Baju putih memang harus dilakukan perawatan yang khusus termasuk bagaimana cara nyuci baju putih, agar warnanya tetap bagus. Karena salah dalam merawat saja, maka jangan salahkan jika warna baju yang putih tersebut sedikit demi sedikit memudar. Sehingga butuh cara khusus.

Untuk mencuci baju putih sendiri terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara atau upaya agar warnanya tetap bagus. Bagi yang belum tahu apa saja caranya, maka pengguna akan dapat menemukan cara tersebut di sini. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

1. Pisahkan Baju Putih 

Jika saat itu tengah ingin mencuci setumpuk pakaian, maka akan lebih baik jika mencuci baju putih secara terpisah. Jadi pisahkan baju-baju atau kain lain yang sama-sama berwarna putih. Hal ini bertujuan agar pakaian putih tidak terkena warna kain yang luntur. 

Selain itu, pastikan juga bahwa baju putih ini tidak disatukan dengan baju yang sangat kotor. Karena hal ini juga akan mencabut baju putih menjadi kusam, karena tercampur dengan pakaian yang sangat kotor yang dicampur. Jadi, pastikan jika mencuci secara terpisah. 

2. Hindari Pemakaian Mesin Cuci yang Kelebihan Beban 

Cara berikutnya yang. Harus dilakukan agar baju putih tetap tampak bagus adalah jangan sampai mencuci baju putih di mesin cuci yang kelebihan beban. Sebab dengan mencuci banyak pakaian, maka aliran air pun akan kesulitan membersihkan baju. Sehingga, baju terlihat kurang bersih. 

Jadi pastikan bahwa saat mencuci sesuai dengan kapasitas dan tidak terlalu penuh. Atau jika memang ingin sangat berhati-hati, maka bisa coba dengan mencuci baju menggunakan tangan. Justru hal ini akan membuat pakaian lebih bersih dan tidak cepat rusak.

3. Pilih Deterjen yang Tepat 

Selain dua cara di atas, cara nyuci baju putih yang harus dilakukan berikutnya adalah dengan memilih detergen yang tepat. Sebab penggunaan dari detergen ini, juga akan berpengaruh pada warna baju. Jika tidak, maka warna baju ini akan terlihat kusam dan tidak cerah lagi. 

Alangkah baiknya jika memilih detergen yang memiliki kandungan optical brighteners. Karena kandungan ini bisa membuat warna pada baju putih akan semakin putih. Sehingga, warna bajunya pun tidak akan kusam. 

Tak hanya itu saja, kandungan optical Brighteners ini adalah untuk meningkatkan cahaya biru pada pakaian. Juga berguna untuk mencegah kadar warna kuning yang akan membuat baju putih terlihat kusam.  Namun jangan menggunakan deterjen dalam jumlah banyak dan gunakan secukupnya saja. 

4. Tambahkan Bahan Pemutih 

Jika ternyata dalam baju putih tersebut terdapat noda dan tidak bisa dihilangkan menggunakan detergen, maka bisa tambahkan bahan pemutih. Bahkan bahan yang digunakan pun akan mudah temukan. Karena bisa dengan menggunakan soda kue sebanyak satu gelas untuk satu kali pencucian. 

Jika baju yang akan dicuci hanya beberapa helai saja maka bisa gunakan soda kue dengan ukuran yang dikira-kira. Atau agar lebih mudah, bisa dengan menggunakan bahan pemutih yang menang dijual di warung-warung. Tentunya cari pemutih yang bagus.

5. Kucek Baju Pada Bagian Tertentu

Pada setiap pakaian, tentu akan ada bagian tertentu yang lebih kotor daripada bagian lainnya. Jadi agar baju lebih bersih, maka bisa coba untuk mengucek pada bagian tertentu sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci. Seperti misalnya pada bagian kerah dan ketiak. 

Tak hanya itu cara nyuci baju putih selanjutnya adalah dengan memeriksa baju setelah digiling di mesin cuci. Jadi jangan sampai langsung dikeringkan dengan noda yang belum benar-benar hilang. Jadi pastikan sebelum mengeringkan baju tersebut. 

Jika masih ada baju yang kurang bersih, maka bisa dengan segera menguceknya lagi dan membilasnya hingga bersih. Baru setelahnya bisa dikeringkan bersama dengan pakaian lainnya. Dengan begini, warna baju putih akan tetap bersih. 

6. Gunakan Air Hangat Dan Bilas Dengan Air Cuka 

Ada juga acara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan mencuci baju menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat ini pun bukan tanpa alasan. Karena dengan menggunakan air hanya kotoran keringat pada baju pun akan lebih cepat hilang. 

Penggunaan air hangat ini pun juga akan membantu kembali mencerahkan warna putih pada pakaian. Agar hasil lebih maksimal, maka bisa coba dengan membilas pakaian dengan menggunakan cuka. Caranya adalah dengan mencampurkan satu cangkir cuka ke dalam air bilasan. 

Karena air cuka sendiri dapat bereaksi untuk menghilangkan residu yang menempel pada baju. Jika detergen yang menempel pada serat kain dapat dipastikan sudah bersih, maka bisa dengan kembali membilasnya dengan menggunakan air hangat. Sehingga warna pada baju akan tetap terjaga.

Itu tadi adalah ulasan mengenai cara nyuci baju putih yang bisa coba untuk dipraktekkan. Tidak harus semua cara yang telah diuraikan diatas, tadi dipraktekkan dalam satu kali pencucian. Namun untuk poin satu dan kedua lebih baik untuk tetap digunakan.