Concealer adalah produk kecantikan yang digunakan untuk menghias wajah. Dalam menggunakan concealer sebaiknya disesuaikan dengan warna kulit. Adapun cara memilih concealer sesuai warna kulit yang tepat dan juga benar tentunya.

Dengan menggunakan shade concealer yang benar, akan membuat riasan menjadi lebih cantik dan juga lebih pas. Sehingga, penampilan pun akan lebih enak saat dipandang oleh orang lain. Selain itu, bisa membuat lebih percaya diri juga.

Nah, di bawah ini akan diberikan beberapa cara untuk memilih shade concealer yang tepat sesuai dengan warna kulit. Mari, lihat uraian lengkapnya!

1. Pilih Warna Yang Lebih Terang

Untuk tips atau cara yang pertama adalah dengan memilih warna concealer yang lebih terang dibandingkan dengan warna kulit asli. Bahkan, jika perlu gunakan warna concealer yang dua atau tiga kali lebih terang dari warna kulit.

Mengapa harus menggunakan warna yang lebih terang? Tujuannya adalah untuk menutupi noda yang ada di wajah. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menutupi daerah bawah mata yang hitam. Jadi, riasan pun akan terlihat lebih sempurna.

2. Bandingkan Beberapa Warna

Cara memilih concealer sesuai warna kulit yang berikutnya adalah dengan membandingkan beberapa warna. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya bandingkan beberapa warna dahulu. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui warna concealer paling terbaik.

Nah, cara untuk membandingkannya adalah dengan memilih tiga warna yang paling mendekati. Kemudian, oleskan sedikit concealer ke bagian leher dan tunggu sebentar. Setelah itu perhatikan apakah warnanya menyatu dengan kulit atau tidak.

3. Pilih Sesuai Dengan Jenis Kulit

Selain memilih sesuai dengan warna kulit, pilih juga yang sesuai dengan jenis kulitnya. Karena, hal ini akan berpengaruh sekali untuk penerapan concealer-nya. Jika tidak sesuai dengan jenis kulit, maka warna concealer tersebut bisa berubah.

Sehingga, pastikan untuk membeli concealer sesuai dengan jenis kulitnya juga. untuk yang mempunyai kulit kering, sebaiknya gunakan concealer yang berminyak. Sedangkan, untuk yang kulitnya berminyak gunakan concealer yang teksturnya padat supaya tidak luntur.

4. Cobalah Pada Tempat Terang

Terkadang ada beberapa wanita yang salah dalam memilih concealer. Saat dicoba di toko memang terlihat sangat bagus dan sesuai. Namun, ketika dicoba di rumah hasilnya justru tidak cocok dan tidak sama dengan yang ada di toko.

Hal tersebut biasanya dikarenakan saat mencoba di toko tidak dilakukan di tempat yang terang. Untuk bisa melihat hasil percobaan yang sesuai, sebaiknya coba pada tempat yang terang. Misalnya, bisa dilakukan di bawah sinar matahari saat mencobanya.

5. Cobalah Di Bawah Mata

Tips atau cara memilih concealer sesuai warna kulit yang selanjutnya adalah dengan mencarinya di bawah mata. Kenapa harus di bawah mata? Hal tersebut dikarenak produk kecantikan ini umumnya digunakan di bawah mata.

Oleskan concealer pada area bawah mata yang gelap. Jika warnanya berubah menjadi cerah dan sesuai dengan warna leher. Maka, itulah warna yang tepat untuk digunakan sebagai riasan. Area bawah mata adalah hal yang utama dan penting.

6. Oleskan Di Pergelangan Tangan

Teknik berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mencobanya di pergelangan tangan. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat oksidasi dari concealer tersebut. Selain itu, untuk mengetahui juga apakah concealer tersebut cocok tidak di kulit tersebut.

Cobalah oleskan concealer pada pergelangan tangan. Kemudian tunggulah hingga 5 atau 10 menitan saja. Jika warna concealer tersebut tidak berubah maka cocok untuk kulit tersebut. Namun, jika warnanya berubah berarti menandakan concealer tersebut tidak cocok.

7. Kenali Warna Undertone Kulit

Bisa juga menggunakan tips ini untuk menentukan concealer yang cocok untuk warna kulit. Kenali dahulu warna undertone kulit yang sebenarnya. Karena, warna kulit yang terlihat biasanya dipengaruhi oleh berbagai hal. Seperti sinar matahari dan hal yang lainnya.

Biasanya warna undertone itu warna yang ada di pembuluh atau lebih tepatnya ada di bawah kulit. Untuk mengetahuinya, bisa dengan melihatnya langsung pada tempat yang terang. Lalu, belilah concealer sesuai dengan warna undertone kulit tersebut.

8. Cuci Wajah Sebelum Mencoba

Terakhir, tips yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci wajah sebelum mencoba. Rasanya percumah sekali bila mencoba concealer tetapi masih menggunakan riasan. Karena, hal tersebut akan membuat concealer tidak akan terlihat jelas.

Jadi, sebaiknya cuci wajah dahulu sebelum mencobanya. Supaya, hasilnya lebih maksimal dan warna concealer pun akan terlihat lebih jelas. Sehingga,, mudah untuk menentukan warna concealer yang tepat untuk warna kulit tersebut.

Itulah cara memilih concealer sesuai warna kulit dengan mudah dan juga simple. Jadi, sudah tidak perlu bingung lagi untuk memilih shade concealer yang tepat. Karena, bisa menggunakan beberapa tips di atas.