Baju warna terang termasuk putih rentan terhadap berbagai jenis noda serta susah dihilangkan. Terutama jika telah terdapat suku lama serta akan mengganggu penampilan. Maka itu penting mengetahui cara menghilangkan noda tinta pada baju putih.

Lewat cara mengatasi hal tersebut tentu tidak lagi khawatir apabila baju putih terkena noda-noda mengganggu ini. Serta dalam membersihkannya juga lebih cepat dan mudah. Tidak perlu membeli baju baru alangkah baiknya dengan menyimak bahasannya berikut ini:

1. Gunakan Aseton

Cara menghilangkan noda tinta pada baju putih pertama gunakan aseton. Ini biasanya sebuah zat khusus yang digunakan dalam menghapus kutek atau cat kuku. Tetapi dapat menghilangkan noda pada bagian baju berwarna putih.

  • Sementara cara pemakaiannya sendiri cukup dioleskan pada bagian baju yang kotor. Setelahnya diamkan selama beberapa saat hingga kemudian sikat secara perlahan dengan memakai sikat gigi.
  • Jika dirasa telah bersih maka silahkan siram dengan air lalu tambahkan sabun. Jika telah selesai telah tahap tersebut maka silahkan bilas kembali.

2. Semprot Dengan Hairspray

Cara menghilangkan noda tinta pada baju putih selanjutnya memanfaatkan hairspray. Ini merupakan produk yang bermanfaat bagi tatanan rambut tetapi dengan kandungan alkohol. Dapat menghilangkan tinta terutama pada sejumlah serat yang terdapat pada bagian kain.

  • Caranya sendiri cukup semprotkan pada bagian baju yang terkena noda dengan jarak tertentu. Jangan sampai hal tersebut kering lalu segera gosok dengan perlahan.
  • Catatannya cukup gunakan handuk atau juga kapas untuk menggosoknya tidak perlu menggunakan sikat. Terakhir cukup bilas dengan air kemudian dikeringkan.

3. Gunakan Susu

Berikutnya cara menghilangkan noda tinta pada baju putih dengan memanfaatkan produk minuman susu. Hal ini karena adanya kandungan enzim yang sangat bagus untuk serat. Terutama dalam menghilangkan berbagai jenis noda membandel termasuk untuk baju putih.

  • Caranya sendiri cukup dengan memanaskan susu ini hingga mendidih. Baru kemudian pakaian yang terkena tinta celupkan ke arah susu.
  • Pada saat itu masing-masing pengguna perlu mendiamkannya kurang lebih setengah jam. Jika sudah cukup gosok sebentar baru dibilas atau dicuci sampai bersih.

4. Gunakan Tepung Maizena

Selanjutnya cara menghilangkan noda tinta pada baju putih yaitu gunakan tepung maizena. Untuk itu cukup perlu tambahkan sedikit campuran cuka untuk menghilangkan noda membandel. Bahkan dapat dimanfaatkan untuk tinta yang telah lama ada.

  • Cara penggunaannya sendiri yaitu dengan mencampurkan kedua bahan sampai memiliki tekstur kental berikutnya oles pada bagian pakaian ini.
  • Cara ini juga perlu didiamkan selama kurang lebih 1 jam. Baru kemudian sikat dengan perlahan lalu tambahkan sabun untuk menghilangkan noda dan bau terakhir cuci kembali.

5. Alkohol dan Garam 

Produk berikutnya yang dapat digunakan sebagai penghilang noda tinta di baju putih yakni bantuan garam serta alkohol. Untuk pemakaiannya sendiri perlu dicampurkan hingga merata baru digosok. Karena kandungannya ini dapat melarutkan bagian kotoran yang ada.

Pemakaiannya hanya perlu dioles sambil mengusap secara lembut. Jika dirasa sudah bersih jangan lupa untuk merendam pakaian ini kurang lebih 15 menit dengan larutan yang telah dibuat. Setelahnya baru kemudian bilas ulang lalu dijemur seperti biasa.

6. Manfaatkan Larutan Deterjen

Kemudian juga gunakan larutan deterjen untuk menghilangkan noda membandel terutama pada bagian baju putih yang terkena noda tinta. Untuk ini kadang orang hanya menggunakan pengolesan deterjen biasa padahal ada cara yang lebih efektif.

Yaitu dengan merendam pakaian dengan bantuan larutannya caranya oleskan ke pakaian yang terkena noda. Lalu rendam ulang pakaian tersebut dengan air yang telah dilarutkan deterjen setelah 15 menit kucek sampai noda ini memudar.

7. Gunakan Pasta Gigi

Pilihan efektif lain dalam menghilangkan noda tinta selanjutnya menggunakan pasta gigi. Karena dianggap jauh lebih cepat karena menghilangkannya juga butuh hitungan singkat. Serta tidak perlu mengeluarkan tenaga yang lebih ekstra dalam melakukan pengucekan.

Caranya cukup dengan mengoleskan pasta gigi saat itu gunakan sikat gigi yang tidak terpakai lagi untuk menggosoknya. Proses ini dilakukan beberapa kali hingga tinta tidak lagi terlihat terakhir cuci seperti biasa.

8. Gunakan Mentega

Rekomendasi terakhir yang diberikan yaitu dengan menggunakan mentega atau berbagai jenis produk margarin. Karena ini juga mampu untuk mengangkat noda membandel. Caranya sendiri cukup mudah untuk diaplikasikan siapa saja.

  • Pertama dengan mengoleskan mentega atau margarin ini pada bagian pakaian kotor baru kemudian dijemur langsung dibawah sinar matahari.
  • Setelah itu baru dicuci kembali pakaian tersebut seperti mencuci saat biasa. Karena mentega yang sengaja dijemur pada kain itu dapat mengangkat kotoran yang ada sehingga proses mencuci jadi lebih mudah.

Itulah beberapa penjelasan cara menghilangkan noda tinta pada baju putih. Serta berbagai cara ini memang terbukti efektif serta ampuh untuk dicoba oleh semua orang. Karena memberikan hasil nyata untuk kecepatan kerja yang super baik.

Serta tidak perlu takut lagi bila pakaian putih cepat kotor begitu saja terutama jika sering beraktivitas di luar ruangan. Atau berhubungan dengan tinta dan lainnya karena berbagai cara tersebut dapat jadi pilihan yang tepat.