Bermain game Android menjadi salah satu hobi yang menyenangkan bagi banyak orang. Pasalnya, ada berbagai jenis game dengan genre favorit masing-masing yang bisa diunduh secara gratis. Untuk kamu yang suka nge-game di smartphone Android, wajib tahu apa saja game gratis Android paling seru untuk dimainkan.

Bagi kamu yang termasuk gamer, game Android menjadi incaran karena bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang, bahkan bisa dimainkan saat offline sekalipun. Ada juga game yang mempunyai fitur gacha sehingga para pemain dapat memilih berbagai karakter atau item menarik. Untuk kamu yang suka game offline mudah dan simple juga tersedia secara lengkap dan bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Inilah Deretan Game Gratis Android Paling Seru Yang Wajib Kamu Coba

Selain sebagai hiburan, ternyata bermain game juga bisa mengasah otak karena terbiasa menggunakan strategi untuk memecahkan masalah. Untuk kamu yang sedang mencari game gratis Android paling seru, berikut ini beberapa pilihannya.

Game Android Offline

Game Gratis Android Paling Seru

Di bawah ini merupakan beberapa game offline Android yang bisa kamu coba.

1. Smurf Village

Apakah kamu termasuk penggemar animasi kurcaci biru? Smurf Village merupakan salah satu game offline terbaik yang saat ini telah memproduksi versi kedua dan sudah mendapatkan ulasan hingga ratusan ribu.

Kamu akan dimanjakan dengan kehadiran game ini karena dapat bebas berkreasi untuk membangun desa Smurf. Game ini memperoleh rating 4,5 di Play Store dan mendapatkan respon positif dari para penggunanya. Dijamin kamu akan menikmati keseruan ketika memainkan game ini karena bisa berkreasi sebebas mungkin.

2. Quizoid

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba game gratis dari Android yang disebut Quizoid. Mungkin game ini cukup asing bagi banyak orang, tetapi sebenarnya game ini sangat seru untuk dimainkan. Apalagi ukuran game ini tergolong kecil yaitu 5,4 MB sehingga cocok untuk kamu yang menggunakan smartphone dengan kapasitas RAM yang terbatas.

Dengan begitu kamu masih tetap bisa merasakan sensasi bermain game yang menantang. Bagi yang suka permainan menjawab pertanyaan yang melibatkan otak untuk berpikir, game ini menyediakan setidaknya 7000 pertanyaan yang merupakan kuis yang harus dijawab.

3. Candy Crush

Salah satu game gratis Android paling seru dan banyak diunduh oleh para pengguna Android yaitu Candy Crush. Permainan ini sangat menyenangkan terutama untuk kamu yang suka dengan game level.

Sudah lebih dari 50 juta pengguna dari seluruh dunia yang mendownload Candy Crush di Play Store. Jika kamu ingin mengunduh game ini, maka membutuhkan RAM sekitar 84 MB.

Sesuai namanya, misi dari Candy Crush ini yaitu meminta para pemain untuk mengumpulkan Candy atau permen sehingga bisa naik level. Untuk kamu yang suka tantangan, game gratis offline ini wajib kamu coba.

4. Kingdom Rush: Tower Defense Game

Siapa yang suka dengan permainan yang memiliki nuansa kerajaan seperti di abad pertengahan? Kingdom Rush: Tower Defense Game merupakan salah satu game offline gratis yang dapat diunduh di Play Store dengan latar belakang abad pertengahan yang sangat seru.

Untuk rating Kingdom Rush di Play Store yaitu 4,7 dan sudah diunduh oleh banyak pengguna. Misi yang diberikan kepada para gamers dalam game ini yaitu membangun dan mempertahankan menara. Pada game ini terdapat empat jenis menara, yaitu artileri, barak, pemanah, dan penyihir.

5. Cover Fire

Cover Fire merupakan rekomendasi game gratis offline selanjutnya yang wajib kamu coba. Game ini mengusung tema tembak-menembak atau sniper shooting sehingga para pemain bisa memilih senjata dan karakter yang sesuai dengan keinginan.

Karena Cover Fire merupakan game offline, maka untuk memainkannya tidak perlu menggunakan internet. Meskipun demikian, kualitas gambar pada game ini tampak halus karena sudah menerapkan gambar dengan kualitas HD.

6. Dumb Ways To Die 2

Para pecinta game tentu sudah tidak asing lagi dengan game besutan PlaySide Studios yang bernama Dumb Ways to Die. Bahkan game ini rilis hingga seri ketiga di mana setiap versi game sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda.

Meskipun pada permainan ini menampilkan ilustrasi yang menggemaskan dan lucu tetapi para pemain wajib menyeimbangkan diri dengan alur game yang pergerakannya sangat cepat. Selain itu, jika ingin berhasil dalam game ini, kamu wajib memahami setiap karakter agar tetap bisa bertahan dan tidak mati.

