Cara menghilangkan wajah belang memang tidak mudah, namun banyak orang yang ingin menempuh cara instan untuk mengembalikan warna kulit yang merata. Padahal, cara yang instan seperti itu bisa saja berbahaya untuk kulit. 

Bagaimanapun wajah belang harus dikembalikan berangsur-angsur dan sesuai dengan kondisi alami wajah. Perawatan yang konsisten dan pola hidup yang baik bagi kulit adalah kuncinya. Perawatan dari produk tertentu memang dibutuhkan namun tidak berlebihan. 

Mencari Tahu Penyebab Wajah Belang 

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan wajah belang, terutama dengan cara yang alami dan sehat. Perlu diketahui terlebih dahulu kira-kira apa yang membuat wajah bisa menjadi belang. 

Penyebab utama wajah yang belang biasanya adalah terpapar sinar matahari sehingga membuat bagian wajah tertentu menjadi lebih gelap. Namun, tidak hanya itu saja warna kulit yang tidak merata juga bisa disebabkan oleh faktor internal. 

Misalnya, hormon yang tidak stabil memicu hiperpigmentasi dan melasma. Kemudian, bekas jerawat dan permasalahan kulit lainnya. Agar permasalahan wajah yang belang tidak semakin parah. Berikut adalah cara untuk merawatnya agar kembali rata. 

Cara Menghilangkan Wajah Belang 

Wajah belang umumnya bukan permasalahan yang permanen di kulit. Jadi, bisa diatasi dengan perawatan dan pola hidup yang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa solusi bagi yang memiliki masalah wajah belang. 

Ingat ya! Cara di bawah ini tidak bisa begitu saja mengembalikan warna kulit wajah menjadi rata kembali. Tetap butuh waktu dan tahapan untuk memperbaiki warna kulit. 

1. Gunakan Masker Atau Topi Jika Keluar Rumah 

Jika ingin beraktivitas di luar rumah usahakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari merupakan faktor utama bagian kulit wajah menjadi gelap. 

Karena itu, area wajah perlu perlindungan dari sinar matahari. Menggunakan masker atau topi adalah perlindungan yang tepat. Karena masker dan topi bisa menghalangi wajah dari reaksi langsung sinar matahari. 

2. Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya dengan Rutin 

Selain topi atau masker, kulit juga harus dilindungi langsung di bagian permukaannya. Caranya dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Jangan remehkan penggunaan sunscreen karena memang sangat diperlukan. 

Tidak hanya diperlukan untuk melindungi kulit dari kemungkinan belang. Namun, melindungi kulit dari resiko masalah kulit lain. Bahkan, bisa mencegah kanker kulit juga. Disarankan untuk menggunakan sunscreen setidaknya 8 jam sekali selama beraktivitas. 

3. Gunakan Skincare dengan Fungsi Mencerahkan 

Jika ingin area kulit yang lebih gelap menjadi lebih cerah. Tentu saja, diperlukan skincare dengan kandungan mencerahkan. Ada banyak sekali skincare yang menawarkan fungsi untuk mencerahkan wajah terutama akibat belang. 

Kandungan-kandungan skincare seperti vitamin C, asam kojic, mineral clay, dan berbagai opsi bahan lainnya bisa menjadi pilihan. Dalam memilih bahan pencerah pada skincare, para pengguna harus lebih berhati-hati. 

Pastikan tidak ada reaksi alergi pada kulit dengan bahan aktif tertentu. Hal ini agar kulit wajah bisa lebih cerah tanpa masalah kulit tambahan lagi. 

4. Eksfoliasi Jangan Sampai Terlewat 

Lapisan sel di permukaan wajah akan menjadi kusam dan juga tidak sehat dari waktu ke waktu. Jadi, jika ingin wajah terlihat lebih cerah dan lebih rata cerahnya. Tampilan sel di permukaan harus diperbarui dengan sel yang lebih baru. 

Karena itu, proses eksfoliasi sangat dibutuhkan dalam meratakan warna kulit. Hal ini agar sel di permukaan kulit bisa diregenerasi dengan sel yang lebih baru di bagian bawah permukaan. 

Lakukan eksfoliasi secara rutin, namun jangan berlebihan. Gunakan juga bahan atau produk eksfoliasi yang lembut dan tidak menyakiti wajah. Lakukan proses ini setidaknya seminggu sekali atau dua kali. 

5.Gunakan Pelembab dengan Rutin 

Menjaga kelembaban kulit adalah kunci agar warna kulit menjadi lebih rata. Kelembaban sangat diperlukan kulit untuk membangun sel, menjaga barier kulit, dan berbagai kondisi sehat kulit lainnya. Karena itu, para pemilik kulit juga harus rutin menggunakan pelembab. 

Pilihlah pelembab yang memang sesuai dengan jenis kulit. Seperti tekstur krim untuk para pemilik kulit kering, Kemudian tekstur watery untuk yang berminyak, dan juga gel untuk kombinasi. Jangan lupa perhatikan kandungan pelembab juga sebelum menggunakan. 

6. Perbanyak Konsumsi Antioksidan 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak hanya perawatan dengan produk tertentu. Pola hidup juga bisa mendukung agar kulit bisa cerah merata lebih cepat. Salah satunya dengan perbanyak konsumsi kandungan antioksidan. 

Kandungan antioksidan dapat membantu pertumbuhan sel kulit dengan cepat. Hal ini membuat kondisi kulit pulih dengan cepat cerah karena sel baru dapat diproduksi dengan lebih maksimal.  Makanan antioksidan yang disarankan seperti bayam, brokoli, bisa juga ditambah dengan suplemen jika perlu. 

Cara menghilangkan wajah belang ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Dengan melalui proses yang alami dan sehat. Maka, wajah tidak hanya lebih cerah namun juga lebih terjaga.