Memiliki kulit sensitif terkadang menyebalkan bagi sebagian orang terlebih masalah pada wajah seperti jerawat bruntusan. Meskipun cara menghilangkan bruntusan dan jerawat bisa dilakukan melalui produk perawatan kulit, nyatanya tidak semua menunjukkan hasil memuaskan.

Mungkin karena belum tentu kulit wajah cocok dengan produk skincare atau perawatan kulit sehingga hanya memperparah kondisi jerawat bruntusan. Inilah kemudian dibutuhkan cara yang benar-benar tepat dalam menghilangkan bruntusan dan jerawat.

Penyebab Bruntusan dan Jerawat pada Kulit

Umumnya bruntusan ditemukan pada area kulit yang mempunyai kadar minyak cukup tinggi. Pori-pori kulit kemudian terisi sel mati disertai bakteri yang memunculkan jerawat kecil dengan permukaan kasar. Terdapat sejumlah penyebab yang menginisiasi bruntusan ini:

  • Iritasi. Tidak ada yang melarang seseorang untuk memegang wajahnya sendiri. Namun apabila keseringan justru menjadi faktor penyebab timbulnya bruntusan, dan jerawat. Di samping itu, penggunaan makeup juga menambah iritasi kulit wajah.
  • Kurang menjaga kebersihan. Kesibukan harian memang bisa membuat seseorang kurang perhatian atau peduli dengan kebersihan kulit wajah. Sayangnya kondisi yang kurang bersih mampu menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat.
  • Hormonal. Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh dapat membuat jerawat bruntusan muncul. Mulai dari perubahan hormon pubertas hingga keadaan stres (dipicu hormon kortisol) yang menginisiasi minyak pada pori-pori kulit wajah.
  • Kandungan minyak pada produk perawatan kulit. Melihat kebutuhan pelembab kulit wajah, beberapa produsen skincare menggunakan minyak kelapa di dalamnya. Minyak kelapa inilah yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat berakhir bruntusan.
  • Kurang mengontrol asupan makanan. Seperti yang diketahui bahwa produksi minyak berlebih mampu membuat kulit wajah mengalami jerawat bruntusan. Contoh makanan yang bisa meningkatkan minyak adalah makanan berkadar glukosa tinggi.

Cara Menghilangkan Bruntusan dan Jerawat

Setelah mengetahui lebih kurang perihal penyebab bruntusan dan jerawat maka berikut akan dijabarkan sejumlah cara tepat menghilangkannya. Diharapkan dapat memperhatikan secara teliti agar bisa menyiasati kondisi bruntusan yang dialami. Berikut diantaranya:

1. Pakai Pembersih Wajah Hipoalergenik

Cara pertama dalam menghadapi kulit wajah bruntusan yang diikuti jerawat berupa penggunaan pembersih wajah hipoalergenik. Seperti yang terdapat kandungan Benzoil Peroksida dan Asam Salisilat.

Benzoil Peroksida berguna sebagai zat yang mampu melawan infeksi bakteri jerawat. Sementara Asam Salisilat, memiliki fungsi dalam mencegah bruntusan melalui pembersihan pori-pori kulit wajah.

Saat mencuci muka pastikan alat pembersih wajah tidak kasar atau yang bisa melukai kulit. Pakai yang lembut dengan waktu membersihkan kulit wajah, minimal dua kali sehari.

2. Gunakan Masker Madu dan Kayu Manis

Cara kedua dengan menggunakan kandungan Madu dan Kayu Manis yang dibuat dalam sebuah media seperti masker. Proses pembuatannya cukup mudah, yang mana madu dan kayu manis dicampurkan menjadi satu.

Kemudian hangatkan campuran bahan tadi baru dioleskan ke wajah dan tunggu kira-kira 10 menitan. Nantinya, basuh wajah dengan lembut lalu tepuk-tepuk sampai kering.

Penting diingat sebelum mengaplikasikan masker madu dan kayu manis sebagai cara menghilangkan bruntusan dan jerawat pastikan tidak alergi. Alasannya, karena dikhawatirkan hanya akan memperparah bruntusan yang terjadi.

3. Pakai Pelembab Wajah sesuai Jenis Kulit

Cara ketiga membutuhkan kehati-hatian, melihat jenis kulit masing-masing orang berbeda. Dimana ada yang mempunyai kadar minyak berlebih, dan ada pula yang kurang minyak alias kering.

Pelembab kulit wajah dirancang untuk menginisiasi kelembaban kulit sehingga tidak kering melalui peningkatan kadar air. Terlebih pada kulit berminyak kelembaban diperlukan, agar kontrol kering tetap terjaga.

Produk pelembab yang dapat digunakan oleh individu dengan kulit berminyak berupa Non Comedogenic dan air. Penggunaan produk pelembab disarankan minimal dua kali sehari. 

4. Gunakan Lidah Buaya

Tidak terbatas madu dan kayu manis, bahan alami yang tak kalah bermanfaat dalam menghilangkan bruntusan dan jerawat yaitu Lidah Buaya. Bahan ini, dapat digunakan sebagai penghilang jerawat.

Gel dalam Lidah Buaya bisa membantu mengurangi peradangan dan ruam pada kulit. Produk-produk berdasar Lidah Buaya tidak terlalu sulit ditemukan, mulai dari lotion, salep, hingga sabun.

Oleskan gel Lidah Buaya pada kulit wajah dengan lembut dan lakukan secara rutin. Kalau perlu buat Lidah Buaya dalam bentuk masker, kemudian oleskan saat malam hari sebelum tidur.

5. Hindari yang Menyebabkan Iritasi Kulit

Cara menghilangkan bruntusan dan jerawat yang terakhir dengan menjauhi faktor-faktor penyebab iritasi kulit. Misalnya tidak sembarangan memegang kulit wajah dan menggunakan produk perawatan kulit.

Khusus produk perawatan kulit perhatikan setiap kandungan dalam kemasan. Apabila memungkinkan carilah terlebih dahulu efek yang ditimbulkan, jangan langsung membeli apalagi mengaplikasikannya.

Selain itu, saat mencuci wajah pastikan dengan kelembutan agar kulit wajah tidak mengalami iritasi. Pakai produk hipoalergenik untuk mencegah kondisi alergi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Setidaknya ada 5 cara menghilangkan bruntusan dan jerawat secara tepat dan tidak terlampau sulit diterapkan. Hanya hasil dari penerapan cara sangat tergantung individu. Beberapa penyebab juga sudah dijabarkan agar bisa menjadi rujukan pencegahan kedepannya.