7. Plants Vs Zombies 2

Game ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu mencapai 670 MB. Jadi tidak heran jika visual game ini terlihat keren. Plants vs Zombies 2 merupakan game offline yang cukup populer dan dimainkan oleh banyak gamers.

Game ini menyajikan atraksi pada berbagai jenis tanaman yang melawan serangan dari zombie. Tantangan kamu yang memainkan game ini yaitu akan merasa sulit pada setiap peningkatan level.

8. Infinity Loop

Apakah kamu suka dengan permainan teka-teki? Jika iya, maka Infinity Loop merupakan game yang wajib kamu coba. Game ini menyajikan permainan teka-teki yang menggunakan konsep menyenangkan dan seru.

Infinity Loop menjadi salah satu game gratis Android paling seru yang bisa dimainkan secara offline. Dengan memainkan permainan ini maka kamu dapat melatih kemampuan otak untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Saat memainkannya, kamu akan disajikan beberapa simbol yang bisa digabungkan dan dipisahkan. Namun tantangannya, pola-pola tersebut memang terlihat mudah tetapi ternyata sulit untuk dipecahkan.

9. Crossy Road

Bagi kamu yang suka permainan Lego, game ini patut untuk dicoba karena tampilannya seperti Lego. Sudah lebih dari 100 juta pengguna yang memainkan game ini dan memberikan ulasan positif dengan rating 4,6 di Play Store.

Apabila kamu memainkan game ini, misi yang harus kamu selesaikan yaitu menyeberangkan ayam untuk melewati jalan raya yang padat. Meskipun sederhana, tetapi para pengguna harus melewati semua rintangan untuk menghindari kendaraan besar yang berlalu lalang.

10. Alto’s Odyssey

Alto’s Odyssey merupakan game yang mengisahkan tentang perjalanan misteri Alto dan kawan-kawan dalam mengemban misi untuk menjelajahi dunia dan mengungkap rahasia alam. Untuk kamu yang suka game offline yang menantang, bisa mencoba game yang satu ini.

Keunggulan dari game ini salah satunya yaitu mempunyai grafis yang sangat bagus, misalnya memperlihatkan jurang kuil dan perbukitan yang jelas. Petualangan pada game ini tidak mudah karena pemain harus melalui berbagai medan yang terjal untuk bisa menyelesaikan misi. Untuk kamu yang suka tantangan pasti sangat seru untuk memainkan game yang satu ini.

11. Shadow of Death – Stickman Fighting

Untuk kamu para pecinta game gratis Android paling seru mungkin sudah familiar dengan Shadow of Death yang diproduksi oleh Braverstar Games. Permainan ini mendapatkan rating 4,7 bintang di Play Store dan sudah diunduh oleh ratusan ribu pengguna.

Game ini menceritakan tentang Raja Luther 14 yang bergulat saat perang di wilayah tanah Aurora. Tidak hanya adu senjata, ternyata karakter pada game ini sudah dibekali dengan kekuatan yang luar biasa. Selain itu, desain grafisnya juga berkualitas karena menampilkan gambar layaknya film fiksi ilmiah.

12. Six Gun: Gang Showdown

Game besutan Gameloft ini cukup populer dan diminati oleh banyak gamers, terutama para pencinta game Android offline. Para pemain diminta untuk memainkan peran tokoh cowboy dalam game ini. Selain itu pemain juga harus memainkan adegan menunggang kuda dan tembak-menembak.

Pada permainan ini kamu dapat membeli berbagai senjata termasuk juga mesin gerinda. Misi yang harus diselesaikan dalam game ini yaitu pemain harus dapat mengalahkan musuh berupa zombie dan perompak.

Baca juga: 18 Game Populer Selama Tahun 2022 Terbaik, Ini Daftarnya

Game Android Online

Game Gratis Android Paling Seru

Selain game offline, ada juga beberapa game online yang seru dan popular. Kamu dapat mencoba game gratis Android paling seru berikut ini.

1. Genshin Impact

Kualitas grafis dari game android yang satu ini pastinya sudah tidak diragukan lagi. Meskipun hanya game Android, tetapi Genshin Impact memiliki kualitas grafis seperti game Nintendo switch.

Wajar saja, karena Genshin Impact merupakan game yang mendukung fitur cross play dengan PC sehingga game ini dapat dimainkan di PC apabila spek HP kamu tidak memenuhi.

Genshin Impact secara garis besar mempunyai gameplay seperti The Legend of Zelda: Breath of The Wild. Apabila kamu suka dengan game RPG yang memiliki fitur eksplorasi dan kombat yang luas game ini wajib dicoba.

