serialnya loh. Film Pokémon ini pasti menjadi salah satu film yang menemani masa kecil Anda.

Berbagai karakter lucu dari Pokémon itu sendiri yang menjadi daya tarik dari game maupun film ini. Pokemon itu sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Pocket Monster yang terdiri dari makhluk-makhluk unik dan misterius. Diketahui berdasarkan developer dan penulisnya menyebutkan bahwa Pokémon bisa tinggal bersama manusia ada juga yang tinggal bebas di alam liar, padang rumput atau gua misalnya.

Nah sedangkan game terbaru Pokémon yang rilis di tahun 2022 ini merupakan buatan dari Game Freak dan dipublikasikan oleh Nintendo yang bekerja sama dengan Pokémon Company untuk digunakan pada Nintendo Switch. Serinya itu sendiri hingga kini sudah mencapai 8 generasi sedangkan sejak awal kemunculannya Pokémon sudah merayakan anniversary-nya yang ke-25 pada tahun lalu di Februari 2021.

Pada game ini sendiri ditunjukkan petualangan karakter utama pada sebuah pulau Hokkaido dengan setting waktu saat zaman kolonialisasi.

15. Destiny 2: The Witch Queen

Nama gameDestiny 2: The Witch Queen
DeveloperBungie Inc.
PenerbitBungie Inc.
PlatformPlayStation 5, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Microsoft Windows, Google Stadia
GenrePermainan aksi, Permainan petualangan, Arcade

Game populer selama tahun 2022 selanjutnya adalah Destiny 2, game ini dinilai sebagai game terbaik dari series Destiny selama 8 tahun terakhir. Hal ini disebabkan karena banyaknya lokasi, senjata maupun kekuatan yang sudah terbaru dan berkembang. Hal ini juga diakui sendiri oleh pihak pengembangnya.

Pengembang benar-benar fokus dan terus menghabiskan waktunya untuk menciptakan game terbaru ini. Destiny 2 itu sendiri tersedia pada PS 4, PS 5, Windows, maupun Xbox.

Baca juga: 7 Game Battle Royal Terbaru Dan Seru Untuk Dimainkan

16. Lost Ark

Nama gameLost Ark
DeveloperSmilegate, Tripod Studio, Smilegate RPG, Smilegate Entertainment, Inc.
PenerbitSmilegate, Amazon Game Studios, Amazon Games
PlatformGeForce Now, Microsoft Windows
GenrePermainan peran

Game ini pada awalnya telah diluncurkan pada tahun 2019 tepatnya di Korea nah namun setelah itu seperti diremake, game ini kemudian diadaptasi agar dirilis di negara-negara Eropa maupun America Utara. Nah bagi Anda yang tertarik dengan game yang satu ini, game ini bisa digunakan pada OS Windows.

17. Strange Horticulture

Nama gameStrange Horticulture
DeveloperBad Viking
PenerbitIceberg Interactive
PlatformNintendo Switch, Microsoft Windows
GenrePermainan video, permainan teka-teki

Bagi Anda yang senang dengan game simulasi manajemen, Anda bisa memainkan Strange Horticulture. Game yang satu ini memungkinkan Anda untuk melakukan jual beli tanaman. Jadi di sini Anda akan menjalankan sebuah toko tanaman kemudian akan diikuti sebuah kisah aneh dan gaib untuk melanjutkan permainan.

Jika Anda ingin menamatkan game ini sekaligus Anda akan membutuhkan waktu 5 jam lebih. Game simulasi ini termasuk ke dalam game populer selama tahun 2022.

18. Total War: Warhammer 3

Nama gameTotal War: Warhammer 3
DeveloperCreative Assembly, Feral Interactive
PenerbitFeral Interactive, Sega, SEGA of America
PlatformMicrosoft Windows, macOS, Linux, Sistem operasi Macintosh
GenrePermainan video, permainan multiperan

Game ini termasuk game fantasi karena berlatar di tempat-tempat yang penuh fantasi. Anda akan dibawa ke dalam alam yang terdiri dari goliat maupun raja iblis yang akan membawa kekacauan.

Nah misi inilah yang harus Anda tuntaskan dalam menghadapi iblis dan monster lainnya. Jika Anda tertarik dengan sebuah game yang memiliki tema agak dark, Anda bisa mencoba video game ini dan kompatibel untuk hampir semua OS PC seperti Windows, Mac, Linux dan juga PC Game Pass.

Itulah beberapa game populer selama tahun 2022 yang bisa Anda mainkan baik itu melalui sebuah PC ataupun Playstation dan perangkat lainnya yang sudah disebutkan di atas. Game merupakan media hiburan yang bisa mengisi waktu Anda dikala senggang dan membutuhkan relaksasi setelah bekerja seharian.

Nah namun jika sudah bermain game Anda jangan lupa terhadap waktu karena jika Anda bermain game biasanya pasti akan otomatis terlalu asyik untuk menuntaskan semua misi yang harus dilakukan. Jadi jangan lupa untuk selalu memperhatikan waktu saat sedang bermain game.

Nah meskipun kini bermain video game sudah masuk ke dalam olahraga e-sports namun tetap saja agar kinerja motorik Anda seimbang dengan fisik, Anda juga harus memperhatikan aktivitas lain seperti berolahraga ataupun kegiatan lainnya agar mata Anda tidak terpaku ke layar PC ataupun perangkat lainnya.

Setiap tahun para developer sepertinya berlomba-lomba untuk mengembangkan dan merilis berbagai video game terbarunya. Seperti yang diketahui kini peminat dari video game sudah lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kecanggihan teknologi yang membuat bermain game menjadi lebih menyenangkan.

Game populer selama tahun 2022 ini terdiri dari berbagai tema mulai dari horror, action, petualangan hingga permainan simulasi lainnya yang cocok untuk dimainkan semua kategori