Membuat tampilan make up terlihat flawless merupakan fungsi Primer Make Up yang diketahui banyak orang. Namun banyak orang yang melewatkan penggunaan primer sebelum make up padahal primer make up itu sangat bagus digunakan karena bisa menjadi pengganti skincare.

Sehingga perlu pengetahuan baru terkait fungsi Primer Make Up dan juga berbagai macam jenis primer. Primer make up bukan hanya untuk kulit wajah saja namun ada jenis primer eye untuk mata agar riasan mata tampak jelas dan tahan lama.

Jenis Primer Make Up yang Perlu Diketahui

Seperti yang sudah disinggung penjelasan diatas bahwa primer bukan hanya digunakan untuk wajah saja. Primer make up memiliki beberapa jenis yang hanya sedikit orang yang mengetahui terkhusus orang yang bekerja sebagai MUA atau influence pasti sudah tahu. 

Dengan adanya primer make up salah satunya primer jenis wajah yang digunakan di permukaan wajah dan ditimpa oleh foundation. Primer wajah akan memperhalus permukaan wajah dan make up menjadi tahan lama tidak akan terjadi make up longsor, menggumpal dan pecah-pecah.

Untuk itu bagi orang awam perlu mengetahui jenis primer selain primer wajah yang digunakan sebelum make up. Berikut simak penjelasan jenis primer make up selain primer face serta kegunaannya:

  • Primer eye sebutan primer yang digunakan di bagian kelopak mata dan sekitarnya. Fungsi dari primer tersebut untuk memberikan nutrisi kulit bagian sekitar mata dan menghilangkan kerutan selain itu memberikan warna eyeshadow lebih tajam dan tahan lama.
  • Lip primer untuk bagian bibir agar lembab dan menyamarkan warna bibir tentunya berbeda dengan produk lip balm. Dengan Lip Primer lipstik dan hiasan bibir lainnya mudah diaplikasi.
  • Lash primer digunakan di bulu mata berguna untuk membantu bulu mata agar tetap sehat walaupun sering menggunakan maskara seharian. Selain itu juga lash primer diaplikasikan sebelum menggunakan maskara.

Demikian penjelasan mengenai jenis primer make up selain primer wajah ada lash primer, lip primer dan primer eye. Semua primer make up tersebut digunakan untuk menjaga dan menutrisi seluruh bagian yang diaplikasikan karena mengandung skincare.

Fungsi Primer Make Up Sesuai Kondisi Kulit 

Setelah mengetahui jenis primer make up dan sudah dijelaskan sebelumnya bahwa primer make up bukan hanya primer wajah. Demikian kali ini, akan ada pembahasan khusus primer wajah karena make up mencakup hampir 70 persen yang didominasi oleh kulit wajah.

Terlebih jika menggunakan primer wajah perlu memperhatikan jenis dan kondisi kulit terlebih dahulu agar bisa menyesuaikan fungsi Primer Make Up yang akan digunakan. Berikut fungsi Primer Make Up wajah sesuai dengan kondisi kulit wajah.

1. Kondisi Wajah Berminyak

Jika mengalami kondisi kulit wajah yang berminyak jangan sampai mengecewakan pemakaian primer wajah. Karena jika melewatkan bagian ini maka akan mengakibatkan foundation tidak menempel dengan merata dan make up luntur.

Hal itu gunakan primer face yang mattifying yang hasilnya matte berbahan dasar air. Primer ini pilihan tepat untuk jenis kulit berminyak karena akan menahan minyak diwajah dan mengontrolnya.

2. Kondisi Wajah Normal

Jika kulit wajah normal tidak memiliki masalah kulit kering, berminyak, berjerawat atau lainnya maka bisa menggunakan primer wajah bebas. Namun direkomendasikan menggunakan primer illuminating agar wajah tampak lebih bercahaya dan glowing.

3. Kondisi Wajah Kering

Bagi orang yang memiliki jenis kulit cenderung kering dapat menggunakan primer face jenis hydrating untuk melembabkan. Selain itu jenis primer hydrating diformulasikan oleh bahan-bahan yang membuat kulit lembab agar terhindar dari make up pecah-pecah dan tidak rata.

4. Kondisi Wajah Kombinasi

Wajah kombinasi biasanya mempunyai dua jenis jenis kulit yang berbeda dalam satu wajah. Perbedaan jenis kulit ini memiliki tempat tersendiri seperti wajah bagian jidat dan hidung cenderung berminyak dan bagian lain kering.

Dengan keadaan jenis kulit demikian bisa menggunakan kombinasi primer juga namun tidak mencampurkan kedua primer wajah. Untuk hal ini cukup memberikan primer face mattifying pada spot berminyak dan primer hydrating pada seluruh wajah yang kering.

5. Kondisi Wajah Bertekstur

Kondisi Wajah Bertekstur biasa disematkan pada kulit yang mengalami wajah berjerawat, pori-pori besar, bekas jerawat, bopeng dan kerutan. Dengan kondisi demikian disarankan menggunakan primer face blurring primer dapat membantu menyamarkan tekstur karena mengandung formula silikon.

6. Kondisi Wajah dengan Masalah Hiperpigmentasi

Kondisi Wajah terakhir yang memiliki permasalahan yang berbeda dari kulit wajah diatas. Permasalahan ini ditandai dengan kemerahan ,bercak noda hitam bekas jerawat, mata panda dan lainnya bisa disamarkan dengan koreksi warna primer.

Demikian fungsi Primer Make Up sesuai dengan kondisi yang dialami kulit wajah sehingga perlu mengetahui jenis kulit dan kondisinya terlebih dahulu. Menggunakan Primer face disarankan di dunia make up karena untuk menutrisi dan melindungi kulit dari ketidakcocokan make up.

Demikian penjelasan mengenai jenis primer make up yaitu primer wajah ada juga lip, lash dan eye primer yang dapat digunakan. Selain itu penggunaan primer disesuaikan jenis kulit yang dimiliki agar menghasilkan make up yang sempurna dan tahan lama.