Adanya noda pada pakaian dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti pencampuran pakaian dengan warna berbeda, terlalu banyak menggunakan detergen atau serat kain. Orang-orang seringkali mengatasi cara menghilangkan noda lunturan di baju putih dengan menggunakan pemutih.

Dengan menggunakan pemutih dapat menghilangkan noda, tapi pemutih kurang cocok jika digunakan pada pakaian gelap, karena pemutih bisa menjatuhkan warna pakaian gelap. Kini ada cara efektif lain untuk menghilangkan noda membandel tanpa mempengaruhi kondisi pakaian.  

1. Gunakan Larutan Alkohol

Metode penghilangan noda lunturan ini sangat efektif untuk menghilangkan noda lunturan pada pakaian putih, Apalagi noda tersebut berasal dari tinta atau cat. Pengguna juga bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan noda lunturan pada pakaian berwarna.

Bintik-bintik pudar dapat dengan mudah dihilangkan caranya gosok saja area yang terkena noda dengan alkohol, pastikan mengering, dan sikat pakaian dengan deterjen. Lakukan 2-3 kali hingga tinta atau noda lunturan benar-benar hilang dari baju kesayangan. 

2. Gosokkan Irisan Belimbing Wuluh atau Belimbing Sayur

Bahan-bahan alami sangat bagus untuk membersihkan noda lunturan dari pakaian berwarna dan putih. Belimbing wuluh yang memiliki rasa enak dan rasa asam, sehingga ini adalah alternatif sebagai cara menghilangkan noda lunturan di baju putih.

Pengguna hanya perlu mengambil satu buah belimbing kemudian dipotong menjadi 2 bagian. Kemudian gosokkan daging buah belimbing tersebut ke bagian yang memudar. Jika sudah cukup, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu keringkan seperti biasa.

3. Campurkan Larutan Micin atau MSG Dengan Detergen

Selain belimbing, pengguna juga bisa menggunakan Micin dan MSG untuk menghilangkan noda lunturan pada pakaian berwarna lain yang kurang efektif. Tentunya msg ini sangat mudah dicari dan msg sangat efektif untuk menghilangkan noda yang membandel. 

Siapkan ember bersih dan air hangat, campurkan micin atau msg dengan detergen, rendam pakaian yang terkena noda dalam larutan tersebut. Diamkan hingga kurang 30 menit, setelah itu pakaian sudah dapat dibilas menggunakan air dingin. 

4. Gosokkan Irisan Buah Jeruk Nipis

Buah yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan noda lunturan dan noda kekuningan pada pakaian putih adalah jeruk nipis. Dimana jeruk nipis memiliki rasa yang sama dengan belimbing wuluh yaitu rasanya yang asam dan enak.

Caranya cukup gosokkan irisan jeruk nipis pada noda yang memudar selama lima menit, biarkan sedikit dan cuci pakaian dengan deterjen seperti biasa. Noda yang memudar perlahan dihilangkan dari permukaan pakaian, sehingga warnanya akan kembali normal.

5. Gunakan Larutan Baking Soda

Selain sebagai bahan dalam pembuatan kue, baking soda juga memiliki keunggulan yang jarang orang lain ketahui yaitu untuk menghilangkan noda lunturan pada pakaian putih. Gunakan soda kue untuk menghilangkan noda pada pakaian yang tidak terlalu pekat atau banyak noda di dalamnya. 

Caranya rendam pakaian dalam larutan tersebut selama kurang lebih 15 menit, Setelah selesai, gosok dengan tangan untuk menghilangkan noda. Namun, pengguna harus mempertimbangkan bahwa bahan ini tidak seefektif cairan asam, sehingga harus melakukannya beberapa kali. 

6. Gunakan Larutan Cuka Dengan Air Bersih

Tidak perlu panik jika baju putih terkena lunturan dengan warna lain, pengguna bisa membersihkannya dengan berbagai cara menggunakan produk rumah tangga, seperti cuka. Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan pakaian putih yang diketahui mudah luntur.

Caranya hanya dengan mencampurkan cuka dengan air bersih, Kemudian celupkan baju putih ke dalam larutan tersebut. Biarkan selama sekitar tiga puluh menit, Setelah itu, pengguna bisa membersihkannya atau mencuci pakaian di mesin cuci seperti biasa. 

7. Oleskan Zat Kimia Bernama Aseton

Sebenarnya aseton adalah cairan untuk membersihkan kuku, tapi  zat kimia dalam aseton mampu melarutkan noda membandel sekaligus memecahkannya. Jadi, menggunakan aseton adalah alternatif cara yang cukup efektif untuk menghilangkan noda lunturan dari pakaian putih.

Aseton hanyalah salah satu bahan kimia yang selalu agresif terhadap bahan tertentu, cukup mengoleskan setetes aseton ke noda. Kemudian amati apakah noda perlahan memudar, Bila noda yang membandel sudah memudar, pengguna bisa melanjutkan mencuci pakaian.

8. Semprotkan Hairspray

Bagi pengguna yang biasanya sering menata rambut di rumah, biasanya sudah menyiapkan hairspray untuk mempermudah penataan rambut. Nah, ternyata hair spray bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda lunturan di baju putih.

Caranya mudah! Cukup semprotkan hairspray pada bagian yang pudar, secukupnya, Lalu diamkan saja selama 15-20 menit. Biasanya noda sudah sedikit hilang, Kemudian lanjutkan menggosok dan bilas dengan air jernih, pakaian bisa dicuci di mesin cuci.

Sekarang pengguna sudah tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara menghilangkan noda lunturan di baju putih. Dan pastinya benda-benda yang telah disebutkan sangat mudah untuk dicari karena bahan tersebut merupakan bahan atau benda yang sudah lazim untuk keperluan sehari-hari.