Celana chinos sudah menjadi andalan banyak orang karena kenyamanan bahan dan warnanya. Namun ternyata, cara mencuci celana Chinos berpengaruh besar pada ketahanan warna dan bahan celana Chinos. Bagi pengguna celana chinos, mari simak beberapa tips mencuci dan merawat celana chinos.

Cara Mencuci Celana Chinos yang Benar

Sebagian besar pemilik celana chinos mengeluhkan warna celananya yang memudar. Selain itu bahan yang berubah, serta teksturnya juga sangat mengecewakan. Padahal semua kuncinya ada di cara mencucinya. Untuk itu, lakukan cara mencuci celana chinos yang benar seperti berikut ini:

1. Mengeluarkan Semua Isi Kantong

Hal yang paling sering dilewatkan saat mencuci adalah mengeluarkan barang yang ada di kantong. Padahal hal tersebut bisa membawa keburukan bagi pakaian yang akan dicuci. Hal ini dikarenakan tidak semua benda tahan dengan deterjen.

Jika barang yang berada di kantong bereaksi dengan sabun deterjen, celana chinos bisa saja mendapat noda karat atau bahkan robek. Hal ini, tentu akan merusak tampilan celana chinos pengguna. Karenanya, pastikan mengeluarkan barang dari setiap kantong.

2. Membersihkan Bagian yang Terkena Noda Terlebih Dahulu

Kebanyakan celana chinos berwarna terang. Pada celana dengan warna terang, noda akan lebih terlihat. Jika celana chinos langsung dicuci secara menyeluruh, dikhawatirkan noda membandel tidak akan hilang.

Karenanya, pengguna bisa membersihkan bagian yang ternoda terlebih dahulu. Apalagi noda yang didapatkan dari bahan yang membandel. Gunakan alkohol atau cuka untuk menjaga warna celana chinos.

3. Membalik Celana Chinos

Warna bahan celana chinos menjadi daya tariknya. Jadi, bisa dibayangkan jika warna bahan celana chinos memudar. Pasti celana chinos akan menjadi lusuh dan tidak menarik. Salah satu yang mempengaruhi adalah cara mencucinya.

Saat akan mencuci, pastikan pengguna membalik celana chinos terlebih dahulu. Pengguna bisa menyikat bagian dalam celana chinos untuk membersihkannya. Selain itu, cara ini bisa mencegah warna celana chinos memudar karena matahari.

4. Melakukan Pencucian Manual Sangat Disarankan

Cara pencucian yang paling disarankan adalah pencucian manual. Dengan cara ini, pengguna bisa memberikan perawatan yang lebih ramah untuk bahan celana chinos. Mencucinya dengan air dingin juga bisa menjaga ketahanan bahan celana chinos.

Jadi, sebisa mungkin cuci celana chinos dengan menggunakan tangan saja. Kucek dan sikat celana dengan lembut. Selain itu, pengguna bisa menemukan titik noda yang mungkin saja terlewat untuk segera dibersihkan.

5. Menggunakan Fitur Dry Clean pada Mesin Cuci

Mencuci dengan bantuan tangan menjadi pekerjaan lebih untuk seseorang yang sibuk. Maka dari itu, pasti ada pengguna celana chinos yang memilih untuk mencucinya dengan mesin cuci. Hal ini, bisa saja dilakukan asalkan tetap memperhatikan beberapa hal.

Jangan gunakan air panas untuk pencucian celana chinos ini. Jika mesin cuci mempunyai fitur dry clean akan lebih baik lagi. Dengan begitu, meski dicuci menggunakan mesin cuci celana chinos tetap awet.

Tips Perawatan Celana Chinos

Selain cara pencuciannya, pengguna juga harus memperhatikan perawatan untuk celana Chinos yang dimiliki. Penanganan dan penyimpanannya juga tak boleh dilakukan secara sembarangan. Tujuannya tentu untuk menjaga kualitas bahan celana Chinos. Untuk itu, ikuti beberapa cara merawat celana chinos berikut ini:

1. Tidak Menggunakan Pemutih untuk Menghilangkan Noda

Celana chinos cenderung memiliki warna yang terang. Hal ini menyebabkan noda yang terdapat pada celana akan sangat terlihat. Pengguna harus membersihkannya terlebih dahulu saat akan mencucinya.

Namun jangan pernah memikirkan untuk menggunakan pemutih, jika tidak ingin celana chinos rusak. Gunakan bahan alternatif lain seperti alkohol atau cuka. Penggunaan penghilang noda untuk pakaian berwarna juga bisa menjadi solusi.

2. Melakukan Perawatan Sesuai dengan Label

Pada setiap produk celana chinos, akan ada label yang memuat keterangan barang dan bahan. Pengguna akan mendapatkan informasi seputar produk celana chinos yang dimiliki. Label ini, akan mempermudah pengguna untuk mengetahui informasi produk.

Selain itu, label celana pasti akan dilengkapi dengan informasi perawatannya. Ada cara perawatan yang disarankan pada label dan ada juga beberapa larangannya. Jika mengikutinya dengan baik, tentu celana chinos bisa menjadi lebih awet bukan?

3. Menghindari Penyimpanan di Tempat Lembab

Yang terakhir adalah bagaimana pengguna melakukan penyimpanan terhadap celana chinos. Hal ini bisa dimulai dengan jangan menyimpan celana chinos dalam keadaan lembab. Pastikan juga untuk menyetrika celana chinos sebelum disimpan.

Setelah itu, pastikan tempat penyimpanan tidak lembab. Dengan begitu, celana chinos akan terhindar dari jamur. Berikan produk yang bisa menyerap kelembaban sehingga celana chinos bisa bertahan lama.

Perawatan sesuai bahan tentu akan membuat pakaian tahan lama. Tak hanya cara mencuci celana chinos, penyimpanan dan perawatannya juga menjadi fokus utama. Jika celana chinos tahan lama pengguna juga akan lebih hemat. Celana chinos siap dikombinasikan dengan lebih banyak pakaian.