Permasalahan pada baju yang sering kali terjadi adalah munculnya warna dari lunturan baju lain yang direndam bersamaan. Jika sudah ada luntur di baju, maka kebanyakan orang akan membiarkan saja. Padahal, ada beberapa cara menghilangkan luntur pada baju yang bisa dicoba.

Setidaknya ada tujuh cara yang akan diuraikan pada detail kali ini. Setiap caranya akan dijabarkan secara mendetail agar lebih mudah untuk dipahami. Jika ingin tahu penjelasan lengkapnya, simak detailnya berikut ini tanpa ada yang tersisa:

1. Rendam dengan Air Panas

Metode atau cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan merendam baju dengan air panas. Pada proses perendaman ini, pastikan untuk menambahkan detergen secukupnya bersamaan dengan baju. Hal ini penting untuk dijalankan, agar warna luncuran cepat terangkat.

Cara ini akan pas dijalankan, jika lunturan baju belum mencapai 24 jam. pada kurun waktu tersebut, noda lunturan masih belum terlalu menempel dan merekat sehingga bisa diangkat dengan lebih mudah. Oleh karenanya, perhatikan pakaian dengan detail dan segera ambil tindakan.

Paling tidak, proses perendaman dengan air panas ini harus dilakukan selama 1 jam. Jika perendaman sudah selesai, maka bilas dan jemur seperti biasa. Biasanya, proses yang mudah ini bisa menyelesaikan permasalahan dengan lebih cepat.

2. Pakai Baking Soda

Jika cara menghilangkan luntur pada baju di atas tidak berhasil, maka perlu cara lain yang lebih tepat. Sebagai rekomendasi kedua, maka penggunaan baking soda bisa dijadikan pilihan. Bahan ini juga sudah terbukti bisa mengangkat noda dan warna kelunturan pada baju.

Campurkan saja baking soda dengan deterjen, atau bisa juga dicampur dengan cairan pemutih. Kemudian, rendam pakaian yang terkena lunturan di dalamnya selama 15 menit. Jika sudah, maka bilas dan sikat bagian lunturan kemudian jemur.

Proses ini biasanya akan langsung berhasil dan tidak akan membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya. Karakteristik baking soda yang kuat memang bisa mengangkat noda yang melekat seperti warna lunturan. Oleh karenanya, proses ini akan sangat direkomendasikan.

3. Pakai Cuka Dapur

Opsi ketiga yang tidak kalah ampuh adalah dengan memanfaatkan cuka dapur. Bahan yang mudah ditemukan di rumah ini memang terbukti bisa mengangkat noda-noda yang membandel pada baju. Salah satu jenis noda yang bisa diangkat adalah warna lunturan dari pakaian lain.

Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan cuka dapur ini hanya cocok untuk pakaian dengan warna dasar putih. Jika difungsikan pada warna lainnya, maka warna dasar pakaian akan pudar dan hilang. Oleh karenanya, perlu perhatian lebih sebelum menggunakannya.

Cara penggunaan cuka dapur ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Teteskan saja cuka dapur ke bagian yang terkena lunturan, kemudian sikat bagian tersebut. Jika sudah, biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

4. Semprotkan Hairspray

Siapa sangka jika hairspray juga bisa menghilangkan noda kelunturan pada baju. Produk untuk menata rambut ini juga sangat pas untuk dipakai karena bisa mengangkat noda lunturan dengan jauh lebih mudah. Bahkan penggunaannya juga bisa difungsikan pada pakaian berwarna.

Proses penggunaannya sendiri tidak jauh berbeda dengan cuka dapur. Semprotkan dulu hairspray ke bagian yang terkena lunturan, kemudian biarkan selama 15 menit. Setelah itu, kucek bagian yang terkena noda dan bilang sampai bekas lunturan hilang.

5. Teteskan Cairan Alkohol

Jika di rumah memiliki produk cairan alkohol, maka langsung saja manfaatkan untuk menghilangkan bekas lunturan. Prosesnya sendiri mudah, teteskan saja cairan ini ke pakaian yang terkena lunturan. Pastikan untuk tidak meneteskannya terlalu banyak, karena bisa merusak struktur pakaian.

Apabila dibiarkan, maka noda lunturan akan menghilang sedikit demi sedikit. Kemudian, bilas baju dengan air hangat beberapa kali. Penggunaan air hangat ini bisa dijadikan pilihan karena akan membuat proses penghilangan bekas lunturan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

6. Pakai Aseton

Aseton yang biasanya dipakai untuk menghilangkan cat kuku juga bisa difungsikan untuk menghilangkan bekas lunturan. Namun pemanfaatannya dikhususkan untuk menghilangkan bekas lunturan di pakaian yang memiliki warna putih atau yang mendekati.

Jika dipakai untuk pakaian yang berwarna, maka nantinya warna dasar yang dimiliki akan hilang. Proses penggunaannya mudah, oleskan saja aseton dan biarkan selama 30 menit. Nantinya, noda lunturan akan hilang dan pakaian bisa segera dibilas.

7. Gunakan Bubuk MSG

Cara menghilangkan luntur pada baju terakhir yang direkomendasikan adalah dengan memakai bubuk MSG. Untuk memanfaatkannya, campurkan saja bubuk MSG dengan detergen. Perbandingannya adalah 3:2, dengan komposisi bubuk MSG yang lebih banyak.

Kemudian, biarkan selama 15 menit dan bilas. Proses pembilasan ini harus dilakukan dengan air dingin. Setelah itu, jemur pakaian di tempat yang panas dengan terik matahari ekstra agar hasil penghilangan noda menjadi lebih maksimal.

Semua cara menghilangkan luntur pada baju yang sudah diuraikan di atas tentunya bisa langsung dicoba dan dijalankan. Pilih saja cara yang bahannya dimiliki di rumah. Namun jika belum berhasil, maka coba saja semua cara untuk menemukan opsi terbaik.