Cara agar video TikTok muncul di beranda menjadi informasi yang dibutuhkan oleh banyak pengguna platform ini. Pasalnya, video yang berhasil masuk beranda (disebut juga FYP) lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan banyak penonton. Simak ulasan berikut agar video dapat muncul di beranda:

Apa Itu FYP?

Seringkali pengguna TikTok menyebutkan istilah FYP. Bagi yang masih awam, mungkin belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan FYP. For you page, merupakan halaman yang ditampilkan pada pengguna saat pertama membuka aplikasi TikTok. Di sini banyak video dengan jumlah tayangan yang tinggi.

Video yang berada di beranda FYP ini berasal dari berbagai tempat. Biasanya memuat rekomendasi tayangan yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai ketertarikan penggunanya. Contohnya jika suka menonton video kucing, maka kebanyakan yang tampil di FYP tersebut berkaitan dengan kucing.

Cara Agar Video TikTok Muncul di Beranda

Tidak semua video dapat tayang di FYP, sebab TikTok memanfaatkan algoritma untuk menayangkan tontonan yang direkomendasikan. Jadi, bagaimana cara yang dapat dilakukan sehingga video bisa muncul ke beranda?

1. Mengikuti Tren yang Berlangsung

Perhatikan tren yang sedang terjadi. Konten yang sedang diminati biasanya lebih mudah menarik perhatian pengguna TikTok. Banyak akun yang sebenarnya biasa saja namun akhirnya menjadi viral karena mengikuti tren dan di posting ulang (repost) oleh platform lain misalnya Instagram.

Namun tentunya bukan sembarangan mengikuti tren, melainkan dengan cara yang cerdas dan kreatif sehingga penonton juga bisa melihat keseriusan tersebut. Hindari membuat kesan yang sama seperti video lainnya sehingga dapat menghadirkan keunikan yang berbeda dan membuatnya lebih diingat.

2. Memakai Hastag yang Tepat

Gunakan hastag secara bijak, karena keberadaannya banyak berpengaruh terhadap algoritma. Dengan algoritma tersebut, kemungkinan video bisa muncul ke beranda publik (FYP) akan lebih tinggi. Usahakan menyertakan hastag yang sesuai pada caption saat mengunggah video.

3. Mengedit Video dengan Aplikasi

Lakukan pengeditan video menggunakan aplikasi sebelum diunggah. Cara agar video TikTok muncul di beranda ini membutuhkan banyak latihan, sehingga menghasilkan konten berkualitas. Di TikTok memang sudah tersedia tools untuk mengedit, namun aplikasi editing menyediakan tools yang lebih beragam untuk hasil terbaik.

4. Menggunakan Lagu yang Sedang Tren

Gunakan audio yang sedang ramai sebagai latar belakang suara pada konten yang diunggah. Audio merupakan faktor penting dalam cara agar video TikTok muncul di beranda, karena umumnya orang lebih mudah memperhatikan jika suaranya familiar dan populer. Tentunya tidak cukup dengan penggunaan audio.

Audio yang atraktif perlu ditunjang dengan kualitas video. Meski audionya menyenangkan untuk didengar namun videonya tidak menggugah, tentu penonton akan menggulir layarnya dan melihat konten lain. Usahakan videonya sejalan dengan audio yang digunakan, sehingga nampak serasi.

5. Mengunggah Konten di Waktu yang Pas

Perhatikan waktu ketika hendak mengunggah konten. Meski kerap diabaikan, waktu merupakan faktor yang cukup memengaruhi jumlah penonton video. Dengan mengunggah videonya di jam yang ramai, kemungkinan mendapatkan banyak penonton akan lebih tinggi sehingga peluang masuk FYP lebih besar.

Jam yang disarankan untuk mengunggah video adalah jam 12 hingga 1 siang, karena umumnya merupakan waktu istirahat para pekerja dan pelajar. Begitu juga jam 4 sore hingga 7 malam yang termasuk waktu istirahat sepulang bekerja.

6. Rajin Berinteraksi dengan Pengikut

Berinteraksilah dengan para pengikut (followers) dan penonton. Caranya dengan mengunggah video secara konsisten, kemudian menjalin interaksi dengan membalas komentar atau melakukan tanya jawab. Hal ini ternyata penting untuk mendapatkan feedback yang positif dari para penonton.

Dengan menjalin interaksi yang baik, pengguna bisa semakin dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya mengunggah konten yang menarik, interaksi juga dapat meningkatkan rasa tertarik pengguna lain terhadap sebuah akun. Terutama jika akun tersebut memberikan informasi yang bermanfaat.

7. Fokus Pada Kemampuan yang Dikuasai

Kenali kemampuan diri yang dimiliki. Ini termasuk salah satu cara agar video TikTok muncul di beranda, karena sekarang sangat banyak skill dan pengetahuan yang bisa dibagikan melalui TikTok. Contohnya saja dokter muda yang rutin mengunggah video tips mudah untuk menjaga kebugaran.

Banyak kemampuan yang dapat dieksplorasi menjadi konten menarik, apalagi jika memiliki keunikan tersendiri. Pengguna TikTok dapat mengunggah video yang bersifat menghibur (misalnya tutorial menari) hingga edukatif (cara memasak aneka hidangan sehat).

8. Membagikan Video ke Platform Lain

Bagikan video yang sudah diunggah ke TikTok menuju akun lainnya, seperti Instagram hingga grup WhatsApp. Cara agar video TikTok muncul di beranda ini cukup efektif, apalagi jika videonya menarik. Seringkali orang justru melihat video TikTok dikarenakan ada teman atau keluarga yang membagikannya.

Demikian beberapa cara agar video TikTok muncul di beranda. Pengguna dapat mempraktikkan cara-cara tersebut. Dengan masuk ke FYP, kesempatan untuk trending akan meningkat. Video yang populer bisa mendapatkan berbagai dampak positif bahkan bisa menjadi penghasilan tambahan.