2. Shadow Flight 3

Salah satu game RPG fighting yang sangat menantang untuk para gamers yaitu Shadow Fight 3. Mengapa demikian tanda tanya karena pada setiap levelnya memiliki musuh atau lawan yang semakin sulit untuk dikalahkan.

Jika dilihat dari tampilannya, game Android ini menampilkan nuansa dunia dongeng animasi dengan visual yang menarik. Alur cerita dari game ini juga sangat unik sehingga menjadikan ini sebagai salah satu game gratis Android paling seru.

Saat memainkannya, kamu dapat mengenali musuh yang memiliki pengaruh terhadap strategi bertarung hanya dengan mempelajari alur ceritanya. Sudah lebih dari 100 juta pengguna yang mengunduh game ini, jadi untuk kamu penggunaan Android 5.0 ke atas bisa menginstallnya.

3. eFootball PES 2020

Sebenarnya game ini rilis beberapa tahun yang lalu dan bukan termasuk game online terbaru, tetapi hingga saat ini tetap dimainkan oleh para gamers, terutama fans game sepak bola. Jika kamu pengguna Android, kamu bisa memilih eFootball PES 2020. Pasalnya, game ini bukanlah game pay-to-win sehingga skill kamu sangat berpengaruh untuk memenangkan permainan.

Fokus dari game ini yaitu konsep esport, jadi perbedaannya dengan FIFA Soccer yang terkesan mencari untung dan banyak mengandalkan skill dan item yang sudah tersedia. Tidak heran jika game ini menjadi salah satu game terbaik saat ini dan sebagai game gratis Android paling seru.

4. Shadowgun War Games

Siapa di sini yang suka dengan game yang mengusung konsep peperangan? Kamu bisa mencoba game yang satu ini. Meskipun tergolong sebagai game baru tetapi sudah berpotensi untuk menjadi salah satu game Android terbaik.

Jika kamu ingin menginstal game ini di HP, kamu butuh RAM ukuran 57 MB menggunakan smartphone Android 6.0 ke atas. Game yang dikembangkan oleh Madfinger Games ini sudah diunduh oleh lebih dari 500.000 pengguna.

5. Mobile Legends: Bang Bang

Siapa sih yang tidak kenal game moba yang satu ini? MLBB merupakan game besutan Moonton yang termasuk game online populer di kalangan gamers tanah air. Para pecinta game dijamin sudah pernah memainkan game moba ini.

Selain lewat smartphone Android, MLBB juga bisa dimainkan di PC. Kamu lebih mudah untuk mengendalikan hero yang kamu gunakan karena game ini menggunakan analog virtual.
Moonton merilis pada tahun 2016 dan sampai sekarang game ini masih reguler mendapatkan update besar. Bahkan peminat Mobile Legends juga semakin bertambah meskipun muncul berbagai game baru lainnya.

6. Pokémon Masters EX

Kamu dapat mencoba game gratis Android paling seru yaitu Pokémon Masters EX. Game ini merupakan keluaran Nintendo yang mempunyai gameplay sangat menarik untuk dieksplor.
Saat Pokémon GO rilis pada tahun 2016, banyak para pengguna yang mengeluh karena game ini mempunyai gameplay berbeda dibandingkan dengan game Pokémon umumnya.

Kamu membutuhkan memori RAM sebesar 77 MB untuk menginstall game yang satu ini dengan smartphone Android 5.0 ke atas. Jika kamu suka permainan dengan genre RPG, game ini menjadi salah satu opsi yang tepat untuk dimainkan.

7. Black Desert Mobile

Black Desert Online merupakan game MMORPG versi HP yang diminati oleh para gamers. Tampilan grafis pada game ini sangat memukau, apalagi dengan hadirnya fitur character creation yang komprehensif.

Kamu butuh komitmen dan waktu untuk bisa mencapai level tertinggi tapi jangan sampai kecanduan! Ukuran game ini yaitu 87 MB dan bisa dipasang pada Android OS minimal 5.0 ke atas. Sudah lebih dari 5 juta pengguna yang mengunduh game ini lewat Play Store.

8. Call Of Duty: Mobile

Game online COD Mobile merupakan salah satu game terbaik Android genre FPS yang hingga saat ini masih dimainkan oleh banyak gamers. COD Mobile menerapkan mode multiplayer sehingga kamu dapat bertanding antar tim untuk menang dalam pertandingan.

Kamu bisa memainkan COD Mobile untuk mendapatkan pengalaman baru dalam bermain game FPS menggunakan smartphone Android. Namun di beberapa negara game gratis Android paling seru ini masih di tahap beta testing sehingga harus sabar untuk menunggu game ini rilis dengan ketentuan terbaru.

Sudah lebih dari 10 juta pengguna yang mendownload game ini di smartphone mereka. Untuk sistem operasi yang dapat digunakan untuk mengunduh dan memasang game ini juga berbeda-beda tergantung dengan perangkat. Jika kamu ingin memainkan game online secara gratis maka segeralah menginstallnya.

