Memilih celana yang cocok untuk baju batik pria merupakan kunci para pria terlihat menawan saat pergi ke kondangan. Meskipun aksesoris yang digunakan tidak seramai kaum wanita, namun pilihan pakaian tepat akan menegaskan sisi menarik pria.

Selain digunakan untuk pergi kondangan, biasanya padu padan batik dengan celana juga digunakan untuk menghadiri berbagai acara formal. Orang bisa terlihat beda aura ketika menggunakan batik sama, namun celananya berbeda.

1. Celana Formal Tanpa Lipatan

Padu padan batik dengan celana formal sepertinya sudah lumrah dan digunakan oleh orang dari zaman dulu. Namun, ada trik khusus agar penampilan tetap terkesan modis sekalipun stylenya jadul, yakni menggunakan celana tanpa lipatan.

Jika memilih jenis celana formal maka pastikan memilih tipe flat tanpa lipitan agar memberikan kesan modis. Agar padu padan celana dengan batik semakin menarik, perhatikan juga motif batik yang digunakan.

Motif parang dan fauna biasanya menunjukkan kesan anak muda sehingga tidak terkesan ketinggalan zaman. Batik fauna atau parang dipadukan dengan celana formal flat akan memberikan kesan berwibawa, tetapi juga modis.

2. Celana Chino

Model celana chino sepertinya menjadi pilihan banyak anak muda saat menggunakan batik saat ini. Menghindari penggunaan celana bahan dan juga jeans, chino menjadi pilihan terbaik yang akan cocok dipadukan dengan motif batik yang tepat.

Penggunaan chino sebenarnya lebih identik untuk berbagai acara informal atau casual. Namun, jika cerdik memadukan pakaian maka akan terlihat pantas dan memberikan kesan menarik sekalipun digunakan ke kondangan.

Karakteristik chino terbuat dari bahan sintetis dengan tipe celana mengerucut ketika sampai ke ujung mata kaki. Pilihan warnanya juga banyak, mulai dari warna bernuansa terang, kalem, dan juga cenderung gelap.

3. Ankle Pants

Ankle Pants atau tipe celana yang hanya sampai mata kaki juga tidak kalah trend saat ini. Unik dan menariknya, jenis celana ini akan terlihat sangat menawan jika dipadukan dengan model batik panjang dilengkapi kacamata hitam.

Model Ankle Pants telah populer dan digunakan oleh banyak kalangan artis Indonesia. Teuku Wisnu, Irwansyah, dan berbagai artis hijrah lainnya menggunakan tipe pakaian seperti ini mengikuti sunnah Rasul.

Namun, bukan hanya mengikuti sunnah, secara tidak langsung mereka juga mempengaruhi fashion di kalangan anak muda. Ankle Pants sebenarnya tipe celana yang cocok untuk berbagai pakaian dan juga sepatu, baik batik maupun kemeja atau kets maupun pantofel.

4. Short Pants

Pilihan celana yang cocok untuk baju batik pria selanjutnya adalah Short Pants, bagaimana bisa? Karena batik mengesankan formalitas, sementara Short Pants sepertinya memberikan kesan santai dan agak kurang santun.

Namun, tergantung jenis acara yang dikunjungi dan tema acaranya seperti apa. Dalam pemilihan jenis bahan Short Pants tidak bisa sembarangan agar tetap memberikan kesan sopan meskipun ukurannya di atas lutut.

Biasanya, pakaian batik paling cocok dipadukan dengan Short Pants berbahan tidak lemas. Penggunaan batik tidak hanya untuk acara formal, siapa saja bisa tampil bangga menggunakan batik saat acara casual dengan pemilihan outfit tepat.

5. Drawstring

Drawstring juga menjadi rekomendasi berikutnya yang cocok dipadukan dengan batik dalam acara informal. Di pasaran, saat ini kita dapat banyak menemukan motif dan tipe batik yang tidak hanya cocok untuk acara formal saja.

Drawstring umumnya terbuat dari katun dan ciri khasnya adalah terdapat tali pada bagian pinggang. Tips jika ingin memadukan Drawstring dengan batik adalah pilih ukuran celana yang tidak begitu ketat agar leluasa saat beraktivitas.

Padu padan outfit ini dapat digunakan saat berkumpul bersama teman atau secara tidak langsung ingin memperkenalkan batik ke mancanegara. Sekarang menggunakan batik sudah bukan hal kuno, ada banyak ide padu padan yang modis.

6. Jeans

Jeans seakan merupakan pilihan paling tepat yang tidak pernah keliru untuk semua jenis atasan, termasuk batik. Penggunaan jeans ini memberikan pilihan, apakah ingin menggunakan batik saat acara formal atau saat acara casual.

Jika hadir saat acara formal maka sebaiknya padukan dengan kemeja batik bermotif tertentu dan lengan panjang. Sementara jika ingin hadir pada acara casual maka silahkan padukan dengan batik berbahan kaos atau batik lengan pendek.

Jangan lupa untuk memilih sepatu yang tepat agar penampilan tetap terkesan menarik dan fashionable. Bahan jeans ada banyak, pastikan juga untuk memilih celana dengan bahan ternyaman supaya leluasa bergerak.

7. Celana Corduroy

Rekomendasi terakhir adalah model celana Corduroy yang cocok dipadukan dengan batik slimfit dengan lengan panjang. Padu padan ini akan memberikan kesan gagah dan berwibawa bagi para penggunanya.

Motif batik yang cocok dipadukan dengan Corduroy adalah batik cirebon dan batik cilacap. Corduroy ini merupakan model celana baru yang menarik dan menantang untuk dicoba dipadukan dengan berbagai jenis atasan.

Sekarang setelah mengetahui ide berpakaian di atas, para pria sudah tidak perlu takut ketinggalan fashion lagi. Pemilihan celana yang cocok untuk baju batik pria secara tepat akan memberikan kesan karismatik kepada penggunanya.