Kebanyakan orang khususnya wanita berkulit sawo matang sedikit kesulitan dalam memodifikasi warna rambut karena khawatir terlihat kusam. Padahal nyatanya ada beberapa rekomendasi cat rambut yang cocok untuk kulit sawo matang, sehingga kekhawatiran dapat disiasati.

Agar dapat mengetahui lebih lanjut apa saja rekomendasi cat rambut khusus kulit sawo matang, silahkan ikuti ulasan berikut. Di samping membahas tentang cat rambut, tips memilih cat juga diberikan untuk mencegah kerusakan rambut.

Rekomendasi Cat Rambut yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Setidaknya ada 7 rekomendasi pewarna rambut yang dapat digunakan oleh individu dengan kulit sawo matang. Untuk semakin mengenal, langsung simak poin-poinnya:

1. Jet Black atau Hitam Pekat

Cat rambut yang cocok pertama datang dari warna Jet Black atau sering disebut Hitam Pekat. Pemilihan Jet Black bukan tanpa alasan, ini karena warna yang diberikan cenderung lebih gelap, sehingga mampu mengimbangi warna kulit.

Namun, bagaimana dengan yang warna rambutnya hitam? Jangan risau, bisa menggunakan sampo dengan ciri khas kehitaman. Apabila ingin terlihat semakin menawan, maka bisa gunakan conditioner untuk menambah volume rambut.

2. Black Grey atau Abu-abu Ombre

Tidak melulu dengan warna hitam, rambut dapat di ombre (gradasi warna) dengan abu-abu menjadi Black Grey. Gradasi warna yang ditampilkan, akan menambah kesan cerah dan elegan pada diri.

Rambut dengan Black Grey biasanya mudah ditemui pada karyawan yang bekerja di bidang fashion. Meskipun demikian, bukan berarti untuk yang bekerja di tempat profesional lain Black Grey tidak cocok.

3. Auburn Brown atau Coklat Terang

Apabila pada pilihan pertama warna cat rambut yang diberikan cenderung gelap, berbeda dengan warna Auburn Brown. Dimana tampilan cenderung coklat terang yang juga cocok bagi si pemilik kulit sawo matang.

Warna coklat terang turut membuat tampilan semakin cerah, sehingga tidak perlu khawatir terlihat kusam. Auburn Brown terbilang cukup menerima berbagai macam suasana, baik indoor dan outdoor.

4. Ash Brown 

Dari yang diketahui Ash Brown menjadi salah satu pilihan wanita Asia, karena kesan natural yang diberikan. Ash Brown sendiri adalah kombinasi atau ombre warna coklat muda dengan abu-abu yang membuat warna lebih pucat.

Inilah yang kemudian membuat Ash Brown masuk ke dalam rekomendasi cat rambut yang cocok untuk kulit sawo matang. Seandainya tertarik dengan perpaduan warna, Ash Brown dapat memilihnya.

5. Strawberry Blonde

Mungkin untuk seseorang yang kurang percaya diri, warna ini rasanya tidak tepat dalam mengimbangi warna sawo matang. Justru kesan terang yang diberikan mampu menambah keindahan rambut dengan paduan sawo matang yang cenderung gelap.

Strawberry Blonde sendiri merupakan ombre antara warna pirang dengan warna merah. Hanya kalau memang masih ragu, sebaiknya diskusikan dulu bersama penata rambut terbaik.

6. Burgundy

Sebagian wanita merasa bahwa ombre dari merah, ungu, coklat memang tidak cocok untuk kulit sawo matang. Namun nyatanya kombinasi warna tersebut bisa membuat tampilan individual menjadi lebih berkarakter.

Bukan hanya itu saja, Burgundy dapat menambah kesan fresh dan karismatik dalam melengkapi aktivitas sehari-hari. Ini artinya Burgundy pantas dicoba sebagai pilihan warna rambut bagi seseorang berkulit sawo matang.

7. Honey Brown

Memadukan warna dengan kelembutan sepertinya Honey Brown cocok pula dipilih untuk warna rambut. Tidak perlu risau akan tampilan karena warna ini memberikan natural look sehingga tidak berlebihan.

Tetapi perhatikan tingkatan ombre, disarankan sedikit tinggi dari warna kulit agar kesan menawan bisa terlihat. Honey Brown juga terkenal dengan kesan “segar” walaupun sudah melakukan kegiatan tanpa henti dari pagi. 

Tips dalam Memilih Cat Rambut

Tidak semua cat rambut yang cocok untuk kulit sawo matang yang bersifat tidak merusak. Inilah mengapa sejumlah tips rasanya perlu untuk diketahui lebih lanjut khusus yang melakukan pengecatan sendiri, berikut diantaranya:

  • Baca kandungan cat rambut. Tips pertama adalah dengan mengecek kandungan cat rambut melalui komposisi bahan. Apabila ternyata mengandung amonia (salah satunya yang berbahaya) maka sebaiknya jangan dipilih karena bisa merusak rambut.
  • Cari produk yang ada komposisi bahan alami. Tips selanjutnya, sebisa mungkin pilih cat rambut dengan komposisi bahan alami sedang hindari yang terlalu banyak bahan kimia. Seperti minyak zaitun yang mampu menjaga ketahanan rambut dari kerontokan.
  • Pastikan terdaftar pada BPOM. Tips ketiga cek apakah cat rambut terdaftar atau tidak pada BPOM untuk memastikan keamanan penggunaan (sesuai uji sebelum diedarkan). 
  • Cek terlebih dahulu. Tips keempat, mengingat kulit terkenal dengan sensitivitasnya maka lakukan pengetesan pada area kulit (gatal atau terlihat ruam merah, jangan gunakan). 
  • Ikuti instruksi yang tersedia. Tips terakhir pahami dengan jelas setiap instruksi yang tersedia pada kemasan cat rambut lalu ikuti, jangan asal-asalan menggunakannya.

Demikian ulasan rekomendasi cat rambut yang cocok untuk kulit sawo matang dengan 7 ragam pilihan sehingga tidak perlu khawatir kusam. Jangan lupa perhatikan beberapa tips yang dijabarkan sebagai referensi pencegahan kerusakan rambut.