9. Stardew Valley

Apabila kamu sedang mencari game Android terbaik yang ringan maka kamu bisa mencoba game Stardew Valley. Kamu dapat memainkan game ini jika game PS1 terbaik Harvest Moon tidak dapat kamu mainkan.

Setelah sukses di konsol dan PC, game peternakan/pertanian Stardew Valley rilis pada tahun 2019. Seperti halnya Harvest Moon, kamu memiliki tugas untuk membangun lahan pertanian yang merupakan peninggalan dari kakekmu. Uniknya pada game ini, kamu dapat menjalin hubungan asmara dengan penduduk pilihan. Tidak heran jika Stardew Valley menjadi salah satu game gratis Android paling seru.

10. Minecraft Pocket Edition

Game Android paling seru yang satu ini sudah diunduh oleh banyak pengguna, yaitu lebih dari 10 juta. Game dengan genre arcade ini memiliki dunia sangat luas untuk dijelajahi.

Awalnya, Minecraft Pocket Edition hanya memiliki versi PC dan konsolnya saja, tetapi saat ini sudah dapat dimainkan di Android. Bahkan game ini menjadi salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Saat memainkannya, kamu dapat bermain sambil menjelajahi dunia dalam game untuk mendapatkan harta terpendam. Agar lebih seru, kamu boleh mengajak teman dalam permainan ini. Jika kamu sudah bosan dengan game moba atau battle royale maka boleh mencoba Minecraft Pocket Edition. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari game lainnya.

11. Life After

Adapun game gratis Android paling seru selanjutnya yaitu Life After yang sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Game dengan genre RPG ini bisa dimainkan pada smartphone Android dengan OS minimal 4.0.

Ukuran RAM untuk game ini hanya 25 MB, tetapi belum termasuk dengan data in game. Life After bersifat gratis sehingga kamu dapat memainkan game yang dikembangkan oleh NetEase Game dengan.

Keunggulan dari game ini yaitu memiliki kualitas grafis sama dengan game PC atau konsol. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pengalaman main game yang jauh lebih seru dan berkesan. Dalam Life After, kamu tidak hanya bertahan hidup di dunia pasca kiamat tetapi juga harus menghadapi serangan gerombolan zombie yang menakutkan.

12. Life is Strange Mobile

Life is Strange Mobile merupakan game Android terbaik dengan konsep petualangan yang sangat seru. Awal rilis pada tahun 2015 game ini masih dalam versi game PC dan konsol.

Salah satu keunikan dari Life is Strange Mobile yaitu mempunyai grafis yang berkualitas dengan kualitas story yang juga tidak main-main. Misi utama yang harus kamu selesaikan yaitu menentukan jalan cerita selanjutnya dengan cara memilih opsi yang tersedia.

Kamu bisa menikmati game gratis Android paling seru ini dengan gratis tetapi bukan versi full. Sedangkan apabila ingin menikmati versi full, kamu perlu membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

13. PUBG Mobile

Sepertinya tidak ada satupun gamers yang tidak mengetahui game PUBG Mobile. Game yang dirilis untuk smartphone Android dan iOS ternyata banyak juga yang memainkannya di PC dan konsol.
Dalam suatu permainan, ada 100 orang pemain dan misi kamu yaitu menjadi orang terakhir yang bertahan hidup dalam game. Selain dimainkan sendiri, ternyata PUBG Mobile juga bisa dimainkan mode Duo atau Squad.

Kamu dapat mengunduh game ini jika perangkat yang kamu gunakan merupakan OS minimal Android 4.3+. Untuk para pengguna yang sudah mengunduh game ini yaitu lebih dari 100 juta. Untuk kamu yang suka game genre action, wajib mencoba PUBG Mobile.

14. Free Fire

Free Fire merupakan game gratis Android paling seru yang hanya bisa dimainkan saat online. Untuk kamu yang merasa PUBG Mobile merupakan game kompleks ada baiknya jika memainkan Free Fire. Game ini menawarkan gameplay yang serupa dengan konsep yang lebih sederhana.

Durasi permainan pada game ini kurang lebih 10 menit dan harus melawan 50 pemain lainnya.
Itulah beberapa rekomendasi game gratis Android paling seru yang bisa kamu coba. Sekarang untuk mencari game Android sudah sangat mudah, karena banyak developer yang membuat dan mengembangkan game online maupun offline yang bisa diunduh secara gratis.

Baca juga: 7 Game Battle Royal Terbaru Dan Seru Untuk Dimainkan

Sebelum mengunduh dan menginstall game, pastikan memori dan RAM HP kamu tersedia. Apalagi jika ingin mengunduh game online yang notabene membutuhkan RAM yang besar